Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLTU Tanjung Gundul Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

pltu tanjung gundul, pltu, pembangkit listrik, bengkayang

Posted on 16 Apr 2013. Hits : 385

Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2 x 27,5 MW di Tanjung Gundul, Bengkayang, ditargetkan mulai beroperasi pada akhir 2013.

Manajer UPK PLTU Kalbar I, Seger Yohanes di Tanjung Gundul, Bengkayang, Selasa mengatakan, realisasi proyek tersebut hingga Maret 2013 telah mencapai 64,22 persen.

"Sejauh ini kami tetap optimistis target akhir tahun bisa masuk ke sistem kelistrikan di Kalbar," ujarnya.

Proyek tersebut didanai anggaran PLN yang bersumber dari Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Sedangkan kontraktor pelaksana konsorsium dari Indo Fuji Energi, Advance Technology Indonesia, Persada Inti Energi, dan Guandong Machinery Imp&Exp Co Ltd.

Ia melanjutkan, saat ini pembangunan proyek PLTU 2 x 27,5 MW itu sudah memasuki tahap konstruksi mekanikal elektrikal.

"Kalau untuk pembangunan fisik, praktis hampir selesai," katanya.

Ia menambahkan, secara desain untuk proyek tersebut juga tidak ada masalah berarti."Dari tekstur lahan, juga lebih keras dibanding Jungkat," ujarnya.

Ia mengungkapkan, mesin yang digunakan juga membutuhkan batu bara dengan nilai kalori yang rendah.Kebutuhan untuk batu bara berkisar seperempat juta ton per tahun. Mengenai pemasoknya, akan ditentukan dari PLN Pusat.

"Mungkin saja dari Sumsel, Kalsel atau Kaltim. Tergantung PLN Pusat karena pengadaannya dari sana," kata Seger Yohanes. (ant/as)

Pemerintah Terima 200 Usulan 200 Kube

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, tahun ini mengusulkan sebanyak 200 Kelompok Usaha Bersama (Kube) ke pemerintah pusat untuk mendapatkan bantuan.

Petinju Bangka Optimis Raih Emas di Porprov

Atlet tinju Bangka Tengah Muhammad Jassa optimistis meraih medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi di Belitung, 9-17 September 2014.

ISI Denpasar Evaluasi Kualitas Penelitian

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar melakukan evaluasi kualitas penelitian melalui seminar hasil penelitian, penciptaan dan pengabdiabn kepada masyarakat yang diikuti 36 dosen setempat.

Zulkifli Hasan : Hatta Ucapkan Selamat Kepada Jokowi

Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan mengungkapkan Hatta Rajasa memberikan ucapan selamat kepada Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, di Jakarta, Senin (1/9) malam.

Menkominfo Angkat Isu Penyadapan di Forum Dunia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring mengangkat isu penyadapan ilegal pada forum dunia yakni Internet Governance Forum di Istanbul, Turki, 2-5 September 2014.