Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Petani Budidayakan Melon Pascapanen Padi

membudidayakan buah melon, kualitas ekspor, pascapanen padi

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 307

Para petani di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, membudidayakan buah melon kualitas ekspor, pascapanen padi pada musim tanam kedua.

'Usai panen padi, para petani di Kabupaten Indramayu berencana untuk menanam buah melon kualitas ekspor, karena musim tanam sebelumnya permintaan dari Singapura dan Jepang cukup tinggi,' kata seorang petani Kabupaten Indramayu Rusmayanto di Indramayu,Sabtu.

Menurut dia, lahan pertanian di Kabupaten Indramayu, potensial dan cocok untuk budi daya melon dengan hasil panen tembus ekspor sehingga menguntungkan para petani lokal.

Ia mengatakan lahan pertanian di daerah itu sebagian besar merupakan tadah hujan sehingga saat musim kemarau petani harus memperhatikan kebutuhan air, sedangkan tanaman melon salah satu komoditas yang hemat air.

Seorang petani lainnya, Sarjiman mengatakan lahan tadah hujan sepanjang pantai utara hanya mampu ditanami padi dua kali dalam setahun, sedangkan sebagian petani memanfaatkan musiim kemarau untukmenanam semangka dan melon.

'Buah melon dan semangka hemat air, sehingga potensial dikembangkan di Kabupaten Indramayu. Selain itu hasil panennya tembus pasar ekspor dan semakin diminati oleh para petani setempat,' katanya.

Ia mengatakan budi daya melon yang terus berkembang butuh peningkatan kualitas dan persediaan bibit unggul supaya hasil panen diminati pasar ekspor Singapura dan Jepang.

Kepala Seksi Produksi Holtikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Indramayu Anang mengatakan lahan pertanian di Kabupaten Indramayu cocok ditanami melon dan semangka, karena suhu udara cukup panas dan tanahnya subur.

Rencananya, sejumlah petani padi di Indramayu bagian timur segera menanam melon dengan bibit unggul yang pernah diuji tanam di wilayah Indramayu bagian barat.

Hasil uji tanam itu, katanya, cukup memuaskan. Satu buah melon ada yang mencapai kurang lebih empat kilogram.

Ia mengatakan bibit buah melon yang tersedia merupakan bibit unggul. Setelah uji coba tanam, mampu menghasil tiga hingga empat kilogram per buah, dengan kandungan air normal, rasa manis, dan kandungan daging buah cukup tebal.(ant/rd)

Mahasiswa Kelautan Unhas Bersihkan Sampah Laut Losari

Keluarga besar mahasiswa kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas), yang tergabung dalam beberapa lembaga kemahasiswaan, mengelar aksi bersih-bersih sampah di sepanjang pantai losari serta laut Losari di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu Kegiatan itu dilakukan prakondisi jelang peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2016 serta kampanye akan kesehatan dan kepedulian akan lingkungan bersih.

Pengamat: Partai Oposisi Belum Jadi Mitra Oposisional

Partai-partai dalam Koalisi Merah Putih sebagai oposisi pemerintah belum menjadi mitra oposisional pemerintah yang baik dalam sistem pemerintahan, kata pengamat politik Ray Rangkuti.

Dinas Kebersihan Maksimalkan Kinerja Saat Imlek

Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang kabupaten Kubu Raya akan memaksimalkan kinerja petugas kebersihan yang ada, pada saat menjelang dan sesudah perayaan Imlek tahun ini.

Korsel Dan AS Bicarakan Operasi Pemasangan Sistem Rudal AS

Para pejabat pertahanan Korea Selatan dan Amerika Serikat mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan memulai sebuah diskusi formal terkait peluncuran sistem pertahanan peluru kendali Amerika Serikat di semenanjung Korea untuk menangkal ancaman yang tumbuh dari Korea Utara.

Tiongkok Sesalkan Peluncuran Roket Korea Utara

Tiongkok pada Minggu menyampaikan penyesalannya atas peluncuran sebuah roket jarak jauh milik Korea Utara setelah Pyongyang mengatakan bahwa pihaknya telah berhasil meluncurkan sebuah satelit ke dalam orbit.