Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Minat Petani Sumut Tanam Kedelai Makin Menurun

kedelai, sumatera utara, petani sumut

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 309

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Utara HM Roem mengatakan minat petani di daerah ini untuk menanam kedelai semakin menurun, karena harga di pasaran terlalu murah.

"Harga kedelai di pasaran hanya Rp 4.300 per kilogram, sehingga petani di Sumatera Utara kurang begitu tertarik lagi bertani kedelai," katanya di Medan, Jumat.

Harga kedelai di pasaran, menurut dia, benar-benar sangat murah dan nyaris tidak mempunyai nilai.

Oleh karena itu, kata dia, wajar para petani tidak begitu berminat lagi untuk menanam lahan mereka dengan tanaman kedele tersebut.

"Kalau hanya merugi dan tidak memperoleh untung, untuk apa petani itu capek-capek menanam kedele," ucap Roem.

Selain itu, jelas Kadis Pertanian Sumut, harga kedele juga sangat rendah.

Kalau harga murah, untuk apa petani menanam kedele, dan lebih baik mereka membudidayakan padi, kacang hijau dan kacang tanah yang harganya cukup mahal.

"Jadi, sekarang ini para petani kedele di sejumlah kabupaten di Sumut mulai beralih dengan tanaman yang memiliki prospek lebih baik dan harganya agak lumayan," ujar Roem.

Lebih lanjut dia mengatakan, jika harga kedele itu masih murah, kemungkinan para petani belum mau menanam lahan perkebunan mereka dengan tanaman tersebut.

Kalau harga jual kedelai masih melemah, dan mau makan apa para petani di Sumut.

Seharusnya harga kedelai di pasaran Rp7.000 per kg, sehingga para petani lebih bersemangat.

"Harga kedelai itu juga harus dipikirkan, sehingga petani kembali terangsang untuk menanam tanaman jenis kacang-kacangan tersebut," kata Roem.

Data yang diperoleh di Kantor Dinas Pertanian Provinsi Sumut, target tanaman kedelai di daerah ini pada 2012 seluas 12.728 hektare, dan realisasinya 8.640 hektare. Sedangkan target luas panen 13.242 hektare, dan realisasinya 8.364 hektare.

Kemudian target produksi setahun sebanyak 17.262 ton, dan realisasinya hingga November 2012 mencapai 10.304 ton. (ant/as)

Dinkes Riau Membagikan Masker Di Tiga Lokasi

Dinas Kesehatan Provinsi Riau membagikan masker untuk masyarakat di depan Kantor Dinkes setempat Jalan Sudirman, depan kantor Gubernur Riau, dan depan Mall SKA Pekanbaru.

Tuna Minahasa Tenggara Diminati Asia dan Eropa

Ikan tuna hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan laut Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utata (Sulut) diminati sejumlah negara seperti Asia dan beberapa negara di Eropa.

Tujuh Kapal Sail Indonesia Tiba di Kupang

Tujuh kapal yang mengangkut kurang lebih 35 peserta "Sail Indonesia" dari berbagai negara di dunia tiba di Pantai Tedys Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk mulai melaksanakan "tour" mengelilingi Indonesia.

BPMD Pertemukan 100 Perusahaan di Samarinda

Badan Penanaman Modal Daerah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar sosialisasi penanaman modal dengan melibatkan 100 perusahaan yang ada di daerah itu.

Penerima KJP Keluhkan Mesin Debit Pameran Buku

Warga penerima Kartu Jakarta Pintar mengeluhkan mesin pembayaran debit Bank DKI yang sering mengalami luar jaringan atau 'offline' saat membeli kelengkapan sekolah di pameran bukuJakbook & Edu Fair 2015.