Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 429

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

PNS Terlibat Narkoba Ditindak Tegas

Pemerintah Kabupaten Musirawas Sumatera Selatan, akan menindak tegas pegawai negeri sipil terbukti terlibat narkoba karena merusak citra sebagai pelayan masyarakat.

Puan Maharani : Keluarga Saya Selalu Minum Jamu

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan keluarganya selalu rutin mengonsumsi jamu bahkan hampir setiap hari.

Indonesia-Malaysia Absen Beri Bantuan Untuk Suriah

Indonesia dan Malaysia pada tahun ini absen dalam memberi bantuan kemanusiaan untuk Suriah sebagaimana dinyatakan kedua pemerintah pada Konferensi Internasional III untuk Bantuan Kemanusiaan Suriah, di Istana Bayan, Kuwait.

Tim Polda Investigasi Aksi Kekerasan Brimob

Tim khusus dari Polda Maluku telah diturunkan ke Morekau, Kabupaten Seram Bagian Barat guna mengusut aksi penyerangan dan penganiayaan yang dilakukan sejumlah anggota Brimob Kompi C Detasemen II Brimob Seram Barat terhadap warga setempat.

Disbudpar Apresiasi Pusat Perbelanjaan Galakkan Rebo Nyunda

Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat mengapresiasi pusat perbelanjaan yang ikut menyelenggarakan program 'Rebo Nyunda' seperti yang dilakukan oleh Jogja Juction Jalan Sudirman.