Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NTT Segera Berlakukan Perda Pengelolaan Cendana

cendana, kayu cendana, nusa tenggara

Posted on 04 Mar 2013. Hits : 410

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), segera memberlakukan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Kayu Cendana, yang memberi ruang bagi rakyat untuk memiliki kembali cendana.

"Implementasi Perda ini sedang dalam proses. Tim masih menggodok peraturan gubernur untuk ditandatangani," kata Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Nusa Tenggara Timur Benediktus Polo Main, di Kupang, Senin terkait rencana implementasi Perda pengelolaan cendana di NTT.

Dalam Perda Nomor: 5 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Cendana yang ditetapkan DPRD NTT akhir 2012 menyebutkan bahwa kepemilikan cendana sesuai dengan tempat tumbuh tanaman langka tersebut di seluruh wilayah NTT.

Artinya, jika pohon cendana itu tumbuh di atas lahan masyarakat maka cendana itu akan menjadi milik masyarakat sepenuhnya dan sebaliknya, jika cendana tumbuh di kawasan hutan maka menjadi milik negara, kata Benediktus.

Ia menjelaskan, lahirnya Perda Nomor 5 Tahun 2012 ini untuk menggantikan Perda Provinsi NTT No.16 Tahun 1986 tentang hak pengelolaan cendana, di mana rakyat tidak lagi berhak atas pohon cendana, baik yang tumbuh di pekarangan rumah, kebun atau hutan.

Akibatnya populasi pohon cendana di provinsi yang terkenal dengan cendana itu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini bahkan terancam punah.

Hal ini karena rakyat tidak lagi berminat menanam cendana karena hak kepemilikan sudah diambil penuh negara.

Benediktus berharap, dengan lahirnya Perda 5 Tahun 2012 ini, dapat menggairahkan kembali masyarakat untuk berlomba-lomba menanam tanaman langka ini di bumi NTT. (ant/as)

Pasar Bebas Tantangan Presiden Terpilih

Pengamat ekonomi dari Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Dr Firmansyah menilai pemberlakukan pasar bebas ASEAN 2015 akan menjadi sebuah tantangan berat bagi presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Polres Padang Panjang Petakan Titik Rawan Macet

Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar) memetakan sejumlah titik rawan kemacetan dan kecelakaan yang harus diwaspadai oleh pengguna jalan saat arus mudik lebaran Idul Fitri 2014.

Kematian Orang Tua Berkaitan Dengan Kematian Anak

Orang yang kehilangan ibu atau ayah selama masa anak-anak memiliki resiko lebih besar untuk meninggal dalam waktu beberapa tahun setelah kematian orang tua mereka.

Rumah Penitipan Anak Di Mataram Ludes Terbakar

Rumah penitipan anak yang dihuni Rukayah (65), di Jalan A R Hakim Nomor 21 Kelurahan Karang Bedil, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, ludes terbakar pada Selasa sekitar pukul 21.

Timun Suri, Buah Khas Bulan Puasa

Timun suri merupakan salah satu buah yang selalu jadi primadona di Bulan Puasa.