Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gamma Dukung Transfer Teknologi Dorong Pertumbuhan Industri

transfer teknologi, pertumbuhan industri, gamma

Posted on 14 Jan 2013. Hits : 270

Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia (GAMMA) menyatakan transfer teknologi dari negara maju sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan industri pada 2013.

"Untuk mendorong pertumbuhan industri perlu adanya alih teknologi, bentuknya pun bisa berbeda-beda," kata Ketua Umum GAMMA Dasep Ahmadi seusai jumpa pers mengenai pameran teknologi manufaktur di Jakarta, Senin.

Melalui transfer ilmu, penguasaan teknologi masyarakat Indonesia bisa jauh berkembang dan mampu bersaing di pasar global. Bentuk kerjasamanya, lanjut Dasep, bisa berupa supervisi teknologi atau pengembangan produk.

Dasep mencontohkan, hubungan antara Indonesia dan Jerman yang bisa saling melakukan transfer teknologi. Jerman, di satu sisi membutuhkan Indonesia karena kemampuan tenaga kerjanya yang mulai naik.

Di sisi lain, Indonesia juga membutuhkan Jerman untuk investasi sekaligus tempat untuk mempelajari teknologi yang mereka gunakan.

"Jadi bagaimana kita merintis kerjasama dengan negara maju, tetapi bukan menjadi pesaing melainkan seperti anak didik mereka," ujarnya.

Dia juga berpendapat ada segmen-segmen tertentu yang bisa dimasuki oleh pemain lokal. Sehingga pemain domestik bisa memanfaatkan peluang tersebut untk bisa berkembang.

Penguasaan teknologi, menurut Dasep, penting untuk mengejar ketertinggalan terhadap China atau India. Terlebih, karena kedua negara itu dianggap menjadi pesaing utama pasar lokal di berbagai industri.

Dari impor barang modal pada 2012 senilai 25 miliar dolar AS, kontribusi pemain lokal diungkapnya hanya sekitar 10 persen.

"Pemain lokal di industri barang modal juga masih sedikit sekitar 300 perusahaan. Padahal di Jerman atau Jepang sudah ribuan perusahaan," ungkapnya.

Dasep berharap tahun ini kontrusi pemain lokal dalam industri barang modal tahun ini bisa meningkat setidaknya 17 persen dari tahun sebelumnya.

"Agak berat, makanya kita harus lakukan terobosan. Yang utama itu harus banyak orang riset, industri, dan pemain lokal yang harus bekerjasama dengan solid," katanya.(ant/id)

Enam Korban Selamat KA Majapahit Dirawat Intensif

Enam korban selamat dalam insiden tabrakan antara KA Majapahit versus mobil Isuzu Panther Nopol N 1694 AK di perlintasan kereta api Desa Bendiljati Wetan, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jatim, saat ini menjalani perawatan intensif di RSUD dr Iskak, Tulungagung.

Bongkar Muat Di Pelabuhan Pangkalbalam Terlihat Normal

Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung terlihat normal dan lancar seperti biasanya satu hari setelah perayaan Natal.

Menteri Perhubungan Tinjau Sejumlah Fasilitas Pelabuhan Ambon

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Kota Ambon, ibu Kota Provinsi Maluku untuk meninjau sejumlah fasilitas di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon.

Pantai Baturakit Muntok Dipadati Wisatawan Keluarga

Pantai Baturakit Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung dalam beberapa hari terakhir dipadati wisatawan keluarga yang ingin bersantai menikmati masa libur Natal dan Tahun Baru.

Forum Seniman Magelang Luncurkan Hibah Seni

Forum Seniman Magelang meluncurkan gerakan hibah seni dalam rangkaian kegiatan refleksi akhir tahun menyangkut perkembangan aktivitas kesenian dan kebudayaan di daerah setempat.