Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Panas, Kandang Panda Diberi AC

panas, kandang panda, ac, beijing

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 178

Pengurus Kebun Binatang Changsa Beijing sedang ketiban pulut. Penyebabnya, suhu udara yang melonjak hingga 40 derajat celsius. Gerah nian! Nah, sebagaimana warta China Daily baru-baru ini, pengurus terpaksa keluar duit dalam jumlah ekstra. "Kebutuhan akan air meningkat. Kami terpaksa mengirim air menggunakan mobil khusus untuk kandang-kandang binatang yang letaknya jauh dari sistem pemberian air," kata petugas dari kebun binatang itu, Zheng Chuang. Untuk membuat binatang-binatang di situ tetap merasa sejuk, pengelola kemudian merogoh kocek dalam-dalam, hampir dua kali lipat dari anggaran normal. Hampir 1 juta yuan atau setara dengan 147.524 dollar AS yang sudah dikeluarkan. "Tiap hari, binatang-binatang di sini mengonsumsi 400 kilogram balok es dan makan 500 kilogram sayur dan buah segar," kata petugas publikasi, Ye Mingxia. Pengelola kemudian juga menerapkan diet khusus bagi hewan demi penghematan. Hewan-hewan itu dibiasakan menyantap semangka dan timun untuk mencegah dehidrasi. Lalu, pengelola menambahkan garam ke dalam minuman hewan untuk pengganti keringat yang keluar di tengah hawa gerah tadi. "Panda raksasa kami masukkan ke ruang berpendingin udara dekat dengan kolam air besar. Sementara itu, kandang gorila kami beri kipas angin," kata pengelola. Namun, hawa panas memang akhirnya memakan korban. Di kebun binatang itu, seekor rusa merah mati lantaran kekurangan air. "Di tengah hawa panas seperti ini, rusa merah memang harus terus disemprot air segar biar tetap merasa sejuk," kata Chuang. Yang lebih merepotkan lagi, lokasi kebun binatang itu berada di tempat yang lebih tinggi ketimbang kawasan di selatan. Di situ, sistem air bersih kota justru tidak mampu memenuhi kebutuhan lantaran pasokan pipa air terbatas.

Yogyakarta Mengajukan Tambahan Peralatan Biogas Melalui Perubahan

Pemerintah Kota Yogyakarta berencana menambah peralatan biogas untuk kapasitas rumah tangga melalui anggaran perubahan setelah uji coba dua peralatan biogas bantuan lembaga internasional dianggap berhasil.

Produk Pertanian Indonesia Diserap Bisnis Kuliner Jepang

Produk dari komoditas pertanian Indonesia, baik sayuran maupun ternak, diserap cukup besar dalam bisnis kuliner makanan asal Jepang, kata juru bicara pelaku bisnis tersebut.

BKPM Ajak Tiongkok Investasi Bidang Ketenagalistrikan

Badan Koordinasi Penanaman Modal mengajak pemerintah Tiongkok untuk berinvestasi dalam bidang ketenagalistrikan, khususnya pembangunan pembangkit listrik.

PGN Investasi Rp516 Miliar Eksplorasi Blok Sesulu

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melalui anak usahanya Saka Energi mengalokasikan belanja investasi sebesar 40 juta dolar AS atau sekitar Rp516 miliar selama tahun 2015 untuk kegiatan eksplorasi gas di kawasan Blok South Sesulu, Kalimantan Timur.

UNESCO: Penjaga Perdamaian PBB Harus Lindungi Situs Budaya

Kepala budaya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Irina Bokova, Senin, mendesak Dewan Keamanan untuk menugaskan pasukan penjaga perdamaian melindungi situs budaya dan membantu menghukum mereka yang menghancurkan kekayaan bersejarah.