Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

Beijing Denda 1.600 Perusak Lingkungan

Pemerintah Kota Beijing sejak Maret 2014 mengeluarkan 1.

Pidato Pangeran William Di Tiongkok Dapat Sambutan Meriah

Pangeran William dari Inggris mendapat banjir pujian dari pengguna internet di Tiongkok, Kamis setelah ia mengunjungi pusat perlindungan gajah liar di negeri itu dan mengecam penyelundupan satwa liar yang disebutnya sebagai "kejahatan yang keji".

AGP Jual Beras Murah Di Jabodetabek

Lembaga nirlaba Artha Graha Peduli (AGP) menggelar operasi penjualan murah di sekitar 100 titik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang bertujuan meringankan beban masyarakat menyusul kenaikan harga beras yang terus melambung.

Pakar: Tiga Fase Membesarkan Anak Islami Di Barat

Pengamat pendidikan anak dari Aberdeen Dr Syeikh Ahmed El Maghrebi mengatakan ada tiga fase perkembangan anak yang perlu diperhatikan bagi orang tua yang ingin membesarkan anak di negara Barat seperti Inggris.

Kubu Aburizal Daftarkan Gugatan Baru Ke Pengadilan

Partai Golkar pimpinan Aburizal Bakrie mendaftarkan gugatan baru ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat terkait polemik internal partai beringin, setelah sebelumnya mencabut pengajuan kasasi di Mahkamah Agung.