Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 259

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

Sido Muncul Anggarkan Dana 'Buyback' Rp198 Miliar

PT Sido Muncul Tbk (SIDO) memutuskan untuk melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak 2,2 persen saham dari seluruh modal disetor dengan menganggarkan dana sebesar Rp198 miliar.

Gabsi Kaltim Ingin Ulang Prestasi PON 1996

Pengurus Provinsi Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Kaltim ingin mengulang kembali prestasi PON 1996 di Jakarta, dengan merebut medali emas di ajang pekan olahraga empat tahunan tersebut.

Bekas Kantor Gubernur NTT Mulai Dirobohkan

Bekas kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur yang terbakar pada sembilan Agustus 2013, hari ini (1/9) mulai dirobohkan.

PDAM Bangun Sumur Bor Antisipasi Krisis Air

PDAM Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), saat ini sedang membangun dua sumur bor yang berlokasi di lingkungan Facei, Kelurahan Sangaji Utara sebagai upaya antisipasi krisis air bersih yang dirasakan masyarakat Ternate.

Kemensos Latih Mantan PSK Di Banjarbaru Kewirausahaan

Kementerian Sosial melatih mantan pekerja seks komersial yang pernah beroperasi di eks lokalisasi Pembatuan Dalam Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, bidang kewirausahaan.