Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390

Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

PLN-PDAM Pengaruhi Suksesnya MTQ Kabupaten Bengkalis

Perusahaan Listrik Negara dan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, berpengaruh terhadap suksesnya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 40 tingkat kabupaten yang digelar pada 30 Mei mendatang.

Kepengurusan Perindo Sumut Ditargetkan Selesai Akhir Juni

Pemegang mandat Partai Perindo kabupaten/kota di Sumatera Utara diberikan target penyusunan kepengurusan hingga tingkat kecamatan paling lama akhir Juni 2015.

Jembrana Aman Dari Beras Sintetis

Berdasarkan pengecekan yang dilakukan Dinas Perdagangan, Perindustrian Dan Koperasi, Jumat, Kabupaten Jembrana, Bali, aman dari peredaran beras berbahan sintetis atau plastik.

Beras Sintetis Untungkan Pedagang Lokal Madura

Kabar adanya peredaran beras oplosan berbahan baku sintetis menguntung pedagang beras lokal di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Dewan Minta Kelompok Kerja ULP Bekerja Profesional

Komisi III DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan melaksanakan proses lelang pengadaan barang atau jasa di lingkungan pemerintah setempat secara profesional.