Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sumsel Lestarikan Lagu dan Kesenian Daerah

sumatera selatan, toni panggarbesi, musi, palembang

Posted on 08 May 2013. Hits : 285

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah dengan melaksanakan festival dan pergelaran seni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini lagu dan kesenian daerah kurang banyak diminati gerenasi muda sehingga dikhawatirkan keberadaannya menjadi hilang.

Oleh karena itu, pihaknya terus melaksanakan berbagai festival dan pergelaran budaya serta seni untuk melestarikan lagu dan kesenian daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya akan membangkitkan semangat seniman-semiman lama dengan melaksanakan pertemuan dan nyanyi bersama.

Dia mencontohkan pihaknya telah melaksanakan festival penyanyi lama dengan lagu lama melalui pergelaran "Musi 60".

Bentuk kegiatan tersebut, katanya, bukan hanya untuk membangkitkan semangat penyanyi lama, akan tetapi juga melestarikan lagu-lagu lama, khususnya dari Sumsel.

Dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan dewan kesenian setempat.

Ia mengatakan kesenian dan lagu daerah merupakan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Wisatawan, katanya, umumnya ingin mengetahui kesenian dan budaya khas daerah sehingga pergelaran tersebut perlu dilaksanakan.

"Jadi dengan dilaksanakan kegiatan tersebut maka kunjungan wisatawan ke Sumsel akan meningkat," katanya. (bn/ant)

Pemkab Bogor Perbaiki Infrastruktur Tingkatkan Investasi

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat,terus melakukan perbaikan dan penambahan infrastruktur guna meningkatkan investasi di daerah itu.

Sembilan Kecamatan Di Lebak Rawan Longsor

Sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten masuk kategori daerah rawan longsor karena lokasinya berada di perbukitan, pegunungan serta daerah aliran sungai.

Pemkot Surakarta Anggarkan Rp2,5 Miliar Taman Cerdas

Pemkot Surakarta melalui APBD tahun 2015 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk mengembangkan Taman Cerdas Kelurahan Jebres, sebagai pembangunan lanjutan fasilitas pendidikan yang telah menelan anggaran sekitar Rp2,6 miliar.

Legislator Nilai Sekolah Terpadu Minim Pengajar Profesional

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Herman menilai sekolah terpadu yang berada di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya Kabupaten Tana Tidung, masih minim tenaga pengajar profesional.

BPIB Kaltim Terima Abdi Bhakti Tani

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pembibitan dan Inseminasi Buatan (BPIB) Api-Api Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, menerima penghargaan dari Menteri Pertanian RI berupa Abdi Bhakti Tani kategori pelayanan publik.