Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

LDR BPR/BPRS Di Aceh Capai 134 Persen

rasio keuangan, bank perkreditan rakyat

Posted on 14 May 2013. Hits : 197

Rasio keuangan perusahaan perbankan(loan to deposit ratio/LDR) pada Bank Perkreditan Rakyat dan BPR Syariah di Aceh mencapai 134 persen dari total dana pihak ketiga2012 senilai Rp114 miliar.

'Artinya, fasilitas pembiayaan yang diberikan BPR dan BPRS di daerah ini kepada usaha kecil dan menengah melebihi dari dana yang berhasil dihimpun dari pihak ketiga,' kata Ketua DPD Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat (Perbarindo) Provinsi Aceh Sugito di Banda Aceh, Selasa.

Dijelaskannya, besarnya penyaluran kredit di BPR dan BPRS tersebut sesuai dengan permintaan pasar dan juga bersumber dari dana kerja sama dengan pihak lainnya yang ada di setiap perusahaan perbankan tersebut.

Disebutkannya, LDR tahun 2012 terjadi penurunan sekitar 3,6 persen dibanding pembiayaan yang disalurkan kepada penerima manfaat pada tahun 2011 mencapai 139 persen dari total dana pihak ketigayang dihimpun sebesar Rp99 miliar tahun itu.

'Kami selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam memberikan pembiayaan kepada setiap nasabah,' katanya.

Dikatakan, pihaknya tetap berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada seluruh nasabah untuk dapat memperoleh fasilitas kredit di bank tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sugito yang juga Direktur Utama BPRS Hikmah Wakilah menyatakan BPR dan BPRS di Aceh memberikan modal kerja untuk usaha kecil dan menengah dari yang kecil hingga Rp200 juta.

'Besaran biaya yang diterima oleh penerima manfaat juga ditentukan oleh kebijakan di setiap BPR dan BPRS di mana nasabah mengajukan pembiayaan,' katanya.(ant/rd)

Pemkot Bekasi Sahkan APBD 2015 Rp3,9 Triliun

Dewan Perwakilan Daerah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp3,9 triliun.

WHO : Korban Tewas Ebola Mencapai 7.588 Orang

Jumlah kematian karena Ebola di seluruh dunia telah meningkat menjadi 7.

Bupati Blusukan Ke Pengungsian Korban Banjir

Bupati Bengkalis, Riau, Herlian Saleh blusukan ke pengungsian korban bencana banjir di Desa Pakning Asal, Kecamatan Bukit batu, Kabupaten bengkalis.

Sulbar Butuh 2.000 Traktor Untuk Pertanian Padi

Provinsi Sulawesi Barat membutuhkan sekitar 2.000 unit traktor mini guna mendukung peningkatan produksi pertanian padi di daerah itu.

BPBD Diminta Siapkan Langkah Cegah Karhutla

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau meminta Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) agar menyiapkan langkah langkah antisipasi pada tahun 2015 untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berulang kali terjadi.