Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 259

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

PSM Santai Jelang Pembagian Grup Piala Presiden

Tim pelatih PSM Makassar bersikap santai jelang pembagian grup di turnamen Piala Presiden atau sebelumnya bernama Piala Indonesia Satu (PIS) oleh pihak Mahaka Sport and Entertainment.

Bupati : Alor Fokus Optimalkan Potensi Wisata

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan, saat ini dirinya fokus mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wisata yang tersedia di daerahnya seperti taman laut, karang dan biota laut lainnya yang memesona pengunjung.

Joged Bumbung Sinabun Buleleng Pukau Penonton Mahalango

Penampilan Joged Bumbung Desa Sinabun, Kabupaten Buleleng, Bali memukau ratusan penonton pagelaran Bali Mandara Mahalango ke-2 di Kalangan Ayodya, Taman Budaya, Denpasar, Sabtu Malam.

Kapal Pemkab 'Yap Wairon' Dikelola Pihak Ketiga

Operasional kapal perintis milik pemerintah kabupaten Biak Numfor, Papua, KM Yap Wairon, akan ditangani pihak ketiga yaitu perusahaan pelayaran Papua Lintas Nusantara.

'Water Cannon' Polda NTB Padamkan Kebakaran Hypermart

Tiga mobil 'water cannon' Polda NTB dan Polres Mataram diperbantukan untuk memadamkan kebakaran gedung pusat perbelanjaan Hypermart Kota Mataram, Minggu pagi.