Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produksi Kedelai Kaltim Naik 21,90 Persen

kedelai, produksi kedelai, kalimantan timur

Posted on 05 Jul 2013. Hits : 322

Produksi kedelai di Provinsi Kalimantan Timur hingga akhir 2013 diperkirakan naik sebanyak 299 ton biji kering atau naik 21,90 persen, yakni dari 1.364 ton kedelai biji kering pada tahun lalu naik menjadi 1.662 ton kedelai biji kering.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Johny Anwar di Samarinda, Jumat, menjelaskan bahwa perkiraan peningkatan produksi tersebut karena meningkatnya luas panen hingga 163 hektare atau 15,64 persen.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai sepanjang 2013 yang relatif besar itu, kata dia, hanya terjadi di satu daerah, yakni terjadi di Kabupaten Berau.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai yang sebesar 299 ton itu terjadi pada subround Januari--April yang sebesar 18 ton atau 2,80 persen, kemudian subround Mei--Agustus yang sebesar 187 ton atau 46,42 persen.

Peningkatan juga terjadi pada subround September--Desember yang sebesar 94 ton kedelai biji kering atau sebanyak 28,30 persen ketimbang subround yang sama tahun sebelumnya.

Pola panen kedelai pada tahun 2013 diperkirakan masih sama dengan pola panen pada tahun 2012, kecuali pola panen kedelai pada tahun 2011 yang agak berbeda, yakni puncak panen terjadi pada subround Januari--April.

Jika diperinci per subround, kata dia, maka luas panen pada Januari--April seluas 444 hektare (ha), subround Mei--Agustus seluas 412 ha, dan subround September--Desember seluas 349 ha.

Kemudian untuk produktivitasnya, pada subround Januari--April sebesar 14,56 kuintal/ha, subround Mei--Agustus sebanyak 14,35 kuintal/ha, dan subround September--Desember turun menjadi 12,17 kuintal/ha.

Selanjutnya, ditinjau dari sisi produksi, maka dalam subround Januari--April produksinya mencapai 647 ton jagung pipilan kering, subround Mei--Agustus naik menjadi 591 ton pipilan kering, dan subround September--Desember kembali naik sebanyak 425 ton pipilan kering.

Menpora : SEA Game Bisa Diproyeksikan Di Madura

Pulau Madura bisa diproyeksikan menjadi tempat perhelatan nasional maupun internasional, seperti SEA Game, kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Sulsel Juara Umum Kejurnas Piala Wapres

Tuan rumah Sulawesi Selatan keluar sebagai juara sekaligus berhak atas Piala Wakil Presiden pada Kejuaraan Liga Nasional Muaythai seri pertama di Lapangan Karebosi Link Makassar, 17-19 Desember 2014.

SMP Negeri 05 Mukomuko Terima Penghargaan Adiwiyata

SMP Negeri 05 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 terpilih sebagai salah satu sekolah penerima Adiwidiyata atau penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup.

Pemprov Galakkan Kerja Bakti Jumat Dan Minggu

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggalakkan kegiatan kerja bakti setiap Jumat dan Minggu di setiap lingkungan permukiman di wilayah ibu kota itu dalam rangka mengantisipasi banjir.

Banyak Kebakaran Rumah Akibat Instalasi Non-SLO

Pejabat Komite Nasional Keselamatan Untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Wilayah Riau menyatakan banyak laporan masuk yang menyatakan kebakaran rumah atau bangunan lainnya disebabkan instalasi listrik non-SLO (Sertifikat Laik Operasi).