Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kementan Fokus Capai Skor PPH di Atas 90

kementerian pertanian, pola pangan harapan, pangan, pertanian

Posted on 08 Nov 2012. Hits : 309

Kementerian Pertanian fokus tingkatkan skor Pola Pangan Harapan diatas 90 dengan mengintensifkan program Rumah Pangan Lestari untuk mencapai diversifikasi pangan nasional, kata Plt Kepala Badan Penyuluh dan Pembangan SDM Pertanian, Haryono.

"Mengkonsumsi bahan pangan yang bervariasi itu lebih baik daripada variasinya kurang, karena itu ada ukuran yang namanya PPH sebagai ukuran diversifikasi pangan," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, program Rumah Pangan Lestari (RPL) itu sangat efektif dijalankan di daerah perkotaan dan pedesaan. Menurut dia, program itu mampu meningkatkan skor PPH di daerah, misalnya dari 78 menjadi 86 di beberapa daerah.

Menurut dia, program ini akan terus digalakan menjadi program nasional sehingga masyarakat bisa menaman tanaman lokal dengan variasi yang beragam dan bisa mengkonsumsinya. Haryono mengatakan, program ini juga bisa menurunkan pengeluaran masyarakat karena tidak perlu membeli bahan pangan, selain meningkatkan skor PPH.

"Target skor PPH nasional kan diatas 90 dan saat ini belum mencapai angka itu. Kami upayakan terus program itu sehingga itu menjadi gerakan nasional," ujarnya.

Menurut Haryono, Kementan juga mengupayakan agar konsumsi beras bisa dikurangi dan masyarakat bisa menggunakan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, sagu dan pisang. Dia mengatakan hal itu juga termasuk pangan yang sifatnya melengkapi atau komplemen seperti sayur-sayuran dan sumber protein dari unggas.

Namun dia menyadari jika kondisi sosial dan budaya masyarakat saat ini cenderung naik mengkonsumsi beras. Kondisi itu menurut dia tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi ada di seluruh dunia.

"Diversifikasi bukan hanya horizontal terhadap beras, tetapi juga sayur-sayuran, buah-buahan termasuk protein hewani dari unggas," katanya.

Pemerintah menargetkan diversifikasi konsumsi pangan berupa penurunan konsumsi beras minimal sebsar 1,5 persen per kapita per tahun.

Selain itu, skor PPH penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal ditargetkan menjadi 93,3 pada tahun 2014. Pada 2011 skor PPH Indonesia di angka 77,3. (ant/as)

Puskesmas Sentani Keluhkan Jarak Kantor BPJS Kesehatan

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, mengeluhkan jarak Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) cabang Jayapura.

Wuysang Bawa CLS Jungkalkan Pelita Jaya

Mantan pebasket tim nasional, Mario Wuysang, membawa timnya CLS Knights menjungkalkan lawan mereka Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta 73-57 di Gedung Basket Hall A Senayan Jakarta, Sabtu.

Reklamasi Pantai Mamuju Perlu Dikaji Pemerintah

Proyek reklamasi pantai Kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, perlu dikaji pemerintah, jangan sampai mengakibatkan dampak lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi.

Pelatih PSM Dan Panpel Persipura Bersitegang

Pelatih PSM Makassar Rudy Keltjes sempat bersitegang dengan ketua panitia penyelenggara (Panpel) Persipura Fachrudin Pasolo di ruang pers di stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Sabtu petang.

Cardiff Dan Fulham Gagal Tinggalkan Zona Degradasi

Harapan-harapan Cardiff City dan Fulham untuk bertahan di Liga Utama Inggris tidak menjadi lebih baik setelah keduanya bermain imbang dengan Stoke City dan kalah dari Tottenham Hotspur, yang membuat mereka tetap menghuni zona degradasi dengan tiga pertandingan tersisa.