Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Perkebunan Tebu Skala Besar di Kepulauan Aru Siap Dioperasikan 2013

perkebunan tebu, tebu, kepulauan aru, maluku

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1079

Perkebunan tebu skala besar yang telah direkomendasikan kementerian teknis di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, siap dioperasikan awal 2013, kata Ketua Bappeda setempat, Arens Uniplaitta.

"Pemetaan lahan seluas 534.000 hektare telah dilaksanakan sehingga awal 2013 siap dioperasikan dengan pengembangannya membutuhkan ratusan ribu tenaga kerja," katanya, di Dobo, Selasa.

Pertimbangannya perkebunan tebu yang dikembangkan Menara Grup itu juga ditunjang dengan pembangunan pabrik gula dan lumbung ternak.

Tebu bila saatnya panen diolah menjadi gula itu didisain menjadi pakan ternak besar seperti sapi sehingga ke depan mampu menyuplai kebutuhan daging nasional.

Dia tidak merinci nilai investasi pengembangan perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung ternak oleh Menara Grup, namun prospeknya bakal bernilai ekonomis.

"Strategisnya bila investasi tersebut direalisasikan, maka mampu mengatasi pengangguran di Kepulauan Aru maupun Provinsi Maluku secara umum," ujar Arens.

Selain itu, juga menurunkan tingkat kemiskinan di pulau itu yang kini masih relatif besar dari penduduknya sebanyak 83.634 jiwa yang tersebar di 117 desa dan dua kelurahan.

Dia mengakui kontribusi dari pengoperasian perkebunan tebu, pabrik gula dan lumbung daging nantinya juga bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Aru.

"Bila sejumlah investor lainnya juga merealisasikan penanaman modalya maka sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kepulauan Aru pada 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,2 persen," kata Arens Uniplaitta. (ant/as)

Menag Minta Umat Kristiani Tingkatkan Rasa Toleransi

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim S meminta umat kristiani yang ada di wilayah Sulawesi Tenggara untuk meningkatkan rasa toleransi antar dan inter umat beragama.

Dprd Minta Tpl Ikutkan Karyawan Mitra Bpjs-ketenagakerjaan

Komisi E DPRD Sumatera Utara meminta PT Toba Pulp Lestari untuk mengikutkan karyawan mitra dalam Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan untuk menjamin keselamatan dalam bekerja.

Menteri Dan Dubes Australia Temui Mahasiswa Australia

Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik Australia The Hon Steven Ciobo MP dan Duta Besar Australia untuk Indonesia, HE Paul Grigson mengadakan pertemuan dengan17 mahasiswa paramedis dari Edith Cowan University yang mengikuti program pelatihan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar.

Kemenag Mamuju: Eks Gafatar Perlu Pendampingan Khusus

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, H Adnan Nota mengatakan eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) perlu pendampingan khusus untuk mengembalikan ketauhidannya.

435 Cakasek Jalani Tes Kesehatan Dan Narkoba

Sebanyak 435 Calon Kepala Sekolah (Cakasek) yang terjaring dari lelang jabatan Kepala Sekolah (Kepsek) mulai menjalani tes kesehatan dan narkoba sebagai prasyarat akhir dari lelang jabatan secara terbuka itu.