Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produksi Kedelai Kaltim Naik 21,90 Persen

kedelai, produksi kedelai, kalimantan timur

Posted on 05 Jul 2013. Hits : 322

Produksi kedelai di Provinsi Kalimantan Timur hingga akhir 2013 diperkirakan naik sebanyak 299 ton biji kering atau naik 21,90 persen, yakni dari 1.364 ton kedelai biji kering pada tahun lalu naik menjadi 1.662 ton kedelai biji kering.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Johny Anwar di Samarinda, Jumat, menjelaskan bahwa perkiraan peningkatan produksi tersebut karena meningkatnya luas panen hingga 163 hektare atau 15,64 persen.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai sepanjang 2013 yang relatif besar itu, kata dia, hanya terjadi di satu daerah, yakni terjadi di Kabupaten Berau.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai yang sebesar 299 ton itu terjadi pada subround Januari--April yang sebesar 18 ton atau 2,80 persen, kemudian subround Mei--Agustus yang sebesar 187 ton atau 46,42 persen.

Peningkatan juga terjadi pada subround September--Desember yang sebesar 94 ton kedelai biji kering atau sebanyak 28,30 persen ketimbang subround yang sama tahun sebelumnya.

Pola panen kedelai pada tahun 2013 diperkirakan masih sama dengan pola panen pada tahun 2012, kecuali pola panen kedelai pada tahun 2011 yang agak berbeda, yakni puncak panen terjadi pada subround Januari--April.

Jika diperinci per subround, kata dia, maka luas panen pada Januari--April seluas 444 hektare (ha), subround Mei--Agustus seluas 412 ha, dan subround September--Desember seluas 349 ha.

Kemudian untuk produktivitasnya, pada subround Januari--April sebesar 14,56 kuintal/ha, subround Mei--Agustus sebanyak 14,35 kuintal/ha, dan subround September--Desember turun menjadi 12,17 kuintal/ha.

Selanjutnya, ditinjau dari sisi produksi, maka dalam subround Januari--April produksinya mencapai 647 ton jagung pipilan kering, subround Mei--Agustus naik menjadi 591 ton pipilan kering, dan subround September--Desember kembali naik sebanyak 425 ton pipilan kering.

Pengendara Motor Jakarta Mulai Beralih ke BBM Swasta

Seminggu pascapenaikan harga bahan bakar minyak masyarakat pengguna sepeda motor mulai mengonsumsi BBM swasta atau industri yang ada di SPBU di sepanjang jalan di sekitar Jakarta.

PDIP Kecewa Hasil Sidang Paripurna

Politisi PDI-Perjuangan Arief Wibowo mengaku kecewa dengan hasil sidang paripurna DPR RI kesepuluh pada Rabu (26/11) menunda memasukkan revisi Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MD3 dalam Proyeksi Legislasi Nasional 2014.

Garuda Indonesia Bakal Buka Rute Baru

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka sejumlah rute baru dari Semarang seiring permintaan masyarakat yang semakin tinggi.

Warga Miskin Blitar Belum Terima PSKS

Pasangan suami istri, yang merupakan warga miskin, Purnadi (80) dan Sutiyem (75), asal Desa Bendo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, belum mendapatkan bantuan dana bantuan program simpanan keluarga sejahtera (PSKS) yang dibagikan sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

DKI Siapkan 100 Bus Tingkat Gratis

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyediakan 100 bus tingkat gratis untuk angkutan para pekerja di sepanjang jalan Medan Merdeka Barat hingga Bunderan Hotel Indonesia.