Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 499

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

ASDP Merak Larang Truk Masuk Dermaga

PT ASDP Merak pada H-4 atau Kamis (24/7) melarang truk ekpedisi masuk ke dermaga pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

PNS Barut Terima Gajji ke-13

Para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, telah menerima pembayaran gaji ke-13 melalui rekening masing-masing.

Tim Gabungan Sidak Sekolah Asing Denpasar

Tim gabungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Imigrasi, Kepolisian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Denpasar serta instansi terkait melakukan inspeksi mendadak ke lembaga sekolah-sekolah asing di daerah ini.

Demokrasi Indonesia Diakui Dunia

Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan masyarakat internasional mengapresiasi dan mengakui kedewasaan demokrasi Indonesia yang dinilai telah berhasil melaksanakan pemilihan presiden 2014.

Stok Bawang di Babel Aman

Stok bawang di Provinsi Bangka Belitung sebanyak 47 ton atau cukup untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah karena pasokan dari daerah sentra produksi lancar.