Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

Pauluhan Warga Manokwari Mengungsi

Puluhan warga Lembah Hijau, Kelurahan Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, mengungsi ke tempat yang lebih aman akibat longsor melanda daerah itu.

Kemendagri: PNS Harus Maksimal Layani Masyarakat

Kementerian Dalam Negeri mengajak jajaran aparatur Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor memaksimalkan pelayanan publik untuk melayani masyarakat.

Stikom Bali-HU Kuala Lumpur Antisipasi MEA

Sekolah Tinggi Informatika dan Tenik Komputer (Stikom) Bali bekerja sama dengan Help University (HU) Kuala Lumpur, Malaysia membuka kelas internasional mengantisipasi berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Unand Kenalkan Prodi Pembangunan Perumahan dan Permukiman

Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat (sumbar) memperkenalkan program studi Pascasarjana baru yakni Pembangunan Perumahan dan Permukiman.

KTNA Programkan Pemberdayaan Lahan Tidur

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, menyiapkan ratusan ribu bibit pepaya Bangkok untuk memberdayakan lahan tidur menjadi lahan produktif.