Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Sayur Siap Penuhi Sawi Pesanan Taiwan

petani sayur, taiwan, sawi, indramayu, jawa barat

Posted on 12 Dec 2012. Hits : 641

Sejumlah petani sayuran organik dataran rendah asal Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, siap memenuhi sawi putih pesanan pasar Taiwan.

Permintaan berbagai jenis sayuran dataran rendah organik, hasil panen petani di Indramayu seperti sawi putih, packhoy, kembang kol dan kol merah terus mengalami peningkatan.

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Tani Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Ir Anang di Indramayu kepada wartawan, di Indramayu, Rabu, mengatakan, petani sayuran dataran rendah di Indramayu siap penuhi pesanan sawi putih tujuan ekspor Taiwan.

"Budidaya berbagai sayuran dataran rendah organik semakin diminati oleh petani setempat, karena usai panen mudah menjualnya, selain itu lahan pertanian di Indramayu cocok dan potensial untuk mengembangkan sayuran tersebut,"katanya.

Ia menjelaskan, usaha budidaya sayuran dataran rendah organik didukung oleh produksi pupuk organik yang melimpah dengan memamnafaatkan berbagai limbah pertanian seperti bekas media jamur merang.

Sayuran organik diminati pasar ekspor, kata dia, sehingga petani Indramayu cukup diuntungkan karena harga jual mereka tinggi dibandingkan memenuhi pesanan lokal.

"Permintaan sawi putih kini kurang dari 200 ton setiap pekan, sehingga petani harus menambah lahan supaya mampu memenuhi pesanan tersebut,"katanya.

Andi Kusnanto pelopor usaha tani sayuran dataran rendah di Indramayu mengaku, budidaya sayuran dataran rendah masih cukup potensial dikembangkan karena lahan pertanian di Pantura Kabupaten Indramayu subur, selain itu kebutuhan pupuk organik terpenuhi.

Usaha budidaya sayuran organik, kata dia, akan berhasil jika pupuk organik melimpah karena pesanan pasar cukup tinggi dibandingkan sayuran berbahan kimia. (ant/as)

Tupperware Dukung Perilaku Hidup Bersih Pelajar Bandarlampung

Tupperware, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan langsung, mendukung terlaksana perilaku hidup bersih dan sehat pada 50 sekolah dasar se-Kota Bandarlampung.

Mensos : Pertengahan Oktober Seluruh KIS/KIP Terdistribusi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan maksimal pertengahan Oktober 2015 seluruh Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan terdistribusi seluruhnya.

BPBD Jabar Bantu Penyaluran Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan salah satu program penanganan dan antisipasi untuk membantu daerah yang kekeringan ialah dengan membantu menyalurkan air bersih.

Mourinho : Chelsea Harusnya Lebih Tidak Bisa Ditebak

Chelsea harus menambahkan dimensi baru untuk brand mereka dalam sepak bola apabila mereka bertekad kuat untuk mempertahanan gelar juara Liga Utama Inggris (Premier League) yang mereka menangi musim lalu, kata manajer Jose Mourinho.

Manchester United Berharap Banyak Pada Schweinsteiger

Penandatanganan kontrak dengan kapten timnas Jerman Bastian Schweinsteiger dari Bayern Munich adalah satu pernyataan besar bagi Manchester United.