Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Warga Keluhkan Kenaikan Tarif Parkir

Sejumlah warga mengeluhkan kenaikan tarif parkir di beberapa pusat perbelanjaan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah.

Komunitas JPC Berbagi Kegembiraan Dengan Anak Yatim

Komunitas berbasis sosial, Jayapura Punya Cerita (JPC), mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah di Holtekam, Kota Jayapura, Provinsi Papua, guna berbagi kegembiraan dengan anak yatim-piatu yang mendiami panti asuhan di ponpes tersebut, Minggu petang.

Astra Bangun 1.000 Hektar Kebun Plasma Di Aceh Singkil

PT Perkebunan Lembah Bhakti (Astra Agro Lestari Tbk) di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh membangun 1.

Wagub Sumut Ajak Perbankan Bantu Pengungsi Sinabung

Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengajak dunia perbankan, pengembang perumahan dan pihak swasta saling dukung dalam upaya membangun perekonomian masyarakat di tengah erupsi Gunung Sanabung yang tak kunjung berakhir.

IPNU Jatim Minta Muktamar Bahas Optimalisasi Kader

Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur meminta Muktamar Ke-33 NU di Jombang, Jawa Timur pada 1-5 Agustus mendatang membahas optimalisasi kader IPNU/IPPNU dan Ansor/Fatayat untuk NU.