Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mentan Jelaskan Kasus Impor Daging Pada Presiden

menteri pertanian, impor daging, daging sapi

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 283

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan perkembangan kebijakan impor daging sapi baik terkait program swasembada daging 2014 maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggil untuk meminta keterangan dan penjelasan saya baik lisan maupun tertulis. Tertulis sudah saya sampaikan sementara lisan tadi disampaikan secara detail apa yang terkait persoalan importasi daging sapi," kata Suswono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu usai memenuhi panggilan Presiden.

Ia mengatakan dalam penjelasannya pada Presiden, bahwa tidak ada penyimpangan dari regulasi dan kebijakan importasi daging sapi.

"Kuota dan pengalokasiannya itu semua dibahas dalam rapat di Menko (perekonomian-red). Data awal disampaikan oleh Kementan, setelah diputuskan dalam rapat Menko, dialokasikan sesuai perusahaan yang mengajukan dan perusahaan itu tercatat sebagai importir yang terdaftar di Kementerian Perdagangan," katanya.

Mentan mengatakan setelah ditentukan kuotanya di masing-masing perusahaan baru kemudian dialokasikan untuk industri, hotel, restoran dan sapi bakalan. "Jadi semua ada rumusannya," tegasnya.

Suswono mengatakan keputusan bagi alokasi 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012.

"Sudah ada penetapan pengalokasian selama satu tahun pada Desember," katanya.

Ketika ditanya kaitannya dengan kasus hukum yang tengah dihadapi oleh Luthfi Hassan, Suswono mengatakan ia sendiri tidak mengetahui kaitannya di mana karena ia bisa memastikan bahwa Luthfi tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian.

"Saya sendiri masih belum jelas betul masalah ini, saya merasa tidak ada kaitan antara masalah yang pak Luthfi hadapi dengan kebijakan yang saya lakukan," tegasnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Mentan di ruang kerjanya di Kantor Presiden Jakarta. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. (ant/as)

12 Orang Tertimbun Longsor Di Sukabumi

Sebanyak 12 orang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Cireungas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (28/3) sekitar pukul 23.

Kesadaran UMKM Yogyakarta Urus HAKI Masih Rendah

Kesadaran usaha mikro kecil dan menengah di Kota Yogyakarta mengurus hak kekayaan intelektual masih kurang, sehingga Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian setempat akan mengintensifkan sosialisasinya tahun ini.

Legenda MU Heran Banyak Motor Di Malang

Pemain legenda Manchester United (MU) asal Korea Selatan, Park Ji Sung, menyatakan keheranannya ketika menginjakkan kakinya di Kota Malang, Jawa Timur, karena banyaknya sepeda motor yang lalu lalang di kota itu.

Kemlu Selenggarakan Pelatihan Internasional Budidaya Ternak Berkelanjutan

Kementerian Luar Negeri RI menyelenggarakan program pelatihan internasional 'Budidaya Ternak Berkelanjutan melalui Penguatan Inseminasi Buatan' untuk membantu pembangunan nasional Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Presiden Hadiri Prosesi Penghormatan Lee Kuan Yew

Presiden Joko Widodo Minggu siang dijadwalkan menghadiri prosesi penghormatan terakhir bagi mantan Perdana Menteri Singapura Lee Kuan Yew yang berlangsung di University Cultural Centre Hall, National University Singapore (NUS) mulai Minggu siang waktu setempat.