Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Pemkab Tabalong Keluarkan Ijin Prinsip Survei Seismik

Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan ijin prinsip survei seismik yang akan dilaksanakan PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi untuk mencari cadangan minyak dan gas bumi yang baru di Kabupaten Tabalong, Kalimatan Selatan.

Distanak Pekanbaru Siagakan Poskeswan Pantau Masuknya Sapi

Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru menyiagakan tiga Pos Kesehatan Hewan guna mamantau masuknya sapi-sapi yang tidak sehat ke Ibu Kota Provinsi Riau itu.

Temanggung Pasang 110 Rambu Lalu Lintas

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang Lebaran 1436 Hijriah memasang 110 rambu lalu lintas di jalur mudik.

Puskesmas, Rumah Sakit Balangan Siaga 24 Jam

Dinas Kesehatan Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, menyiagakan pelayanan kesehatan selama 24 jam, baik di Rumah Sakit Umum Daerah maupun di Puskesmas yang memiliki Instalasi Gawat Darurat (IGD), selama Ramadan dan Idul Fitri.

Presiden Dijadwalkan Resmikan PLTP Kamojang V

Presiden Joko Widodo, Minggu dijadwalkan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang V di Kabupaten Garut, Jawa Barat.