Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bali Tak Miliki Gedung Pertunjukan Representatif

bali yang kaya tradisi seni, belum memiliki gedung, pertunjukan kesenian representatif

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 242

Bali yang kaya tradisi seni dan budaya hingga kini belum memiliki gedung pertunjukan kesenian representatif dengan sistem pencahayaan yang memadai.

'Perkembangan belakangan ini mengindikasikan bahwa masa depanpanggung pementasan di Bali benar-benar suram,' kata Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof Dr I Nyoman Darma Putra di Denpasar, Sabtu.

Pengamat pariwisata dan seni budaya Bali itu mengatakan, di luar gedung Taman Budaya Denpasar hampir tidak ada panggung kesenianyang representatif.

Proyek Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Kabupaten Badung, yang dirancang menjadi gedung atau panggung kesenian modern tidak kunjung rampung karena alasan finansial dan konflik berkelanjutan dari pengelolaannya.

Meskipun demikian, GWK sebagai bagian dari 'staged culture' Bali sudah tampak dalam beberapa kegiatan besar, seperti pementasan orkestra dan musik kolosal yang melibatkan artis asal Jakarta.

Darma Putra yang alumnus S-3 University of Queensland Australia menambahkan, di Bali belakangan inimuncul Teater Bali Agung, di Bali Safari & Marine Park Kabupaten Gianyar.

Kegiatan tersebut tampaknya ingin meniru sukses 'staged culture' ala China dengan suguhan pentas kesenian Bali kolaborasi tradisi dan kontemporer, dengan tata lampu, tata dekorasi, tata busana, tata suara yang yang memukau.

Selain ratusan penari, pementasan 'Bali Agung' yang kolosal juga menampilkan satwa seperti gajah, macan, dan unta berintikan kisahlegenda Jayapangus dan istrinya putri China Kang Cing Wie.(ant/rd)

Solok Selatan Juga Dilanda Banjir

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, menetapkan tanggap darurat terkait bencana alam, berupa banjir dan longsor, yang melanda daerah itu pada Senin (8/2).

Rp 2 Miliar Bagi Korban Banjir di Pangkalpinang

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menganggarkan Rp2 miliar untuk membantu korban banjir di daerah itu.

Seleksi Ketat Bagi Donor Ginjal

Untuk menjalani transplantasi ginjal, setiap pasien harus mencari donor yang lolos prosedur pemeriksaan dari tim advokasi transplantasi ginjal, kataDirektur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr.

Sektor Konstruksi Diberi Kemudahan Ijin Investasi

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan meluncurkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) pada 22 Februari mendatang.

Dewan Pers: Kepentingan Ekonomi Gusur Independensi Pers

Independensi pers sebagai salah satu pilar demokrasi yang menjadi harapan rakyat untuk mengungkap kebenaran kini terancam karena kepentingan ekonomi pemilik media yang lebih menonjol.