Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menperin Galakkan Industri Telepon Genggam

telepon genggam, menperin, industri

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 157

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Indonesia harus menggalakkan investasi di bidang telekomunikasi khususnya di sektor telepon genggam untuk mengendalikan produk ponsel impor yang membanjiri Tanah Air.

"Itu sebabnya kita harus menggalakkan investasi di bidang industri khusus tadi, yakni bidang ponsel," kata Hidayat di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hampir semua kebutuhan ponsel dalam negeri dipasok oleh produk impor. Namun, dalam dua tahun ke depan sebagian produk ponsel impor itu akan disubstitusi saat jalinan kerja sama Indonesia dengan salah satu perusahaan perakit ponsel asing terlaksana.

"Target kami dalam dua tahun ke depan sebagian itu (ponsel impor) sudah disubstitusi karena industri kita yang 'join' dengan luar negeri akan terlaksana," ujarnya.

Meski enggan menyebutkan investor yang akan menanamkan investasi di bidang itu, dia mengatakan akan mengumumkan detailnya saat pembahasan mengenai kesepakatan kerja sama telah selesai dibahas.

"Siapa yang akan investasi dan berapa besarnya, tunggu sesaat lagi," katanya.

Sebelumnya, salah satu perakit ponsel, Foxconn Tecnology Group, memastikan akan merealisasikan pembangunan pabriknya di Indonesia tahun ini. Foxconn mulanya berencana membangun pabrik di Indonesia pada akhir tahun lalu.

Meski sempat tertunda karena akuisisi terhadap salah satu perusahaan Jepang, perusahaan perakit IPhone itu juga masih melakukan konsolidasi dengan Cina serta negara lain untuk pengembangan bisnisnya.

Nilai investasi yang dikucurkan Foxconn sekitar 10 miliar dolar AS (Rp94,8 triliun)yang direalisasikan dalam beberapa fase pembangunan. Beberapa peralatan elektronik yang akan dibuat di Indonesia diantaranya perkakas rumah tangga seperti televisi. (ant/as)

Pemkab Labuhanbatu Latih 50 Orang Petugas Arsip

Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara, melakukan pelatihan bagi 50 orang petugas arsip untuk lingkungan instansi pemerintah maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

BEI Kembangkan Sistem Elektronik Untuk IPO

Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengembangkan sistem elektronik untuk pemesanan penawaran umum perdana saham atau "initial public offering" (IPO) agar memudahkan investor di seluruh Indonesia.

Pameran Industri Pertahanan 2014 Digelar

Kementerian Pertahanan kembali menggelar pameran industri pertahanan berskala Internasional, Indo Defence 2014 Expo & Forum, dengan tema "World Defence Technology Improvement", pada 5 November hingga 8 November 2014, di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran.

Warga Dapat Pelayanan Akte Gratis

Dinas Catatan Sipil Kabupaten Klungkung, Bali memberikan pelayanan akte kelahiran secara gratis kepada masyarakat Nusa Penida, sebuah Pulau yang terpisah dengan daratan Bali.

Paser Segera Susun Rancangan Induk Kependudukan

Pemerintah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, segera menyusun rancangan induk atau 'grand design' kependudukan dan keluarga berencana periode 2011-2035.