Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Ketua Liga Arab Tekankan Persatuan Islam

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif dan Sekjen Liga Arab Nabil al-Arabi menyepakati dalam pertemuan Ahad di New York, mengenai perlunya persatuan Islam, secara serius menahan diri dari perselisihan sektarian.

Bupati Pasaman: 800 Pelajar Ikuti Kemah Pramuka

Bupati Pasaman Benny Utama mengatakan, 800 pelajar di daerah itu bersaing dalam kegiatan kemah pramuka, untuk memperingati hari pramuka ke-53 di Bumi Perkemahan, Kabupaten Bonjol.

WVI Gelar Jambore Guru Di Kota Jayapura

Wahana Visi Indonesia (WVI) region Papua segera menggelar jambore guru, selama empat hari pada 23-26 September 2014, di Agromina Wisata Permata Hijau Resort, Kelurahan Koya Barat, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Tiongkok Siap Investasi Rp3 Triliun Di Bitung

Tiongkok siap melakukan investasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung Sulawesi Utara (Sulut) senilai Rp3 triliun di sektor infrastruktur, industri maritim dan farmasi.

Al Qadsia Kuwait Segera Tiba Di Jayapura

Tim Al Qadsia asal Kuwait segera tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua, guna melakoni laga kedua semi final Piala AFC 2014, melawan tim tuan rumah Persipura, yang dijadwalkan 30 September mendatang.