Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mentan Jelaskan Kasus Impor Daging Pada Presiden

menteri pertanian, impor daging, daging sapi

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 283

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan perkembangan kebijakan impor daging sapi baik terkait program swasembada daging 2014 maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggil untuk meminta keterangan dan penjelasan saya baik lisan maupun tertulis. Tertulis sudah saya sampaikan sementara lisan tadi disampaikan secara detail apa yang terkait persoalan importasi daging sapi," kata Suswono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu usai memenuhi panggilan Presiden.

Ia mengatakan dalam penjelasannya pada Presiden, bahwa tidak ada penyimpangan dari regulasi dan kebijakan importasi daging sapi.

"Kuota dan pengalokasiannya itu semua dibahas dalam rapat di Menko (perekonomian-red). Data awal disampaikan oleh Kementan, setelah diputuskan dalam rapat Menko, dialokasikan sesuai perusahaan yang mengajukan dan perusahaan itu tercatat sebagai importir yang terdaftar di Kementerian Perdagangan," katanya.

Mentan mengatakan setelah ditentukan kuotanya di masing-masing perusahaan baru kemudian dialokasikan untuk industri, hotel, restoran dan sapi bakalan. "Jadi semua ada rumusannya," tegasnya.

Suswono mengatakan keputusan bagi alokasi 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012.

"Sudah ada penetapan pengalokasian selama satu tahun pada Desember," katanya.

Ketika ditanya kaitannya dengan kasus hukum yang tengah dihadapi oleh Luthfi Hassan, Suswono mengatakan ia sendiri tidak mengetahui kaitannya di mana karena ia bisa memastikan bahwa Luthfi tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian.

"Saya sendiri masih belum jelas betul masalah ini, saya merasa tidak ada kaitan antara masalah yang pak Luthfi hadapi dengan kebijakan yang saya lakukan," tegasnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Mentan di ruang kerjanya di Kantor Presiden Jakarta. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. (ant/as)

Mayoritas Syuriyah Setuju Mekanisme 'Ahwa'

Mayoritas Syuriah PWNU dan PCNU setuju pemilihan Rais Aam PBNU dalam Muktamar NU ke-33 di Jombang, Jawa Timur dilaksanakan dengan mekanisme ahlul halli wal aqdi (Ahwa).

BRI Luncurkan Teras BRI Kapal

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan unit kerja operasional di atas kapal yang diberi nama "Teras BRI Kapal" untuk menjangkau masyarakat pesisir kepulauan.

Daud Yordan Masih Masuk Latihan Umum

Juara tinju kelas ringan (62,1 kilogram) WBO Asia Pasifik Daud Yordan masih memasuki tahapan latihan umum sebagai persiapan untuk menghadapi pertarungan perebutan gelar Oktober 2015.

Kapolri Pastikan Peristiwa Ledakan Tak Ganggu Muktamar

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti memastikan bahwa adanya peristiwa ledakan di Makassar, Sulawesi Selatan tidak akan mengganggu jalannya Muktamar Muhammadiyah yang digelar di Makassar pada 3 - 7 Agustus 2015 "Nggak (mengganggu).

BNN Sumut Musnahkan 902 Gram Sabu-Sabu

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara memusnahkan 902 gram lebih narkoba jenis sabu-sabu dalam peringatan Hari Antinarkotika Internasional di Lapangan Merdeka Medan, Selasa.