Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Gubernur : Perusahaan Wajib Beri Hak Masyarakat

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Awang Faroek Ishak mengatakan kewajiban perusahaan untuk memberikan hak masyarakat untuk ikut berusaha, sebab ada kewajiban perusahaan memberi jatah 20 persen lahan dari luas perusahaannya.

DPRD Desak Pemkab Magelang Atasi Kelangkaan Elpiji

Kalangan DPRD Kabupaten Magelang mendesak Pemerintah Kabupaten Magelang segera mengatasi kelangkaan gas elpiji ukuran tiga kilogram di wilayah tersebut.

833 Desa Riau Belum Ada Angkutan Umum

Badan Pusat Statistik Porvinsi Riau mencatat sebanyak 833 desa atau kelurahan di provinsi itu belum ada angkutan umum yang melewati desa atau kelurahan itu.

Pemkab Jembrana Bantu Nenek Satu Abad

Pemkab Jembrana, Bali, membantu Ni Wayan Suci, warga Desa Penyaringan, yang oleh keluarganya diyakini sudah berusia sekitar 115 tahun.

PCMI Maluku Gelar Sosialisasi PPAN

Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Maluku yakni para alumni program Pertukaran Pemuda antarNegara (PPAN) yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menggelar sosialisasi program PPAN tersebut di Kota Ambon, Sabtu.