Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 272

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Dinas : 2.438 Lampu PJU Bekasi Padam

Sekitar 2.438 titik lampu penerangan jalan umum di Kota Bekasi, Jawa Barat, padam akibat mengalami kerusakan sepanjang 2014.

Dubes Resmikan Rumah Joglo di Eropa

Rumah Joglo yang merupakan satu satunya di Eropa diresmikan Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Rachmat Budiman bersama Menteri Kebudayaan Slovenia Uro Grilc, di Kebun Raya Arboretum, Slovenia.

Polisi Terus Selidiki Kamatian Mahasiswi Poltekes Kupang

Wakil Kepala Polres Kupang Kota Kompol Yulian Perdana mengatakan kasus kematian Poltekes jurusan gizi Kemenkes Kupang Fransiska Bifel (20) pada 23 Desember 2013 masih dalam tahap penyelidikan aparat penegak hukum setempat.

Pembawa Sabu Diamankan Polisi

Jajaran Polres Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan mengamankan dua orang warga Kota Lubuklinggau diperegoki membawa narkoba jenis sabu.

IMF Gelar Pertemuan

Dana Moneter Internasional (IMF), Kamis, mengatakan bahwa dewan eksekutif dijadwalkan menggelar pertemuan untuk mempertimbangkan paket bantuan bagi Ukraina pada 30 April.