Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Pembibitan Atlet Di Daerah Dinilai Masih Rendah

Pelatih Pelatnas Cabang Olahraga Dayung atau Rowing M Adris mengatakan pembibitan atlet di daerah masih sangat rendah sehingga potensi atlet-atlet dari berbagai wilayah masih kurang terlihat.

PBNU Apresiasi Pola Perekrutan Menteri

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi pola perekrutan menteri yang dilakukan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pertina Medan Targetkan Raih 11 Emas Porprov

Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Medan menargetkan meraih 11 medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Utara, 8-15 November 2014.

PSCS Cilacap Kalahkan Borneo FC 2-1

Tuan rumah PSCS berhasil mengalahkan Borneo FC 2-1 dalam laga lanjutan babak delapan besar Kompetisi Sepak Bola Divisi Utama 2014 di Stadion Wijayakusuma, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu malam.

TNI-AU Tertibkan Rumah Dinas Di Medan Polonia

TNI Angkatan Udara menertibkan rumah dinas prajurit Pangkalan Udara Soewondo yang berada di Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Medan Polonia, Rabu.