Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pertumbuhan Ekonomi Mukomuko Didominasi Enam Sektor

mukomuko, enam sektor, bengkulu

Posted on 25 Feb 2013. Hits : 327

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus, menyebutkan ada enam sektor yang mendominasi dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah itu pada 2012.

Menurut dia, di Mukomuko, Senin, enam sektor tersebut terdiri atas sektor pertanian 42,76 persen, sektor perdagangan, hotel, dan restoran 16,56 persen, sektor industri pengolahan 14,53 persen, sektor keuangan, perseroan, dan jasa perusahaan 11,20 persen serta sektor jasa-jasa 7,88 persen.

Sementara itu, kata dia, keberhasilan pembangunan ekonomi di daerah itu terlihat dari beberapa indikator antara lain, meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari 2004 sebesar Rp3.121.114, dan 2012 meningkat menjadi sebesar Rp10.527.000,-.

Selanjutnya, meningkatnya investasi dari swasta ditandai dengan banyaknya usaha swasta skala menengah dan besar.

Ia menjelaskan, dampak dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah itu, sehingga menurunkan angka kemiskinan di daerah itu dari tahun 2004 sebesar 25.000 jiwa menjadi 21.981 jiwa.

Adapun kegiatan prekonomian masyarakat yang menonjol di daerah itu, lanjutnya, yaitu usaha pertanian, perkebunan, perikanan, perdagangan, industri kecil dan rumah tangga serta jasa lainnya.

Namun, lanjutnya, untuk menumbuhkembangkan usaha ekonomi masyarakat, masih dibutuhkan penguatan dan penambahan modal kepada masyarakat baik dari pemerintah daerah maupun perbankan.

Kepada perusahaan swasta di daerah itu, dia menambahkan, selalu ditekankan agar dapat membantu masyarakat ekonomi lemah dan sedang, selain masyarakat diharapkan terus berupaya menciptakan nilai tambah dan daya saing produk pertaniannya, sehingga mammpu bersaing dengan produk dari luar daerah itu.

Lebih lanjutnya, ia menambahkan, bahwa kondisi prekonomian di daerah itu secara umum menunjukkan perkembangan yang sangat menggembirakan jika dilihat dari angka pertumbuhan ekonomi tersebut. (ant/as)

Pariwisata Lombok Dan Bintan Berkembang Pesat

Pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pulau Bintan di Kepulauan Riau mengalami perkembangan yang cukup pesat, bahkan bisa menyaingi Bali sebagai daerah tujuan wisata utama di Indonesia.

Soekarwo : Pasek Wajib Lepas Senator Jika Maju

Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Soekarwo mengingatkan bahwa Gede Pasek Suardika wajib melepas jabatannya sebagai senator jika maju sebagai calon ketua umum saat Kongres IV Demokrat di Surabaya, 11-13 Mei 2015.

Rudyatmo : Rencana Pernikahan Putra Jokowi Digelar Sederhana

Rencana pesta pernikahan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), yakni Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, digelar dengan konsep sederhana di Gedung Graha Solo, 11 Juni 2015, kata Wali Kota Surakarta F.

Pelaku Pariwisata Bali Dukung Pembangunan Tol Baru

Pelaku pariwisata di Provinsi Bali yang tergabung dalam Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) di daerah itu mendukung rencana pembangunan tol baru yang menghubungkan Bali Selatan-Bali Utara.

Perbatasan Maluku Akan Dilanda Angin Kencang

Angin kencang dengan kecepatan lebih dari 30 kilometer perjam akan berhembus di lima wilayah perbatasan Provinsi Maluku pada beberapa hari kedepan sehingga masyarakat diimbau untuk waspada.