Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

Pasaman Miliki Sentra Peternakan Jangkrik

Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), memiliki sentra peternakan jangkrik yang dikelola oleh masyarakat, yang berdampak pada peningkatan ekonomi, serta bermanfaat bagi pengembangan daerah tersebut.

Perpustakaan Daerah Sumsel Kerja Sama Dengan Belanda

Badan Perpustakaan Daerah Sumatera Selatan menjalin kerja sama dengan Belanda untuk mengembangkan tempat baca bagi masyarakat setempat supaya makin berkembang.

Delapan Prajurit TNI Naik Pangkat Luar Biasa

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan penghargaan dan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) kepada delapan prajurit TNI AD berprestasi pada upacara penganugerahan piagam penghargaan dan KPLB di Aula A.

Nurul Arifin: Jokowi Belum Jadi Panglima Pemerintahan

Politisi Partai Golkar kubu Aburizal Bakrie, Nurul Arifin menilai Presiden Joko Widodo saat ini belum mampu menjadi seorang panglima bagi pemerintahannya sendiri, menyusul maraknya kekisruhan di tingkat eksekutif.

KPU Kabupaten Sumenep Segera Sosialisasikan Pilkada

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, segera menyosialisasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) kepada para pimpinan partai politik setempat.