Laptop Macbook Tahan Lama

Bagaimana Cara Membuat MacBook Kamu Bertahan Lama

Beberapa orang bisa memiliki MacBook atau laptop lainnya, dan masih bekerja dengan baik setelah beberapa tahun. Yang lain hanya bisa bertahan beberapa bulan saja. Banyak dari kita tampaknya memiliki nasib buruk dengan perangkat tersebut, tetapi tidak harus selalu berakhir seperti ini dong.

Beberapa Cara Supaya MacBook Bertahan Lama

Ada beberapa cara yang dapat Anda membuat MacBook Anda bertahan lebih lama, dan menjaga umur baterai.

Gunakan Solid State Drive

Jika MacBook Anda tidak memiliki solid state drive, segera gunakan item tersebut sekarang. Tidak hanya akan membantu untuk menjaga MacBook Anda lebih lama, item ini akan memberi Anda waktu startup yang lebih cepat, transfer file sepuluh kali lebih cepat, dan pengurangan tingkat kebisingan dari hardisk.

Jangan Isi Drive

Pastikan bahwa Anda mengosongkan setidaknya 5-10% memori dari drive Anda. Terlalu banyak file pada drive akan benar-benar memperlambatnya, dan komputer harus terus menulis ulang data untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Kembalikan Kondisi Setting Awal Sekali dalam Setahun

Adalah ide yang baik untuk membuat cadangan komputer ke pengaturan factory setting sekali setiap tahun. Laptop akan kembali seperti baru setelah Anda melakukan ini, dan Anda dapat memulai lagi dari awal. Pastikan untuk menyimpan file ke perangkat lain sebelum mengembalikan ke keadaan settingan awal.

Lakukan Update Secara Teratur

Anda mungkin berpikir update adalah pekerjaan yang tidak perlu, tapi update ini benar-benar diperlukan untuk menjaga MacBook Anda bekerja dengan baik. Lakukanlah update di malam hari, atau ketika Anda berada pada istirahat dari pekerjaan sehingga Anda tidak membuang-buang waktu.

Cabut Charger

Jika Anda selalu membuat charger terpasang, sekarang saatnya untuk mulai mencabut. Setelah mencapai 100%, cabut charger, dan hanya pasang kembali bila baterai mulai tipis. Siklus listrik harus terus bergerak, dan hal itu tidak akan terjadi jika charger ini terus terpasang.

Melestarikan Umur Baterai dari Macbook Anda

Salah satu cara untuk menjaga kondisi MacBook Anda adalah dengan menjaga umur baterai. Selain mencabut pengisi daya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan ini, termasuk:

  1. Dim Screen – Untuk melakukannya, cukup tekan tombol F1 untuk menurunkan kecerahan. Anda juga dapat mengontrol kecerahan dalam System Preferences.
  2. Matikan Bluetooth – Klik pada ikon Bluetooth dan matikan Bluetooth untuk menghemat baterai Anda.
  3. Matikan Wi-Fi – Anda tidak dapat menggunakan internet nirkabel tanpa Wi-Fi, tapi mematikannya bila Anda tidak membutuhkannya akan membantu untuk menjaga baterai Anda.
  4. Matikan Suara – Menggunakan suara dapat menguras baterai. Kecuali Anda menonton video yang memerlukan suara, mengubah speaker menjadi tidak aktif dengan menekan tombol Mute Suara. Ini juga akan mematikan peringatan dan suara lainnya yang menguras baterai.
  5. Keluarkan CD dan DVD – Jika MacBook Anda lebih lama dan memiliki SuperDrive, pastikan untuk mengeluarkan CD dan DVD jika Anda tidak gunakan. CD dan DVD akan terus berputar dan menguras baterai.
  6. Non Aktifkan Peripherals – Hal yang menurunkan daya dari laptop MacBook adalah kartu SD, drive eksternal, dan modem 4G. Non aktifkan item-item ini untuk menjaga daya hidup baterai.

Mungkin MacBook Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya, tidak peduli apa yang Anda lakukan untuk menjaga umurnya. Ketika ini terjadi, sekarang saatnya untuk meng-upgrade. Anda dapat dengan mudah menjual MacBook Anda saat ini melalui Tokopedia atau Bukalapak, dan menggantinya dengan yang baru. Pastikan bahwa Anda menghapus semua informasi Anda dari MacBook sebelum menjualnya. Jika Anda memiliki aksesori dan / atau kemasan asli, Anda akan mendapatkan harga yang lebih tinggi dengan menjualnya sekaligus.

————————-

Topik

Sedang Trending

Subscribe

Dapatkan update dan tips langsung dari para ahli di Ciputra News.