Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Kvitova Libas Safarova Untuk Raih Gelar New Haven

Petenis unggulan kedua yang juga juara bertahan Petra Kvitova meraih gelar turnamen WTA Connecticut Open untuk ketiga kalinya di New Haven, Sabtu waktu setempat, setelah mengalahkan petenis senegaranya dari Ceko Lucie Safarova dengan 6-7 (6/8), 6-2, 6-2.

Mensos : Lindungi Dan Bahagiakan Anak Indonesia

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat agar melindungi dan membahagiakan anak-anak Indonesia sebagai bentuk rasa cinta serta tanggung jawab menjadikan mereka menjadi generasi penerus bangsa.

Pasaman Barat Dorong Petani Tingkatkan Nilai Jagung

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong petani jagung agar meningkatkan kreatifitas nilai tambah jagung.

133 Jamaah Calhaj Mukomuko Menuju Asrama Bengkulu

Pelaksana Harian Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Syafkani melepas keberangkatan 133 jamaah calon haji dari daerah itu menuju asrama haji di Kota Bengkulu.

Pengamat : Pemkab Berperan Penting Jaga Stabilitas Ekonomi

Pengamat ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, Prof DR I Wayan Lasmawan MPd mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) berperan penting menjaga stabilitas ekonomi masyarakat saat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.