Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 412

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

Hari Kedua Lebaran Jalur Sangatta- Samarinda Lancar

Hari kedua lebaran idul fitri 1 syawal 1435 hijriyah, jalur Sangatta Kutai Timur dengan Samarinda nampak lancar.

Masyarakat Palangka Raya Padati TPU Muslim

Masyarakat kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memadati tempat pemakaman umum Muslim Jalan Tjlik Riwut, Km 2,5 untuk melakukan tradisi ziarah setiap lebaran hari pertama hingga kedua pada daerah itu.

Kades Marah Haloq Bangun Mess Desa Untuk Guru

Kepala desa Marahaloq kecamatan Telen kabupaten Kutai timur Kalimantan Timur, Rudi kembali membuat program luar biasa dengan membangun mess desa untuk dijadikan tempat tinggal mess guru-guru.

Arus Balik Lebaran Terjebak Macet

Para pemudik yang mulai melakukan perjalanan arus balik menuju ke daerah asal masing-masing, dan warga masyarakat yang akan bersilaturahim pada Idul Fitri 1435 H/2014 terjebak kemacetan lalu lintas di Provinsi Lampung.

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan Pantai Padang

Pantai Padang sebagai salah satu tujuan wisata menarik di Provinsi Sumatera Barat, pada H+1 lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah, Selasa, mulai ramai didatangi pengunjung dari dalam dan luar provinsi.