Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mentan Jelaskan Kasus Impor Daging Pada Presiden

menteri pertanian, impor daging, daging sapi

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 283

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan perkembangan kebijakan impor daging sapi baik terkait program swasembada daging 2014 maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggil untuk meminta keterangan dan penjelasan saya baik lisan maupun tertulis. Tertulis sudah saya sampaikan sementara lisan tadi disampaikan secara detail apa yang terkait persoalan importasi daging sapi," kata Suswono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu usai memenuhi panggilan Presiden.

Ia mengatakan dalam penjelasannya pada Presiden, bahwa tidak ada penyimpangan dari regulasi dan kebijakan importasi daging sapi.

"Kuota dan pengalokasiannya itu semua dibahas dalam rapat di Menko (perekonomian-red). Data awal disampaikan oleh Kementan, setelah diputuskan dalam rapat Menko, dialokasikan sesuai perusahaan yang mengajukan dan perusahaan itu tercatat sebagai importir yang terdaftar di Kementerian Perdagangan," katanya.

Mentan mengatakan setelah ditentukan kuotanya di masing-masing perusahaan baru kemudian dialokasikan untuk industri, hotel, restoran dan sapi bakalan. "Jadi semua ada rumusannya," tegasnya.

Suswono mengatakan keputusan bagi alokasi 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012.

"Sudah ada penetapan pengalokasian selama satu tahun pada Desember," katanya.

Ketika ditanya kaitannya dengan kasus hukum yang tengah dihadapi oleh Luthfi Hassan, Suswono mengatakan ia sendiri tidak mengetahui kaitannya di mana karena ia bisa memastikan bahwa Luthfi tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian.

"Saya sendiri masih belum jelas betul masalah ini, saya merasa tidak ada kaitan antara masalah yang pak Luthfi hadapi dengan kebijakan yang saya lakukan," tegasnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Mentan di ruang kerjanya di Kantor Presiden Jakarta. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. (ant/as)

Warga Oesao Tolak Alih Fungsi Lahan

Masyarakat Desa Oesao, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat, mendeklarasikan penolakan terhadap alih fungsi lahan pertanian supaya daerahnya bertahan sebagai lumbung pangan.

Harga CPO Jambi Turun

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) di Provinsi Jambi mengalami penurunan sebesar Rp173 per kilogram dari sebelumnya Rp7.

BI Bantu Petani Tingkatkan Produksi Padi Kalsel

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II Kalimantan membantu petani di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan meningkatkan produksi padi melalui program pemanfaatan bibit unggul.

Sumut Capai Standar Nasional Penanggulangan Tuberculosis

Dinas Kesehatan Sumatera Utara terus berupaya meminimalisir kasus penderita Tuberculosis (TBC), bahkan provinsi itu dewasa ini telah mencapai target nasional untuk penanggulangannya.

Pengamat Khawatirkan Manuver Parpol Terkait Seleksi Menteri

Pengamat politik Universitas Jayabaya Igor Dirgantara menilai proses seleksi menteri yang dilakukan tertutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) rentan terhadap manuver partai politik yang melakukan intervensi.