Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

Penjagaan Wilayah Maritim Diperketat

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo Utara, akan meningkatkan penjagaan wilayah maritimnya melalui pengawasan melekat bekerja sama dengan aparat TNI Angkatan Laut (AL) dan Polairud Polres Gorontalo.

Sistem Oligarki Menguat Pada 2015

Ketua Departemen Politik dan Hubungan 'Internasional Centre for Strategic and International Studies' (CSIS) Philips Vermonte menilai sistem oligarki akan menguat dalam demokrasi Indonesia pada 2015.

Nasdem Petimbangkan Harbiansyah Untuk Pilkada Kutai Timur

Partai Nasdem mempertimbangkan pemilik Klub Sepakbola Pusam Pusamania Borneo FC (PBFC) Samarinda Kaltim, Harbiansyah Hanafiah untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kutai Timur mendatang.

Ratusan Randis Tak Bayar Pajak

Ratusan kendaraan dinas (Randis) di lingkup Pemprov Sulbar, baik kendaran roda empat dan roda dua hingga kini masih menunggak pajak.

Relawan Bara-JP Gagal Jumpai Jokowi

Belasan relawan "Bara-JP" atau Barisan Relawan Jokowi Presiden, gagal menemui Presiden Joko Widodo ketika mendarat Lapangan Udara Soewondo Medan, Sumut, Selasa.