Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 375

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

Eropa Tinjau Kembali Suber Daya Untuk Perangi Ebola

Negara-negara Eropa menilai sumber daya yang mereka miliki untuk membantu memerangi Ebola dan merencanakan respon yang terkoordinasi terhadap wabah virus adalah terburuk dalam sejarah, kata Menteri Kesehatan Italia, Beatrice Lorenzin, di sela-sela pertemuan Senin.

Penarikan Pajak dan Retribusi Masih Jauh Dari Harapan

Penarikan sektor pajak dan restribusi di Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta sampai triwulan tiga masih jauh dari target yang telah ditetapkan sehingga perlu terus digenjot.

Lalu Lintas Hewan Kurban Diperketat

Dinas Pertanian Pemerintah Kota Surakarta menjelang Idul Adha memperketat lalu lintas hewan kurban, utamanya dari daerah endemis antraks.

PM Jepang Batalkan Rencana Kunjungan Presiden Rusia

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe membatalkan rencana menjadi tuan rumah bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, yang dijadwalkan berkunjung ke Jepang pada tahun ini.

Bermain Perahu Motor Mini

Sejumlah warga sedang memainkan perahu motor mini yang bisa dikendalikan dari jarak jauh, di kawasan Dharmawangsa Residence, Bekasi, Selasa (23/9).