Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Ketua Dpr Tinjau Lingkungan Komplek Parlemen

Ketua DPR RI Ade Komaruddin meninjau lingkungan dan fasilitas pendukung komplek parlemen di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Minggu.

Wihara Petak Sembilan Berbenah Jelang Imlek

Wihara Dharma Bhakti Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat yang terbakar pada 2015 terus berbenah menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, Senin, 8 Februari 2016.

Operator Kapal Batam-Tanjungpinang Diimbau Waspada Cuaca Buruk

Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur mengingatkan operator kapal Batam-Tanjungpinang untuk selalu berkoordinasi dan mewaspadai cuaca buruk selama pelayaran agar keselamatan penumpang terjamin.

Bantul Tidak Temukan Produk Asean Beredar Pasaran

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak menemukan produk asal negara-negara ASEAN beredar di pasaran setempat setelah berlaku Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015.

Polsek Wonosari Gelar Operasi Minuman Keras

Kepolisian Sektor Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar operasi minuman keras untuk mengantisipasi peredaran minuman keras yang menyebabkan belasan orang tewas di Kabupaten Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.