Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 259

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

KKP : Indonesia Butuh Infrastruktur Maritim Yang Mumpuni

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan, Indonesia membutuhkan infrastruktur maritim yang mumpuni guna mengoptimalkan sumber daya kelautan di Tanah Air.

Distan : Sulteng 2013 Surplus Beras 300.000 Ton

Provinsi Sulawesi Tengah pada musim panen 2013 mengalami surplus beras sebanyak 300 ribu ton, kata Kepala Dinas Pertanian setempat Trie Iriany Lamakampali.

P2TP2A Tingkatkan Kesadaran Perlindungan Anak

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kesadaran dalam perlindungan anak melalui sosialisasi.

Perpustakaan Soeaman HS Alternatif Wisata Akhir Pekan

Perpustakaan Soeman HS menjadi alternatif liburan akhir pekan, lewat beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang berbasiskan pendidikan.

Gelombang Laut Perairan Bangka Belitung Meningkat

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Minggu (26/10) ketinggian gelombang laut di sejumlah perairan Bangka Belitung meningkat dibandingkan beberapa hari sebelumnya.