Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

DPRD Kesal Gubernur NTB Tinggalkan Rapat Paripurna

Sejumlah anggota DPRD Nusa Tenggara Barat kesal terhadap Gubernur TGH M Zainul Majdi karena meninggalkan rapat paripurna tanpa ada alasan jelas kepada pimpinan dan anggota dewan.

IHSG Senin Ditutup Anjlok 3,49 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin ditutup anjlok sebesar 3,49 persen seiring dengan kinerja emiten kuartal I 2015 yang cenderung mengalami perlambatan.

ITDC-Polda Kerja Sama Wujudkan 'Mandalika Resort'

Perseroan Terbatas 'Indonesia Tourism Developement Corporation' bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat dalam rangka mempercepat terwujudnya pembangunan kawasan wisata 'Mandalika Resort' di Kabupaten Lombok Tengah.

Nelayan Cantrang Berharap Bantuan Penyelesaian Pinjaman Bank

Nelayan Kecamatan Juwana, Jawa Tengah, yang selama ini menggunakan jaring cantrang berharap mendapatkan bantuan penyelesaian tunggakan pinjaman di perbankan agar nantinya bisa membeli alat tangkap ikan yang baru sesuai ketentuan pemerintah.

DPRD Manado Ingatkan Kebocoran Soal UN SMP

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado, Sulawesi Utara, mengingatkan Dinas Pendidikan berhati-hati soal Ujian Nasional (UN) SMP agar tidak bocor.