Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 422

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

Pekanbaru Jadi Percontohan K13

Dinas Pendidikan Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan, sekolah di wilayahnya di jadikan percontohan penerapan kurikulum 2013 bagi Kabupaten sekitarnya, karena memiliki fasilitas yang memadai.

Sembilan Provinsi Bahas Perselisihan Perburuhan Di NTB

Sebanyak 59 mediator dari sembilan provinsi menggelar pertemuan di Nusa Tenggara Barat, Rabu, guna membahas perselisihan perburuhan dalam rangka meningkatkan kemampuan pencegahan timbulnya perselisihan hubungan industrial di perusahaan.

Senat Irlandia Serukan Pengakuan Negara Palestina

Majelis tinggi parlemen Irlandia, Rabu, mengusulkan sebuah langkah yang menyeru Pemerintah Dublin untuk mengakui negara Palestina dalam sebuah aksi simbolis yang tampaknya tidak akan mengubah kebijakan.

UNY Peroleh Kuota 1.103 Mahasiswa Baru Bidikmisi

Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun ajaran 2014 memperoleh kuota mahasiswa baru program bidikmisi sebanyak 1.

Harga Beras di Manado Stabil

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Utara (Sulut) Hanny Wajong mengatakan harga kebutuhan pokok beras di daerah tersebut masih dalam kondisi stabil.