Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Rano Karno: Banten Alami Kemajuan Pesat

banten, rano karno, wagub banten

Posted on 04 Oct 2013. Hits : 365

Wakil Gubernur Banten Rano Karno menyatakan dalam kurun waktu 13 tahun sejak berdiri pada 2000, daerah tersebut telah mengalami kemajuan pesat.

"Banyak kemajuan yang sudah dicapai Banten, walaupun juga tidak sedikit kekurangan yang terjadi dan perlu ditingkatkan," katanya pada sidang paripurna istimewa dalam memperingati HUT ke-13 Provinsi Banten di Gedung DPRD, Jumat.

Berbagai kemajuan yang sudah dicapai Provinsi Banten, kata dia, dapat dilihat dari berbagai indikasi, diantaranya pendapatan asli daerah (PAD), nilai APBD dan indeks pembangunan manusia (IPM) serta laju pertumbuhan ekonomi.

PAD Provinsi Banten, kata dia, mengalami peningkatan cukup signifikan dalam 13 tahun ini. Pada 2001 pendapatan daerah itu hanya Rp212,39 miliar dan pada 2013 mencapai 490,36 miliar.

Demikian juga dengan nilai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kata dia, pada 2001 hanya Rp3,98 triliun dan pada APBD 2013 perubahan menjadi Rp6,495 triliun.

Peningkatan PAD dan APBD tersebut merupakan bukti terus terjadi peningkatan ekonomi di daerah tersebut serta tingginya daya saing daerah.

"Peningkatan APBD juga mendorong perbaikan pelayanan pada masyarakat, baik di bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya maupun penantaan lingkungan hidup," katanya.

Mengenai indeks pembangunan manusia, menurut dia, pada 2001 IPM Provinsi Banten hanya 65,3. Pada 2012 meningkat menjadi 71,22, dan ke depan akan terus diupayakan mengalami peningkatan.

Rano juga menyatakan, laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten, pada 2001 hanya 5,7 persen, dan mengalami peningkatan menjadi 6,15 persen pada 2012.

"Kita optimistis Provinsi Banten akan terus berkembang, dengan adanya kerja sama yang terjalin antara pemerintah provinsi dengan delapan kabupaten/kota serta dukungan semua elemen termasuk masyarakat," katanya. (ant/as)

Hari Kedua Lebaran Jalur Sangatta- Samarinda Lancar

Hari kedua lebaran idul fitri 1 syawal 1435 hijriyah, jalur Sangatta Kutai Timur dengan Samarinda nampak lancar.

Masyarakat Palangka Raya Padati TPU Muslim

Masyarakat kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memadati tempat pemakaman umum Muslim Jalan Tjlik Riwut, Km 2,5 untuk melakukan tradisi ziarah setiap lebaran hari pertama hingga kedua pada daerah itu.

Kades Marah Haloq Bangun Mess Desa Untuk Guru

Kepala desa Marahaloq kecamatan Telen kabupaten Kutai timur Kalimantan Timur, Rudi kembali membuat program luar biasa dengan membangun mess desa untuk dijadikan tempat tinggal mess guru-guru.

Arus Balik Lebaran Terjebak Macet

Para pemudik yang mulai melakukan perjalanan arus balik menuju ke daerah asal masing-masing, dan warga masyarakat yang akan bersilaturahim pada Idul Fitri 1435 H/2014 terjebak kemacetan lalu lintas di Provinsi Lampung.

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan Pantai Padang

Pantai Padang sebagai salah satu tujuan wisata menarik di Provinsi Sumatera Barat, pada H+1 lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah, Selasa, mulai ramai didatangi pengunjung dari dalam dan luar provinsi.