Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1079

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

BRI Luncurkan Teras BRI Kapal

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan unit kerja operasional di atas kapal yang diberi nama "Teras BRI Kapal" untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan.

Daud Yordan Masih Masuk Latihan Umum

Juara tinju kelas ringan (62,1 kilogram) WBO Asia Pasifik Daud Yordan masih memasuki tahapan latihan umum sebagai persiapan untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar Oktober 2015.

Kapolri Pastikan Peristiwa Ledakan Tak Ganggu Muktamar

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan bahwa adanya peristiwa ledakan di Makassar, Sulawesi Selatan tidak akan mengganggu jalannya Muktamar Muhammadiyah yang digelar di Makassar pada 3 - 7 Agustus 2015 "Nggak (mengganggu).

BNN Sumut Musnahkan 902 Gram Sabu-Sabu

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara memusnahkan 902 gram lebih narkoba jenis sabu-sabu dalam peringatan Hari Antinarkotika Internasional di Lapangan Merdeka Medan, Selasa.

As'ad : NU Harus Mandiri Secara Ekonomi

Wakil Ketua Umum PBNU As'ad Said Ali mengatakan NU ke depan harus bisa mandiri secara ekonomi, baik organisasi maupun warganya.