Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Pedagang Keluhkan Kondisi Pasar Kuto Palembang

Sejumlah pedagang mengeluhkan kondisi Pasar Kuto, Palembang yang kumuh, kotor, dan becek dalam setahun terakhir.

Lebih Dari 130 Orang Masih Terperangkap Pascagempa Taiwan

Regu penyelamat di Taiwan menemukan seorang pemuda yang selamat dari gedung apartemen yang runtuh pada Minggu, lebih dari 24 jam setelah gempa bumi mengguncang pulau itu.

Polisi Sulit Tahan Tersangka Kasus Pilkada Malut

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Maluku Utara (Malut), kesulitan menahan tersangka kasus dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen negara berupa formulir C1 pada pilkada Gubernur - Wakil Gubernur setempat 2014.

PLN Muara Teweh Ujicoba Mesin PLTMG Bangkanai

PT PLN Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan uji coba mesin Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Blok Bangkanai di Desa Karendan selama tiga hari.

Dinkes Lebak Optimalkan Pelayanan Kesehatan Dasar

Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Banten, terus mengoptimalkan pelayanan kesehatan dasar untuk mendukung program 'Lebak Sehat' yang diluncurkan Bupati Iti Octavia Jayabaya.