Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 317

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

Dinas PU Penajam Prioritaskan Pembebasan Lahan

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan memprioritaskan pembebasan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan sejumlah proyek di daerah itu.

Asosiasi Gurami Sejahtera Siap Penuhi Kebutuhan Pasar

Asosiasi Gurami Sejahtera di Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berhasil mengembangkan budi daya ikan gurami, dan siap memenuhi kebutuhan pasar lokal.

Murid Pindahan Ke SMAN Mamuju Dibebani Biaya

Murid pindahan yang akan menempuh pendidikan ke SMAN I Mamuju, Sulawesi Barat, dibebani biaya untuk pembayaran sumbangan gedung sekolah.

IPM Sulbar Mencapai 70,73

Nilai Indeks pembangunan manusia (IPM) Provinsi Sulawesi Barat mencapai 70,73 persen pada tahun 2012 atau berada di posisi ke 27 dari 34 provinsi di Indonesia, Asisten II Pemprov Sulbar, Nuralam Thahir di Mamuju, Kamis, IPM Sulbar mencapai 70,73 persen berdasarkan data pemerintah di tahun 2013, setelah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Ekonomi Sulbar Disumbang Sektor Jasa 20 Persen

Pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2013 disumbang sektor jasa sekitar 20 persen.