Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 429

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

Polda Jambi Razia Miras Di Mini Market

Terkait peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, tetang larangan penjualan miras beralkohol, Polda Jambi gelar Operasi Antik Siginjai 2015 dengan sasaran mini market yang ada di Kota Jambi.

Sulut Perlu Kembangkan Industri Manufaktur

Kepala Bidang Perdagangan Luar negeri, Dinas perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) T Hasudungan Siregar mengatakan, Provinsi Sulut perlu mengembangkan industri manufaktur yang dinilai cukup potensial di daerah tersebut.

Moeldoko : ISIS Tidak Boleh Hidup Di Indonesia

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Moeldoko mengatakan bahwa bangsa Indonesia termasuk TNI telah menyatakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tidak boleh hidup di Indonesia.

PMII : Pertahankan Moratorium Penebangan Hutan Di Mamuju

Ketua Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Mamuju, Sulawesi Barat, Ibnu Imat Totori menyatakan organisasinya akan mendesak pemerintah supaya mempertahankan moratorium penebangan hutan setempat demi kelangsungan hidup generasi kini dan mendatang.

KPU Sulut Resmikan Tahapan Pilkada Gubernur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara meresmikan tahapan-tahapan penyelengaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur 2015.