Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Jordania Minta Bukti Pilot Yang Ditawan Is Masih Hidup

Jordania pada Rabu mengatakan pihaknya masih menunggu bukti dari Negara Islam (IS) bahwa pilot Jordania yang ditawan kelompok jihadis itu masih hidup.

Kinerje Pimpinan UPT Dievaluasi

Aparat Dinas Pendidikan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan evaluasi terhadap kinerja 15 pimpinan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan.

Ahok Dukung Rencana Pembuatan Pantai Pasir Putih

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mendukung rencana pembuatan pantai pasir putih di kawasan Pantai Ancol, Jakarta Utara oleh PT Pembangunan Jaya Ancol.

Gempa 5,7 SR Guncang Lepas Pantai California Utara

Gempa bumi berkekuatan 5,7 skala Richter mengguncang lepas pantai California Utara, Rabu, dan daerah pesisir yang luas di bawah perbatasan Oregon, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), namun para pejabat setempat mengatakan tidak besar kerusakan atau cedera yang dilaporkan.

Agung Hengkang, Posisi Striker Persiba Kosong

Striker Agung Suprayogi memutuskan meninggalkan Persiba Balikpapan.