Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Stok Bulog Sumut Aman Hingga April 2013

beras, bulog, sumatera utara

Posted on 11 Dec 2012. Hits : 263

Bulog menjamin stok berasnya aman untuk kebutuhan Sumatera Utara minimal hingga lima bulan ke depan atau sampai April 2013 meski dewasa ini semakin sulit membeli beras petani karena sedang masa paceklik.

Stok beras di Bulog Sumut dewasa ini ada sebanyak 65.391 ton, di mana jumlah itu aman untuk kebutuhan lima bulan ke depan, kata Humas Bulog Sumut, Rusli, di Medan, Selasa.

Bulog sudah memperbanyak stok sejak beberapa bulan lalu baik dari pengadaan jarak jauh maupun pembelian lokal karena untuk mengantisipasi terjadinya pasokan ketat mengingat mulai Bulan November memasuki musim tanam II.

Saat musim tanam, selain terjadi pasokan ketat, kebutuhan beras di tengah masyarakat dipastikan meningkat karena stok beras petani juga terbatas.

Bulog juga memperbanyak stok untuk antisipasi kebutuhan pemberian beras bagi korban bencana alam yang biasanya sering terjadi di akhir tahun.

"Dengan stok yang memadai, mudah-mudahan tidak terjadi permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gejolak harga beras di luar kewajaran," katanya.

Ia mengakui, dewasa ini sedang terjadi kenaikan harga beras, tetapi tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu hingga kini belum ada permintaan OP (operasi pasar) dari pemerintah kabupaten/kota di Sumut.

Pedagang grosir sembilan bahan pokok (sembako) di Pusat Pasar, Ahap, mengakui terjadinya kenaikan harga beras .

Kenaikan sudah terjadi sejak Oktober dan naik lagi di November dan Desember. Tetapi kenaikan memang tidak terlalu besar dengan total sekitar Rp200 per kg, katanya.

Harga beras jenis IR 64, misalnya dewasa ini Rp8.500 per kg dari Rp8.300 per kg sebelumnya, katanya. (ant/as)

Bolt Menangi 200 Meter, Powell Sukses 100 Meter di Ostrava

Usain Bolt memenangi nomor 200 meter dalam catatan waktu terbaik musim ini 20,13 detik dalam kompetisi yang diwarnai hujan dan udara dingin di pertemuan Ostrava Golden Spike pada Selasa waktu setempat.

Perhotelan DIY Akan Sediakan Paket Wisata Ramadhan

Perhotelan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang masuk dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyediakan paket wisata religi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Yogyakarta selama Ramadhan.

Investor Perkebunan Tebu Terhambat Pembebasan Lahan

Sejumlah investor yang berniat mengembangkan perkebunan tebu dan mendirikan industri gula di Sulawesi Tenggara masih terhambat pembebasan lahan untuk lokasi bisnis mereka.

Ribuan Guru Batam Belum Kantongi Sertifikat Mengajar

Sekitar 1.500 guru di Kota Batam, Kepulauan Riau, belum mengantongi sertifikat mengajar sebagai syarat untuk menjadi pendidik sesuai dengan UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Harga Minyak Dunia Jatuh Tertekan Penguatan Dolar

Harga minyak dunia jatuh pada Selasa (Rabu pagi WIB), karena sebagian besar pedagang mengambil isyarat mereka dari dolar AS yang berbalik menguat dan produksi minyak yang tetap tinggi, kata para dealer.