Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Kemenpar Bantu Rp5 Miliar Promosi Wisata Maluku

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mengalokasikan anggaran Rp5 miliar untuk membantu promosi pariwisata provinsi Maluku agar berkembang pesat dan menarik bagi wisatawan manca negara.

Bayern Lupakan Masalah Cedera Setelah Menang Di Hoffenheim

Bayern Munich dapat mengamankan gelar Liga Jerman ketiga mereka pada akhir pekan mendatang menyusul kemenangan 2-0 di markas Hoffenheim, namun mereka masih memiliki kekhawatiran perihal cedera pemain menjelang pertandingan krusial melawan Porto pada Selasa.

Marquez Start Dari Posisi Terdepan Di Argentina

Juara dunia Marc Marquez meraih posisi start terdepan ke-24nya pada MotoGP ke-39nya di Argentina pada Sabtu.

Chelsea Semakin Dekati Gelar Liga Utama Inggris

Chelsea unggul sepuluh angka di puncak klasemen Liga Utama Inggris setelah mereka menang 1-0 atas Manchester United pada Sabtu, ketika Leicester meninggalkan posisi juru kunci.

Djokovic Hadapi Berdych Di Final Monte Carlo

Novak Djokovic melangkah ke posisi potensial untuk meraih trofi keempatnya musim ini saat dia mencapai final keempat selama karirnya pada turnamen Monte Carlo Masters di Monte Carlo, Monaco, Sabtu, dengan kemenangan 6-3, 6-3 atas Rafael Nadal.