Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

PDIP Muna Buka Pendaftaran Calon Bupati

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, mulai membuka pendaftaran calon bupati daerah itu yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2015.

Kasus Kecelakaan Lantas di Aceh Selatan Naik

Kapolres Aceh Selatan, AKBP Sigit Jatmiko SIK mengatakan dalam rentang waktu setahun terakhir, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) yang jatuh korban jiwa mengalami grafik peningkatan, sedangkan pelanggaran menunjukkan grafik penurunan.

Ratusan Kecamatan di Jabar Belum Miliki SMA Negeri

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan hingga saat ini ada sekitar 159 kecamatan di daerahnya yang belum memiliki Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri.

Dubes RI Untuk Lebanon Belum Serahkan Surat Credentials

Duta Besar RI untuk Lebanon Achmad Chozin Chumaidy terhambat menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan (Credentials) dari Presiden Joko Widodo kepada Kepala Negara Lebanon akibat kekosongan jabatan presiden di negara itu.

Pemuda Pancasila Gelar Aksi Tolak ISIS

Puluhan anggota Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis, menggelar aksi damai menolak paham "Islamic State in Iraq and Syria" (ISIS), terorisme, dan radikalisme.