Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LDR BPR/BPRS Di Aceh Capai 134 Persen

rasio keuangan, bank perkreditan rakyat

Posted on 14 May 2013. Hits : 197

Rasio keuangan perusahaan perbankan(loan to deposit ratio/LDR) pada Bank Perkreditan Rakyat dan BPR Syariah di Aceh mencapai 134 persen dari total dana pihak ketiga2012 senilai Rp114 miliar.

'Artinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan BPR dan BPRS di daerah ini kepada usaha kecil dan menengah melebihi dari dana yang berhasil dihimpun dari pihak ketiga,' kata Ketua DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Provinsi Aceh Sugito di Banda Aceh, Selasa.

Dijelaskannya, besarnya penyaluran kredit di BPR dan BPRS tersebut sesuai dengan permintaan pasar dan juga bersumber dari dana kerja sama dengan pihak lainnya yang ada di setiap perusahaan perbankan tersebut.

Disebutkannya, LDR tahun 2012 terjadi penurunan sekitar 3,6 persen dibanding pembiayaan yang disalurkan kepada penerima manfaat pada tahun 2011 mencapai 139 persen dari total dana pihak ketigayang dihimpun sebesar Rp99 miliar tahun itu.

'Kami selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pembiayaan kepada setiap nasabah,' katanya.

Dikatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh nasabah untuk dapat memperoleh fasilitas kredit di bank tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sugito yang juga Direktur Utama BPRS Hikmah Wakilah menyatakan BPR dan BPRS di Aceh memberikan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah dari yang kecil hingga Rp200 juta.

'Besaran biaya yang diterima oleh penerima manfaat juga ditentukan oleh kebijakan di setiap BPR dan BPRS di mana nasabah mengajukan pembiayaan,' katanya.(ant/rd)

Disperindagkop Berharap Petani Utamakan Pasokan DIY

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta berharap para petani dapat mengutamakan penjualan hasil pertaniannya untuk mendukung persediaan di lokal daerah itu.

Gubernur Sulbar Lantik 34 Pejabat Eselon II

Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh melantik sebanyak 34 orang pejabat eselon II, enam staf ahli dan khusus dilingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

Mantan Ketua DPRD Minahasa Dua Periode Meninggal

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara dua periode tahun 1971 hingga 1983, Eddy Paulus Rumajar meninggal dunia pada usia 76 tahun.

Pengamat : Masyarakat Yang Menilai Komposisi Kabinet Terbaik

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menyarankan agar masyarakat saja yang menilai bagaimana komposisi kabinet terbaik.

Stok Beras Bulog Di Kepulauan Tujuh Bulan

Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) Yayan Suparyan mengatakan, stok beras Bulog di wilayah kabupaten kepulauan, Provinsi Sulut, berbatasan langsung dengan Filipina memiliki ketahanan hingga tujuh bulan ke depan.