Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Investor Tiongkok Segera Datang ke Papua

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua Bangun Manurung mengungkapkan jika investor asal Tiongkok akan segera datang ke Papua untuk menindaklanjuti ketertarikannya untuk membangun pabrik smalter di Papua.

Harga Emas Naik Karena Dolar AS Melemah

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Selasa (Rabu pagi WIB), didorong oleh dolar AS yang melemah.

Pembangunan Infrastruktur Penting Untuk Pertumbuhan Ekonomi Kawasan

Pembangunan infrastruktur merupakan hal yang penting dan kunci dari peningkatan pertumbuhan ekonomi suatu kawasan di berbagai daerah di Tanah Air sehingga mesti diberdayakan lebih optimal ke depannya.

Legislator : Segera Terbitkan Keppres Penurunan Biaya Haji

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Sodik Mudjahid DPR RI meminta agar Kementerian Agama segera menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengurangan biaya ibadah haji segera diterbitkan.

Tjahjo Kumolo: Wacana Revisi UU Bisa Timbulkan Kegaduhan Politik

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan munculnya wacana revisi terhadap Undang-Undang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota dan UU Pemerintah Daerah bisa timbul kegaduhan politik baru.