Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LDR BPR/BPRS Di Aceh Capai 134 Persen

rasio keuangan, bank perkreditan rakyat

Posted on 14 May 2013. Hits : 197

Rasio keuangan perusahaan perbankan(loan to deposit ratio/LDR) pada Bank Perkreditan Rakyat dan BPR Syariah di Aceh mencapai 134 persen dari total dana pihak ketiga2012 senilai Rp114 miliar.

'Artinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan BPR dan BPRS di daerah ini kepada usaha kecil dan menengah melebihi dari dana yang berhasil dihimpun dari pihak ketiga,' kata Ketua DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Provinsi Aceh Sugito di Banda Aceh, Selasa.

Dijelaskannya, besarnya penyaluran kredit di BPR dan BPRS tersebut sesuai dengan permintaan pasar dan juga bersumber dari dana kerja sama dengan pihak lainnya yang ada di setiap perusahaan perbankan tersebut.

Disebutkannya, LDR tahun 2012 terjadi penurunan sekitar 3,6 persen dibanding pembiayaan yang disalurkan kepada penerima manfaat pada tahun 2011 mencapai 139 persen dari total dana pihak ketigayang dihimpun sebesar Rp99 miliar tahun itu.

'Kami selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pembiayaan kepada setiap nasabah,' katanya.

Dikatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh nasabah untuk dapat memperoleh fasilitas kredit di bank tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sugito yang juga Direktur Utama BPRS Hikmah Wakilah menyatakan BPR dan BPRS di Aceh memberikan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah dari yang kecil hingga Rp200 juta.

'Besaran biaya yang diterima oleh penerima manfaat juga ditentukan oleh kebijakan di setiap BPR dan BPRS di mana nasabah mengajukan pembiayaan,' katanya.(ant/rd)

Kenaikan Harga BBM Untungkan Pengusaha

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal mengemukakan di Jakarta, Selasa, bila pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), maka secara langsung akan menguntungkan para pengusaha.

Musim Kemarau, Sukabumi Rawan Kebakaran

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menyebutkan selama musim kemarau rawan terjadi kebakaran baik rumah, ladang maupun hutan.

Prof Tatik : Mikroba Lokal Untuk Swasembada Susu

Peneliti utama Pusat Penelitian Biologi LIPI Prof Dr Tatik Khusniati mengatakan perlunya prioritas pemanfaatan mikroba baru dari sumber daya yang dimiliki Indonesia untuk membangun industri susu nasional yang berdaya saing hingga mencapai swasembada.

114 Titik Panas Terpantau di Riau

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) menyatakan jumlah titik panas atau "hotspot" di Provinsi Riau terus meningkat seiring makin pekatnya polusi asap kebakaran lahan dan hutan, di mana pada Selasa terdeteksi sebanyak 114 titik panas tersebar di daerah tersebut.

Penembak Jitu Tewaskan 2 Orang

Sejumlah penembak jitu ("sniper") yang diduga berasal dari kelompok gerilyawan Tentara Pembebasan Nasional (ELN) membunuh dia orang karyawan kontraktor minyak di Kolombia, demikian pemerintah setempat mengatakan Senin.