Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 422

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

Mendikbud : Pembangunan Candi Borobudur Gunakan Ilmu Astronomi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan ilmu astronomi bukan hal baru bagi Indonesia, karena pembangunan Candi Borobudur berabad-abad lalu telah menggunakan ilmu tersebut.

Menkeu Harapkan Aturan Baru Percepat Realisasi Anggaran

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengharapkan tiga aturan baru terkait dengan antikriminalisasi pejabat bisa mempercepat realisasi anggaran, terutama bagi belanja infrastruktur, minimal hingga akhir tahun 2015.

BNPB-UGM Pasang EWS Kurangi Risiko Bencana Longsor

Badan Nasional Penanggulangan Bencana bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada memasang alat 'early warning system' di lokasi rentan gerakan tanah untuk mengurangi risiko bencana tanah longsor di Indonesia.

Staccato Gelar Kemah Teater Musik

Staccato, salah satu studio musik dan olah vokal di Denpasar, Bali, menggelar kemah teater musik selama enam hari, mulai 20 sampai 26 Juli 2015, melibatkan kalangan pelajar usia 7--15 tahun.

DIY Bahas Pengisian Kekosongan Jabatan Tiga Instansi

Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta akan membahas pengisian kekosongan pimpinan di tiga instansi yang ditinggal pejabatnya, karena ditunjuk sebagai pelaksana tugas bupati untuk tiga kabupaten.