Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1079

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

Waralaba Sekolah Seni Thailand Ingin Ekspansi ke Indonesia

Seni tidak hanya menjadi pelengkap tetapi juga penyeimbang bagi perkembangan anak-anak.

FC Bayern Munchen Meluncurkan Toko Resmi Eklusif di Tmall Global Tawarkan Merchandise Resmi

FC Bayern Munich bekerjasama dengan Tmall Globa, yang merupakan bagian dari Alibaba Group B2C Tmall yang berada di Cina, bersama DHL eCommerce – bagian dari DHL, perusahaan logistik terkemuka di dunia – untuk meluncurkan toko online berbendera resmi FC Bayern Munchen (http://fcb.

PesonaEdu Store Ingin Layani Kebutuhan Konten Edukasi Digital

Bulan ini PesonaEdu Store resmi meluncurkan toko onlinenya dengan alamat Store.

Pemerintah Segera Rumuskan Posisi Indonesia Dalam PBWP

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan segera merumuskan posisi Indonesia dalam perundingan Post-Bali Work Programme (PBWP) di World Trade Organization (WTO), yang diharapkan bisa disetujui pada Konferensi Tingkat Menteri (KTM) ke-10, di Nairobi, Kenya.

Pemerintah Prioritaskan Pertamina Kelola Rokan Setelah 2021

Pemerintah akan memprioritaskan PT Pertamina (Persero) untuk mengelola Blok Rokan, Riau yang habis kontrak dengan PT Chevron Pacific Indonesia pada 2021.