Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

DAU Maluku Utara 2015 Capai Rp5,6 Triliun

Provinsi Maluku Utara (Malut) mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2015 sebesar Rp5,6 triliun.

Pemerintah Dituding Acuh Terhadap Kelestarian Bekantan

Sejumlah pecinta dan pengamat lingkungan menuding pemerintah, baik pusat maupun daerah di Provinsi Kalimantan Selatan acuh terhadap kelestarian bekantan.

Calon Ketua PDI Perjuangan Medan Jalani Tes

Lima calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Medan mengikuti sejumlah tes untuk mengetahui kualitas dan kemampuannya.

Gelandang Australia Luongo Pemain Terbaik Piala Asia

Massimo Luongo dinobatkan menjadi pemain terbaik dalam Piala Asia 2015 setelah ia menciptakan gol pembuka untuk Australia dalam pertandingan final melawan Korea Selatan di Stadion Olimpiade Sydney, Sabtu.

Akademisi : Pemerintah Agar Perhatikan Penerima Raskin

Kalangan akademisi menyatakan pemerintah perlu memperhatikan keluhan warga penerima beras untuk rakyat miskin (raskin) sebelum mengubah program tersebut.