Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Semarang Gelar Wayang Kulit Serentak di Seluruh Kecamatan

semarang, wayang kulit, kecamatan

Posted on 24 Apr 2013. Hits : 240

Pemerintah Kota Semarang akan menggelar wayang kulit serentak di seluruh kecamatan pada 27 April pukul 20.00 WIB dalam rangkaian HUT Kota Semarang ke-466 (tanggal 2 Mei).

"Tidak hanya serentak waktu pagelaran, tetapi lakon dan tokoh wayang akan diserahkan kepada dalang juga semuanya sama," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Nurjanah di Semarang, Rabu.

Wayang kulit yang akan mengusung lakon "Semar Mbangun Kayangan" tersebut untuk pentas di tingkat kota dipusatkan di Kecamatan Semarang Barat dengan dalang Ki Joko Edan.

Penyerahan tokoh wayang, Semar akan diserahkan Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi kepada dalang Ki Joko Edan dan diikuti di 16 kecamatan yang menyerahkan tokoh wayang kepada dalang di daerah masing-masing.

Pagelaran wayang kulit yang baru pertama kali digelar di Kota Semarang dengan mengambil tema "Membangun Kota Melestarikan BUdaya" ini direncanakan dimasukkan dalam rekor MURI.

Digelarnya wayang kulit di seluruh kecamatan se-Kota Semarang tersebut, lanjut Nurjanah maka akan memberi kemudahan kepada seluruh warga untuk menyaksikan wayang sesuai pilihan atau di daerahnya masing-masing.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Kasturi menambahkan pilihan tokoh wayang Semar dikarenakan sebagai lambang daerah yang tengah berkembang setara dengan kota metropolitan yang lain.

Untuk pagelaran wayang di 16 kecamatan, Pemkot Semarang mendatangkan dalang, sinden, serta gamelan dari daerah sekitar seperti Kabupaten Rembang, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

"Kalau kebutuhan dalang di Kota Semarang sendiri kami kira cukup, tetapi kalau sinden dan gamelan tidak terpenuhi sehingga harus dari daerah sekitar sehingga harus paket dengan dalangnya," katanya.

Sejumlah tempat yang akan menjadi tempat pagelaran wayang kulit yakni di halaman kantor Kecamatan Semarang Barat (dalang Ki Joko Edan), halaman kantor Kecamatan Semarang Utara (dalang Ki Heru Purwono), halaman kantor Kecamatan Tembalang (dalang Ki Joko Sunarno), halaman SMU YPE Kecamatan Gunungpati (dalang Ki Gondo Suharno).

Tempat lainnya halaman kantor Kelurahan Bendan Ngisor Kecamatan Gajahmungkur (dalang Ki Sigit Arianto), Terminal Mangkang Kecamatan Tugu (dalang Mashadi), halaman kantor Kecamatan Pedurungan (dalang Ki Dartono), Balai Sobokarti Kecamatan Semarang Timur (dalang Rustamadji), halaman kantor Kelurahan Lamper Kidul Kecamatan Semarang Selatan (dalang Ki Rugiyono).

Kemudian halaman kantor Kecamatan Candisari (dalang Ki Sabdono), halaman kantor Kecamatan Mijen (dalang Tri Agus), lapangan depan Kecamatan Ngaliyan (dalang Ki KRT.Andi Pramono), halaman kantor Kecamatan Gayamsari (dalang KRT.Supriyono Jayeng Negoro), halaman kantor Kecamatan Semarang Tengah (dalang Ki Ragil Supadi), dan halaman kantor Kecamatan Banyumanik (dalang Kateni Nartono). (bn)

Balawista Siagakan 18 Personel Jaga Prosesi 'Banyupinaruh'

Badan penyelamat wisata tirta (Balawista) Denpasar, Bali menyiagakan 18 anggotanya yang tersebar di lima pos kawasan Pantai Sanur untuk menjaga keselamatan pengunjung saat melaksanakan prosesi ritual penyucian diri atau 'Banyupinaruh'.

3 Mei Momentum Kebebasan Pers Lebih Baik

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta berharap peringatan Hari Kebebasan Pers Dunia (World Press Freedom Day) yang jatuh pada 3 Mei merupakan momentum kebebasan pers lebih baik.

PD Manado Buka Pendaftaran Balon Wali Kota

Partai Demokrat (PD) Kota Manado, Sulawesi Utara, membuka pendaftaran bakal calon (Balon) wali kota untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

Mataram Usulkan 250 Titik PJU Ke Provinsi

Pemerintah Kota Mataram,melalui Dinas Pertamanan telah mengusulkan pengadaan 250 titik lampu penerang jalan umum (PJU) kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Mayoritas Komoditas Kebutuhan Pokok Alami Fluktuasi Harga

Mayoritas komoditas kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama April 2015 mengalami fluktuasi harga meskipun ada beberapa komoditas yang harganya relatif cukup stabil.