Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 373

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Lewis Hamilton Tercepat Dalam Latihan Bebas AS Grand Prix

Pimpinan klasemen Lewis Hamilton mempertahankan posisinya di puncak pada latihan bebas kedua, Jumat, menjelang perlombaan F1 Amerika Serikat GP akhir minggu ini.

Roger Federer Tumbang Di Paris Dan Raonic Buka Peluang Ke London

Petenis yang memiliki pukulan servis keras Milos Raonic mengalahkan pemain nomor dua dunia Roger Federer 7-6 (7/4), 7-5 Jumat dan maju ke semi final turnamen Paris Masters.

Navarro Dan Muguruza Ke Semi Final Tenis Sofia

Carla Suarez Navarro, Garbine Muguruza dan Flavia Pennetta maju ke semi final 'WTA Tournament of Champions', Jumat, bergabung dengan Andrea Petkovic pada laga empat besar.

KPU Musirawas Usulkan Dana Pilkada Rp32 Miliar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, mengusulkan dana anggaran pemilihan kepala daerah 2015 kepada pemerintah Kabupaten Musirawas sebesar Rp32 miliar.

PDAM Kota Malang Beri Potongan Pasang Baru Bagi MBR

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang, Jawa Timur, memberikan potongan biaya pasang sambungan baru bagi pelanggan dari kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebesar Rp100 ribu.