Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

KPPU Periksa Dakai Impact Terkait Importasi Bawang

kppu, dakai impact, importasi bawang

Posted on 09 Jan 2014. Hits : 249

Komisi Pengawas Persaingan Usaha melaksanakan Sidang Majelis Perkara Nomor 05/KPPU-I/2013 tentang Dugaan Pelanggaran Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 terkait Importasi Bawang Putih dengan agenda pemeriksaan terlapor PT Dakai Impact.

Dalam pemeriksaan tersebut yang dilakukan di Jakarta, Kamis, ditemukan bukti bahwa seseorang bernama Utari F Munandar menandatangi surat atas nama PT Dakai Impact, namun pihak terlapor menyangkal telah mengenal orang yang disebutkan oleh investigator tersebut.

"Saya tidak mengenal nama Utari tersebut karena yang melakukan pengurusan dokumen hanya saya dan Komisaris PT Dakai Impact saja. Tidak ada yang lain," kata Wakil Direktur PT Dakai Impact Yudhi Satria dalam sidang tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yudhi mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya merasa kesulitan dengan adanya peraturan baru dari Kementerian Pertanian untuk melakukan pengurusan Rekomindasi Impor Produk Hortikultura (RIPH).

Yudhi mengatakan, pada saat itu pihaknya melakukan importasi bawang putih dari China dengan harga Rp12.000 per kilogram, dan pihaknya tidak ikut menikmati kenaikan harga bawang putih yang saat itu mencapai Rp50.000 per kilogram.

"Sebelum kami melakukan impor, barang tersebut sudah ada yang memesan. Jadi, kami tidak menikmati kenaikan harga yang saat itu melambung tinggi," ujar Yudhi.

Sidang kali ini merupakan kelanjutan dari kasus harga bawang putih yang mencuat pada Maret 2013 lalu, yang menyebabkan harga bawang putih melonjak hingga lebih dari Rp50.000 per kilogram.

Sebenarnya, KPPU juga akan melakukan pemeriksaan terhadap CV Karya Pratama pada Kamis (9/1), namun, dikarenakan pimpinan CV tersebut tidak hadir maka akan dilakukan pengaturan jadwal ulang.

Pada sidang kali ini, dari 17 importir bawang putih yang hadir antara lain PT MAD, PT Sumber Roso, PT GSP, CV Bintang, PT Lintas, PT Dakai Impact dan PT Tunas Utama. KPPU juga mengundang perwakilan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.(ris/ant)

Wakil Wali Kota Palembang: Jangan Tutup Drainase

Wakil Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan, mengingatkan pemilik bangunan jangan sampai menutup drainase atau saluran air di depan toko, kantor dan gedung lainnya secara permanen.

Koke Jadi Kemenangan Atletico Atas Malmo

Koke mencetak satu gol dan menjadi pengumpan untuk tiga gol lainnya, saat Atletico Madrid menang 5-0 atas tim Swedia Malmo, pada pertandingan Grup A Liga Champions, Rabu (Kamis WIB).

Atlet Dayung Kuansing Juara Umum

Atlet dayung Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, tampil sebagai juara umum cabang olahraga dayung di event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Riau 2014 di Indragri Hulu.

Korut Didesak Bebaskan Tahanan

Korea Selatan, Rabu, menyambut baik pembebasan seorang warga negara Amerika Serikat oleh Korea Utara namun segera mendesak dilakukannya pembebasan dua warga Amerika Serikat yang lain dan seorang misionaris Korea Selatan yang ditangkap dengan tuduhan melakukan aksi mata-mata.

Rupiah Berbalik Melemah

Nilai tukar Rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis pagi melemah lima poin menjadi Rp12.