Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

UMP Jambi Naik Menjadi Rp1,7 Juta

Upah Minimum Provinsi (UMP) Jambi pada ditetapkan sebesar Rp1.

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore Mundur

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore mengumumkan Jumat bahwa dia mengundurkan diri untuk memberi jalan bagi penyelenggaraan pemilihan menyusul pergolakan terhadap kekuasaannya yang telah berlangsung 27 tahun.

Disperindagkop Bantul Menjamin Stok BBM Bersubsidi Aman

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin stok bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium untuk wilayah ini masih aman dan mencukupi kebutuhan konsumen.

Solo Ikutsertakan Enam Lokasi 'Soekarno Heritage Awards'

Pemerintah Kota Solo mengikutsertakan enam lokasi yang pernah menjadi tempat favorit mantan Presiden Soekarno (Bung Karno) dalam kontes 'Soekarno Heritage Awards' pada November 2014.

Buruh : Penetapan KHL Jakarta Bentuk Arogansi Pemerintah

Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta dari unsur buruh, Dedi Hartono, mengatakan penetapan kebutuhan hidup layak (KHL) di wilayah tersebut senilai Rp2,448 juta merupakan bentuk arogansi pemerintah.