Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Gubernur : Kelayakan Stadion GBLA Tunggu Kajian PU

Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan mengatakan telah menyurati Kementerian Pekerjaan Umum untuk memastikan kelayakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang mengalami penurunan permukaan tanah.

DPRD Sulawesi Barat Dukung Revitalisasi RSUD Regional

Komisi I DPRD Sulawesi Barat menyatakan lebih mendukung dilaksanakannya revitalisasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) regional, dibandingkan harus membangun RS bertarap internasional dengan mengandalkan dana pinjaman.

Khofifah Pantau Program Simpanan Keluarga Sejahtera di Serang

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memantau penyaluran Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) di Kantor Pos Kota Serang, Provinsi Banten, Rabu.

Sultan : Polemik Persyaratan Calon Gubernur DIY Selesai

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan polemik mengenai persyaratan calon gubernur sudah selesai, karena DPRD DIY sepakat penulisan persyaratan sesuai dengan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta.

Pamekasan Distribusikan Beras Cadangan Pemerintah 2015

Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mendistribusikan beras cadangan pemerintah (BCP) tahun 2015 dengan sasaran warga di 13 kecamatan di wilayah itu.