Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Sumsel Lestarikan Lagu dan Kesenian Daerah

sumatera selatan, toni panggarbesi, musi, palembang

Posted on 08 May 2013. Hits : 285

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya melestarikan kebudayaan dan kesenian daerah dengan melaksanakan festival dan pergelaran seni.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Toni Panggarbesi di Palembang, Rabu, mengatakan saat ini lagu dan kesenian daerah kurang banyak diminati gerenasi muda sehingga dikhawatirkan keberadaannya menjadi hilang.

Oleh karena itu, pihaknya terus melaksanakan berbagai festival dan pergelaran budaya serta seni untuk melestarikan lagu dan kesenian daerah tersebut.

Selain itu, pihaknya akan membangkitkan semangat seniman-semiman lama dengan melaksanakan pertemuan dan nyanyi bersama.

Dia mencontohkan pihaknya telah melaksanakan festival penyanyi lama dengan lagu lama melalui pergelaran "Musi 60".

Bentuk kegiatan tersebut, katanya, bukan hanya untuk membangkitkan semangat penyanyi lama, akan tetapi juga melestarikan lagu-lagu lama, khususnya dari Sumsel.

Dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan daerah tersebut, pihaknya bekerja sama dengan dewan kesenian setempat.

Ia mengatakan kesenian dan lagu daerah merupakan daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

Wisatawan, katanya, umumnya ingin mengetahui kesenian dan budaya khas daerah sehingga pergelaran tersebut perlu dilaksanakan.

"Jadi dengan dilaksanakan kegiatan tersebut maka kunjungan wisatawan ke Sumsel akan meningkat," katanya. (bn/ant)

Indonesia-Malaysia Bentuk Keseragaman Bahasa Melayu

Indonesia dan Malaysia perlu membuat keseragaman dalam bahasa Melayu agar dapat digunakan sebagai bahasa bersama yang juga dapat menonjolkan jati diri bangsa Melayu di kancah internasional, kata Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim.

Tim Independen Minta Presiden Keluaarkan Keputusan BW-BG

Tim Konsultatif Independen meminta Presiden Joko Widodo menjaga kehormatan (marwah-red) institusi Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mengeluarkan keputusan terkait Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW) dan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan (BG).

Empat Jurnalis Menyusup Saat Eksekusi Mati

Jaksa Agung M Prasetyo mengatakan ada empat jurnalis yang mencoba menyusup saat pelaksanaan eksekusi enam terpidana mati di Nusambangan pada 18 Januari 2015.

Komunikasi Jokowi Dengan Megawati Terputus

Pengamat politik Sukardi Rinakit menilai komunikasi Jokowi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat ini terputus, dan mengakibatkan timbulnya persoalan KPK-Polri.

Perangko Seri Tahun Kambing 2015 Diterbitkan

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika(Kominfo) menerbitkan perangko seri Tahun Kambing 2015.