Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Proyek Gas Donggi Senoro Topang Investasi Sulteng

donggi senoro, proyek gas, sulawesi tengah

Posted on 14 May 2013. Hits : 152

Bank Indonesia mencatat investasi gas alam cair Donggi Senoro mendominasi penanaman modal asing (PMA) di Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan persentase sebesar 96 persen pada triwulan I 2013.

Pejabat Humas Bank Indonesia Perwakilan Sulteng, Hasudungan, di Palu, Selasa, menyebutkan pada triwulan I 2013 realisasi investasi PMA mencapai 516,80 juta dolar AS, atau jauh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya 1,1 juta dolar AS.

Kondisi tersebut menempatkan Sulawesi Tengah di urutan ke enam secara nasional dilihat dari nominal investasi PMA. Sedangkan urutan pertama ditempati Jawa Barat dengan nilai investasi mencapai 1,3 miliar dolar AS.

Sementara itu realisasi pembangunan proyek kilang gas PT. Donggi Senoro LNG di Desa Uso, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, hingga akhir Februari telah mencapai 57 persen.

Konstruksi kilang LNG yang dimulai sejak Januari 2011 itu direncanakan akan memakan waktu 48 bulan, dengan pengiriman gas pertama direncanakan mulai akhir 2014.

Proyek LNG Donggi Senoro dibentuk oleh tiga anggota konsorsium yaitu Pertamina (29 persen), Medco (20 persen), dan Mitsubishi Jepang (51 persen) dengan nama PT. Donggi Senoro LNG yang tertuang dalam perjanjian penjualan gas pada tanggal 22 Januari 2009.

Hasudungan mengatakan proyek tersebut dikembangkan dengan pola pengembangan hilir (downstream) dan tidak dijamin oleh pemerintah.

"Dalam hal ini 100 persen biaya proyek ditanggung oleh investor itu sendiri," katanya.

Proyek pengembangan gas Senoro terdiri dari pembangunan kilang senilai 2,8 miliar dolar AS yang dilakukan PT Donggi Senoro LNG (DS LNG), pengeboran di blok Senoro-Toili sebesar 600 juta dolar AS, dan blok Matindok 275 juta dolar AS.

Sementara itu cadangan gas Donggi-Senoro sebesar 2,3 triliun kaki kubik, sedangkan kapasitas produksinya 2 juta ton per tahun.

PT DS LNG juga telah menandatangani perjanjian jual-beli LNG dengan tiga pembeli selama 13 tahun ketika mulai beroperasi kilang sejak 2014.

Ketiga perusahaan tersebut adalah Chubu Electric Power Co Inc (Jepang) dengan volume satu juta ton per tahun, Kyushu Electric Power Co Inc (Jepang) dengan volume 300 ribu ton per tahun, dan Korea Gas Corporation (Kogas) 700 ribu ton per tahun. (ant/as)

Publik Apresiasi Efisiensi PLN

Publik mengapresiasi kesuksesan efisiensi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di segala lini dalam beberapa tahun terakhir dan hal itu diyakini akan berdampak pada peningkatan pelayanan kepada pelanggan, kata pengamat.

Sekjen PBB Kunjungi Negara Terkena Ebola, Desak Taati Aturan Kesehatan

Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon memulai kunjungannya ke negara-negara terkena wabah Ebola di Afrika Barat, dan mendesak masyarakat setempat untuk mematuhi aturan kesehatan, mengingat penguburan secara tradisional masih bisa menyebarkan penyakit itu.

Vietnam Selamatkan Pekerja Terperangkap Selama 4 Hari

Tim penyelamat Vietnam bersama ratusan tentara dan penambang, Jumat, berhasil menyelamatkan 12 pekerja yang terperangkap selama hampir empat hari akibat sebuah terowongan ambruk saat pembangunan pembangkit listrik tenaga air.

WHO : Sejuta Orang Terluka Dan Penyakit Terus Menyebar Di Suriah

Satu juta orang terluka karena perang saudara di Suriah dan diperparah oleh menyebarnya sejumlah penyakit akibat kurangnya akses terhadap obat-obatan, demikian kata wakil Oganisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Suriah, Elizabeth Hoff.

Telur Laris Di Pasar Murah Natal Sulut

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hanny Wajong mengatakan telur ayam laris manis dalam pasar murah Natal 2014 di daerah tersebut.