Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Peluang Budi Daya Ikan Di Kaltim Terbuka

iwan santoso lolang, peluang budi daya ikan, peningkatan sektor perikanan

Posted on 07 May 2013. Hits : 235

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Iwan Santoso Lolang menilai peluang budi daya ikan di bekas lahan pertambangan batu bara di Kaltim terbuka lebar dengan banyaknya lubang-lubang bekas galian yang ditinggalkan oleh perusahaan tambang.

"Tinggal bagaimana memanfaatkan potensi tersebut utamanya untuk kesejahteraan rakyat, dan khususnya untuk masyarakat sekitar, ditambah sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan sektor perikanan daerah ini," jelas Iwan lolang di Samarinda, Senin.

Menurut Iwan, saat ini memang sudah ada sebagian lahan paska tambang tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya perikanan, namun masih dalam ruang lingkup yang kecil dan belum mengarah pada profesionalisme usaha.

"Banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan pasca tambang. Seperti di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara," kata Iwan.

Iwan mengatakan dengan budidaya ikan pada lahan tersebut akan turut membantu masyarakat lebih mandiri.

"Manfaatnya tidak hanya hasil budidaya ikan, namun ini bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan," kata Iwan.

Namun demikian, tentu masyarakat perlu dukungan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

"Ini menjadi bagian dari komitmen kami (Komisi II.red) dalam mendukung ekonomi kerakyatan di Kaltim. Hal ini perlu di-support semua pihak, utamanya dari segi pembinaan, pelatihan, maupun pembiayaan," katanya.

Ia menambahkan, pembudidayaan ikan di lokasi bekas tambang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan cita-cita Kaltim untuk pemenuhan kebutuhan pangan. ¿Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mendukung peluang ini," jelasnya.(ant/rd)

Forum MD2 Bertekad Amandemen UU Keuangan

Forum Anggota MPR, DPR dan DPD (MD2) dengan asal dari Riau bertekad memperjuangkan amandemen Undang-undang No.

Pemkot Luncurkan Layanan Perizinan 'Mobile'

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, meluncurkan program layanan perizinan "mobile" agar lebih transparan soal pembiayaan dan mudah dijangkau masyarakat setempat.

Dinkes Dirikan Pos Kesehatan Natal

Dinas Kesehatan Kota Medan mendirikan 10 pos kesehatan yang tergabung bersama petugas kepolisian untuk mengantisipasi mudik Natal dan Tahun Baru.

Tiongkok Berniat Bantu Rusia Atasi Krisis Ekonomi

Tiongkok berniat membantu Rusia jika dibutuhkan meski di sisi lain yakin bahwa Moskow punya kemampuan untuk mengatasi sendiri krisis ekonomi yang tengah mendera negara tersebut, demikian pernyataan Menteri Luar Negeri Wang Yi sebagaimana dikutip dari surat kabar China Daily Senin.

Sawit Sumber Mas Akuisisi Dua Perusahaan

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk akan mengakuisisi dua perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah sebagai upaya perusahaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kemampuan produksi, operasional serta finansial perseroan.