Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Produksi Kedelai Kaltim Naik 21,90 Persen

kedelai, produksi kedelai, kalimantan timur

Posted on 05 Jul 2013. Hits : 322

Produksi kedelai di Provinsi Kalimantan Timur hingga akhir 2013 diperkirakan naik sebanyak 299 ton biji kering atau naik 21,90 persen, yakni dari 1.364 ton kedelai biji kering pada tahun lalu naik menjadi 1.662 ton kedelai biji kering.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim) Johny Anwar di Samarinda, Jumat, menjelaskan bahwa perkiraan peningkatan produksi tersebut karena meningkatnya luas panen hingga 163 hektare atau 15,64 persen.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai sepanjang 2013 yang relatif besar itu, kata dia, hanya terjadi di satu daerah, yakni terjadi di Kabupaten Berau.

Perkiraan peningkatan produksi kedelai yang sebesar 299 ton itu terjadi pada subround Januari--April yang sebesar 18 ton atau 2,80 persen, kemudian subround Mei--Agustus yang sebesar 187 ton atau 46,42 persen.

Peningkatan juga terjadi pada subround September--Desember yang sebesar 94 ton kedelai biji kering atau sebanyak 28,30 persen ketimbang subround yang sama tahun sebelumnya.

Pola panen kedelai pada tahun 2013 diperkirakan masih sama dengan pola panen pada tahun 2012, kecuali pola panen kedelai pada tahun 2011 yang agak berbeda, yakni puncak panen terjadi pada subround Januari--April.

Jika diperinci per subround, kata dia, maka luas panen pada Januari--April seluas 444 hektare (ha), subround Mei--Agustus seluas 412 ha, dan subround September--Desember seluas 349 ha.

Kemudian untuk produktivitasnya, pada subround Januari--April sebesar 14,56 kuintal/ha, subround Mei--Agustus sebanyak 14,35 kuintal/ha, dan subround September--Desember turun menjadi 12,17 kuintal/ha.

Selanjutnya, ditinjau dari sisi produksi, maka dalam subround Januari--April produksinya mencapai 647 ton jagung pipilan kering, subround Mei--Agustus naik menjadi 591 ton pipilan kering, dan subround September--Desember kembali naik sebanyak 425 ton pipilan kering.

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.