Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 759

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Bupati Muba Bagikan Zakat Kepada Tukang Becak

Bupati Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Pahri Azhari, menjelang Idul Fitri 1435 Hijriah/2014 Masehi membagikan zakat mal kepada ribuan tukang becak dan ojek yang ada di kabupaten setempat.

Harga Daging Melonjak

Harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menjelang Lebaran melonjak mencapai Rp140 ribu per kilogram.

Warga Serahkan Anak Orang Utan Ke BKSDA

Paulus, warga Desa Labai Hilir, Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Kamis, menyerahkan seekor anak orang utan berumur setahun lebih ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar untuk dilepas liarkan.

Sikap Golkar Tetap Mempertahankan Koalisi Merah Putih

Ketua DPP Partai Golkar Bidang Organisasi dan Kaderisasi, H.

Kanada Kirim Kapal Perang

Sebuah kapal perang Kanada dengan 250 awak Kamis menuju ke Mediterania di mana ia akan bergabung dengan armada NATO menyediakan peningkatan keamanan di Eropa Timur di tengah ketegangan dengan Rusia berkaitan masalah Ukraina.