Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Transaksi di Pasar Hewan Siyono Meningkat

pasar hewan, siyono, gunung kidul

Posted on 14 May 2013. Hits : 275

Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyatakan nilai transaksi di Pasar Hewan Siyono wilayah setempat mengalami peningkatan.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Gunung Kidul Widagdo di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan volume jumlah pedagang hewan yang datang di Pasar Hewan Siyono sangat tinggi, sehingga Pasar Hewan Siyono sangat dimungkinkan untuk dibuka dua kali dalam satu minggu yakni Wage dan Pahing.

"Dibukanya Pasar Hewan Siyono sebanyak dua kali ini untuk menggeliatkan perekonomian masyarakat, karena jual beli ternak diharapkan semakin meningkat dan kami berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat," kata Widagdo.

Menurut dia, Pasar Hewan Siyono akan semakin berkembang. Transaksi jual beli hewan, khususnya sapi yang tinggi akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Gunung Kidul.

"Gunung Kidul ini sebagai sentra sapi di DIY. Jika Pasar Siyono semakin berkembang, kami optimistis PAD Gunung Kidul semakin meningkat," kata dia.

Kepala Bina Usaha Dinas Peternakan Gunung Kidul Sukandi mengatakan Gunung Kidul merupakan sentra sapi di DIY. Setiap tahum sekitar 28.000 sapi potong ke luar daerah.

Selain itu, Sukandi mengatakan, pertumbuhan ternak sapi di Gunung Kidul menunjukan perkembangan positif, dengan pertumbuhan populasi ternak sapi sebesar 25.000 ekor per tahun.

"Saat ini, populasi potong Gunung Kidul sekitar 170.000 ekor. Untuk mendukung program nasional swadaya daging sapi, Disnak Gunung Kidul terus berupaya menambah populasi sapi potong melalui program inseminasi buatan," kata dia.

Ketua Kelompok Tani Ternak Ngudi Rejeki Suroto mengatakan populasi ternak sapi di kelompoknya yang berada di Dusun Klegung berjumlah 25 ekor pada 2009, naik menjadi 85 ekor pada 2013.

"Peternak berharap, pemerintah terus memberikan dorongan dan pendampingan kepada kelompok tani ternak," kata dia. (ant/as)

Warga Desa Kotim Keluhkan Jalan Berlumpur

Masyarakat desa di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengeluhkan masih terbatasnya sarana infrastruktur, bahkan banyak jalan berlumpur sehingga sangat mengganggu aktivitas.

Thailand Taklukan Indonesia 4-0

Tim Thailand berhasil menaklukan tuan rumah Indonesia dalam pertandingan cabang olahraga Futsal Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN di Palembang, Sabtu, dengan skor 4- 0.

Wali Kota Minta Guru Terus Tingkatkan Kompetensi

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin meminta para guru untuk terus meningkatkan kompetensi keilmuannya sehingga kualitas dapat teruji dalam upaya mencerdaskan peserta didik.

Kampung Bantar Dicanangkan Jadi Kawasan Lingkungan Terpadu

Kampung Bantar (Bersih, Aman, dan Pintar) di Liposos II, RT 14, Kelurahan Ekajaya, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, dicanangkan menjadi Kawasan Lingkungan Terpadu oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur : Forum KKA Berperan Dorong Pembangunan Aceh

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan, forum Komunikasi Pemerintahan Kabupaten/Kota se-Aceh (KKA) berperan penting dalam mendorong pembangunan di provinsi ini.