Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesalahan Strategi Kendala Pembangunan Sektor Industri Garam

industri garam, garam

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 478

Kesalahan strategi dalam membangun industri garam nasional menjadi penyebab utama minimnya produksi dan mengakibatkan Indonesia harus mengimpor garam setiap tahunnya.

"Selama ini, usaha garam nasional masih terfokus di Pulau Jawa dan Madura yang memiliki musim kemarau yang pendek sehingga produksi garam tidak optimal dan tidak bisa memasok kebutuhan garam nasional," kata Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun di Jakarta, Rabu.

Pola pengembangan industri garam di Pulau Jawa dan Madura, menurut Alex, disebabkan infrastruktur yang dibutuhkan seperti pelabuhan dan jalan raya sangat memadai. Akibatnya, daerah-daerah di luar Jawa, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki musim kemarau hingga delapan bulan, seharusnya bisa menjadi basis produksi garam nasional.

"Selama ini, produksi garam nasional rata-rata 1,2 juta ton per tahun yang dihasilkan dari lahan seluas 19.600 hektare yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa, Madura, Sulawesi Selatan dan Bali. Untuk kebutuhan garam nasional mencapai 3 juta ton per tahun," katanya.

Kebutuhan garam di dalam negeri, kata Alex, 24 persen diperuntukkan bagi sektor rumah tangga, 50 persen untuk bahan baku industri plastik, bahan baku industri kosmetik dan cairan infus 16 persen, pengeboran minyak dan industri aneka pangan sebesar 4 persen.

"Untuk meningkatkan produksi garam nasional, saat ini sudah dibangun pabrik garam di Nusa Tenggara Timur oleh investor Australia. Adapun investor dari Taiwan sudah menyampaikan komitmennya untuk berinvestasi di NTT," ujarnya.

Indonesia memiliki panjang pantai 5,8 kilometer dan laut seluas 81.000 kilometer persegi.

Dengan kelimpahan sumber daya alam ini, seharusnya impor garam 2 juta ton per tahun bisa berkurang jika potensi industri garam di Indonesia Timur bisa dimaksimalkan. (ant/as)

Pemkot Bitung Janji Sambungan Listrik Di Kepulauan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung menjanjikan sambungan listrik bagi masyarakat yang berada di kepulauan Lembeh.

Dana Purna Bhakti DPRD Jambi Rp13 Juta

Setiap anggota DPRD Provinsi Jambi yang mengakhiri jabatannya akan mendapatkan uang purna bhakti sebesar Rp13 juta, kata Sekretaris DPRD Provinsi Jambi Emy, Jumat.

Disperindag : Stok Gula Pasir Babel 435 Ton

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung mencatat stok gula pasir di gudang distributor mencapai 435 ton dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga karena pasokan dari sentra produksi lancar.

PDAM Mukomuko Butuh Rp200 Juta Untuk Gaji

Manajemen PDAM Tirta Selagan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membutuhkan dana sekitar Rp200 juta untuk membayar gaji karyawan yang tertunggak lima bulan dan operasional agar dapat beroperasi melayani pelanggan.

Gubernur Sulut : Seluruh Elemen Masyarakat Waspadai ISIS

Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang minta seluruh elemen masyarakat di daerah itu mewaspadai apabila terdapat aktivitas yang dicurigai berhungan dengan ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) ISIS adalah organisasi yang telah dilarang pemerintah Idonesia, kata Gubernur Sarundajang dalam acara silaturahmi dengan Imam Masjid se Sulut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, dikutip Kabag Humas Setda Provinsi Sulut, Dr Jemmy Kumendong di Manado, Jumat.