Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 367

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

Harga Daging Di Muara Teweh Mulai Turun

Harga daging sapi di pasar tradisional Muara Teweh Kabupaten, Barito Utara, Kalimantan Tengah, dua hari setelah Lebaran 2014 mulai turun jadi Rp140.

Omzet Penjualan Mainan Di Bandarlampung Meningkat

Omzet penjualan mainan di Kota Bandarlampung meningkat saat libur hari raya Idul Fitri 1435 H.

BNPB Kerahkan Helikopter Antisipasi Kebakaran Kalbar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendatangkan helikopter khusus untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dengan upaya pemadaman dengan menjatuhkan bom air atau 'water bombing'.

Penumpang 'Speed Boat' Sungai Barito Masih Sepi

Arus balik Lebaran 1435 Hijriyah hari kedua melalui angkutan sungai menggunakan kapal cepat di pelabuhan terapung di Sungai Barito dari dan ke Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah masih sepi.

Konsumen Telkomsel Sesalkan Harga Pulsa Naik

Sejumlah konsumen Telkomsel di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengaku kesal dengan kebijakan perusahaan telekomunikasi itu yang menaikan harga pulsa saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.