Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 184

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

Stosur Hadapi Petkovic Di Semifinal Piala FED

Petenis Australia Sam Stosur akan menghadapi petenis Jerman Andrea Petkovic pada pertandingan pembuka semifinal Piala Fed di Brisbane pada Sabtu.

Libur Panjang Kota Bandung Diserbu Wisatawan

Memasuki libur panjang arus kepadatan kendaraan yang masuk ke Kota Bandung melalui Tol Purbaleunyi meningkat signifikan, Jumat.

Bantul Tunggu Kajian Perundangan Sertifikasi Tanah Desa

Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menunggu hasil kajian Undang-Undang tentang Desa untuk memfasilitasi seluruh desa di daerah ini yang akan melakukan sertifikasi tanah kas desa.

KPU Bekasi Siap Terima Gugatan Pileg

Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi, Jawa Barat, menyatakan kesiapannya menerima gugatan dari sejumlah partai politik maupun calon legislatif yang merasa tidak puas dengan penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014.

Ukraina Tawarkan Pengampunan Buat Pegiat Pro-Rusia

Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatsenyuk, Jumat, mengatakan pemerintahnya telah mengusulkan pengampunan buat pegiat pro-Rusia di bagian timur negeri tersebut, asalkan mereka mundur.