Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Mukomuko Izinkan Pendirian Empat Pabrik Kelapa Sawit

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengizinkan investor mendirikan empat pabrik kelapa sawit di daerah itu.

ASN Sumbar Tidak Minati Seleksi Terbuka Jabatan

Dua jabatan eselon II di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat(Sumbar), yang akan diisi dengan sistem seleksi terbuka, tidak diminati Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu.

Polres Labuhan Batu Selidiki Pelajar Gantung Diri

Polsek Kampung Rakyat, Polres Labuhanbatu, Sumatera Utara menyelidiki kasus seorang pelajar kelas I SMA yang ditemukan tewas gantung diri di kamarnya, Senin (2/3) sekitar pukul 11.

75 Koperasi di Agam Tidak Aktif

Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pembinaan kepada 75 unit koperasi yang tidak aktif di daerah itu.

Pemkot Makassar Wacanakan Pembangunan Pelabuhan Baru

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kembali mewacanakanmembangun pelabuhan baru atau 'New Port' di wilayah pesisir Makassar, Sulawesi Selatan .