Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Malut Bangun Koneksitas Penyediaan Kebutuhan Pokok

maluku utara, kebutuhan pokok, ternate

Posted on 28 Jan 2013. Hits : 259

Pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara (Malut) akan membangun koneksitas penyediaan kebutuhan pokok, sebagai upaya mengurangi ketergantungan pasokan kebutuhan pokok dari luar daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Ghazali Samsi di Ternate, Senin mengatakan, seluruh Disperindag kabupaten/kota dan sejumlah instansi terkait di Malut akan melakukan pertemuan pada pekan ini untuk membahas koneksitas penyediaan kebutuhan pokok tersebut.

Pada pertemuan yang difasilitasi Dinas Pertanian Provinsi Malut tersebut, setiap kabupaten/kota akan menyampaikan data jumlah kebutuhan pokok di daerah masing-masing, termasuk yang mampu dipenuhi daerah bersangkutan.

Selain itu, kata Ghazali, semua pemkab/pemkot di Malut pada pertemuan tersebut akan menyampaikan data potensi kebutuhan pokok yang bisa dihasilkan, baik untuk memenuhi kebutuhan daerahnya maupun yang didistribusikan ke kabupaten lainnya.

Dari data tersebut akan menjadi dasar bagi masing-masing kota untuk memprogramkan pengembangan produksi kebutuhan pokok sesuai potensinya, sehingga pada gilirannya nanti masing-masing kabupaten/ kota akan saling menutupi dalam upaya memenuhi kebutuhan pokok.

Menurut Ghazali, kalau program koneksitas penyediaan kebutuhan pokok berjalan efektif, maka Malut tidak lagi tergantung dari daerah lain.

Harga kebutuhan pokok di Malut selama ini sering mengalami lonjakan akibat terjadi langkahnya stok, menyusul terhambatnya pasokan dari luar Malut, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

"Jadi setiap kabupaten/ kota di Malut akan didorong untuk mengembangkan produk kebutuhan pokok sesuai dengan potensi masing-masing, yang selain bisa memenuhi kebutuhan, juga akan didistribusikan kepada kabupaten/kota di Malut," katanya.

Kebutuhan pokok di Malut selama ini banyak didatangkan dari luar Malut, di antaranya beras, ayam potong dan telur, minyak goreng dan sayuran, padahal Malut memiliki potensi untuk menghasilkan kebutuhan pokok itu. (ant/as)

Menkopolhukam: Badan Cyber Nasional di Bawah Presiden

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno mengatakan Badan Cyber Nasional (BCN) yang kini masih digodok pihaknya akan berada langsung di bawah Presiden.

Sulut Ekspor Ikan Kayu ke Jepang

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jenny Karouw mengatakan daerah tersebut mengekspor produk ikan kayu ke Jepang pada pekan terakhir Mei 2015.

Palangka Raya Gelar 'Pasar Wadai' Selama Ramadhan

Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Kelurahan berencana menggelar "Pasar Wadai" atau pasar kue selama Ramadhan.

Cimahi Imbau Pedagang Besar Keluarkan CSR

Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, mengimbau para pedagang besar untuk mengeluarkan Corporate Social Responsibility (CSR)-nya melalui potongan harga dagangan dalam rangka membantu masyarakat sekaligus memeriahan hari jadi ke-14 Kota Cimahi.

Alfamart Buka Albi English Club di Mataram

PT Alfamart Cabang Lombok Sumbawa membuka kegiatan Albi "English Club" dan kursus tari tradisional di rumah Albi yang terletak di Jalan Panjitilar, Mataram, Kamis.