Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kementan Fokus Capai Skor PPH di Atas 90

kementerian pertanian, pola pangan harapan, pangan, pertanian

Posted on 08 Nov 2012. Hits : 365

Kementerian Pertanian fokus tingkatkan skor Pola Pangan Harapan diatas 90 dengan mengintensifkan program Rumah Pangan Lestari untuk mencapai diversifikasi pangan nasional, kata Plt Kepala Badan Penyuluh dan Pembangan SDM Pertanian, Haryono.

"Mengkonsumsi bahan pangan yang bervariasi itu lebih baik daripada variasinya kurang, karena itu ada ukuran yang namanya PPH sebagai ukuran diversifikasi pangan," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, program Rumah Pangan Lestari (RPL) itu sangat efektif dijalankan di daerah perkotaan dan pedesaan. Menurut dia, program itu mampu meningkatkan skor PPH di daerah, misalnya dari 78 menjadi 86 di beberapa daerah.

Menurut dia, program ini akan terus digalakan menjadi program nasional sehingga masyarakat bisa menaman tanaman lokal dengan variasi yang beragam dan bisa mengkonsumsinya. Haryono mengatakan, program ini juga bisa menurunkan pengeluaran masyarakat karena tidak perlu membeli bahan pangan, selain meningkatkan skor PPH.

"Target skor PPH nasional kan diatas 90 dan saat ini belum mencapai angka itu. Kami upayakan terus program itu sehingga itu menjadi gerakan nasional," ujarnya.

Menurut Haryono, Kementan juga mengupayakan agar konsumsi beras bisa dikurangi dan masyarakat bisa menggunakan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, sagu dan pisang. Dia mengatakan hal itu juga termasuk pangan yang sifatnya melengkapi atau komplemen seperti sayur-sayuran dan sumber protein dari unggas.

Namun dia menyadari jika kondisi sosial dan budaya masyarakat saat ini cenderung naik mengkonsumsi beras. Kondisi itu menurut dia tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi ada di seluruh dunia.

"Diversifikasi bukan hanya horizontal terhadap beras, tetapi juga sayur-sayuran, buah-buahan termasuk protein hewani dari unggas," katanya.

Pemerintah menargetkan diversifikasi konsumsi pangan berupa penurunan konsumsi beras minimal sebsar 1,5 persen per kapita per tahun.

Selain itu, skor PPH penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal ditargetkan menjadi 93,3 pada tahun 2014. Pada 2011 skor PPH Indonesia di angka 77,3. (ant/as)

Kajati : Jangan Biarkan ISIS Berkembang Di Bengkulu

Kepala Kejaksaan Tinggi Bengkulu ,Syahril Yahya mengajak semua masyarakat tidak membiarkan kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS berkembang di daerah itu.

Sukuk Rp 1,5 Triliun Dilelang Pekan Depan

Pemerintah berencana melakukan lelang penjualan tiga seri Surat Berharga Syariah Negara atau Sukuk Negara dengan target indikatif sebesar Rp1,5 triliun pada Selasa (23/9).

Singapura Sambut Indonesia Ratifikasi Pakta Asap Asean

Pemerintah Singapura mengatakan Selasa bahwa ia menyambut baik keputusan parlemen Indonesia untuk meratifikasi Perjanjian Polusi Asap Lintas Batas Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Muarojambi Kekurangan Satpol PP

Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Muarojambi masih kekurangan personil, kondisi ini telah mengurangi efektivitas kinerja satuan penegak peraturan daerah di Kabupaten Muarojambi ini.

Pemkab Banyumas Instruksikan Dinkes Bagikan Masker

Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menginstruksikan Dinas Kesehatan setempat membagikan masker kepada masyarakat, karena debu vulkanik Gunung Slamet telah menjangkau permukiman penduduk.