Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Bupati Minta BS Turunkan Bunga Kredit PNS

Bupati Minahasa, Sulawesi Utara, Jantje Wowiling Sajow meminta bank pembangunan daerah (BPD) PT Bank Sulut (BS) menurunkan suku bunga kredit kepada pegawai negeri sipil (PNS).

Pemkab Gelar Bimtek Jurnalis Agen Informasi SKPD

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Sulawesi Utara(Sulut) menggelar bimbingan teknis (bimtek) jurnalis sebagai agen informasi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup kerja pemerintahan Minahasa.

Jabatan Kadis Pariwisata NTT Akan Segera Diisi

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur Fransiskus Salem mengatakan jabatan Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT yang masih lowong, akan segera diisi setelah mendapat restu dari Gubernur Frans Lebu Raya.

Masyarakat Jangan Terpancing Konflik Timur Tengah

Pengamat masalah Timur Tengah dari Universitas Indonesia Dr Yon Machmudi meminta masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam, tidak terpancing dengan konflik dan ketegangan yang sedang terjadi di Timur Tengah.

Hayom Susul Tommy Pada Babak Utama Malaysia

Pemain tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka menyusul Tommy Sugiarto pada babak utama Turnamen Malaysia Terbuka 2015 di Pura Stadium, Kuala Lumpur, Malaysia, yang berlangsung mulai Selasa (31/3) hingga Minggu (5/3).