Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Bupati Banjar Irup Hari Kesaktian Pancasila

Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Pangeran Khairul Saleh menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2014 di halaman Kantor Bupati Banjar Jalan Ahmad Yani Km 40 Martapura.

Aspek Tuntutk Realisasi Jaminan Kesehatan

Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia Mirah Sumirat mengatakan salah satu tuntutan yang disuarakan buruh pada aksi pada Kamis adalah pelaksanaan jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Tujuh Tersangka Penculikan dan Penganiayaan Dibekuk Aparat

Polda Metro Jaya dan Pomdam Jaya, membekuk tujuh pelaku penculikan dan penganiayaan berupa pemukulan serta penembakan, terkait aksi balap liar di Jalan Sampora Lama, Cisauk, Tangerang Kabupaten.

Asam Cuka Air Kelapa Berpotensi Diekspor

Asam cuka dari air kelapa ternyata berpotensi diekspor sebab banyak industri di luar negeri memerlukannya sebagai bahan untuk proses fermentasi.

CIOFF Indonesia Meriahkan Festival Seni Di Turki

Tim Seni Budaya Nusantara dari CIOFF Indonesia memeriahkan festival musik reliji, '11th International Mystic Music Festival' di Kota Konya, Turki.