Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Stok Bulog Sumut Aman Hingga April 2013

beras, bulog, sumatera utara

Posted on 11 Dec 2012. Hits : 263

Bulog menjamin stok berasnya aman untuk kebutuhan Sumatera Utara minimal hingga lima bulan ke depan atau sampai April 2013 meski dewasa ini semakin sulit membeli beras petani karena sedang masa paceklik.

Stok beras di Bulog Sumut dewasa ini ada sebanyak 65.391 ton, di mana jumlah itu aman untuk kebutuhan lima bulan ke depan, kata Humas Bulog Sumut, Rusli, di Medan, Selasa.

Bulog sudah memperbanyak stok sejak beberapa bulan lalu baik dari pengadaan jarak jauh maupun pembelian lokal karena untuk mengantisipasi terjadinya pasokan ketat mengingat mulai Bulan November memasuki musim tanam II.

Saat musim tanam, selain terjadi pasokan ketat, kebutuhan beras di tengah masyarakat dipastikan meningkat karena stok beras petani juga terbatas.

Bulog juga memperbanyak stok untuk antisipasi kebutuhan pemberian beras bagi korban bencana alam yang biasanya sering terjadi di akhir tahun.

"Dengan stok yang memadai, mudah-mudahan tidak terjadi permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gejolak harga beras di luar kewajaran," katanya.

Ia mengakui, dewasa ini sedang terjadi kenaikan harga beras, tetapi tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu hingga kini belum ada permintaan OP (operasi pasar) dari pemerintah kabupaten/kota di Sumut.

Pedagang grosir sembilan bahan pokok (sembako) di Pusat Pasar, Ahap, mengakui terjadinya kenaikan harga beras .

Kenaikan sudah terjadi sejak Oktober dan naik lagi di November dan Desember. Tetapi kenaikan memang tidak terlalu besar dengan total sekitar Rp200 per kg, katanya.

Harga beras jenis IR 64, misalnya dewasa ini Rp8.500 per kg dari Rp8.300 per kg sebelumnya, katanya. (ant/as)

Rio Haryanto Start Ke-19 Di Belgia

Pebalap nasional Rio Haryanto menempati start pada posisi ke-19 pada race pertama atau 'feature race' seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Rio Haryanto, Sabtu waktu setempat.

RAPP Investasi Teknologi Pengatur Air Gambut Otomatis

Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memperbarui manajemen ketinggian air di lahan gambut dengan sistem pintu air otomatis.

Gubernur Kalteng Janji Bantu Wartawan

Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang berjanji akan mendukung dan siap membantu upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan di daerahnya.

Pemkab Badung Larang Pungutan Sosialisasi Kurikulum 2013

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melarang adanya praktik pungutan liar kepada siswa atau orang tua siswa untuk sosialisasi kurikulum 2013.

Gerakan Jumat Bersih Cegah Penyebaran DBD

Gerakan Jumat Bersih yang dicanangkan Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya dapat mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue di daerah itu.