Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Warga Binjai Serbu Pasar Murah

Pasar murah yang digelar Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, diserbu warga demi mendapatkan sembilan bahan pokok rumah tangga yang dijual menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Beruang Madu Tak Ganggu Warga Rohul

Beruang madu yang dikabarkan telah memasuki pemukiman sejak beberapa pekan lalu tak mengganggu warga yang tengah beraktivitas, kata Kepala Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah, Azmi Jumairi, di Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan hulu (Rohul), Riau, Rabu.

Padang Perlu Kembangkan UMKMK

Anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, Muzni Zen mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Padang perlu terus mengembangkan kegiatan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKMK).

Bupati Bantul : Wanita Layak Jadi Pemimpin

Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Surya Widati mengatakan, wanita layak dan mampu menjadi pemimpin bahkan hingga tataran dunia mengingat dalam sejarah tercatat sejumlah kaum hawa yang jadi pemimpin.

Kehadiran Atase Agama Sudah Mendesak

Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyatakan, kehadiran atase agama di beberapa negara sudah dirasakan mendesak, karena negara sudah tergolong mengabaikan kepentingan warganya terkait urusan pernikahan, pelayanan keagamaan dan kependudukan.