Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sumsel Lestarikan Lagu dan Kesenian Daerah

sumatera selatan, toni panggarbesi, musi, palembang

Posted on 08 May 2013. Hits : 285

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah dengan melaksanakan festival dan pergelaran seni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini lagu dan kesenian daerah kurang banyak diminati gerenasi muda sehingga dikhawatirkan keberadaannya menjadi hilang.

Oleh karena itu, pihaknya terus melaksanakan berbagai festival dan pergelaran budaya serta seni untuk melestarikan lagu dan kesenian daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya akan membangkitkan semangat seniman-semiman lama dengan melaksanakan pertemuan dan nyanyi bersama.

Dia mencontohkan pihaknya telah melaksanakan festival penyanyi lama dengan lagu lama melalui pergelaran "Musi 60".

Bentuk kegiatan tersebut, katanya, bukan hanya untuk membangkitkan semangat penyanyi lama, akan tetapi juga melestarikan lagu-lagu lama, khususnya dari Sumsel.

Dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan dewan kesenian setempat.

Ia mengatakan kesenian dan lagu daerah merupakan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Wisatawan, katanya, umumnya ingin mengetahui kesenian dan budaya khas daerah sehingga pergelaran tersebut perlu dilaksanakan.

"Jadi dengan dilaksanakan kegiatan tersebut maka kunjungan wisatawan ke Sumsel akan meningkat," katanya. (bn/ant)

Wabup Karawang Wajibkan Seluruh PNS Ikuti Olahraga

Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk mengikuti kegiatan olahraga di lapangan Karangpawitan satu kali dalam sepekan.

Dua Caleg Terpilih Dipecat Sebelum Pelantikan

Dua calon legislatif terpilih dari Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Kesatuan Persatuan Indonesia (PKPI) Kabupaten Takalar dipecat dari keanggotaan sehingga tidak bisa ikut dalam pelantikan.

Pembangunan Pendaratan Ikan Konawe Selatan Terbengkalai

Pembangunan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) di Desa Akuni, Kecamatan Tinanggea yang dilaksanakan sejak tahun 2010 kini kondisi terbengkalai.

Wagub Sulut : Abad 21 Era Kebangkitan Perempuan

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Djouhari Kansil mengatakan abad ke-21 merupakan era kebangkitan kaum perempuan, dimana dapat kita saksikan bersama tampilnya para pemimpin-pemimpin perempuan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Dua Ranperda Tulungagung Tugas Dewan Mendatang

Ketua DPRD Tulungagung, Jawa Timur, Supriono, Jumat, menyatakan dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang belum tuntas pembahasannya pada periode keanggotaan 2009-2014 secara otomatis menjadi tugas dan kewenangan anggota dewan periode mendatang (2014-2019).