Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 422

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

175,8 Hektare Hutan Sumsel Masih Terbakar

Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Kemenhut Alam Sony Partono mengatakan sekarang ini areal kebakaran hutan akibat kemarau di wilayah Sumatera Selatan masih ada 175,8 hektare.

Gubernur : Kaltim Pusat Kegiatan Olahraga Indonesia Timur

Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengharapkan Kaltim dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan olahraga di Indonesia bagian timur.

Konsumsi Energi Di NTB Capai Rp1,2 Triliun

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat mencatat total konsumsi energi di daerah itu pada triwulan II tahun 2014 mencapai Rp1,2 triliun dengan pangsa terbesar merupakan konsumsi bahan bakar minyak sebesar Rp887 miliar.

Kemenkop-UKM Beri Bantuan Tiga Koperasi Di Manado

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop-UKM) memberikan bantuan sebesar Rp1 miliar kepada tiga koperasi di Manado, Sulawesi Utara.

Dishut Ajak Perusahaan Peduli Asap

Aparat Dinas Kehutanan Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau mengajak seluruh perusahaan yang ada di daerah itu untuk peduli asap serta mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di hak guna usaha milik mereka.