Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pembangunan Rel KA Muara Enim-Bengkulu Dimulai 2014

rel kereta api, bengkulu, sumatera selatan

Posted on 23 May 2013. Hits : 771

rel ganda

Pembangunan rel kereta api dari Muara Enim, Sumatera Selatan menuju Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, akan dimulai pada tahun 2014. Pembangunan ini bertujuan untuk meningkatkan layanan transportasi darat dari wilayah Sumatera Selatan menuju kawasan Barat Sumatera.

Demikian disampaikan Ketua Bappeda Kabupaten Kaur Sudoto melalui siaran pers ke sejumlah media massa, Kamis.

"Perencanaan pembangunan itu sudah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat pada Musyawarah Pembangunan Nasional (Muserbangnas) di Jakarta belum lama ini," ujarnya.

Ia menjelaskan selain pembangunan rel kereta api, pemerintah pusat juga menyetujui pembangunan tiga sektor berskala nasional di Kabupaten Kaur, yakni pembangunan jaringan irigasi cabang Kidau Padang Guci, pengembangan Dermaga Linau dan pembuatan jalan lingkar Kota Bintuhan.

"Dana yang diusulkan untuk membangun ke empat program nasional itu seluruhnya mencapai Rp1,2 triliun," katanya.

Dana tersebut akan dialokasikan untuk pembangunan rel kereta api dari Muara Enim, Sumsel-Kaur, Bengkulu dan jaringan irigasi masing-masing sebesar Rp250 miliar, katanya.

Selain itu, dana pembangunan dermaga pelabuhan laut Linau setempat mencapai Rp500 miliar dan pembangunan jalan lingkar kota Bintuhan sudah diusulkan dana sebesar Rp200 miliar, ujarnya.

Ia mengatakan ke empat pembangunan berskala nasional di Kabupaten Kaur itu dibahas dalam Muserbangnas di Jakarta dan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sekaligus beliau menyetujui rencana pembangunan tersebut dan akan dimulai pada 2014 itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertambangan Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kaur Ahyan Endu mengatakan bahwa pembangunan rel kereta api Sumsel-Bengkulu itu sudah diprogramkan sejak lima tahun silam.

Pembangunan rel kerta api itu nantinya akan mengakut batu bara dari Muara Enim ke pelabuhan Linau, Kaur, Bengkulu dengan jarak sekitar 280 kilometer.

Untuk mendukung program tersebut, maka Dermaga Linau perlu dikembangkan menjadi pelabuhan nasional karena bisa langsung bisa digunakan sebagai pelabuhan ekspor berbagai komoditas ke berbagai negara termasuk batu bara, katanya. (bn)

Harga Cabe Petani Majene Terus Anjlok

Harga cabe yang dijual petani di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat semakin anjlok sejak dua pekan terakhir diduga akibat permainan tengkulak karena harga di pasaran justru naik.

Handrianto Kembali Pimpin TI Sumbar

Handrianto kembali terpilih menjadi ketua umum Pengurus Provinsi Taekwondo Indonesia (Pengprov TI) Sumatera Barat masa bakti 2015 sampai 2019.

Dinsosnaker : THR Dibayarkan Paling Lambat H-7 Lebaran

Kepala Bidang Pembinaan Hubungan Industrial dan Pengawas Ketenagakerjaan, Dinsosnakertrans, Provinsi Jambi, Zulpan, meminta perusahaan di Jambi membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) karyawannya paling lambat H-7 lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Kubu Raya Raih Predikat WTP Dari BPK

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat mendapatkan penilaian atau opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pemeriksaan keuangan daerah tahun anggaran 2014 yang dilakukan oleh BPK RI.

KPU Padangpariaman Sosialisasikan Aturan Kampanye Pilkada Serentak

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, mensosialisasikan aturan dan fasilitas kampanye Pemilihan Kepala Daerah 2015 kepada partai politik, lembaga swadaya masyarakat, dan pemerintah daerah, Sabtu.