Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Waspada Demam Berdarah

Dinas Kesehatan Kota Ternate, Maluku Utara, meminta warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan guna mengantisipasi penyakit demam berdarah yang biasanya menyerang saat musim hujan.

Ki Sung Yeung Gembira Dapat Bertahan Di Swansea

Gelandang Korea Selatan Ki Sung Yeung telah menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun dengan klub Liga Utama Inggris Swansea, menyusul start impresif pada awal musim.

Wartawan Ditembak Mati

Pria bersenjata menembaki kantor-kantor berita swasta domestik di barat daya Pakistan Kamis, menewaskan tiga orang termasuk dua wartawan, kata para pejabat.

Sulut Ekspor Komoditi Unggulan ke Beberapa Negara

Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor lima komoditi unggulan daerah ke berbagai negara di dunia, pada pekan kedua Agustus 2014.

Kemlu Akan Jemput WNI Korban Agresi Israel

Kementerian Luar Negeri dan tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dikabarkan akan menjemput WNI Rinawati binti Ruhendi Mukman (35) yang menjadi korban agresi militer Israel.