Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

BPBD Rejanglebong Deteksi Tujuh Lokasi Rawan Longsor

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, mendeteksi sedikitnya tujuh lokasi di daerah setempat yang rawan terjadi bencana tanah longsor saat musim hujan.

Hendi : 'Saya Lebih Pikirkan Tugas Ketimbang Pilkada'

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan lebih memikirkan tugas dan pekerjaannya yang belum selesai ketimbang memikirkan persiapan maju pemilihan kepala daerah pada 2015.

Menpan Instruksikan PNS Lestarikan Lingkungan

Menteri Pemberdayaguaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan menginstruksikan aparatur sipil negara melakukan penanaman pohon terutama yang tinggal di bantaran sungai.

DPRD Mukomuko Koordinasikan Solusi Krisis Listrik

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan berkoordinasi dengan pihak Perusahaan Listrik Negara untuk mencari solusi mengatasi krisis listrik berkepanjangan di wilayah setempat.

Golkar Sulsel Solid Di Munas Bali

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Selatan beserta 24 DPD II lainnya sudah menyatakan kesolidannya dan memutuskan akan mengikuti Musyawarah Nasional IX Partai Golkar yang akan digelar di Bali, 30 November 2014.