Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 307

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Kementerian Anggarkan Rp50 Miliar Perbaiki Perkebunan Teh

Kementerian Pertanian pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk melakukan perbaikan perkebunan teh seluas 3.

USAID Gelar Pelatihan Pengajaran di Tobasa

United states agency for international development (USAID) Prioritas menggelar pelatihan pengajaran yang difokuskan pada materi pembelajaran akif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) bagi sejumlah guru di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Bawaslu Riau Minta Rekapitulasi Ulang Dua Kecamatan

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Riau merekomendasikan agar dilakukan rekapitulasi ulang di dua kecamatan di Kabupaten Kampar, Riau, karena adanya sengketa jumlah surat suara yang sah tidak sah mencapai 2.

Kepulauan 'Senkaku' Dilindungi Perjanjian Keamanan

Presiden Amerika Serikat Barack Obama Kamis mengatakan dalam konferensi pers di Jepang bahwa pulau-pulau yang berada di tengah sengketa sengit wilayah dengan Tiongkok dilindungi oleh perjanjian pertahanan yang mewajibkan Washington bertindak jika diserang.

Bupati Percayakan Pembahasan Provinsi Kotawaringin ke Tim

Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi memercayakan pembahasan masalah teknis pembentukan Provinsi Kotawaringin di Kalimantan Tengah kepada Tim Sembilan yang sedang bekerja.