Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Presiden Jokowi Janji Kehadiran Pemerintah Dalam Pelayanan

Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintahannya akan memastikan setiap pelosok merasakan kehadiran negara dalam pelayanan dengan persatuan, gotong royong dan kerja keras.

Parkir Semerawut Akibatkan Arus Lalu Lintas Macet

Anggota DPRD Kalimantan Timur Marsidik mengemukakan, parkir kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang diparkir semerawut menjadi salah satu penyebab arus lalu lintas macet.

OP Elpiji 3 Kg Diserbu Warga

Warga Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin, menyerbu elpiji 3 kilogram bersubsidi dalam operasi pasar (OP) yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Pertamina Lombok pada enam titik.

Jokowi-JK Diingatkan Tentang Janji Kampanye

Puluhan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengingatkan Joko Widodo dan Yusuf Kalla (JK) yang telah dilantik menjadi Presiden RI periode 2014 hingga 2019 agar dapat merealisasikan janji-janji kepada rakyat saat masa kampanye.

Tomas Berdych Kalahkan Juara Bertahan Dimitrov Di Stockholm

Unggulan teratas Tomas Berdych mengalahkan juara bertahan Grigor Dimitrov 5-7, 6-4, 6-4 untuk merebut gelar juara turnamen Stockholm Terbuka di Stockholm pada Minggu dan memperbesar peluangnya untuk lolos ke turnamen World Tour Finals.