Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

BPJS: Banyak Masyarakat Tertolong Program JKN

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengatakan hingga saat ini telah banyak masyarakat yang tertolong atas kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Intel Kembangkan Teknologi Komputer Hemat Listrik

Perusahaan internasional prosesor Intel menciptakan teknologi canggih dalam bentuk perangkat komputer berukuran mini dengan sedikit pemakaian daya listrik.

Pedagang Kerudung Siapkan Stok Untuk Lebaran

Pedagang yang berjualan di Pasar Bandar, Kota Kediri, Jawa Timur sudah menyiapkan stok berbagai jenis kerudung dan motif untuk persiapan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2015.

Lima Kawasan PKSN Perlu Investasi Infrastruktur

Sebanyak lima kawasan pusat kegiatan strategis nasional (PKSN) yang menjadi pintu gerbang perbatasan negara, memerlukan investasi yang cukup besar khususnya untuk pembangunan infrastruktur dasar.

Kadin: Suku Bunga Pinjaman Perbankan Terlalu Tinggi

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) menilai suku bunga pinjaman perbankan yang diberikan kepada sektor industri masih terlalu tinggi.