Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

DPRD Mukomuko Larang Perusahaan Ambil Air Irigasi

Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengingatkan pabrik kelapa sawit di daerah itu untuk tidak mengambil air irigasi untuk kepentingannya.

Front Pembela Ahok Sambangi Balai Kota

Lusinan demonstran yang mewakili Front Pembela Ahok mengadakan aksi damai di depan halaman Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa kemarin (31/3/2015).

Kemacetan di Tol Tanjung Priok

Puluhan kapal kargo muatan ekspor impor sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Polisi Jelaskan Kronologis Penembangkan Korban Begal

Polisi menjelaskan kronologi aksi pencurian kendaraan bermotor dengan kekerasan atau begal terjadi di Kota Bogor, Jawa Barat, seorang warga tewas ditembak oleh pelaku saat mencoba menyelamatkan sepeda motor milik temannya.

Pansel Bawaslu Buka Pendaftaran Calon Anggota

Panitia seleksi mulai membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum, Selasa, untuk persiapan menghadapi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Desember 2015.