Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Dispora Sulsel Gelar Kejurda Pelajar 2015

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulawesi Selatan kembali menggelar kejuaraan daerah antarpelajar se-Sulsel di Kawasan Olahraga Sudiang Makassar, 21-23 Agustus 2015.

Pengamat : Pemilik Lahan Terlantar Dikenakan Pajak Tinggi

Pengamat Ekonomi Syariah dari Perguruan Tinggi Wasilatul Fallah Rangkasbitung Encep Khaerudin mengatakan pemilik lahan yang melantarkan tanahnya dengan tidak ditanami tanaman produktif harus dikenakan pajak tinggi.

Martin Van Bruinessen : NU Perlu Pemimpin Kharismatik

Pengamat NU dari Utrech University, Belanda, Prof Martin van Bruinessen, menyatakan NU memerlukan pemimpin kharismatik yang mengutamakan pemberdayaan 'akar rumput' dan tidak mementingkan elite.

Puskepi Pertanyakan Harga BBM Tidak Turun

Direktur Puskepi Sofyano Zakaria mempertanyakan harga BBM yang dijual dalam negeri tidak mengalami penurunan ketika harga minyak dunia turun.

GAPKI Dorong Adanya Kebijakan Peningkatan Konsumsi Biodiesel

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan tentang peningkatan konsumsi biodiesel di industri otomotif.