Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 256

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

Hari Kedua Lebaran Jalur Sangatta- Samarinda Lancar

Hari kedua lebaran idul fitri 1 syawal 1435 hijriyah, jalur Sangatta Kutai Timur dengan Samarinda nampak lancar.

Masyarakat Palangka Raya Padati TPU Muslim

Masyarakat kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memadati tempat pemakaman umum Muslim Jalan Tjlik Riwut, Km 2,5 untuk melakukan tradisi ziarah setiap lebaran hari pertama hingga kedua pada daerah itu.

Kades Marah Haloq Bangun Mess Desa Untuk Guru

Kepala desa Marahaloq kecamatan Telen kabupaten Kutai timur Kalimantan Timur, Rudi kembali membuat program luar biasa dengan membangun mess desa untuk dijadikan tempat tinggal mess guru-guru.

Arus Balik Lebaran Terjebak Macet

Para pemudik yang mulai melakukan perjalanan arus balik menuju ke daerah asal masing-masing, dan warga masyarakat yang akan bersilaturahim pada Idul Fitri 1435 H/2014 terjebak kemacetan lalu lintas di Provinsi Lampung.

Pengunjung Berbagai Provinsi Mulai Ramaikan Pantai Padang

Pantai Padang sebagai salah satu tujuan wisata menarik di Provinsi Sumatera Barat, pada H+1 lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah, Selasa, mulai ramai didatangi pengunjung dari dalam dan luar provinsi.