Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Realisasi PAD DISPENDA SULUT Rp168,3 Miliar

realisasi pendapatan asli daerah, dinas pendapatan daerah, provinsi sulawesi utara , triwulan pertama 2013, mencapai rp168,3 miliar

Posted on 27 Apr 2013. Hits : 422

Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada triwulan pertama 2013 mencapai Rp168,3 miliar atau sudah 23,18 persen dari target tahunan.

"Target PAD berkisar Rp579 miliar, melihat realisasi pada semester pertama yang tumbuh demikian tinggi, makaoptimistis target tersebut akan jauh terlampaui," kata Kepala Dispenda Sulut, Gammy A Kawatu, pada rapat evaluasi kinerja triwulan pertama, di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat.

Kontribusi pendapatan daerah tersebut, kata Gemmy bersumber dari15 kabupaten kotayang ada di Sulut, yang nantinya kemudian dikembalikan lagi ke masing-masing daerah melalui dana bagi hasil pajak.

Di Kepulauan Sangihe misalkan, Pemerintah Provinsi Sulut akan menyerahkan dana bagi hasil pajak kendaraan bermotor pada tahun berjalan ini sebesar Rp7 miliar, dan bila sudah terbentuk menjadi Provinsi Perbatasan Nusa Utara, pemerintah daerah akan menyerahkan lebih banyak lagi sekitar Rp70 miliar.

"Pajak yang dihimpun dari kabupaten dan kota tersebut nantinya akan dikembalikan lagi dengan proporsi 30persen untuk provinsi dan 30 persen di daerah," kata dia.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi baik yang bersumber melalui pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan milik daerah, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah.

Pencapaian pendapatan daerah harus dimaksimalkan dalam rangka mempercepat gerak pemerintahan, pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.

Dia mengatakan, sumber-sumber pendapatan daerah yang terus dioptimalkan pemerintah daerah melalui Dispenda Sulut antara lain pajak kendaraan bermotor, pajak kendaraan atas air, bea balik nama kendaraan bermotor, pajak air permukaan, pajak air bawah tanah hingga pajak bumi dan bangunan.(ant/rd)

DTKP Ternate Akan Benahi Sejumlah Taman Kota

Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), akan membenahi sejumlah taman kota, mulai dari selatan hingga utara kota, guna menciptakan Kota Ternate yang indah dan berestetika.

Multifungsi Kebun Raya Dibahas Di Belanda

Indonesia memandang penting peran dan keberadaan kebun raya (botanical garden) yang multifungsi, kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) RI Den Haag, Ibnu Wahyutomo.

Hutan Lindung Rejanglebong Rentan Ditanami Ganja

Kawasan Bukit Barisan di wilayah Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang jauh dari permukiman penduduk dan sulit dijangkau, ternyata disalahgunakan sindikat narkoba dengan menjadikannya ladang pohon ganja.

Presiden Buka Kongres PKPI Keempat Di Medan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo membuka kongres ke-empat Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Kota Medan, Sumatera Utara, Sabtu.

PSMS Medan Tetapkan 23 Pemain

Skuad PSMS Medan akhirnya ditetapkan sebanyak 23 orang yang akan memperkuat tim tersebut untuk menjalani Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2015 yang menurut rencana mulai bergulir akhir April mendatang.