Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Tujuh Korban ABK Masih Berada Dalam Kapal

Tujuh korban anak buah kapal (ABK) yang dinyatakan hilang diduga masih berada di dalam Kapal Motor Kumala Endah yang tenggelam di perairan Belawan, Provinsi Sumatera Utara.

200 Ayam Mati Akibat Virus Flu Burung

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua Barat Harry Uhi mengatakan, sebanyak 200 ekor ayam mati mendadak kena virus flu burung di Kota Sorong.

Warga Perbatasan Minta Gubernur Jambi Perbaiki Jalan

Warga enam Desa di perbatasan Jambi, Sumatera Selatan, meminta Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus memperbaiki jalan di desa mereka.

Kawasan Wisata Gua Putri OKU Mulai Dibenahi

Kawasan wisata Gua Putri di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yang rusak akibat diterjang banjir bandang pada Sabtu (14/3), sekarang mulai dilakukan pembenahan.

RSI Surabaya Segera Bangun Gedung Lima Lantai

Rumah Sakit Islam (RSI) Ahmad Yani Surabaya segera membangun gedung lima lantai di sisi utama rumah sakit itu mulai Mei mendatang.