Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Gubernur : Pembangunan Rumah Pengungsi Waiela Tanggungan Pemkab

Gubernur Maluku Said Assagaff mengemukakan pembangunan kembali rumah warga Desa Negeri Lima,Kabupaten Maluku Tengah, yang rusak akibat jebolnya bendungan alami Waiela menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Kuba Hasilkan Satu Miliar Dolar Dari Pariwisata Semester Pertama

Pendapatan Kuba dari pariwisata internasional mencapai 1,077 miliar dolar AS pada semester pertama 2014, atau empat persen lebih tinggi dari pada periode yang sama tahun lalu, Biro Statistik dan Informasi Nasional Kuba melaporkan pada Selasa.

Jangakauan Feri Kendari-Wawonii Di Perbesar

Jasa penyeberangan kapal fery yang selama ini hanya mampu memuat kendaraan roda empat 4-6 unit tujuan Kendari ke Wawonii, kabupaten Konawe Kepulauan kini akan dirotasi dengan fery yang bermuatan 18-21 kendaraan roda empat campuran.

Pendaftar CPNS Malang Bisa Pilih Tiga Formasi

Para pendaftar calon pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkot Malang, Jawa Timur, tahun ini bisa memilih tiga formasi sekaligus yang sesuai dengan ijazah masing-masing pendaftar.

Pemkab Biak : Harga Bahan Pokok Di Biak Stabil

Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengatakan harga berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat yang dijual di pasar tradisional setempat, relatif normal.