Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indonesia Diusulkan Punya Hari Puisi

hari puisi indonesia, hari pusi, pusi, sastra, karya sastra, seni susastera, sastrawan indonesia,

Posted on 11 Nov 2012. Hits : 643

 Pertemuan Penyair Indonesia (PPI) di Anjungan Idrus Tintin, Riau pada 22 November 2012 malam, akan dilanjutkan deklarasi Hari Puisi yang dipimpin "Presiden Penyair Indonesia" Sutardji Calzoum Bachri.

Penyair Lampung, Isbedy Stiawan ZS yang diundang dalam Malam Puisi di Bandarlampung, Minggu menyatakan, Deklarasi Hari Puisi pada PPI di Riau itu, mendapatkan dukungan para sastrawan, kritikus, dan pengamat sastra, menyusul pemberitaan yang disiarkan LKBN ANTARA.

"Dari posting di facebook saya, banyak yang menanggapinya dengan baik. Kenapa Vietnam saja ada, Indonesia belum ada Hari Puisi," ujar Isbedy mengutip berbagai komentar itu.

Acara bertajuk Malam Puisi tersebut, akan dihadiri tak kurang 50 penyair Indonesia, di antaranya Dimas Arika Miharja (Jambi), Anwar Putra Bayu (Sumatera Selatan), Micky Hidayat (Banjarmasin), Ahmadun Yosi Herfanda, Asrizal Nur (Jakarta), Kazaini Ks, dan Rida K Liamsi (Riau).

Deklarasi Hari Puisi itu dijadwalkan dibacakan oleh Sutardji Calzoum Bachri, didampingi seluruh penyair yang hadir di hadapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh.

Maman S Mahayana, kritikus Indonesia yang kini mengajar di Korea Selatan, menurut Isbedy, juga mendukung wacana Hari Puisi ini.

"Teruskan wacana ini," kata Maman S Mahayana, seperti disampaikan Isbedy.

Sesuai jadwal acara PPI itu, Mendikbud M Nuh akan berorasi sastra.

"Gubernur Riau akan memberi sambutan, setelah Ketua Dewan Kesenian Riau Kazzaini KS dan Ketua Yayasan Sagang Rida K Liamsi," kata Isbedy lagi.

Para penyair yang diundang ke Malam Puisi ini, juga dijamu pada malam penganugerahan yang diberikan Yayasan Sagang, bagi sastrawan, budayawan Riau dan luar Riau yang peduli pada sastra-budaya Melayu.

Peserta Hari Puisi Peserta PPI di Riau adalah para inisiator dan konseptor, yaitu: Rida K Liamsi, Maman S Mahayana, Agus R Sarjono, Ahmadun Yosi Herfanda, Kazzaini KS, Asrizal Nur, dan Jamal D Rahman.

Sedangkan para deklarator Hari Puisi yang akan menghadiri PPI di Riau ini, termasuk para deklarator tersebut, adalah Sutardji Calzoum Bachri (Presiden Penyair Indonesia), Rida K Liamsi (Penyair, Novelis, Yayasan Sagang), Maman S Mahayana (Kritikus Sastra, Dosen FIB UI), Agus R Sarjono (Penyair, Jurnal Sajak dan Jurnal Kritik), Ahmadun Yosi Herfanda (Penyair, Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta), Kazzaini KS (Penyair, Dewan Kesenian Riau), Asrizal Nur (Penyair, Yayasan Panggung Melayu), dan Jamal D Rahman (Penyair, Majalah Sastra Horison).

Penyair selanjutnya D Kemalawati (Penyair, Aceh), Acep Zamzam Noor (Penyair, Jawa Barat), Bambang Widiatmoko (Penyair,Komunitas Sastra Indonesia, KSI, Jakarta), Dorothea Rosa Herliany (Penyair, Jawa Tengah), Fatin Hamama (Penyair, Jakarta), Isbedy Stiawan ZS (Penyair, Lampung), Chavcay Syaefullah (Penyair, Banten), Hanna Fransisca (Penyair, Kalimantan Barat), Rahman Arge (Penyair, Sulawesi), Joko Pinurbo (Penyair, Yogyakarta), Prof Dr Suminto Sayuti (Penyair, guru besar sastra, Yogyakarta).

Siap hadir pula John Waromi (Penyair, Papua), Micky Hidayat (Penyair, Kalimantan Selatan), Pranita Dewi (Penyair, Bali), Fakhrunnas MA Jabbar (penyair dan cerpenis, Riau), Taufik Ikram Jamil (penyair dan novelis, Riau), Husnu Abadi (penyair, Riau), Jefri Al-Malay (penyair, Riau), Marhalim Zaini (penyair, Riau), Hasan Aspahani (Penyair, wartawan, Kepulauan Riau), Husnizar Hood (Penyair, Kepulauan Riau).

Penyair berikutnya yang akan hadir Ramon Damora (penyair dan wartawan, kepulauan Riau), Samson Rambah Pasir (penyair dan cerpenis, Kepulauan Riau), Iyut Fitra (Penyair, Sumatera Barat), Dimas Arika Mihardja (Penyair, guru besar sastra, Jambi), Hasan Albanna (penyair dan cerpenis, Sumatera Utara), Pandapotan MT Silagan (penyair, Sumatera Utara), dan Anwar Putra Bayu (Penyair, Sumatera Selatan).(ant/ ap)

Museum Sandi Gelar Pameran

Museum Sandi Yogyakarta menggelar pameran sandi negara di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, selama dua hari, dengan menampilkan 35 peralatan sandi hasil karya Roebiono Kertopati, yang dikenal sebagai Bapak Sandi Indonesia.

Kabid Linmas Dinonaktifkan

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, resmi menonaktifkan Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja Hendry Malino Samosir atas dugaan kasus penggelapan dana insentif anggotanya senilai total Rp1 miliar lebih.

3 Kecamatan Tak Miliki KUA

Tiga kecamatan di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, hingga sekarang ini belum juga memiliki Kantor Urusan Agama (KUA), sehingga masyarakat bila hendak melakukan pencatatan nikah harus berurusan ke kecamatan lain.

Pusaka Krimea Masih Tersimpan di Museum

Satu museum di Belanda pada Rabu megatakan akan menunda pemulangan benda-benda pusaka arkeologi Krimea yang dipamerkan, karena khawatir terjadi sengketa baik dengan Rusia maupun Ukraine.

Terdakwa Korupsi Duduki DPRD Jember

Seorang terdakwa kasus dugaan korupsi alokasi dana desa (ADD) Sukarso bersama 49 legislator terpilih lainnya dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Jember, Jawa Timur, periode 2014-2019 di ruang sidang utama DPRD setempat, Kamis.