Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Mahalnya Harga Pakan Lele Dikeluhkan

lele, pakan lele, pembudidaya lele

Posted on 14 Feb 2013. Hits : 1021

Pembudidaya lele di Kota Semarang mengeluhkan mahalnya pakan lele sejak akhir Januari 2013, sehingga keuntungan yang diperoleh menjadi berkurang.

"Harga pakan lele sejak akhir Januari terjadi kenaikan Rp200 hingga Rp500 perkilogram dan saat ini sudah ada informasi harga pakan akan terus naik," kata Ketua Asosiasi Lele Jawa Tengah Kuncoro Adrianto di Semarang, Kamis.

Kuncoro mengakui bahwa para pembudidaya lele hanya mengandalkan pakan lele pabrikan untuk mendapatkan produksi maksimal.

Terkait dengan pakan lele alternatif, Kuncoro mengaku tidak merekomendasikannya karena dapat berpengaruh pada penurunan produksi lele.

"Kalau budidaya, tidak dapat asal-asalan agar hasilnya juga tidak asal-asalan. Oleh karena itu, kami juga tidak merekomendasikan menggunakan pakan lele alternatif," katanya.

Ia menegaskan bahwa saat ini yang dikeluhkan para pembudidaya hanya masalah pakan. Kalau terkait dengan penyakit, para pembudidaya sudah cerdas untuk mengantisipasinya.

Untuk produksi lele, di Jateng berkisar 10 ton perhari dan suplai lele dari daerah sekitar seperti Jawa Timur berkisar 3 ton perhari. Di Kota Semarang misalnya, perhari ada suplai dari daerah Demak sekitar 2 ton dan dari Jatim 3 ton per hari.

"Harga lele stabil, tetapi karena harga pakan naik, menjadikan keuntungan yang diperoleh juga turun," katanya.

Harga lele dari pembudidaya saat ini Rp12 ribu perkilogram dan melalui mata rantai yakni pasar, bakul, dan pedagang, maka harga hingga tangan konsumen berkisar Rp16 ribu perkilogram.

"Kami memperkirakan harga lele akan stabil untuk beberapa waktu ke depan karena pengaruh dari naiknya harga pakan lele," demikian Kuncoro. (ant/as)

Kaban Diklat Sulut Apresiasi PIM III Minahasa

Kepala Badan Diklat Provinsi Sulut Dr Noudy Tendean memberikan apresiasi bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa atas respon yang positif menggelar Diklat PIM III di tahun 2015 ini.

Animo Warga untuk PTSP di Jagakarsa Tinggi

Animo warga untuk mengurus perizinan serta dokumen ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kecamatan Jagakarsa ternyata relatif tinggi.

Ratusan Ribu Ton Batubara Menumpuk Di Barut

Sedikitnya ratusan ribu metrik ton batu bara menumpuk di sejumlah pelabuhan khusus perusahaan tambang batu bara di wilayah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah akibat Sungai Barito surut hampir dua bulan terakhir.

Singapura Akui Kualitas CPO Dan Hortikultura Sumut

Singapura mengakui produk dan kualitas minyak sawit mentah atau crude palm oil dan hortikultura asal Sumatera Utara dan berharap kerja sama dagang bisa ditingkatkan.

Dishub Bantu Usulkan Penambahan Personel Lalu Lintas

Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana mengusulkan penambahan personel sebanyak 30 orang untuk memaksimalkan pengendalian lalu lintas di wilayah setempat.