Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produksi Kedelai Kaltim Naik 21,90 Persen

kedelai, produksi kedelai, kalimantan timur

Posted on 05 Jul 2013. Hits : 322

Produksi kedelai di Provinsi Kalimantan Timur hingga akhir 2013 diperkirakan naik sebanyak 299 ton biji kering atau naik 21,90 persen, yakni dari 1.364 ton kedelai biji kering pada tahun lalu naik menjadi 1.662 ton kedelai biji kering.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Johny Anwar di Samarinda, Jumat, menjelaskan bahwa perkiraan peningkatan produksi tersebut karena meningkatnya luas panen hingga 163 hektare atau 15,64 persen.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai sepanjang 2013 yang relatif besar itu, kata dia, hanya terjadi di satu daerah, yakni terjadi di Kabupaten Berau.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai yang sebesar 299 ton itu terjadi pada subround Januari--April yang sebesar 18 ton atau 2,80 persen, kemudian subround Mei--Agustus yang sebesar 187 ton atau 46,42 persen.

Peningkatan juga terjadi pada subround September--Desember yang sebesar 94 ton kedelai biji kering atau sebanyak 28,30 persen ketimbang subround yang sama tahun sebelumnya.

Pola panen kedelai pada tahun 2013 diperkirakan masih sama dengan pola panen pada tahun 2012, kecuali pola panen kedelai pada tahun 2011 yang agak berbeda, yakni puncak panen terjadi pada subround Januari--April.

Jika diperinci per subround, kata dia, maka luas panen pada Januari--April seluas 444 hektare (ha), subround Mei--Agustus seluas 412 ha, dan subround September--Desember seluas 349 ha.

Kemudian untuk produktivitasnya, pada subround Januari--April sebesar 14,56 kuintal/ha, subround Mei--Agustus sebanyak 14,35 kuintal/ha, dan subround September--Desember turun menjadi 12,17 kuintal/ha.

Selanjutnya, ditinjau dari sisi produksi, maka dalam subround Januari--April produksinya mencapai 647 ton jagung pipilan kering, subround Mei--Agustus naik menjadi 591 ton pipilan kering, dan subround September--Desember kembali naik sebanyak 425 ton pipilan kering.

Jasad Nelayan Bangka Tengah Ditemukan Mengapung

Jasad Zaili (55), seorang nelayan Desa Perlang, Bangka Tengah, Bangka Belitung, ditemukan mengapung tidak jauh dari perahu dayungnya yang terbalik dihantam gelombang tinggi.

Anggota Paskhas Korban Hercules Dipulangkan Dengan Kapal

Jenazah anggota Batalyon 462 Pasukan Khas TNI AU Pratu Rudi Haryono yang merupakan salah satu korban jatuhnya pesawat Hercules A-1310 akan diberangkatkan dengan kapal dari Kota Pekanbaru ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Dishub Sulsel Persiapkan Sertifikasi Sopir Taksi

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Sulawesi Selatan Masykur A Sulthan mengatakan pihaknya mulai melakukan persiapan terkait sertifikasi sopir taksi.

Telkom Fasilitasi Komunikasi 26 Kapal Pelni

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) serius menggarap solusi di sektor komunikasi dengan menggelontorkan dana Rp75 miliar untuk memberikan layanan 'On-Ship Connectivity' di 26 kapal milik PT Pelni (Persero).

Tiket Bus Dari Jombor Sleman Habis Dipesan

Tiket bus untuk mudik Lebaran dengan tujuan sejumlah kota di luar Pulau Jawa yang akan berangkat dari Terminal Jombor, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah habis dipesan.