Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Reklamasi Pantai Utara Jakarta Telan Biaya Rp 7 Juta Per Meter Persegi

reklamasi, pantai utara, jakarta

Posted on 01 Aug 2013. Hits : 689

reklamasi

Proyek reklamasi pantai utara Jakarta diperkirakan memakan dana mencapai Rp 5 juta per m2 hingga Rp 7 juta m2. Adapun proyek tersebut rencananya akan dibagi dalam tiga pulau, dengan proses pengerjaan dimulai pada pulau pertama dengan luasan lebih dari 160 hektar (ha).

Sekretaris Perusahaan Agung Podomoro Land, Justini Omas mengungkapkan izin prinsip atas rencana reklamasi tersebut sudah diperoleh. "Amdal (analisis dampak lingkungan) untuk pulau seluas 160 ha baru saja diperoleh, tinggal menunggu proses perolehan izin reklamasi. Kami harapkan bisa diperoleh pada September atau Oktober tahun ini," ujarnya Rabu malam, di Jakarta.

Menurutnya, setelah izin reklamasi diperoleh, perusahaan akan segera melakukan pengerukan secara bertahap. Dalam opsi yang mengemuka, setelah proses pengerukan mencapai luasan 50 ha, proses pengembangan baru akan dimulai.

Sayangnya, Justini mengaku belum bisa mengungkapkan besaran pasti investasi yang disiapkan perusahaan terkait proyek tersebut.

Seperti diketahui, perusahaan tengah mempersiapkan proyek reklamasi di pantai utara Jakarta yakni Pluit City, di atas lahan seluas 160 ha.

"Marketing sales bisa dimulai tahun ini atau awal tahun depan sambil menunggu sampai mendapat izin reklamasi. Semoga proses reklamasi sudah bisa dimulai sebelum akhir tahun ini," ujar dia.

Setelah memastikan perolehan izin reklamasi pantai utara Jakarta seluas 600 ha yang ditargetkan diperoleh pada September 2013, sementara Agung Podomoro Land Tbk menyatakan segera melakukan proses pengerukan. (bn)

Pengamat : Politik Patron Penyebab Minimnya Peserta Pilkada

Pengamat politik dan hukum Universitas Mulawarman Samarinda Herdiansyah Hamzah mengemukakan politik patron menjadi salah satu penyebab minimnya pasangan calon yang mendaftar sebagai peserta pemilihan kepala daerah serentak tahap pertama 9 Desember 2015.

Panitia : Muktamar Paling Lambat Selesai Tanggal Enam

Panitia Muktamar ke-33 Nahdlatul Ulama (NU) menargetkan kongres besar organisasi massa Islam terbesar di Indonesia tersebut akan selesai paling lambat tanggal 6 Agustus 2015.

KPU Diingatkan Waspadai Intervensi Hasil Tes Kesehatan

Ketua Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan Muh Iqbal Latief mengingatkan kepada semua KPUD dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) di 11 daerah agar mewaspadai intervensi dari bakal pasangan calon untuk hasil tes kesehatan itu.

Walhi Dorong Pemda Petakan Mata Air Sungai

Wahana Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau pemerintah daerah setempat memetakan potensi mata air sungai sebagai upaya persiapan mengantisipasi bencana kekeringan pada puncak kemarau.

Konflik SDA Selalu Terkait Dengan Penguasaan Lahan

Konflik sumber daya alam (SDA) di berbagai daerah di Tanah Air terkait dengan penguasaan aset lahan yang dinilai didominasi oleh kolaborasi elite kekuasaan dan pemodal, kata Manajer Kebijakan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Muhnur Satyahaprabu.