Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Warga Minta Bank Di Inhu Tingkatkan Pelayanan

Warga masyarakat di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, meminta perbankan di daerah itu untuk lebih meningkatkan pelayanan seperti menjamin agar uang selalu tersedia di ATM serta kondisi mesin dalam keadaan baik selama Pekan Olah Raga Provinsi Riau ke VIII.

Banten Anggarkan Rp35,8 Miliar Sehatkan Warga Miskin

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menganggarkan sekitar Rp35,8 miliar pada 2014 untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga kurang mampu, atau menyehatkan warga miskin.

Potensi Logam Di Jawa Sangat Besar

Ahli mutu manikam, Sutoyo, Bsc, menyatakan potensi logam di tanah Jawa sangat besar, namun masyarakat banyak yang tidak paham dengan perbedaan jenis bebatuan, tanah dan pasir yang ada di sekitarnya.

BKD Siapkan Rp700 Juta Untuk Test CPNS

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bandarlampung mempersiapkan anggaran Rp700 juta untuk pelaksanaan test Calon Kepegawaian Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015.

Persela Targetkan Menang Lawan Semen Padang

Tuan rumah Persela Lamongan menargetkan kemenangan saat menjamu Semen Padang pada lanjutan babak delapan besar Indonesia Super League di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Selasa (21/10), untuk menjaga peluang menembus babak semifinal.