Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 270

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Kehati Tanam 290 Ribu Mangrove Untuk Penghijauan

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menanam 290 ribu batang tumbuhan mangrove dalam dua tahun dari yang ditargetkan sebanyak 200 ribu batang sebagai langkah penghijauan di wilayah pesisir Indonesia.

Akom Lakukan Pertemuan Dengan Dpd Golkar Kalsel

Ketua DPR RI Ade Komarudin melakukan pertemuan dengan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I dan II Partai Golkar Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat malam.

Pengamat: Revisi Aturan Dni Melenceng Dari Nawacita

Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Agus T Poputra mengatakan revisi aturan daftar investasi negatif (DIN) dinilai kebablasan dan akan melukai nasionalisme dan melenceng dari Nawacita.

Dalam Negeri Kuasai Bongkar Barang Pelabuhan Sulut

Pelayaran dalam negeri masih menguasai kegiatan bongkar barangdi sebagian besar pelabuhan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Korban Salah Tangkap Minta Namanya Dipulihkan

Seorang warga bernama Lucky Achadi meminta kepada Kepolisian Resor Pekanbaru, Provinsi Riau, memulihkan nama baiknya karena telah menjadi korban salah tangkap saat aparat menangani kasus narkoba.