Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pajak Kendaraan Bermotor Primadona Pendapatan Kalsel

pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah

Posted on 23 Mar 2013. Hits : 549

Pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi primadona bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena mampu menyumbangkan pemasukan cukup besar di daerah ini.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel, Gustapa Yandi di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pesatnya pertumbuhan kendaraan motor di Provinsi Kalsel menjadi sumber pendapatan potensial bagi 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

"Pada 2014 kita menargetkan pendapatan asli kita mencapai Rp5 triliun, dari target tersebut kita masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor," kata Yandi.

Menurut dia, pajak kendaraan bermotor termasuk dalam enam bagian dari pajak daerah antara lain, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama Januari-Februari 2013, realisasi PKB mencapai Rp75 miliar atau 14 persen dari target Rp530 miliar, sedangkan BBNKB tercapai Rp82,4 miliar atau 14,4 persen dari Rp572,5 miliar yang dipatok untuk tahun ini.

Menurut Yandi, pihaknya optimistis target yang dibebankan tercapai, sepanjang tidak ada gejolak ekonomi di daerah yang bisa mengganggu.

"Tahun 2012 kita ditarget Rp3,8 triliun lebih dan realisasinya mencapai Rp4,3 triliun lebih atau 114 persen," katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan di sektor ini, antara lain dengan memberikan kemudahan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti melalui online, pelayanan secara mobile maupun mendatangi langsung.

Selain itu, Kantor Samsat Banjarmasin belum lama tadi, melakukan program pemutihan atau pemotongan denda bagi kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran.

"Hasilnya sangat memuaskan, karena dana yang terkumpul dari upaya tersebut cukup besar," katanya.(ant/rd)

Pemasangan Lampu Taman

Pemerintah Kota Jakarta Timur gencar melakukan pemasangan lampu-lampu di sejumlah ruang publik.

Sudirta Lolos Uji Kompetensi KPK

Sosok Wayan Sudirta SH seorang pengacara senior lolos uji kompetensi dari 11 nama calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Perbaikan Trotoar Pejalan Kaki

Sejumlah trotoar di kawasan permukiman di Jakarta Timur sedang diperbaiki untuk menambah kenyamanan bagi para pejalan kaki yang melintas.

Normalisasi Ciliwung Terus Dilakukan

Pasca pembongkaran 18 unit ruko di Jl Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) mulai melakukan normalisasi Kali Ciliwung.

Pengerukan Sungai Ciliwung

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengerukan Sungai Ciliwung sebagai bentuk antisipasi bencana banjir yang rutin melanda Ibukota setiap tahunnya.