Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 909

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

Nadal Melaju Ke Perempat Final Barcelona Terbuka

Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal menjaga peluangnya untuk meraih gelar kesembilan di Barcelona Terbuka, melalui kemenangan 6-3, 6-3 atas Ivan Dodig pada Kamis, saat ia mengunci kemenangannya ke-42 dari 43 pertandingan di turnamen ini.

BJB Agar Segera Cairkan Intensif Guru

Bank Jabar Banten diminta segera mencairKan dana insentif guru di Kota Tangerang, kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Luthfi di Tangerang, Jumat.

Gelandang Chelsea Ramires Diskors Empat Pertandingan

Gelandang Chelsea Ramires akan absen sampai musim Liga Utama Inggris berakhir setelah mendapat skors empat pertandingan oleh FA pada Kamis, karena menyikut pemain Sunderland Sebastian Larsson.

PM Pakistan Akan Kunjungi Iran Sebelum 15 Mei

Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif, akan mengunjungi Iran sebelum 15 Mei, kata Departemen Luar Negeri, Kamis.

Sharapova Melaju Ke Delapan Besar Di Stuttgart

Juara bertahan Maria Sharapova mencapai delapan besar di turnamen WTA Stuttgart pada Kamis, berkat kemenangan meyakinkan 6-4, 6-3 atas sesama petenis Rusia Anastasia Pavluchenkova.