Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

Obama-Erdogan Sepakat Intensifkan Pertempuran Terhadap Is Di Suriah

Presiden Amerika Serikat Barack Obama berbicara dengan timpalannya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan mereka berjanji untuk meningkatkan pertempuran terhadap kelompok Negara Islam (IS) di Suriah, kata Gedung Putih, Minggu.

Pertempuran Selama 5 Hari Tewaskan 75 Orang

Sembilan orang tewas Ahad dalam kekerasan terbaru di Benghazi di mana pasukan pro-pemerintah telah meluncurkan satu serangan terhadap milisi-milisi Islam, meningkatkan jumlah korban tewas menjadi 75 orang dalam lima hari, kata para petugas medis.

Pemerintahan Baru Diminta Fokus Pelestarian Hutan

Pemerintah Indonesia yang baru dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ke depannya harus fokus dalam pelestarian hutan di negara ini.

Prabowo Siap Bekerja Sama Dengan Pemerinttaha Jokowi

Ketua Dewan Pembina dan Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan siap bekerja sama dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo selama lima tahun ke depan.

Spiegel : Jerman Salahkan Pemberontak Pro-Rusia Untuk Jatuhnya Pesawat Penumpang Mh17

Badan intelijen luar negeri BND Jerman menyimpulkan bahwa pemberontak pro-Rusia akan dipersalahkan atas jatuhnya pesawat penumpang MH17 Malaysia Airline di Ukraina Juli, kata laporan mingguan Der Spiegel Minggu, lembaga Eropa pertama yang mengatakan hal itu.