Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Warga Solok Selatan Pasar Pabukoan Diawasi

Sejumlah warga Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, berharap pemerintah setempat mengawasi penganan berbuka puasa yang diperjualbelikan pedagang karena ada yang tidak layak konsumsi.

Tentara Asal Ngawi Jadi Korban Jatuhnya Hercules

Seorang anggota TNI asal Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, juga ikut menjadi korban kecelakaan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Medan, Sumatra Utara, Selasa (30/6).

Perusahaan Terkena Moratorium Diminta Tidak Keluar Maluku

Pemerintah Provinsi Maluku meminta empat perusahaan perikanan yang beroperasi di provinsi tersebut dan terkena imbas pemberlakuan moratorium oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk tidak tinggalkan daerah itu.

Kementerian Koperasi /UMKM Sosialisasikan Izin Usaha Mikro Gratis

Kementerian Koperasi dan UMKM menggandeng pemerintah kabupaten/kota untuk mensosialisasikan Perpres Nomor 28 tahun 2015 terkait pemberian izin usaha mikro gratis di tingkat kecamatan.

Pemkab Natuna Biayai Keluarga Korban Tragedi Hercules

Pemerintah Kabupaten Natuna Kepulauan Riau membiayai keberangkatan 68 orang keluarga korban tragedi pesawat Hercules C-130 ke Medan, Sumatera Utara untuk mempermudah identifikasi korban.