Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Pilih Uang Atau Istri

Sepasang suami istri sedang jalan-jalan di jalan kecil yang sepi,tiba-tiba dari jurusan belakang nyelonong keluar 2 orang dengan muka tertutup sehelai kain hitam, sambil mengacungkan sebilah pisau ke arah leher lelaki itu, ia berkata: "Yo, pilih sendiri, uang atau istri?""Uang.

Pameran Foto Aktivis Perempuan Difabel Digelar 5-27 September

Saksikan pameran foto para aktivis perempuan dari seluruh dunia yang menunjukkan diskriminasi yang mereka hadapi.

Sekolah-sekolah Diperindah untuk Sambut Lomba Sekolah Sehat

Pemkot Administrasi Jakarta Pusat terus membenahi empat sekolah yang akan bertanding dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) 2015 tingkat DKI Jakarta, yang akan digelar pada 4 September mendatang.

Sejumlah Supermarket Belum Urus Izin Penjualan Daging

Kepala Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat, Muljadi menyesalkan masih banyaknya pengelola supermarket yang belum mengurus perizinan penjualan daging.

Daging Busuk Disita

Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat mengamankan enam kilogram daging busuk dari sebuah supermarket terkenal di kawasan Duta Merlin, Gambir, Rabu (2/9).