Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Reklamasi Pantai Utara Jakarta Telan Biaya Rp 7 Juta Per Meter Persegi

reklamasi, pantai utara, jakarta

Posted on 01 Aug 2013. Hits : 689

Proyek reklamasi pantai utara Jakarta diperkirakan memakan dana mencapai Rp 5 juta per m2 hingga Rp 7 juta m2. Adapun proyek tersebut rencananya akan dibagi dalam tiga pulau, dengan proses pengerjaan dimulai pada pulau pertama dengan luasan lebih dari 160 hektar (ha).

Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro Land, Justini Omas mengungkapkan izin prinsip atas rencana reklamasi tersebut sudah diperoleh. "Amdal (analisis dampak lingkungan) untuk pulau seluas 160 ha baru saja diperoleh, tinggal menunggu proses perolehan izin reklamasi. Kami harapkan bisa diperoleh pada September atau Oktober tahun ini," ujarnya Rabu malam, di Jakarta.

Menurutnya, setelah izin reklamasi diperoleh, perusahaan akan segera melakukan pengerukan secara bertahap. Dalam opsi yang mengemuka, setelah proses pengerukan mencapai luasan 50 ha, proses pengembangan baru akan dimulai.

Sayangnya, Justini mengaku belum bisa mengungkapkan besaran pasti investasi yang disiapkan perusahaan terkait proyek tersebut.

Seperti diketahui, perusahaan tengah mempersiapkan proyek reklamasi di pantai utara Jakarta yakni Pluit City, di atas lahan seluas 160 ha.

"Marketing sales bisa dimulai tahun ini atau awal tahun depan sambil menunggu sampai mendapat izin reklamasi. Semoga proses reklamasi sudah bisa dimulai sebelum akhir tahun ini," ujar dia.

Setelah memastikan perolehan izin reklamasi pantai utara Jakarta seluas 600 ha yang ditargetkan diperoleh pada September 2013, sementara Agung Podomoro Land Tbk menyatakan segera melakukan proses pengerukan. (bn)

Sistem Komputasi Reaktor Nuklir Korsel Diretas

Sistem komputasi operator pembangkit listrik tenaga nuklir Korea Selatan diretas namun tidak membahayakan keamanan instalasi 23 reaktor atom di negara tersebut, demikian keterangan pemerintah setempat pada Senin.

Pertumbuhan Industri Ritel Melambat

Pertumbuhan industri ritel atau minimarket di sejumlah daerah di Indonesia melambat karena kebijakan yang diterapkan pemerintah daerah tumpang tindih dengan pemerintah pusat.

Kebijakan IMF Untuk Ebola Tuai Kritikan

Kebijakan Badan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam menangani wabah virus mematikan Ebola di negara-negara Afrika Selatan menuai kritikan setelah meninggalkan sistem kesehatan di daerah endemik penyakit yang telah menewaskan lebih dari 7.

Ternate Taati Larangan Rapat di Hotel

Wali Kota Ternate, Maluku Utara, Burhan Abdurrahman menjamin seluruh satuan kerja perangkat daerah yang dipimpinnya menaati larangan menggelar rapat atau kegiatan dinas lain di hotel.

Krisis Listrik Riau Ganggu Produktivitas UMKM

Ekonom dari Universitas Riau Edyanus Herman Halim menyatakan krisis listrik yang terus-menerus terjadi di berbagai wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau sangat menganggu industri khususnya bagi kalangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).