Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Koperasi di Barito Utara Dapat Bantuan dari Pemerintah

barito utara, barut, koperasi, bantuan pemerintah

Posted on 30 Jan 2013. Hits : 467

Tiga koperasi di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah mendapat bantuan sosial dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah untuk meningkatkan perkembangan koperasi di daerah itu.

"Tiga koperasi ini akan mendapat bantuan antara lain pembangunan pasar, pentaaan pedagang kaki lima (PKL) dan pentaaan toko koperasi ritel modren UKm smart," kata Kepala Koperasi dan UMKM Barito Utara (Barut), Ledianto di Muara Teweh, Rabu.

Bantuan sosial untuk KUD Tunas Harapan Bukit Sawit Kecamatan Teweh Baru berupa pembangunan pasar tradisional, Koperasi Anisa Muara Teweh penataan PKL sesuai dengan rekomendasi Bupati Barito Utara yang berlokasi di Jalan Panglima Batur (pedagang buah dan lain-lain).

Sedangkan untuk Koperasi Wanita Wana Kencana bansos yang diberikan adalah dalam bentuk penataan toko koperasi ritel modern UKM Smart.

"Diharapkan melalui bantuan sosial dari pemerintah ini perkembangan koperasi di daerah ini berkembang dengan baik," kata didampingi Kepal Bidang Koperasi, Mastur.

Tujuan bansos pembangunan pasar bagi KUD Tunas Harapan Bukit Sawit tersebut adalah untuk memberikan sarana dan prasarana usaha yang layak bagi koperasi UMKM dan meningkatkan mutu produk dan akses pasar serta sarana pemasaran KUMKM.

Selain itu, menumbuhkan wira usaha baru dan memberikan lapangan pekerjaan sebagai sarana pembelajaran berkoperasi bagi masyarakat setempat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta meningkatkan PAD.

Bansos penataan sarana usaha PKL bertujuan untuk memberikan kepastian lokasi usaha bagi PKL, memberikan sarana usaha yang layak, bersih nyaman, indah bagi PKL dan sebagai sebagai sarana pembelajaran berkoperasi bagi masyarakat setempat.

"Program yang akan diberikan kepada tiga Koperasi itu didukung oleh Pemkab Barito Utara dalam hal ini Bupati Barito Utara, Achmad Yuliansyah dengan penetapan lahan dan kawasan pembangunan pasar tradisional melalui surat Nomor 62/DISKOP-UMKM/I/2013 tanggal 14 Januari 2013," jelas dia.

Selain itu juga ada rekomendasi penataan sarana usaha PKL Nomor 62/DISKOP-UMKM/I/2013 tanggal 14 Januari 2013. Dan rekomendasi UKM Mart Nomor 63/DISKOP-UMKM/I/2013 tanggal 14 Januari 2013.

"Dalam pelaksanaan program bantuan sosial dari Kementerian Koperasi dan UKM ini kepada koperasi yang akan menerima bantuan, pihaknya akan selalu melakukan koordinasi dengan dinas, instansi terkait," katanya. (ant/as)

KKP : Indonesia Butuh Infrastruktur Maritim Yang Mumpuni

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan, Indonesia membutuhkan infrastruktur maritim yang mumpuni guna mengoptimalkan sumber daya kelautan di Tanah Air.

Distan : Sulteng 2013 Surplus Beras 300.000 Ton

Provinsi Sulawesi Tengah pada musim panen 2013 mengalami surplus beras sebanyak 300 ribu ton, kata Kepala Dinas Pertanian setempat Trie Iriany Lamakampali.

P2TP2A Tingkatkan Kesadaran Perlindungan Anak

Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan kesadaran dalam perlindungan anak melalui sosialisasi.

Perpustakaan Soeaman HS Alternatif Wisata Akhir Pekan

Perpustakaan Soeman HS menjadi alternatif liburan akhir pekan, lewat beragam fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang berbasiskan pendidikan.

Gelombang Laut Perairan Bangka Belitung Meningkat

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Minggu (26/10) ketinggian gelombang laut di sejumlah perairan Bangka Belitung meningkat dibandingkan beberapa hari sebelumnya.