Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Warga Oesao Tolak Alih Fungsi Lahan

Masyarakat Desa Oesao, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat, mendeklarasikan penolakan terhadap alih fungsi lahan pertanian supaya daerahnya bertahan sebagai lumbung pangan.

Harga CPO Jambi Turun

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Provinsi Jambi mengalami penurunan sebesar Rp173 per kilogram dari sebelumnya Rp7.

BI Bantu Petani Tingkatkan Produksi Padi Kalsel

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II Kalimantan membantu petani di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan meningkatkan produksi padi melalui program pemanfaatan bibit unggul.

Sumut Capai Standar Nasional Penanggulangan Tuberculosis

Dinas Kesehatan Sumatera Utara terus berupaya meminimalisir kasus penderita Tuberculosis (TBC), bahkan provinsi itu dewasa ini telah mencapai target nasional untuk penanggulangannya.

Pengamat Khawatirkan Manuver Parpol Terkait Seleksi Menteri

Pengamat politik Universitas Jayabaya Igor Dirgantara menilai proses seleksi menteri yang dilakukan tertutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) rentan terhadap manuver partai politik yang melakukan intervensi.