Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LDR BPR/BPRS Di Aceh Capai 134 Persen

rasio keuangan, bank perkreditan rakyat

Posted on 14 May 2013. Hits : 197

Rasio keuangan perusahaan perbankan(loan to deposit ratio/LDR) pada Bank Perkreditan Rakyat dan BPR Syariah di Aceh mencapai 134 persen dari total dana pihak ketiga2012 senilai Rp114 miliar.

'Artinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan BPR dan BPRS di daerah ini kepada usaha kecil dan menengah melebihi dari dana yang berhasil dihimpun dari pihak ketiga,' kata Ketua DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Provinsi Aceh Sugito di Banda Aceh, Selasa.

Dijelaskannya, besarnya penyaluran kredit di BPR dan BPRS tersebut sesuai dengan permintaan pasar dan juga bersumber dari dana kerja sama dengan pihak lainnya yang ada di setiap perusahaan perbankan tersebut.

Disebutkannya, LDR tahun 2012 terjadi penurunan sekitar 3,6 persen dibanding pembiayaan yang disalurkan kepada penerima manfaat pada tahun 2011 mencapai 139 persen dari total dana pihak ketigayang dihimpun sebesar Rp99 miliar tahun itu.

'Kami selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pembiayaan kepada setiap nasabah,' katanya.

Dikatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh nasabah untuk dapat memperoleh fasilitas kredit di bank tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sugito yang juga Direktur Utama BPRS Hikmah Wakilah menyatakan BPR dan BPRS di Aceh memberikan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah dari yang kecil hingga Rp200 juta.

'Besaran biaya yang diterima oleh penerima manfaat juga ditentukan oleh kebijakan di setiap BPR dan BPRS di mana nasabah mengajukan pembiayaan,' katanya.(ant/rd)

Tari Lariangi Diusulkan Jadi Warisan Dunia

Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, mengusulkan agar Tarian Lariangi menjadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO.

Rp1 Miliar Obat Tradisional Disita

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Provinsi Riau, menyita 22 item obat tradisional dan beberapa merupakan obat kuat gairah seksual tanpa izin edar (TIE) dengan nilai mencapai lebih Rp1 miliar.

Nuryanto Pimpin DPRD Mataram

Anggota DPRD Kota Batam Kepulauan Riau dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Nuryanto ditetapkan sebagai Ketua DPRD Kota Batam sementara, hingga ada keputusan lanjutan dari Komisi Pemilihan Umum.

Kadin: Jangan Salurkan BBM Untuk Industri

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Pekanbaru mengimbau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di daerah tersebut tidak menyalurkan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi kepada industri yang berada di Provinsi Riau.

PDIP Masih Rahasiakan Calon DKI 2

Nama yang beredar adalah Pak Djarot (Djarot Saiful - pen), ketua DPD DKI Boy Sadikin dan nama-nama lain dari Luar seperti Rieke Rieke Dyah Pitaloka -pen), dan Bambang DH.