Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Wabup : Setiap Puskesmas Lebih Meningkatkan Pelayanan

Wakil Bupati Cianjur, Jawa Barat dr Suranto meminta setiap puskesmas yang ada di wilayah tersebut untuk lebih meningkatkan pelayanan secara maksimal dan mampu menyediakan jasa berkualitas.

Pengungsi Timtim Diimbau Tinggalkan Aula Dinsos Sultra

Eks pengungsi asal Timor Timur di Sulawesi Tenggara pascajajak pendapat 1999 yang menduduki Aula Kantor Dinas Sosial setempat sejak 13 Agustus 2015 menuntut dipertemukan dengan Menteri Sosial, diimbau segera meninggalkan aula kantor tersebut.

Atlet Pencak Silat Lebak Siap Hadapi Popnas

Atlet pencak silat asal Kabupaten Lebak yang mewakili Provinsi Banten siap menghadapi kejuaraan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) yang berlangsung 9 September 2015 di Bandung, Jawa Barat.

Kutai Kartanegara Juara Umum Kejurprov

Tim panahan Kutai Kartanegara keluar sebagai juara umum pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Kalimantan Timur tingkat junior yang diselenggarakan di Lapangan Panahan Karang Asam Samarinda, 26-30 Agustus 2015.

Nishikori Tersingkir Pada Pertandingan Pertama AS Terbuka

Harapan-harapan unggulan keempat Kei Nishikori untuk melaju di AS Terbuka berakhir dengan cepat pada Senin ketika runner up tahun lalu itu tersingkir pada putaran pertama, takluk 4-6, 6-3, 6-4, 6-7, 4-6 dari petenis Prancis Benoit Praise.