Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

Sumsel Gelar Gerakkan Minum Susu

Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar gerakan massal minum susu dan makan telur untuk menyemarakkan bulan bakti peternakan pada 26 September 2014.

JK Jamin Integritas Menteri

Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Jusuf Kalla menjamin integritas para menteri dari kalangan partai yang nanti akan terpilih dalam kabinetnya.

Menteri BUMN Baru Tunggu Putusan Presiden Baru

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan tidak akan ada pergantian direksi BUMN sebelum terbentuknya pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden dan Wapres terlipih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Balai Nikah Kebanjiran Calon Mempelai

Kegiatan pernikahan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Gorontalo Utara, mengalami kenaikan drastis sebesar 70 persen, sejak implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kenaikan Harga BBM Diharapkan Bertahap

Pengurus Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap agar kenaikan harga BBM subsidi sebaiknya dilakukan secara bertahap sehingga tidak menyulitkan pelaku ekonomi salah satunya pengembang perumahan.