Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Ibu Negara Memilih Istirahat Di Palu

Ibu negara Hj Iriana Joko Widodo memilih istirahat di Kota Palu setibanya di Bandara Mutiara Sis Aljufri mendampingi Presiden Joko Widodo, Jumat.

Kuota Daya Tampung Sma Dumai 2.559 Kursi

Dinas Pendidikan Kota Dumai, Provinsi Riau, pada tahun ajaran baru 2015-2016 menyiapkan kuota penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA sederajat sebanyak 2.

Legislator : Potensi Budi Daya Ikan Riau Besar

Legislator Komisi B DPRD Riau, menyatakan potensi perikan setempat untuk budi daya sangat besar baik untuk air tawar maupun laut.

Jalan Negara Di Kabupaten Simalungun Perlu Perbaikan

Jalan negara lintas Parapat dari Kabupaten Samosir menuju Kabupaten Toba Samosir mengalami kerusakan di tiga titik akibat longsor sehingga membutuhkan perbaikan untuk kelancaran berkendara.

Jalan Negara Di Kabupaten Simalungun Perlu Perbaikan

Jalan negara lintas Parapat dari Kabupaten Samosir menuju Kabupaten Toba Samosir mengalami kerusakan di tiga titik akibat longsor sehingga membutuhkan perbaikan untuk kelancaran berkendara.