Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mentan Jelaskan Kasus Impor Daging Pada Presiden

menteri pertanian, impor daging, daging sapi

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 283

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan perkembangan kebijakan impor daging sapi baik terkait program swasembada daging 2014 maupun pemenuhan kebutuhan masyarakat.

"Presiden tadi memanggil untuk meminta keterangan dan penjelasan saya baik lisan maupun tertulis. Tertulis sudah saya sampaikan sementara lisan tadi disampaikan secara detail apa yang terkait persoalan importasi daging sapi," kata Suswono dalam keterangan pers di Kantor Presiden Jakarta, Rabu usai memenuhi panggilan Presiden.

Ia mengatakan dalam penjelasannya pada Presiden, bahwa tidak ada penyimpangan dari regulasi dan kebijakan importasi daging sapi.

"Kuota dan pengalokasiannya itu semua dibahas dalam rapat di Menko (perekonomian-red). Data awal disampaikan oleh Kementan, setelah diputuskan dalam rapat Menko, dialokasikan sesuai perusahaan yang mengajukan dan perusahaan itu tercatat sebagai importir yang terdaftar di Kementerian Perdagangan," katanya.

Mentan mengatakan setelah ditentukan kuotanya di masing-masing perusahaan baru kemudian dialokasikan untuk industri, hotel, restoran dan sapi bakalan. "Jadi semua ada rumusannya," tegasnya.

Suswono mengatakan keputusan bagi alokasi 2013 sudah ditetapkan pada Desember 2012.

"Sudah ada penetapan pengalokasian selama satu tahun pada Desember," katanya.

Ketika ditanya kaitannya dengan kasus hukum yang tengah dihadapi oleh Luthfi Hassan, Suswono mengatakan ia sendiri tidak mengetahui kaitannya di mana karena ia bisa memastikan bahwa Luthfi tidak bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Menteri Pertanian.

"Saya sendiri masih belum jelas betul masalah ini, saya merasa tidak ada kaitan antara masalah yang pak Luthfi hadapi dengan kebijakan yang saya lakukan," tegasnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima Mentan di ruang kerjanya di Kantor Presiden Jakarta. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam sejak pukul 11.00 WIB hingga sekitar pukul 12.00 WIB. (ant/as)

Yusril Pimpin PBB Karena Rhoma Tidak Hadir

Yusril Ihza Mahendra akhirnya memimpin Partai Bulan Bintang (PBB) karena Rhoma Irama tidak hadir untuk menyatakan kesiapan sebagai Ketua Umum.

Pemprov Dorong 'Money Changer' Resmi Di Perbatasan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong adanya pedagang valuta asing (money changer) resmi di wilayah perbatasan RI - Papua New Guinea (PNG), guna mencegah praktik pertukaran uang secara ilegal.

Pengguna Jalan Keluhkan Kerusakan Jalintim Lampung-Sumsel

Para pengguna Jalan Lintas Timur Sumatera antara Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, hingga Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, mengeluhkan kerusakan jalan yang belum ada tanda-tanda segera diperbaiki, sehingga kenyamanan dan keselamatan jalur transportasi darat yang padat itu terganggu.

Harga Bawang Merah-Gula Di Jayapura Meningkat

Harga sejumlah komoditi pokok di pasar Kota Jayapura seperti bawang merah dan gula pasir, mengalami kenaikan, meskipun tidak signifikan.

Marquez Jalani Operasi Tangan Setelah Kecelakaan Saat Latihan

Juara dunia MotoGP dua kali dari Honda, Marc Marquez, menjalani operasi pada Sabtu setelah mengalami patah di jari kelingking tangan kirinya dalam kecelakaan saat latihan mengendarai sepeda motor trail di Spanyol.