Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 367

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Omzet Pengusaha Coklat Naik Drastis

Omzet pengusaha makanan olahan dari cokelat di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, naik drastis menjelang Lebaran Idul Fitri 2014, bahkan sampai 100 persen yang dipicu karena tingginya permintaan.

Pebalap Sulsel Tampil di jepang

Tiga pembalap asal Sulawesi Selatan mewakili Indonesia tampil di ajang Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship di Sirkuit Suzuka, Jepang, Agustus 2014.

Dua Tentara Israel Tewas

Dua lagi tentara Israel tewas dalam pertempuran di Jalur Gaza, kata pihak militer negara Yahudi itu Selasa, meningkatkan jumlah prajurit negara itu yang tewas dalam konflik heri ke-15 dengan Hamas menjadi 27.

Pelindo Salahkan pemerintah Soal Kemacetan di Priok

Direktur Utama Pelindo II Richard Jose Lino menyatakan kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok terkait dengan pengangkutan barang karena birokrasi pemerintah yang dinilai masih berbelit-belit.

Jalan Proyek Abrasi Ditutup Paksa

Jalan menuju proyek abrasi di Desa Cupel, Kabupaten Jembrana, Bali, ditutup paksa oleh warga yang mengaku sebagai pemasok material.