Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Tupperware Dukung Perilaku Hidup Bersih Pelajar Bandarlampung

Tupperware, perusahaan yang bergerak di bidang penjualan langsung, mendukung terlaksana perilaku hidup bersih dan sehat pada 50 sekolah dasar se-Kota Bandarlampung.

Mensos : Pertengahan Oktober Seluruh KIS/KIP Terdistribusi

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan maksimal pertengahan Oktober 2015 seluruh Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan terdistribusi seluruhnya.

BPBD Jabar Bantu Penyaluran Air Bersih

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat menyatakan salah satu program penanganan dan antisipasi untuk membantu daerah yang kekeringan ialah dengan membantu menyalurkan air bersih.

Mourinho : Chelsea Harusnya Lebih Tidak Bisa Ditebak

Chelsea harus menambahkan dimensi baru untuk brand mereka dalam sepak bola apabila mereka bertekad kuat untuk mempertahanan gelar juara Liga Utama Inggris (Premier League) yang mereka menangi musim lalu, kata manajer Jose Mourinho.

Manchester United Berharap Banyak Pada Schweinsteiger

Penandatanganan kontrak dengan kapten timnas Jerman Bastian Schweinsteiger dari Bayern Munich adalah satu pernyataan besar bagi Manchester United.