Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menperin Galakkan Industri Telepon Genggam

telepon genggam, menperin, industri

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 157

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Indonesia harus menggalakkan investasi di bidang telekomunikasi khususnya di sektor telepon genggam untuk mengendalikan produk ponsel impor yang membanjiri Tanah Air.

"Itu sebabnya kita harus menggalakkan investasi di bidang industri khusus tadi, yakni bidang ponsel," kata Hidayat di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hampir semua kebutuhan ponsel dalam negeri dipasok oleh produk impor. Namun, dalam dua tahun ke depan sebagian produk ponsel impor itu akan disubstitusi saat jalinan kerja sama Indonesia dengan salah satu perusahaan perakit ponsel asing terlaksana.

"Target kami dalam dua tahun ke depan sebagian itu (ponsel impor) sudah disubstitusi karena industri kita yang 'join' dengan luar negeri akan terlaksana," ujarnya.

Meski enggan menyebutkan investor yang akan menanamkan investasi di bidang itu, dia mengatakan akan mengumumkan detailnya saat pembahasan mengenai kesepakatan kerja sama telah selesai dibahas.

"Siapa yang akan investasi dan berapa besarnya, tunggu sesaat lagi," katanya.

Sebelumnya, salah satu perakit ponsel, Foxconn Tecnology Group, memastikan akan merealisasikan pembangunan pabriknya di Indonesia tahun ini. Foxconn mulanya berencana membangun pabrik di Indonesia pada akhir tahun lalu.

Meski sempat tertunda karena akuisisi terhadap salah satu perusahaan Jepang, perusahaan perakit IPhone itu juga masih melakukan konsolidasi dengan Cina serta negara lain untuk pengembangan bisnisnya.

Nilai investasi yang dikucurkan Foxconn sekitar 10 miliar dolar AS (Rp94,8 triliun)yang direalisasikan dalam beberapa fase pembangunan. Beberapa peralatan elektronik yang akan dibuat di Indonesia diantaranya perkakas rumah tangga seperti televisi. (ant/as)

Kediri Galakkan Posyandu Ternak

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menggalakkan program posyandu khusus untuk ternak, sebagai upaya mengantisipasi serangan penyakit termasuk penyakit antraks.

Tarif Tol Surabaya-Gresik Naik 40 Persen

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengumumkan, tarif Jalan Tol Surabaya - Gresik berkisar 30,33-40 persen mulai Rabu, 24 Desember 2014 pukul 00.

Jateng Terima Makarti Nayotama

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan Makarti Nayotama dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, karena berhasil dalam program transmigrasi.

Pengurangan Subsidi Listrik Hemat Anggaran Rp 8,4 Triliun

Manajemen Perusahaan Listrik Negara Wilayah Riau dan Kepulauan Riau menyatakan pengurangan subsidi listrik yang dilakukan sepanjang 2014 berpotensi menghemat anggaran hingga Rp8,4 triliun.

Palestina Desak Pemungutan Suara Meski Terancam Veto

Palestina mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Selasam, bahwa mereka akan menyerahkan rancangan resolusi kepada Dewan Keamanan PBB meskipun ia memperingatkan hak veto, kata seorang pejabat Palestina.