Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 311

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Kota Jayapura Terendam Banjir

Hujan deras yang melanda kota Jayapura, Papua dan sekitarnya sejak Rabu pagi sekitar jam 05.

Penjualan Rumah di Tiongkok Anjlok

Penjualan rumah di Tiongkok selama periode tiga bulan yang berakhir Maret anjlok 7,7% menjadi 1,11 triliun yuan (US$178 miliar).

ACT Desak Pemerintah Lebih Membantu Etnis Rohingya

Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendesak pemerintah Indonesia untuk memberikan upaya lebih dalam membantu meringankan beban etnis Rohingya yang tidak mendapatkan pengakuan dari pemerintah Myanmar.

Ekolobel Pelestarian Sumberdaya Perikanan

Indonesia mendukung kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk ekolabeling dengan tujuan pelestarian sumberdaya perikanan dan lingkungan, kata Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan Saut P Hutagalung.

Dino Patti Djalal Lanjutkan Safari Politik

Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Dino Patti Djalal melanjutkan safari politik yang pertama kalinya seusai pemilihan legislatif 9 April 2014 ke Nusa Tenggara Barat (NTB).