Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayuran di Lampung Timur Berkurang

petani sayuran, lampung timur

Posted on 04 Dec 2012. Hits : 375

Petani yang menanam sayuran di Kabupaten Lampung Timur berkurang, karena harga komoditas lainnya jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan hasil dari menanam sayuran.

"Petani banyak yang berkonsentrasi menanam padi, jagung dan singkong menyambut musim hujan ini," kata Subarti, salah seorang petani di Desa Gunungpasir Jaya Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, Selasa.

Ia mengatakan petani mulai menanam sayuran pada musim kemarau lalu dan saat musim hujan ini mengembalikan fungsi utama lahan dengan menanam padi di perladangan itu.

Selain itu, bagi petani yang sebelumnya menanam sayur di lahan tadah hujan saat kemarau akan menanam padi, sedangkan di perladangan akan menanam jagung atau singkong sebagai penghasilan utama mereka.

"Jika lahan tadah hujan tetap ditanami sayur akan membusuk karena saat curah hujan tinggi akibat tergenang air," kata dia.

Petani setempat lainnya, Handoyo mengatakan petani saat ini mulai menanam komoditas utama seperti jagung, padi dan singkong itu.

"Hasil menanam sayuran sebelumnya untuk modal tanam sekarang, sesuai dengan perencanaan para petani," kata dia.

Selain itu, kata dia, dari tahun ke tahun harga sayuran saat curah hujan tinggi selalu turun, karena kalah dengan pasokan sayuran dari daerah lain yang memang khusus menanam sayuran.

Petani daeraah itu, lanjut dia, hanya menanam sayuran hanya saat kemarau dengan memanfaatkan embung air atau aliran sungai untuk menyiram, sedangkan saat musim hujan menanam padi karena biasanya sungai meluap merendam lahan tanaman itu.

"Mudah-mudahan musim tanam padi rendeng tahun ini mendapatkan hasil maksimal karena pasokan air mencukupi dibandingkan dengan musim gadu sebelumnya yang kekurangan air," kata dia. (ant/as)

Bangka Barat Tingkatkan Fasilitas Keselamatan Jalan

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan keselamatan pengguna jalan raya dengan memasang rambu di sejumlah lokasi di daerah itu.

Pemkab Sediakan Lima Ton Daging Bersubsidi

Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan sebanyak lima ton daging bersubsidi untuk warga kurang mampu di daerah itu.

Pasar Cik Puan Pekanbaru Lagi-lagi Terbakar

Kebakaran besar lagi-lagi melanda Pasar Cik Puan di Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru, pada Senin malam.

Indocement Peduli Sosial Meski Alami Penurunan Penjualan

Perseroan Terbatas Indocement Tunggal Prakarasa Tbk tetap berkomitmen pada kepedulian sosial meski saat ini mengalami penurunan penjualan semen.

Pangdam Sriwijaya Safari Ramadhan Di Makorem Gapu

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Iskandar M. Sahil, berbuka puasa bersama dalam Safari Ramadhan beserta komponen masyarakat Jambi dan jajaran TNI di Markas Komando Resort 042/Garuda Putih (Gapu), Jambi, Senin.