Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 375

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

PSM Santai Jelang Pembagian Grup Piala Presiden

Tim pelatih PSM Makassar bersikap santai jelang pembagian grup di turnamen Piala Presiden atau sebelumnya bernama Piala Indonesia Satu (PIS) oleh pihak Mahaka Sport and Entertainment.

Bupati : Alor Fokus Optimalkan Potensi Wisata

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan, saat ini dirinya fokus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia di daerahnya seperti taman laut, karang dan biota laut lainnya yang memesona pengunjung.

Joged Bumbung Sinabun Buleleng Pukau Penonton Mahalango

Penampilan Joged Bumbung Desa Sinabun, Kabupaten Buleleng, Bali memukau ratusan penonton pagelaran Bali Mandara Mahalango ke-2 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu Malam.

Kapal Pemkab 'Yap Wairon' Dikelola Pihak Ketiga

Operasional kapal perintis milik pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua, KM Yap Wairon, akan ditangani pihak ketiga yaitu perusahaan pelayaran Papua Lintas Nusantara.

'Water Cannon' Polda NTB Padamkan Kebakaran Hypermart

Tiga mobil 'water cannon' Polda NTB dan Polres Mataram diperbantukan untuk memadamkan kebakaran gedung pusat perbelanjaan Hypermart Kota Mataram, Minggu pagi.