Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 429

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

'TPKJM' Jember Bebaskan Pemasungan Penderita Gangguan Jiwa

Tim Penggerak Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kabupaten Jember, Jawa Timur, gencar untuk membebaskan penderita gangguan jiwa dari pemasungan di kabupaten setempat.

Disdik Pangkalpinang Imbau Siswa Tidak Coret Seragam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edison Taher mengimbau para siswa SLTP di daerah itu tidak melakukan aksi corat coret seragam saat merayakan kelulusan karena tidak ada manfaatnya.

Pemkab Busel Galang Dukungan Provinsi Kepulauan Buton

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggalang dukungan dari masyarakat untuk pembentukan Provinsi Kepulauan Buton, calon daerah otonom baru (DOB) pemekaran dari Provinsi Sultra.

Disparbud Rejanglebong Gelar Lomba Tari 'Kejei'

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, menggelar lomba tari 'kejei' tarian khas suku Rejang yang diikuti 15 kecamatan di daerah itu.

Masyarakat Sulteng Tidak Perlu Resah Beras Plastik

Masyarakat di kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah diminta untuk tidak resah menyusul merebaknya isu peredaran beras plastik di Tanah Air, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) setempat, Abubakar Almahdali.