Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Alfamart Gelar Edukasi Belanja Untuk Murid

PT Sumber Alfaria Trijaya sebagai pengelola toko berjaringan Alfamart menggelar edukasi belanja untuk murid dari taman kanak-kanak di Singapadu, Kabupaten Gianyar, Bali, Jumat.

Smesco Sediakan Ruang Kreatif Untuk Semua Kalangan

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM pengelola Gedung Smesco menyediakan ruang kreatif alias creative space yang diperuntukkan bagi semua kalangan agar bisa menampilkan karya kreatif mereka.

Banten Bangun Asrama BLKI Senilai Rp40 Miliar

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) akan membangun asrama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Banten di Serpong Kota Tangerang Selatan.

Tanah Laut Usulkan 18.000 Hektare Hutan Kemasyarakatan

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Ir Ahmad Hairin mengungkapkan, pemerintah kabupaten setempat mengusulkan hutan kemasyarakatan ke Kementerian Kehutanan RI sebanyak 18.

Disperindagkop Temukan Apel Mengandung Bakteri Berbahaya

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprindagkop) dan UKM Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menemukan buah apel mengandung bakteri yang membahayakan bagi kesehatan manusia.