Tren Teh Boba di Indonesia

Tren Bubble Tea di Indonesia: Perkembangan Minuman Kekinian yang Terjadi Sekarang Ini

Bubble tea adalah minuman populer yang berasal dari Taiwan pada tahun 1990-an. Minuman ini semakin populer dan tersedia di sebagian besar negara Asia. Di Indonesia, permintaan bubble tea tumbuh secara signifikan setelah pertama kali diperkenalkan oleh kafe-kafe lokal dan rantai waralaba pada tahun 2015.

Saat ini, ada ratusan lokasi yang menjual bubble tea di seluruh Indonesia. Tidak mengherankan bahwa tren ini terus mendapatkan daya tarik di kalangan orang dewasa serta muda di mana pun mereka berada di Indonesia.

Pada artikel kali ini, kita akan melihat apa saja yang perlu Anda ketahui tentang minuman ini, sejarahnya, serta manfaat dan risikonya bagi kesehatan.

Apa itu Bubble Tea?

Bubble tea adalah minuman manis yang dibuat dengan teh hitam atau hijau dan mutiara atau bola tapioka Asia. Bola tapioka ditambahkan ke minuman teh untuk menciptakan efek ‘gelembung’ saat mengembang dan menjadi lebih besar setelah bersentuhan dengan cairan panas.

Minuman ini tersedia dalam berbagai rasa seperti mangga, stroberi, dan melon. Bubble tea bisa disajikan dingin atau panas tergantung selera Anda. Minuman kekinian ini hadir dalam berbagai variasi dan dapat disajikan baik dengan atau tanpa susu.

Bubble tea dibuat dengan menggabungkan teh hitam atau hijau dengan bola tapioka. Saat teh diseduh, bola tapioka direndam dalam air dengan sedikit garam.

Bahan-bahan tersebut kemudian dipindahkan ke blender, di mana berbagai bahan ini dicampur bersama dengan ditambahkan pemanis ke dalam campuran.

Minuman tersebut kemudian dituangkan ke dalam teko besar, yang kemudian dipindahkan ke dalam dispenser untuk dituangkan ke gelas. Gelembung, atau mutiara tapioka, kemudian ditambahkan sebagai topping ke atas minuman untuk menimbulkan efek ‘menggelegak’.

Sejarah Teh Boba (Teh Gelembung)

Asal usul teh bubble dapat ditelusuri kembali ke Taiwan pada 1980-an, ketika pemilik toko teh, Liu Han-Chieh, menambahkan bola tapioka ke minuman tehnya untuk membuat efek gelembung.

Diyakini bahwa gelembung membantu mengurangi rasa kuat pada aroma teh pada waktu itu. Dari sinilah, asal minuman bubble tea dibuat.

Bubble tea kini telah menjadi minuman populer di banyak negara Asia, termasuk Indonesia, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Singapura. Minuman ini juga telah diperkenalkan ke Amerika Utara dan Eropa, di mana telah menarik banyak perhatian dari pecinta teh di seluruh dunia.

Manfaat Kesehatan dari Teh Boba

Bubble tea adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C memainkan peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kudis.

Nutrisi ini juga membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan bermanfaat bagi wanita hamil untuk mencegah kelahiran prematur. Teh gelembung juga merupakan sumber zat besi yang baik, yang bermanfaat bagi mereka yang rentan terhadap kekurangan zat besi.

Zat besi dibutuhkan untuk membuat sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan dalam tubuh kita. Sumber energi yang baik dapat berasal dari zat besi, sehingga menjadi penting untuk memasukkannya ke dalam makanan kita.

Bubble tea memiliki kandungan lemak yang rendah, yang menjadikannya minuman yang sehat.

Selain itu, minuman ini juga merupakan sumber kalsium yang baik, yang bermanfaat untuk gigi dan tulang yang kuat. Teh gelembung juga dapat memberi kita serat makanan penting, yang membantu menurunkan kolesterol dan mencegah jenis kanker tertentu.

Risiko Kesehatan Terkait dengan Bubble Tea

Kandungan gula dalam bubble tea bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Jika Anda minum teh bubble secara rutin dan sering, yang terbaik adalah mengurangi asupan gula Anda untuk menghindari risiko berikut:

Berat badan

Obesitas adalah salah satu penyebab utama dari banyak kondisi kesehatan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengurangi konsumsi minuman tinggi gula.

Kenaikan berat badan terutama menjadi masalah bagi orang-orang yang berjuang dengan masalah obesitas atau kelebihan berat badan.

Resiko Penyakit Kardiovaskular

Konferensi Masyarakat Internasional untuk Studi Fruktosa dan Pemanis (ISSSF) telah mengamati bahwa satu kaleng soda atau gelembung dapat meningkatkan tekanan darah.

Hal ini bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung.

4 Kafe Minuman Bubble Tea Terbaik di Indonesia

Indonesia dikenal dengan budaya yang kaya, iklim tropis, dan makanan pedas. Berikut adalah beberapa tempat di mana Anda dapat menemukan bubble tea yang enak, bersama dengan pilihan minuman lainnya.

Fremilt Pop Up

Kafe minuman Fremilt ini merupakan salah satu kafe baru yang terletak di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di Gandaria, Kramat Pela. Fremilt menyajikan berbagai minuman Bubble Tea, seperti Teh Tarik Boba, Milk Tea, Green Tea Boba, dan berbagai minuman manis rasa buah lainnya.

Bubble Tea House

Kafe ini adalah tempat populer bagi pelajar dan dewasa muda yang terletak di jantung kota Jakarta Selatan. Anda dapat memilih lebih dari 30 rasa bubble tea, dan masing-masing dihadirkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Bitz Tea

Bitz Tea adalah kafe bubble tea yang menyajikan berbagai rasa yang berbeda. Anda juga dapat menemukan beberapa pilihan minuman unik, seperti kopi es campur dan smoothie buah.

Bubble World

Terletak di kota Bandung, tempat nongkrong ini adalah tempat yang cukup menarik untuk Anda mampir jika Anda ingin mencoba bubble tea dengan rasa otentik.

Akhir Kata

Bubble tea adalah minuman Asia yang lezat yang dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, bubble tea juga memiliki berbagai khasiat.

Jika Anda sedang berada di daerah Jakarta dan Bandung, dan mencari minuman menyegarkan yang dapat dinikmati bersama keluarga dan teman, maka Anda harus mencoba beberapa tempat bubble tea yang kami rekomendasikan di atas.

————————-

Topik

Sedang Trending

Subscribe

Dapatkan update dan tips langsung dari para ahli di Ciputra News.