Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Tren Investasi Indonesia Berada di Level Stabil

indonesia, investasi, stabil

Posted on 14 Oct 2013. Hits : 765

Bank Indonesia (BI) merilis peringkat investasi Indonesia berdasarkan Rating and Investment Information, Inc. (R&I) yang merupakan lembaga pemeringkat asal Jepang. Menurut R&I, Indonesia mempertahankan peringkat investasi (Sovereign Credit Rating) pada BBB-/stable outlook.

Laporan tersebut menyatakan, faktor kunci yang mendukung keputusan afirmasi bagi sovereign credit rating Indonesia antara lain kemampuan Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam jangka panjang, pengelolaan fiskal yang konservatif, perbankan yang sehat dan beban utang Pemerintah yang rendah.

Secara lebih rinci, analis R&I menyatakan, di tengah tekanan terhadap nilai tukar, Indonesia mampu mempertahankan kekuatan cadangan devisa untuk memenuhi kewajiban Utang Luar Negeri Jangka Pendeknya.

Dengan respons kebijakan yang telah dikeluarkan otoritas perekonomian Indonesia, R&I tetap berkeyakinan bahwa Indonesia masih mampu mempertahankan peringkat investment gradeini. Selain itu, sumber daya alam yang melimpah dan pasar domestik yang besar tetap menjadi kekuatan ekonomi Indonesia.

Dengan dukungan arus masuk investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) Indonesia akan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dalam jangka menengah.

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengapresiasi laporan R&I tersebut.

"Kami menyambut baik afirmasi Investment Grade dari R&I ini, serta mengapresiasi pengakuan R&I terhadap efektivitas respons kebijakan otoritas perekonomian Indonesia dalam mengantisipasi gejolak ekonomi dan ketidakpastian pasar keuangan global saat ini. Kami akan melanjutkan komitmen terhadap penguatan stabilitas ekonomi secara menyeluruh dan percepatan penyesuaian perekonomian Indonesia ke tingkat yang lebih sehat," ungkap Agus. (bn)

APPSI Inginkan Dana Rp 1 Triliun Tiap Provinsi

Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya mengharapkan adanya tambahan dana baru bagi setiap pemerintah provinsi sebesar Rp1 triliun untuk mendukung program prioritas pemerintah.

Agam Naikkan Tarif Angkutam Umum 19 Persen

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menaikan tarif angkutan umum sebesar 19 persen dari tarif sebelumnya, pasca naiknya harga bahan bakar minyak jenis solar dan premium pada Senin (17/11).

Pellegrini Tertekan Jelang Lawan Bayern

Manajer Manchester City Manuel Pellegrini merasa tertekan menjelang pertandingan yang harus menang lawan Bayern Munich di kandang The Citizen dalam Liga Champions, pada Selasa (25/11).

Harga Minyak Bervariasi

Harga minyak bervariasi di Asia Senin menjelang pertemuan penting Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) akhir pekan ini, yang akan mendiskusikan apakah akan memangkas produksi, kata para analis.

AS Ucapkan Selamat Kepada Rakyat Tunisia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengucapkan selamat kepada rakyat Tunisia, Minggu, untuk pemilihan presiden dan mencatat munculnya momen mengenai "komitmen kuat rakyat Tunisia dari seluruh ranah politik untuk demokrasi dan supremasi hukum.