Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minimnya Stok Picu Kenaikan Harga Cengkeh

harga cengkeh, palu, cengkeh, kenaikan harga

Posted on 18 Feb 2013. Hits : 578

Akibat stok semakin berkurang di tingkat petani, harga cengkeh di pasaran setempat terus bergerak naik.

Di tingkat pedagang di Palu, Senin harga cengkeh kering kini sudah mencapai Rp119 ribu per kilogram atau naik dibandingkan sebelumnya masih pada kisaran Rp111 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang kenaikkan tersebut, erat kaitanya dengan harga cengkeh di tingkat pabrik naik menyusul semakin berkurangnya stok.

Naik-turunnya harga cengkeh di pasaran lokal sangat tergantung harga pembelian pabrik. "Kalau harga di pabrik naik, otomatis di tingkat pedagang ikut naik dan sebaliknya," kata Ronie, salah serang pedagang.

Ia mengatakan selama ini seluruh hasil pembelian pedagang cengkeh dijual di pabrik di Surabaya.

Lembang (57), seorang petani cengkeh di kawasan Kebun Kopi, Kabupaten Parigi Moutong membenarkan harga lagi bagus. Hanya saja kenaikkan harga tersebut terjadi pada saat belum memasuki panen raya.

Stok cengkeh yang ada di petani sedikit karena belum panen.

"Kita berharap saja saat panen berlangsung harga cengkeh tetap bertahan seperti sekarang ini," katanya.

Sementara harga kopra dan kakao belum bergeser. Biji kakao kering dibeli pedagang dari petani Rp19.000,00 per kilogram dan kopra Rp3.800,00 per kilogram. (ant/as)

Legislator : Pemkot Medan Sikapi Pembongkaran Jalan

Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, diharapkan dapat bersikap terhadap kerusakan sebagian ruas jalan di daerah itu yang diakibatkan pembongkaran berbagai badan jalan dengan dalih untuk keperluan pembangunan infrastruktur.

DPRD Klungkung Kritisi Kinerja Pemerintah Setempat

Ketua Komisi I DPRD Klungkung, Bali Komang Suantara alias Otal berupaya mengkritisi kinerja pemerintah setempat, karena sasaran program kerja dinilainya belum sesuai dengan harapan.

Dinkes Bali Ingatkan Kebersihan Sebelum Konsumsi Buah

Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengingatkan masyarakat terkait kebersihan sebelum mengonsumsi buah dan makanan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Pemkab Batang Siap Fasilitasi Pembangunan Tol

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memfasilitasi pembangunan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer yang sempat terhenti akibat masalah pembebasan sisa lahan.

Anggota DPRD Kabupaten Solok Reses Ke Dapil

Anggota DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan kunjungan lapangan (reses) ke Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat pada 28 Januari hingga 2 Februari 2015.