Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Panas, Kandang Panda Diberi AC

panas, kandang panda, ac, beijing

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 178

Pengurus Kebun Binatang Changsa Beijing sedang ketiban pulut. Penyebabnya, suhu udara yang melonjak hingga 40 derajat celsius. Gerah nian! Nah, sebagaimana warta China Daily baru-baru ini, pengurus terpaksa keluar duit dalam jumlah ekstra. "Kebutuhan akan air meningkat. Kami terpaksa mengirim air menggunakan mobil khusus untuk kandang-kandang binatang yang letaknya jauh dari sistem pemberian air," kata petugas dari kebun binatang itu, Zheng Chuang. Untuk membuat binatang-binatang di situ tetap merasa sejuk, pengelola kemudian merogoh kocek dalam-dalam, hampir dua kali lipat dari anggaran normal. Hampir 1 juta yuan atau setara dengan 147.524 dollar AS yang sudah dikeluarkan. "Tiap hari, binatang-binatang di sini mengonsumsi 400 kilogram balok es dan makan 500 kilogram sayur dan buah segar," kata petugas publikasi, Ye Mingxia. Pengelola kemudian juga menerapkan diet khusus bagi hewan demi penghematan. Hewan-hewan itu dibiasakan menyantap semangka dan timun untuk mencegah dehidrasi. Lalu, pengelola menambahkan garam ke dalam minuman hewan untuk pengganti keringat yang keluar di tengah hawa gerah tadi. "Panda raksasa kami masukkan ke ruang berpendingin udara dekat dengan kolam air besar. Sementara itu, kandang gorila kami beri kipas angin," kata pengelola. Namun, hawa panas memang akhirnya memakan korban. Di kebun binatang itu, seekor rusa merah mati lantaran kekurangan air. "Di tengah hawa panas seperti ini, rusa merah memang harus terus disemprot air segar biar tetap merasa sejuk," kata Chuang. Yang lebih merepotkan lagi, lokasi kebun binatang itu berada di tempat yang lebih tinggi ketimbang kawasan di selatan. Di situ, sistem air bersih kota justru tidak mampu memenuhi kebutuhan lantaran pasokan pipa air terbatas.

BATAN Bantah Uranium Sebabkan Kanker Paru

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) membantah Keberadaan uranium di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, dapat menimbulkan penyakit kanker paru.

Kemarau Tak pengaruhi Aktivitas Pelindo

Musim kemarau yang cukup panjang dalam enam bulan terakhir tidak mempengaruhi aktivitas PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang melayani bongkar muat kapal konvensional dan peti kemas di Pelabuhan Boom Baru.

Cianjur Harapkan Program PPIP Dilanjutkan

Dinas Tata Tuang dan Pemukiman (Distarkim) Cianjur, Jabar, berharap Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) terus dilanjutkan karena bermanfaat bagi masyarakat.

Tangerang Bangun Seribu Ruang Kelas Baru

Pemerintah Kota Tangerang, Banten, akan membangun sebanyak 1.

Wali Kota Madiun Sidak Sejumlah Proyek Besar

Wali Kota Madiun Bambang Irianto melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke sejumlah proyek berskala besar di wilayahnya yang menggunakan dana APBD setempat hingga miliaran Rupiah.