Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1079

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

Indonesia Tambah Tiga Emas Renang POM ASEAN

Tim Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali setelah atlet renangnya mempersembahkan tiga medali emas pada Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN di Palembang, Sumsel, Jumat malam.

Sumbar Studi Banding Tentang PON Ke Kaltim

Pemprov Sumatera Barat melakukan studi banding ke Kalimantan Timur terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2024 yang akan digelar di Sumbar karena Kaltim dinilai sukses menggelar PON XVII/2008.

Bandara Hang Nadim Terganggu Akibat Hujan Deras

Cuaca buruk ditandai dengan hujan deras dan angin kencang yang terjadi sepanjang Jumat di Batam, Kepulauan Riau, membuat penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengalami gangguan.

Warga Mukomuko Tangkap Pasangan Mesum

Belasan warga Desa Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menangkap pasangan mesum di sebuah rumah sewaan di desa tersebut.

DPR Minta DKP Tidak Persulit Nelayan Kecil

Anggota Komisi VII DPR RI asal daerah pemilihan Maluku Mercy Christi Barends minta Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) di kabupaten dan kota tidak mempersulit nelayan-nelayan kecil dalam mendapatkan rekomendasi pembelian bahan bakar minyak.