Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menperin Galakkan Industri Telepon Genggam

telepon genggam, menperin, industri

Posted on 13 Feb 2013. Hits : 157

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Indonesia harus menggalakkan investasi di bidang telekomunikasi khususnya di sektor telepon genggam untuk mengendalikan produk ponsel impor yang membanjiri Tanah Air.

"Itu sebabnya kita harus menggalakkan investasi di bidang industri khusus tadi, yakni bidang ponsel," kata Hidayat di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, hampir semua kebutuhan ponsel dalam negeri dipasok oleh produk impor. Namun, dalam dua tahun ke depan sebagian produk ponsel impor itu akan disubstitusi saat jalinan kerja sama Indonesia dengan salah satu perusahaan perakit ponsel asing terlaksana.

"Target kami dalam dua tahun ke depan sebagian itu (ponsel impor) sudah disubstitusi karena industri kita yang 'join' dengan luar negeri akan terlaksana," ujarnya.

Meski enggan menyebutkan investor yang akan menanamkan investasi di bidang itu, dia mengatakan akan mengumumkan detailnya saat pembahasan mengenai kesepakatan kerja sama telah selesai dibahas.

"Siapa yang akan investasi dan berapa besarnya, tunggu sesaat lagi," katanya.

Sebelumnya, salah satu perakit ponsel, Foxconn Tecnology Group, memastikan akan merealisasikan pembangunan pabriknya di Indonesia tahun ini. Foxconn mulanya berencana membangun pabrik di Indonesia pada akhir tahun lalu.

Meski sempat tertunda karena akuisisi terhadap salah satu perusahaan Jepang, perusahaan perakit IPhone itu juga masih melakukan konsolidasi dengan Cina serta negara lain untuk pengembangan bisnisnya.

Nilai investasi yang dikucurkan Foxconn sekitar 10 miliar dolar AS (Rp94,8 triliun)yang direalisasikan dalam beberapa fase pembangunan. Beberapa peralatan elektronik yang akan dibuat di Indonesia diantaranya perkakas rumah tangga seperti televisi. (ant/as)

Dinkes Riau Membagikan Masker Di Tiga Lokasi

Dinas Kesehatan Provinsi Riau membagikan masker untuk masyarakat di depan Kantor Dinkes setempat Jalan Sudirman, depan kantor Gubernur Riau, dan depan Mall SKA Pekanbaru.

Tuna Minahasa Tenggara Diminati Asia dan Eropa

Ikan tuna hasil tangkapan nelayan di sekitar perairan laut Kabupaten Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utata (Sulut) diminati sejumlah negara seperti Asia dan beberapa negara di Eropa.

Tujuh Kapal Sail Indonesia Tiba di Kupang

Tujuh kapal yang mengangkut kurang lebih 35 peserta "Sail Indonesia" dari berbagai negara di dunia tiba di Pantai Tedys Kupang, Nusa Tenggara Timur, untuk mulai melaksanakan "tour" mengelilingi Indonesia.

BPMD Pertemukan 100 Perusahaan di Samarinda

Badan Penanaman Modal Daerah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar sosialisasi penanaman modal dengan melibatkan 100 perusahaan yang ada di daerah itu.

Penerima KJP Keluhkan Mesin Debit Pameran Buku

Warga penerima Kartu Jakarta Pintar mengeluhkan mesin pembayaran debit Bank DKI yang sering mengalami luar jaringan atau 'offline' saat membeli kelengkapan sekolah di pameran bukuJakbook & Edu Fair 2015.