Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

Pendaftaran Panggung Kesenian PMPS Terbuka Untuk Umum

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta membuka pendaftaran bagi seluruh masyarakat dan beragam kelompok kesenian untuk mengisi kegiatan di panggung kesenian selama pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten 2014.

Bulog Maluku Datangkan 2.000 Ton Beras Sulsel

Perum Bulog Divisi Regional Maluku kembali membeli sedikitnya 2.

Jatah Raskin Maluku 2015 Sebanyak 21.568.500 Kilogram

Jatah beras untuk keluarga miskin (Raskin) di Provinsi Maluku tahun 2015 tercatat sebanyak 21.

Pertamina Bengkulu Antisipasi Penimbunan BBM

PT Pertamina Bengkulu berupaya mengantisipasi oknum yang melakukan penimbunan bahan bakar minyak terkait dengan rencana pemerintah pusat menaikkan harga BBM bersubsidi.

Kendari Masih Tunggak Pembayaran Raskin Rp142 Juta

Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), masih menunggak pembayaran beras raskin sebanyak Rp142 juta untuk periode penyaluran jatah tahun 2014.