Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 334

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

Lebanon Batasi Arus Pengungsi

Lebanon tak bisa memikul beban lebih banyak pengungsi Suriah yang datang ke negeri itu dan akan berusaha membatasi jumlah pengungsi tersebut, kata menteri dalam negeri Lebanon, Selasa (15/4).

Dukungan Optimalisasi Pendidikan Hindu

Pemerintah Provinsi Bali berkomitmen mendukung berbagai upaya untuk mengoptimalkan pendidikan Hindu sehingga umat dapat lebih baik memahami ajaran agamanya.

Penjualan Properti Nasional Melambat

Penjualan properti secara nasional pada tiga bulan pertama tahun 2014 melambat dibanding tahun sebelumnya, kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Real Estat Indonesia (REI) Eddy Hussy di Batam, Kepulauan Riau, Rabu.

Jumlah Anak Terlantar di Sumsel Turun

Dinas Sosial Sumatera Selatan terus berupaya menurunkan jumlah anak terlantar yang berhasil diturunkan di provinsi setempat pada tahun 2014 ini guna meminimalkan berbagai permasalahan sosial di tengah-tengah masyarakat.

Pengumpulan Poin Adipura Terganjal

Dinas Kebersihan Kota Bekasi, Jawa Barat, mengungkapkan upaya mengejar ketertinggalan 2 poin penilaian Adipura 2014 terganjal resistensi warga perumahan yang menolak kehadiran tempat pengelolaan sampah swadaya di lingkungan mereka.