Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kulon Progo Berhasil Kembangkan Kambing Etawa

tani ternak, ngudi lestari, tingkat nasional, berhasil mengembangkan agribisnis, ternak kambing peranakan etawa

Posted on 23 Jul 2013. Hits : 534

Kelompok Tani Ternak 'Ngudi Lestari' Pedukuhan VIII Balong Desa Banjarsari Kecamatan Samigaluh, Kabuptaen Kulon Progo, Yogyakarta, maju ke tingkat nasional karena berhasil mengembangkan agribisnis peternakan komoditas ternak kambing peranakan etawa.

Ketua Tim Evaluasi dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian, Yulizar di Kulon Progo, Senin, mengatakan Ngudi Lestari adalah salah satu kelompok tani ternak yang masuk kelompok yang dinilai telah berhasil mengembangkan agribisnis komoditas kambing peranakan etawa (PE).

'Evaluasi ini bukanlah lomba, melainkan memilih kelompok yang terbaik dari yang baik untuk diberi penghargaan ke Jakarta,' kata Yulizar.

Ia mengatakan dari 22 provinsi yang mengikuti lomba kelompok tani ternak tingkat nasional, tersisa 7 kelompok salah satunya adalah Kelompok Tani Ternak Ngudi Lestari, yang akan diseleksi sampai tersaring tiga besar terbaik.

Kepala Pedukuhan VIII Balong Banjarsari Samigaluh, Suyono mengatakan, sejak 1996 hingga sekarang, Ngudi Lestari mengembakan agribisnis yang mengkhususkan bergerak dalam bidang pembibitan kamping PE. Ngudi Lestari beranggotakan sekitar 36 anggota.

'Kebanyakan anggotanya adalah warga pedukuhan VIII Balong yang rata-rata memiliki hewan ternak kambing PE,' katanya.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo mengatakan kambing PE berkembang di sepanjang Pegunungan Menoreh. Berdasarkan pendataan yang dilakukan Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Dinas Kepenak) Kulon Progo pada 2012, total populasi kambing 87.441 ekor tersebar di 12 Kecamatan, produksi daging kambing 144.071 kg.(ant/rd)

Galatasaray Akan Pecat Prandelli

Klub raksasa Istanbul Galatasaray akan memecat pelatih dari Italia, Cesare Prandelli, setelah penampilan buruk mereka di penyisihan Liga Champions musim ini, demikian dilaporkan koran Hurriyet, Kamis.

Mclaren Bermasalah Dengan Mesin Baru Honda

Percobaan pertama McLaren dengan mesin baru Honda di Abu Dhabi, Rabu, pada kendaraan Formula Satu mereka, hanya berlangsung dalam beberapa putaran, karena terjadi masalah elektris.

Mukomuko Usulkan Perbaikan Irigasi Yang Diterjang Banjir

Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengusulkan perbaikan saluran irigasi yang rusak parah diterjang banjir bandang ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Pemkot Gorontalo Bantu Petani Dan Nelayan

Pemerintah Kota Gorontalo membantu para petani yang areal persawahannya terkena dampak kekeringan serta nelayan yang tidak melaut karena musim ombak.

Avran Grant Ditunjuk Untuk Melatih Timnas Ghana

Mantan pelatih Chelsea Avran Grant menjadi pelatih baru timnas Gahana setelah menyepakati kontrak berdurasi 27 bulan, demikian diumumkan asosiasi sepak bola negara tersebut pada Kamis.