Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Pemkot Bogor Undang 'Writer Gravity' Hiasi 'Underpass'

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, memberikan kesempatan kepada seniman atau 'writer' Gravity untuk memamerkan karyanya di tembok 'underpass' yang menghubungkan Kebun Raya dengan IPB.

Warga Tanam Pohon di Badan Jalan

Warga Pantai Gading Kecamatan Secangang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, melakukan aksi tanam pohon di badan jalan, karena jalan tersebut rusak parah, tanpa ada perhatian untuk perbaikannya.

Sulut Target Juara Kejurnas Bridge Antarprovinsi

Sulawesi Utara menargetkan meraih juara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge ke-52,antar provinsi di Manado,13-21 September 2014.

Serangan Tewaskan Belasan Warga Sipil

Serangan menewaskan 19 warga sipil, Minggu, saat Kurdi Suriah terlibat pertempuran sengit melawan pejuang garis keras dari Negara Islam (IS) di provinsi timur laut Hasakeh, kata satu kelompok pemantau.

Warga Mengais Sisa Kebakaran

Warga korban kebakaran di Kelurahan Cililitan Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur mengais puing bekas kebakaran untuk mencari sisa harta benda yang masih bermanfaat.