Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pajak Kendaraan Bermotor Primadona Pendapatan Kalsel

pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah

Posted on 23 Mar 2013. Hits : 549

Pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi primadona bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena mampu menyumbangkan pemasukan cukup besar di daerah ini.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel, Gustapa Yandi di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pesatnya pertumbuhan kendaraan motor di Provinsi Kalsel menjadi sumber pendapatan potensial bagi 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

"Pada 2014 kita menargetkan pendapatan asli kita mencapai Rp5 triliun, dari target tersebut kita masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor," kata Yandi.

Menurut dia, pajak kendaraan bermotor termasuk dalam enam bagian dari pajak daerah antara lain, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama Januari-Februari 2013, realisasi PKB mencapai Rp75 miliar atau 14 persen dari target Rp530 miliar, sedangkan BBNKB tercapai Rp82,4 miliar atau 14,4 persen dari Rp572,5 miliar yang dipatok untuk tahun ini.

Menurut Yandi, pihaknya optimistis target yang dibebankan tercapai, sepanjang tidak ada gejolak ekonomi di daerah yang bisa mengganggu.

"Tahun 2012 kita ditarget Rp3,8 triliun lebih dan realisasinya mencapai Rp4,3 triliun lebih atau 114 persen," katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan di sektor ini, antara lain dengan memberikan kemudahan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti melalui online, pelayanan secara mobile maupun mendatangi langsung.

Selain itu, Kantor Samsat Banjarmasin belum lama tadi, melakukan program pemutihan atau pemotongan denda bagi kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran.

"Hasilnya sangat memuaskan, karena dana yang terkumpul dari upaya tersebut cukup besar," katanya.(ant/rd)

Permintaan Hewan Kurban di Jaksel Turun

Permintaan hewan kurban di Jakarta Selatan (Jaksel), menurun seiring harga hewan kurban tersebut mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah.

Tingkat Inflasi Kalsel Naik

Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan mengungkapkan, kalau beberapa bulan sebelumnya tingkat inflasi di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut mengalami penurunan, tapi pada September 2014 naik.

Menkeu Resmikan Gedung Baru Bea Cukai

Menteri Keuangan Chatib Basri meresmikan gedung baru Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang bernama Gedung Kalimantan di Jakarta, Rabu.

ITC Roxy Mas, Pusat Ponsel Terbesar di Indonesia

Di Jakarta terdapat pusat jual beli ponsel terbesar di Indonesia, yaitu di ITC Roxy Mas.

Pemprov Riau Siap Fasilitasi Masuknya Investor Baru

Wakil Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, menjanjikan kemudahan perizinan dan infrastruktur bagi calon investor yang ingin menanamkan modalnya di Provinsi Riau.