Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Dua Permukiman Bekasi Terkena Gusur Normalisasi Sungai

Dua permukiman warga di Bekasi, Jawa Barat, akan terkena dampak penggusuran untuk keperluan normalisasi Kali Bekasi.

Matematika Dalam Kehidupan

Pria Pintar + Wanita Pintar = Kisah RomantisPria Pintar + Wanita Bodoh = KehamilanPria Bodoh + Wanita Pintar = PerselingkuhanPria Bodoh + Wanita Bodoh = PerkimpoianAtasan Pintar + Bawahan Pintar = ProfitAtasan Pintar + Bawahan Bodoh = ProduksiAtasan Bodoh + Bawahan Pintar = Kenaikan JabatanAtasan Bodoh + Bawahan Bodoh = OvertimePria akan membayar Rp.

Koni Libatkan Sopir Lokal Angkut Atlet Poprov

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Buleleng, Bali melibatkan sopir lokal di daerah itu mengangkut para atlet dari hotel menuju beberapa lokasi pertandingan.

Bantul Terima Laporan Dua Perusahaan PHK Karyawan

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menerima laporan bahwa dua perusahaan yang beroperasi di daerah ini melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Kodam Jaya Berikan Uang Kerohiman

Kodam Jaya akan memberikan uang kerohiman kepada 99 penghuni di Kompleks Detasemen Intel (Denintel) Kodam Jaya di Jalan Jambore, Cibubur, Jakarta Timur.