Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 259

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

Sumsel Gelar Gerakkan Minum Susu

Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Selatan akan menggelar gerakan massal minum susu dan makan telur untuk menyemarakkan bulan bakti peternakan pada 26 September 2014.

JK Jamin Integritas Menteri

Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih Jusuf Kalla menjamin integritas para menteri dari kalangan partai yang nanti akan terpilih dalam kabinetnya.

Menteri BUMN Baru Tunggu Putusan Presiden Baru

Menteri BUMN Dahlan Iskan memastikan tidak akan ada pergantian direksi BUMN sebelum terbentuknya pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden dan Wapres terlipih Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Balai Nikah Kebanjiran Calon Mempelai

Kegiatan pernikahan di balai nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Gorontalo Utara, mengalami kenaikan drastis sebesar 70 persen, sejak implementasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 48 tahun 2014 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kenaikan Harga BBM Diharapkan Bertahap

Pengurus Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap agar kenaikan harga BBM subsidi sebaiknya dilakukan secara bertahap sehingga tidak menyulitkan pelaku ekonomi salah satunya pengembang perumahan.