Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

PM Italia Tegaskan Uni Eropa Dukung Kurdistan

Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, Rabu, menunjuk kesepakatan dan kemauan kuat Uni Eropa (UE) memberikan bantuan militer dan kemanusiaan bagi Kurdistan Irak.

Kasus Kematian Tahan Orang Kedua

Orang kedua telah ditahan, Rabu terkait kematian seorang Sikh warga Afganistan di dalam peti kemas serta temuan 34 orang lainnya di dalam peti kemas tanpa udara yang dikirim dengan kapal, kata polisi.

LP2SI Pamekasan Minta Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Nkri

Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) Pamekasan, Jawa Timur, meminta pemerintah kembali menggencarkan sosialisasi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sebagai upaya untuk menanamkan pemahaman bentuk negara bangsa ini sudah final.

Tersangka Teroris Terlibat Penculikan di Filipina

Pasukan keamanan Filipina, Rabu, menangkap anggota kelompok teror Abu Sayyaf, yang terlibat dalam serangkaian penculikan di daerah dermaga di kota Zamboanga, kata militer.

Brazil Umumkan Stimulus Kredit Baru 4,5 Dolar AS

Bank sentral Brazil, Rabu, mengatakan pihaknya akan memperlonggar persyaratan cadangan bank untuk kedua kalinya dalam waktu kurang dari satu bulan, membebaskan hingga 4,5 miliar dolar AS untuk merangsang pinjaman dan meningkatkan ekonomi yang lamban.