Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

TPID : Laju Inflasi Agustus Sumbar 1,72 Persen

Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat laju inflasi pada Agustus 2014 sebesar 1,72% (month to month) dengan laju inflasi tahunan sebesar 5,44% (year on year).

Harimau Putih Tewaskan Anak Sekolah Di Kebun Binatang New Delhi

Seekor harimau putih menerkam seorang anak sekolah dan menewaskannya di kebun binatang New Delhi pada Selasa, kata petugas dan saksi mata.

Bupati Jayapura : Rakyat Dan Tni Semakin Bersinergi

Bupati Jayapura Papua Mathius Awoitauw mengatakan, kerelaan masyarakat adat Papua dan Suku Ohee menghibahkan tanah seluas 10.

Pelabuhan Batuampar Batam Dilengkapi Dua 'Crane' Canggih

Pelabuhan Bongkar Muat Batuampar di Kawasan Perdagangan Bebas Batam, Kepulauan Riau, akan dilengkapi dengan dua 'crane' canggih dengan rel seperti fasilitas standar pelabuhan kargo Singapura.

BaKTI Fokus Penguatan Kapasitas Perempuan Di Parlemen

Direktur Eksekutif Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) Caroline Tumapahu mengatakan, pihaknya akan fokus pada penguatan kapasitas perempuan yang duduk di kursi parlemen dan mengembangkan unit bisnis mandiri BaKTI.