Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sumsel Lestarikan Lagu dan Kesenian Daerah

sumatera selatan, toni panggarbesi, musi, palembang

Posted on 08 May 2013. Hits : 285

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah dengan melaksanakan festival dan pergelaran seni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini lagu dan kesenian daerah kurang banyak diminati gerenasi muda sehingga dikhawatirkan keberadaannya menjadi hilang.

Oleh karena itu, pihaknya terus melaksanakan berbagai festival dan pergelaran budaya serta seni untuk melestarikan lagu dan kesenian daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya akan membangkitkan semangat seniman-semiman lama dengan melaksanakan pertemuan dan nyanyi bersama.

Dia mencontohkan pihaknya telah melaksanakan festival penyanyi lama dengan lagu lama melalui pergelaran "Musi 60".

Bentuk kegiatan tersebut, katanya, bukan hanya untuk membangkitkan semangat penyanyi lama, akan tetapi juga melestarikan lagu-lagu lama, khususnya dari Sumsel.

Dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan dewan kesenian setempat.

Ia mengatakan kesenian dan lagu daerah merupakan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Wisatawan, katanya, umumnya ingin mengetahui kesenian dan budaya khas daerah sehingga pergelaran tersebut perlu dilaksanakan.

"Jadi dengan dilaksanakan kegiatan tersebut maka kunjungan wisatawan ke Sumsel akan meningkat," katanya. (bn/ant)

STIKOM Buka Puasa Bersama 107 Anak Yatim

Sekolah Tinggi Informatika dan Tehnik Komputer (Stikom) Bali bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) setempat mengadakan buka puasa bersama dengan 107 anak yatim dan dhuafa di kampus setempat.

Musyawarah Cabang PWI Sulut 24 Juli 2015

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sulawesi Utara (Sulut) Jootje Kumajas mengatakan, pelaksanaan musyawarah cabang (Muscab) PWI akan dilaksanakan 23-24 Juli 2015 di Manado.

DPRD Bone Bolango Harapkan Sentra Lumbung Pangan

DPRD Kabupaten Bone Bolango, berharap daerah itu bisa dijadikan sentra lumbung pangan, karena merupakan wilayah pertanian yang cukup besar di Provinsi Gorontalo.

Kodim-Masyarakat Bersihkan Jalan Trans Papua

Komando Distrik Militer (Kodim) 1711/Boven Digul menggelar serbuan teritorial karya bhakti bersama masyarakat dengan membersihkan kiri kanan jalan sepanjang jalur Jalan Trans Papua.

Pemkab Bone Bolango Programkan Bantuan BBR-HP

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah programkan bantuan Bahan Bangunan Rumah untuk Hunian Pantas (BBR-HP) kepada sejumlah warga kurang mampu di tahun 2015.