Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Harga Jagung Di Tingkat Pengusaha Pengumpul Naik

Sejak dua pekan terakhir harga Jagung di tingkat pengusaha pengumpul dan pedagang di pasaran Gorontalo mengalami kenaikkan.

Waspadai Gelombang Tinggi Di Wilayah Perbatasan Maluku

Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pattimura Ambon mengimbau penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut, termasuk masyarakat pesisir agar mewaspadai gelombang tinggi di wilayah perbatasan Maluku pada beberapa hari ke depan.

Indragiri Hilir Bebas Dari Beras Plastik

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, menyatakan bahwa daerah di pesisir Provinsi Riau itu bebas dari peredaran beras plastik yang akhir-akhir ini telah beredar disejumlah wilayah di Indonesia.

Elpiji Tiga Kg Di Inhil Capai Rp30.000

Harga jual gas elpiji bersubsidi untuk ukuran tiga Kilo Gram (Kg) di Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau ditingkat pengecer melambung hingga mencapai Rp30.

Rio Haryanto Gagal Raih Poin Di Monako

Pebalap nasional Rio Haryanto gagal mendapatkan tambahan poin saat tampil pada seri ketiga lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Monte Carlo, Monako, yang berakhir Sabtu (23/5) waktu setempat.