Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390

Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

Oesman Sapta Disebut Calon Ketua DPD RI

Sejumlah pihak menyebutkan pengusaha Oesman Sapta Odang atau Oso memiliki kapabilitas sebagai calon kuat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI periode 2014-2019.

Presiden Sampaikan Komitmen Indonesia Atas Lingkungan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan kembali komitmen Indonesia terhadap upaya memelihara lingkungan termasuk mengantisipasi perubahan iklim dalam sidang pararel KTT Iklim di Markas Besar PBB New York, Amerika Serikat, Selasa (23/9) pagi waktu setempat.

Hasyim Muzadi : Belum Saatnya PPP Beroposisi

Mantan politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH Hasyim Muzadi menilai partai berlambang Ka'bah itu belum saatnya beroposisi terhadap pemerintah karena secara internal organisasi masih memerlukan pembenahan.

BNI Akan Pamerkan Produk UKM Binaannya

Bank Nasional Indonesia berencana memamerkan produk pelaku usaha kecil dan menengah binaannya dalam Festival Seni dan Fashion BNI di Makassar, Sulawesi Selatan, 23-26 Oktober 2014.

Accor Ingin Perkokoh Segmen Hotel Ekonomi Indonesia

Perusahaan operator hotel multinasional Accor ingin memperkokoh posisinya di segmen hotel ekonomi Indonesia dengan membuka dua hotel Ibis baru di Jakarta, tepatnya di Cawang dan di dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta.