Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Enam Warga Sipil Tewas Dalam Ledakan di Afghanistan

Sebanyak enam warga sipil tewas setelah satu kendaraan melindas peledak rakitan, dan mengakibatkan ledakan di Provinsi Kandahar di Afghanistan Selatan pada Senin (25/5), kata seorang juru bicara pemerintah provinsi.

Sanksi Pangkalan Elpiji Diharapkan Berikan Efek Jera

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan sanksi yang diberikan PT Pertamina kepada beberapa pangkalan elpiji bersubsidi dapat memberikan efek jera terhadap pengusaha tersebut.

Pemerintah Upayakan Distribusi Guru Merata Tiap Sekolah

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mengupayakan distribusi para guru secara merata tiap sekolah sesuai kebutuhan dan keahlian yang dimiliki sehingga tidak terkesan asal-asalan.

Dana Pilkades Minahasa Tenggara Dikelolah Desa

Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap, menegaskan jika dana pemilihan kepala desa (Pilkades) harus dikelolah oleh desa yang bersangkutan.

Bupati Minta Pembuat Beras Plastik Dihukum Mati

Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Surya Widati meminta aparat penegak hukum menghukum mati pelaku pembuatan beras plastik yang merugikan masyarakat.