Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pajak Kendaraan Bermotor Primadona Pendapatan Kalsel

pajak kendaraan bermotor, pendapatan asli daerah

Posted on 23 Mar 2013. Hits : 549

Pajak kendaraan bermotor di Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi primadona bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena mampu menyumbangkan pemasukan cukup besar di daerah ini.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalsel, Gustapa Yandi di Banjarmasin, Jumat mengatakan, pesatnya pertumbuhan kendaraan motor di Provinsi Kalsel menjadi sumber pendapatan potensial bagi 13 kabupaten dan kota di daerah ini.

"Pada 2014 kita menargetkan pendapatan asli kita mencapai Rp5 triliun, dari target tersebut kita masih mengandalkan pajak kendaraan bermotor," kata Yandi.

Menurut dia, pajak kendaraan bermotor termasuk dalam enam bagian dari pajak daerah antara lain, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama Januari-Februari 2013, realisasi PKB mencapai Rp75 miliar atau 14 persen dari target Rp530 miliar, sedangkan BBNKB tercapai Rp82,4 miliar atau 14,4 persen dari Rp572,5 miliar yang dipatok untuk tahun ini.

Menurut Yandi, pihaknya optimistis target yang dibebankan tercapai, sepanjang tidak ada gejolak ekonomi di daerah yang bisa mengganggu.

"Tahun 2012 kita ditarget Rp3,8 triliun lebih dan realisasinya mencapai Rp4,3 triliun lebih atau 114 persen," katanya.

Upaya mendongkrak pendapatan di sektor ini, antara lain dengan memberikan kemudahan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti melalui online, pelayanan secara mobile maupun mendatangi langsung.

Selain itu, Kantor Samsat Banjarmasin belum lama tadi, melakukan program pemutihan atau pemotongan denda bagi kendaraan bermotor yang terlambat melakukan pembayaran.

"Hasilnya sangat memuaskan, karena dana yang terkumpul dari upaya tersebut cukup besar," katanya.(ant/rd)

Anggaran Porprov Jambi Masih Kurang Miliaran Rupiah

Pemkab Batanghari hanya mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 miliar dari APBD untuk penyelenggaraan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Jambi pada 2015 di Batanghari.

Pemerintah Desa Se-Karawang Diminta Aktif Tagih PBB

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, minta aparat pemerintah seluruh desa aktif menagih Pajak Bumi dan Bangunan kepada masyarakat wajib pajak.

Pemkot Padang Canangkan Bersih Lingkungan Dan Maksiat

Pemerintah Kota Padang mencanangkan 'Padang Bersih Lingkungan dan Maksiat' dalam rangka menyambut tahun baru 1436 Hijriyah, Sabtu.

Puluhan Hektare Lahan Di Kalimantan Selatan Terbakar

Puluhan hektare lahan perkebunan milik masyarakat di pinggir Jalan Trans Kalimantan, daerah Liang Anggang Kabupaten Tanah Laut hingga wilayah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, hangus terbakar dalam sebulan terakhir.

Sekda Karawang Ingatkan Penyerapan Anggaran Dioptimalkan

Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengingatkan agar seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemkab setempat mengoptimalkan penyerapan anggaran 2014.