Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Menpera Inginkan Dukungan Kelembangaan Penuh

kemenpera, kelembagaan penuh, perumahan rakyat

Posted on 11 Mar 2013. Hits : 237

Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz menginginkan adanya dukungan kelembagaan penuh terhadap kementerian yang dipimpinnya itu agar dapat lebih optimal dalam menyelesaikan masalah perumahan di Tanah Air.

"Saya sudah mengajukan permohonan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk membentuk kelembagaan penuh," kata Djan Faridz dalam rilis Humas Kemenpera yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, permohonan untuk membuat status Kemenpera menjadi kementerian yang berada di kategori lebih tinggi pernah diajukan, namun ditolak Menpan karena alasan masa kabinet tinggal 1,5 tahun.

Namun, ia menginginkan agar hal itu tidak semata melihat kepada sisa jangka waktu, akan tetapi lebih kepada apa yang bisa dilakukan Kemenpera untuk menyelesaikan solusi perumahan di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya juga telah mengirimkan kembali surat permohonan untuk mendapatkan kelembagaan penuh kepada Menpan dan berharap agar Komisi V DPR dapat mendukungnya.

"Saya sudah membuat surat permohonan kembali kepada Menpan dan saya minta dukungan Komisi V DPR RI untuk mempercepat terwujudnya hal ini," Djan Faridz.

Dalam mewujudkan kelembagaan penuh, Kemenpera telah melakukan pembagian kerja seperti untuk program perumahan swadaya telah ada penanggung jawab per kepulauan dan telah mengikuti Kementerian Pekerjaan Umum dalam membentuk semibalai.

Sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz mengajak berbagai pemerintah daerah untuk terus berkomitmen dalam program pembangunan perumahan, karena dinilai masih banyak persoalan perumahan yang ditemui di tingkat daerah.

"Kemenpera akan terus mengajak pemda untuk memiliki komitmen dalam pembangunan perumahan dan kawasan permukiman di daerah," katanya.

Berdasarkan hasil evaluasi program dan kegiatan Kemenpera, ternyata masih ditemukan banyak persoalan yang menghambat sektor perumahan di berbagai daerah.

Untuk itu, Kemenpera mengajak pemda mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota untuk memperkuat komitmen dan perannya dalam menyelesaikan masalah itu. (ant/as)

Jokowi Diminta Berantas Korupsi

Pemerintahan baru Presiden RI Joko Widodo dan Jusuf Kalla diminta komitmennya untuk memberantas praktek korupsi di daerah yang dianggap sebagai sumber kemiskinan di masyarakat.

Serangan di Masjid Syiah Tewaskan Belasan Orang

Seorang pembom bunuh diri Senin meledakkan bom Senin di luar satu Masjid Syiah di Baghdad tengah, menewaskan sedikitnya 11 orang dalam serangan semacam kedua di ibu kota dalam 24 jam, kata para pejabat.

Harga Minyak Dunia Turun

Harga minyak dunia turun pada Senin (Selasa pagi WIB), di tengah kekhawatiran tentang persediaan tinggi dan tanda-tanda dari produsen utama Timur Tengah bahwa OPEC tidak memiliki rencana untuk memangkas produksi minyak mentah.

Diskop-UMKM Sumbar Prioritaskan UMKM Penyerap Tenaga Kerja

Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat (Diskop-UMKM Sumbar), memberikan prioritas terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang sudah mampu menyerap tenaga kerja untuk mengembangkan sektor usaha mandiri.

YLKI Sumbar Dukung Penggunaan Transportasi Massal

Yayasan Lembaga konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Barat (Sumbar) mendukung penggunaan transportasi massal mengantisipasi terjadinya kelangkaan BBM sesuai imbauan pemerintah.