Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mentan Jelaskan Kasus Impor Daging Pada Presiden

menteri pertanian, impor daging, daging sapi

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 279

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan perkembangan kebijakan impor daging sapi baik terkait program swasembada daging 2014 maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggil untuk meminta keterangan dan penjelasan saya baik lisan maupun tertulis. Tertulis sudah saya sampaikan sementara lisan tadi disampaikan secara detail apa yang terkait persoalan importasi daging sapi," kata Suswono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu usai memenuhi panggilan Presiden.

Ia mengatakan dalam penjelasannya pada Presiden, bahwa tidak ada penyimpangan dari regulasi dan kebijakan importasi daging sapi.

"Kuota dan pengalokasiannya itu semua dibahas dalam rapat di Menko (perekonomian-red). Data awal disampaikan oleh Kementan, setelah diputuskan dalam rapat Menko, dialokasikan sesuai perusahaan yang mengajukan dan perusahaan itu tercatat sebagai importir yang terdaftar di Kementerian Perdagangan," katanya.

Mentan mengatakan setelah ditentukan kuotanya di masing-masing perusahaan baru kemudian dialokasikan untuk industri, hotel, restoran dan sapi bakalan. "Jadi semua ada rumusannya," tegasnya.

Suswono mengatakan keputusan bagi alokasi 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012.

"Sudah ada penetapan pengalokasian selama satu tahun pada Desember," katanya.

Ketika ditanya kaitannya dengan kasus hukum yang tengah dihadapi oleh Luthfi Hassan, Suswono mengatakan ia sendiri tidak mengetahui kaitannya di mana karena ia bisa memastikan bahwa Luthfi tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian.

"Saya sendiri masih belum jelas betul masalah ini, saya merasa tidak ada kaitan antara masalah yang pak Luthfi hadapi dengan kebijakan yang saya lakukan," tegasnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Mentan di ruang kerjanya di Kantor Presiden Jakarta. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. (ant/as)

Pelaku Usaha Tambah Tenaga Kerja

Pelaku usaha di Jawa Timur optimistis akan menambah jumlah tenaga kerja pascaLebaran 1435 Hijriah guna memenuhi meningkatnya permintaan pasar pada triwulan III tahun 2014.

KONI Denpasar Segera Setor Nama Atlet Porprov

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Denpasar segera menyetorkan sejumlah nama atlet yang akan berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XII/2015 di Kabupaten Buleleng, Bali.

IHSG Menguat 9,70 Poin di Perdagangan Sore

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, ditutup naik sebesar 9,70 poin didorong aksi beli investor asing.

Empat Kapal Pelni Singgahi NTT

Empat kapal PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)), masing-masing KM Bukit Siguntang, KM Umsini, KM Awu, dan KM Wilis, dijadwalkan mulai H-4 Idul Fitri 1435 Hijriah akan menyinggahi wilayah Perairan NTT selama Lebaran.

Relawan Jokowi-JK Sujud Syukur

Puluhan relawan calon Presiden dan calon Wakil Presiden nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk Provinsi Riau menggelar sujud syukur atas kemenangan pasangan itu dalam Pemilu Presiden 9 Juli 2014.