Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

24 Pebalap Bersaing Di Kejurnas Rally

Sebanyak 24 pebalap akan bersaing menjadi yang terbaik pada Kejurnas Rally 2014 putaran II di kawasan Perkebunan Lonsum, Rambong Sialang, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, 22-23 November 2014.

Mukomuko Cek Tanaman Pangan Rusak Diterjang Banjir

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengecek tanaman pangan padi, jagung, dan kacang tanah yang rusak diterjang banjir bandang.

DPRD Ingatkan Gubernur Parkir Pejabat Tersandung Korupsi

Kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat, kembali mengingatkan Gubernur Sulbar agar tegas mengambil sikap untuk 'memarkir' pejabat yang tersandung kasus dugaan korupsi.

Pemkab Lebak Optimalkan Gerakan K3 Raih Adipura

Pemerintah Kabupaten Lebak, mengoptimalkan gerakan kebersihan, ketertiban dan keindahan (K3) untuk meraih piala Adipura 2015.

Investor Cina Bangun Pabrik Baja Di Jambi

Investor Cina tertarik membangun pabrik baja di kawasan Pelabuhan Samudera Ujung Jabung, Jambi, yang baru saja dilakukan 'groud breaking' atau pemasangan tiang pancang pertama.