Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 263

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Biaya Rujukan Pasien Dekai Rp60 Juta

Biaya rujukan pasien dari Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, ke Jayapura kemudian sebaliknya dari Jayapura kembali ke Dekai sebesar Rp60 juta.

Disperindag Temukan Bahan Kue Kedaluwarsa

Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindag) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menemukan bahan kue dan makanan serta ikan kaleng kedaluwarsa dalam inspeksi mendadak menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah.

Ngurah Rai Siap Hadapi Lebaran

Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali, dinilai siap dalam menghadapi lonjakan penumpang yang biasa dihadapi pada masa liburan lebaran 2014/1435 Hijriyah.

Telkomsel Pasang BTS di Bandara

Perseroan Terbatas Telkomsel Cabang Palu memasang satu unit base transceiver station (BTS) atau penguat sinyal untuk melayani para pemudik yang sedang berada di dalam ruang tunggu Bandara Mutiara SIS Aljufri, Kota Palu.

Polres Kotim Tingkatkan Pengamanan Rumah Pemudik

Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, meningkatkan pengamanan selama perayaan lebaran Idul Fitri, di antaranya pengamanan rumah-rumah pemudik.