Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 429

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

Guru Agama MTB Keluhkan Pembayaran Tunjangan Sertifikasi

Sejumlah guru agama Kristen di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), mengeluhkan belum terealisasinya pembayaran tunjangan sertifikasi triwulan terakhir tahun anggaran 2015 oleh pihak Kantor Departemen Agama setempat.

Yellen Peringatkan Risiko Domestik Dan Global Terhadap Ekonomi AS

Ketua Federal Reserve Janet Yellen pada Rabu memperingatkan bahwa ekonomi AS menghadapi risiko-risiko dari pengetatan kondisi keuangan dalam negeri, serta gejolak ekonomi global.

Indeks DAX 30 Jerman Ditutup Berbalik Naik

Indeks acuan DAX 30 di Bursa Efek Frankfurt, Jerman, ditutup berbalik naik atau 'rebound' pada Rabu, menjadi bertambah 1,55 persen.

Pasar Saham Spanyol Ditutup Naik 2,73 Persen

Indeks utama pasar saham Spanyol, Ibex-35, naik 2,73 persen pada Rabu menjadi ditutup di 8.

Kementerian ATR Berlakukan Harga Terbaru Ganti Bangunan

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI memberlakukan sistem harga terbaru guna mengganti bangunan rumah milik warga yang terkena dampak pembangunan infrastruktur pemerintah.