Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390

Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

Kadin Optimistis Pemerintahan Jokowi Pahami Kebutuhan Pengusaha

Kamar Dagang dan Industri Daerah Istimewa Yogyakarta optimistispemerintahan baru dibawah Presiden Joko Widodo lebih mampu memahami kebutuhan pelaku usaha mikro kecil menengah untuk meningkatkan daya saingnya.

Hong Kong Didesak Segera Berlakukan Reformasi Politik

Komite Hak Asasi Manusia PBB pada Kamis mendesak Hongkong untuk segera memberlakukan reformasi politik dan mengatakan bahwa upaya pemerintah lokal sampai saat ini belum mencukupi.

Anjing Ini Tetap Hidup Meski Dipanah di Kepala

Seekor anjing jenis Staffordshire bull terrier berusia dua tahun bernama Ziggy sungguh bernasib malang.

Peluang Besar Kaltim Dari MEA 2015

Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindag) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kaltim Ichwansyah mengatakan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community (AEC) 2015 merupakan peluang besar bagi para pelaku usaha di daerah Kaltim.

Samarinda Targetkan Juara Umum Porprov

Pemerintah Kota Samarinda menargetkan meraih gelar Juara Umum pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur V/2014.