Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 270

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Ahok Diimbau Segera Surati DPRD

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Djohermansyah Djohan menyarankan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera mengirimkan surat kepada DPRD terkait pengunduran dirinya sebagai wakil gubernur guna mengisi kekosongan jabatan gubernur.

Investasi Properti Kian Menjanjikan

Investasi properti kian menjanjikan pascapelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla periode 2014-2019, kata salah seorang direktur pemasaran pengembang di Surabaya, Jatim.

Gubernur Serahkan 713 SK ASN

Gubenur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh menyerahkan Surat Keputusan (SK) 100 persen dari Kemenpan secara simbolis kepada 713 orang Calon Pegawai negeri sipil (CPNS) menjadi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov Sulbar.

Presiden Baru Afghanistan Diundang ke Gedung Putih

Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengundang presiden baru terpilih Republik Islam Afghanistan Ashraf Ghani dan Chief Executive Officer-nya Abdullah Abdullah untuk mengunjungi Gedung Putih awal tahun 2015.

Pelayanan Puskesmas Kurang Diminati

Direktur Bina Upaya Kesehatan Dasar Dinas Kesehatan drg Kartini Rustandi menyatakan masyarakat kurang meminati pelayanan yang disediakan oleh program-program pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).