Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 429

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

Tim OCA Tinjau Kesiapan Asian Games 2018

Tim dari Olympic Council Of Asia akan meninjau kesiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dengan melakukan kunjungan ke Palembang awal Agustus 2015.

Uni Eropa Berikan Beasiswa Erasmus Mahasiswa Indonesia

Organisasi antarpemerintahan negara-negara Eropa, Uni Eropa (UE), memberikan beasiswa Erasmus Plus kepada 100 mahasiswa Indonesia untuk menempuh pendidikan S1, S2, S3 dan pascadoktoral di berbagai perguruan tinggi Eropa untuk tahun akademik 2015.

Presiden Berharap Muhammadiyah Sebagai Motor Pembaharuan

Presiden Joko Widodo berharap Muhammadiyah menjadikan dakwah Islam yang berkemajuan sebagai motor pembaharuan bangsa.

Syarat Menjadi Seorang Psikoterapis

Mungkin Anda masih bingung dalam membedakakan antara Psikolog, Psikiater dan Psikoterapis.

Aisiyah Bertekad Jadikan Perempuan Indonesia Berkemajuan

Pengurus Pusat Aisiyah bertekad menjadikan perempuan Indonesia berkemajuan sekaligus mengajak seluruh aktivis organisasi kemasyarakat perempuan untuk bergandengan tangan membangun bangsa Indonesia.