Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Peluang Budi Daya Ikan Di Kaltim Terbuka

iwan santoso lolang, peluang budi daya ikan, peningkatan sektor perikanan

Posted on 07 May 2013. Hits : 235

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Iwan Santoso Lolang menilai peluang budi daya ikan di bekas lahan pertambangan batu bara di Kaltim terbuka lebar dengan banyaknya lubang-lubang bekas galian yang ditinggalkan oleh perusahaan tambang.

"Tinggal bagaimana memanfaatkan potensi tersebut utamanya untuk kesejahteraan rakyat, dan khususnya untuk masyarakat sekitar, ditambah sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan sektor perikanan daerah ini," jelas Iwan lolang di Samarinda, Senin.

Menurut Iwan, saat ini memang sudah ada sebagian lahan paska tambang tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya perikanan, namun masih dalam ruang lingkup yang kecil dan belum mengarah pada profesionalisme usaha.

"Banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan pasca tambang. Seperti di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara," kata Iwan.

Iwan mengatakan dengan budidaya ikan pada lahan tersebut akan turut membantu masyarakat lebih mandiri.

"Manfaatnya tidak hanya hasil budidaya ikan, namun ini bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan," kata Iwan.

Namun demikian, tentu masyarakat perlu dukungan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

"Ini menjadi bagian dari komitmen kami (Komisi II.red) dalam mendukung ekonomi kerakyatan di Kaltim. Hal ini perlu di-support semua pihak, utamanya dari segi pembinaan, pelatihan, maupun pembiayaan," katanya.

Ia menambahkan, pembudidayaan ikan di lokasi bekas tambang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan cita-cita Kaltim untuk pemenuhan kebutuhan pangan. ¿Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mendukung peluang ini," jelasnya.(ant/rd)

UHO Jalin Kerja Sama Peneliti Luar Negeri

Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri untuk melakukan penelitian guna meningkatkan hasil penelitian dalam jurnal internasional.

Investasi Di Bangka Tengah Capai Rp80 Miliar

Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (KPPTSP) Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Belitung, mencatat angka investasi di daerah itu sepanjang 2014 mencapai sekitar Rp80 miliar.

Bupati Agam Tebar 25.000 Ikan Nila

Bupati Agam Indra Catri, menebar sebanyak 25.000 ekor bibit ikan jenis nila di sungai sekitar Masjid Baiturahmah simpang Empat Mato Air, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Jumat.

Pertamina Jamin Stok Jelang Kenaikan Harga BBM

Pertamina Marketing Operasional Regional (MOR) VII Sulawesi menjamin keamanan stok BBM menjelang penyesuaian harga BBM per tanggal 28 Maret pukul 00.

BI Dorong Perajin Tenun Ikat Kediri Berkembang

Kantor Bank Indonesia mendorong pengembangan perajin tenun ikat di Kediri, Jawa Timur, melalui program bantuan mesin serta pendampingan untuk pelaku usaha tersebut.