Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Peluang Budi Daya Ikan Di Kaltim Terbuka

iwan santoso lolang, peluang budi daya ikan, peningkatan sektor perikanan

Posted on 07 May 2013. Hits : 235

Anggota Komisi II DPRD Kaltim Iwan Santoso Lolang menilai peluang budi daya ikan di bekas lahan pertambangan batu bara di Kaltim terbuka lebar dengan banyaknya lubang-lubang bekas galian yang ditinggalkan oleh perusahaan tambang.

"Tinggal bagaimana memanfaatkan potensi tersebut utamanya untuk kesejahteraan rakyat, dan khususnya untuk masyarakat sekitar, ditambah sebagai wujud kepedulian terhadap peningkatan sektor perikanan daerah ini," jelas Iwan lolang di Samarinda, Senin.

Menurut Iwan, saat ini memang sudah ada sebagian lahan paska tambang tersebut telah dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk budidaya perikanan, namun masih dalam ruang lingkup yang kecil dan belum mengarah pada profesionalisme usaha.

"Banyak lahan yang dapat dimanfaatkan untuk budidaya ikan pasca tambang. Seperti di Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara," kata Iwan.

Iwan mengatakan dengan budidaya ikan pada lahan tersebut akan turut membantu masyarakat lebih mandiri.

"Manfaatnya tidak hanya hasil budidaya ikan, namun ini bisa menjadi pekerjaan yang menjanjikan," kata Iwan.

Namun demikian, tentu masyarakat perlu dukungan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

"Ini menjadi bagian dari komitmen kami (Komisi II.red) dalam mendukung ekonomi kerakyatan di Kaltim. Hal ini perlu di-support semua pihak, utamanya dari segi pembinaan, pelatihan, maupun pembiayaan," katanya.

Ia menambahkan, pembudidayaan ikan di lokasi bekas tambang juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dan cita-cita Kaltim untuk pemenuhan kebutuhan pangan. ¿Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mendukung peluang ini," jelasnya.(ant/rd)

PASI Harapkan Satu Organisasi Olahraga

Ketua Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Mohammad Hasan mengharapkan hanya ada satu induk organisasi keolahragaan yang mengurusi cabang-cabang olahraga di Indonesia.

Mendag Diminta Cabut Permendag 44/2014

Ketua Umum Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) Sihol Manulang meminta Menteri Perdagangan Rachmat Gobel untuk mencabut Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 44 Tahun 2014, karena mendorong penyelundupan timah dalam jumlah besar.

Uranium Sulbar Tidak Dikomersialisasi

Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menyatakan kandungan uranium yang terdapat di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat tidak akan dibuat menjadi komersial tetapi untuk pembangunan bangsa ini.

Pemerintah Akan Perkuat Sistem Logistik Nasional

Pemerintahan Indonesia akan mengoptimalkan penerapan sistem logistik nasional untuk meningkatkan industri logistik Tanah Air, kata Asisten Deputi Fasilitas Sistem Logistik dan Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erwin Raza.

KRKP Berharap Pemerintah Lirik Kedelai Edamame

Pemerintah diharapkan dapat melirik produksi kedelai edamame, pasalnya komoditi tersebut memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan memberikan keuntungan bagi petaninya, kata Manager Advokasi dan Jaringan Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan (KRKP) Said Abdullah.