Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kesalahan Strategi Kendala Pembangunan Sektor Industri Garam

industri garam, garam

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 478

Kesalahan strategi dalam membangun industri garam nasional menjadi penyebab utama minimnya produksi dan mengakibatkan Indonesia harus mengimpor garam setiap tahunnya.

"Selama ini, usaha garam nasional masih terfokus di Pulau Jawa dan Madura yang memiliki musim kemarau yang pendek sehingga produksi garam tidak optimal dan tidak bisa memasok kebutuhan garam nasional," kata Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun di Jakarta, Rabu.

Pola pengembangan industri garam di Pulau Jawa dan Madura, menurut Alex, disebabkan infrastruktur yang dibutuhkan seperti pelabuhan dan jalan raya sangat memadai. Akibatnya, daerah-daerah di luar Jawa, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang memiliki musim kemarau hingga delapan bulan, seharusnya bisa menjadi basis produksi garam nasional.

"Selama ini, produksi garam nasional rata-rata 1,2 juta ton per tahun yang dihasilkan dari lahan seluas 19.600 hektare yang tersebar di sejumlah daerah di Jawa, Madura, Sulawesi Selatan dan Bali. Untuk kebutuhan garam nasional mencapai 3 juta ton per tahun," katanya.

Kebutuhan garam di dalam negeri, kata Alex, 24 persen diperuntukkan bagi sektor rumah tangga, 50 persen untuk bahan baku industri plastik, bahan baku industri kosmetik dan cairan infus 16 persen, pengeboran minyak dan industri aneka pangan sebesar 4 persen.

"Untuk meningkatkan produksi garam nasional, saat ini sudah dibangun pabrik garam di Nusa Tenggara Timur oleh investor Australia. Adapun investor dari Taiwan sudah menyampaikan komitmennya untuk berinvestasi di NTT," ujarnya.

Indonesia memiliki panjang pantai 5,8 kilometer dan laut seluas 81.000 kilometer persegi.

Dengan kelimpahan sumber daya alam ini, seharusnya impor garam 2 juta ton per tahun bisa berkurang jika potensi industri garam di Indonesia Timur bisa dimaksimalkan. (ant/as)

Demonstran Hadang Ratusan Mobil Kontraktor

Massa yang tergabung dalam Komite Reformasi Perjuangan Hak Putra Melayu Riau (KRPHPMR) menggelar demonstrasi dengan menghadang sekitar 200 unit mobil kontraktor PT Chevron Pacific Indonesia di Duri, Bengkalis, Riau, Senin.

Hamilton Juara Dunia Setelah Menang Di Abu Dhabi

Lewis Hamilton dimahkotai gelar juara dunia kategori pebalap 2014 pada Minggu, setelah ia memenangi balap penutup musim Grand Prix Abu Dhabi.

Perundingan Darfur Dimulai di Addis Ababa

Perundingan-perundingan antara pemerintah dan kelompok pemberontak Sudan, "Gerakan Kesetaraan dan Keadilan" dan "Gerakan Pembebasan Sudan" dimulai di Addis Ababa, Ethiopia, Ahad, menurut laporan media resmi.

Nasdem Minta Pemkab Tangani Banjir Jangka Panjang

Penggurus Dewan Pimpinan Cabang Partai Nasional Demokrat Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta pemerintah setempat memikirkan cara penanganan banjir bandang di daerah itu untuk jangka panjang.

Akfar Samarinda Akui Perhatian Gubernur Terhadap Pendidikan

Direktur Akademi Farmasi (Akfar) Samarinda Fahmi Supomo mengakui perhatian Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak terhadap pembangunan bidang pendidikan yang dirasakan para mahasiswa dan dosen.