Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Di Indonesia Ada Kecoa Terbesar di Dunia

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 390

Kecoa terbesar di dunia yang menjadi salah satu spesies hewan langka dan eksotis ditemukan di Indonesia. Temuan ini didapat oleh tim ekspedisi yang berisi pakar dai Inggris, Prancis, Indonesia, dan Venezuela di sebuah gua Semenanjung Sangkulirang Kalimantan Timur.

Menurut Scott Stanley, ahli ekologi dan konservasi alam yang ikut dalam tim, mengatakan, mereka juga berhasil menemukan serangkaian spesies baru mulai ikan, serangga, siput dan berbagai tanaman yang hidup di antara struktur batuan gua. Stanley yang juga menjadi manajer program Kalimantan, sebuah organisasi konservasi yang berbasis di Amerika Serikat, menyatakan masih banyak spesies lain yang belum dapat mereka identifikasi. Semuanya hampir merupakan spesies hewan atau tanaman yang terancam punah, termasuk kecoa raksasa tadi.

"Kami mengakui bahwa kecoa terbesar di dunia itu tidak seberapa karismatik. Tapi ia merupakan representasi atau bagian dari ekosistem ceruk dan jika Anda bawa ia keluar dari sana, akan memberi efek domino dalam sistem rantau makanan secara keseluruhan."

"Para peneliti takjub dengan keanekaragaman hayati yang mereka temukan di sana," kata Stanley.

Kawasan pegunungan kapur Semenanjung Sangkulirang seluas 9.000 hektare itu memang kaya akan keanekaragaman hayati. Mereka memiliki spesies endemik yang luar biasa banyaknya. "Sangkulirang tampaknya memiliki keragaman spesies gua yang paling langka di bumi," ujar Louis DeHarveng, pakar entomologi dari French Academy of Scicendem yang ikut dalam ekspedisi. (*/AFP)

Bupati Minahasa Targetkan Tiap Kecamatan Miliki Puskesmas

Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajouw menargetkan hingga 2018 setiap kecamatan di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, memiliki pusat kesehatan masyarakat yang layak.

Hayom Melaju Babak Penyisihan All England 2015

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka melaju ke babak penyisihan turnamen Yonex All England Open 2015 setelah menyisihkan sesama pemain Indonesia Simon Santoso dalam babak kualifikasi.

Ketua KPU/Bawaslu Berbagi Pengalaman Dengan Mesir

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Husni Kamil Manik dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad secara khusus diundang Mesir untuk berbagi pengalaman dengan pihak-pihak terkait.

Emas Turun Jelang Laporan Ketenagakerjaan AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih rendah pada Selasa (Rabu pagi WIB), menjelang laporan ketenagakerjaan AS yang akan dirilis pada Jumat.

Harga Minyak Dunia Berbalik Naik Dipicu Kerusuhan Libya

Harga minyak dunia berbalik lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), dipicu kerusuhan di negara pengekspor minyak Libya dan pasar memperkirakan kenaikan lain dalam persediaan di Amerika Serikat.