Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kementan Fokus Capai Skor PPH di Atas 90

kementerian pertanian, pola pangan harapan, pangan, pertanian

Posted on 08 Nov 2012. Hits : 365

Kementerian Pertanian fokus tingkatkan skor Pola Pangan Harapan diatas 90 dengan mengintensifkan program Rumah Pangan Lestari untuk mencapai diversifikasi pangan nasional, kata Plt Kepala Badan Penyuluh dan Pembangan SDM Pertanian, Haryono.

"Mengkonsumsi bahan pangan yang bervariasi itu lebih baik daripada variasinya kurang, karena itu ada ukuran yang namanya PPH sebagai ukuran diversifikasi pangan," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, program Rumah Pangan Lestari (RPL) itu sangat efektif dijalankan di daerah perkotaan dan pedesaan. Menurut dia, program itu mampu meningkatkan skor PPH di daerah, misalnya dari 78 menjadi 86 di beberapa daerah.

Menurut dia, program ini akan terus digalakan menjadi program nasional sehingga masyarakat bisa menaman tanaman lokal dengan variasi yang beragam dan bisa mengkonsumsinya. Haryono mengatakan, program ini juga bisa menurunkan pengeluaran masyarakat karena tidak perlu membeli bahan pangan, selain meningkatkan skor PPH.

"Target skor PPH nasional kan diatas 90 dan saat ini belum mencapai angka itu. Kami upayakan terus program itu sehingga itu menjadi gerakan nasional," ujarnya.

Menurut Haryono, Kementan juga mengupayakan agar konsumsi beras bisa dikurangi dan masyarakat bisa menggunakan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, sagu dan pisang. Dia mengatakan hal itu juga termasuk pangan yang sifatnya melengkapi atau komplemen seperti sayur-sayuran dan sumber protein dari unggas.

Namun dia menyadari jika kondisi sosial dan budaya masyarakat saat ini cenderung naik mengkonsumsi beras. Kondisi itu menurut dia tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi ada di seluruh dunia.

"Diversifikasi bukan hanya horizontal terhadap beras, tetapi juga sayur-sayuran, buah-buahan termasuk protein hewani dari unggas," katanya.

Pemerintah menargetkan diversifikasi konsumsi pangan berupa penurunan konsumsi beras minimal sebsar 1,5 persen per kapita per tahun.

Selain itu, skor PPH penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal ditargetkan menjadi 93,3 pada tahun 2014. Pada 2011 skor PPH Indonesia di angka 77,3. (ant/as)

WISSEMU Mahitala Bawa Angklung Ke Puncak Kilimanjaro

Tim The Women of Indonesia's Seven Summits Expedition (WISSEMU) Mahitala Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung kembali akan membunyikan angklung di puncak Gunung Kilimanjaro, Tanjania-Afrika.

Masyarakat Dayak Nikmati Listrik Mikro Hidro

Masyarakat Dayak yang tinggal di kaki Pegunungan Meratus, Desa Muara Ore, Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai menikmati listrik dengan menggunakan pembangkit mikro hidro.

Putin Terapkan Hukum Larang LSM 'Tidak Diinginkan' Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin, Sabtu, secara resmi memberlakukan undang-undang melarang LSM dikategorikan 'tidak diinginkan' oleh pemerintah dan tindakan itu dikecam pegiat hak asasi manusia.

Pabrik Biodiesel Di Kotabaru Beroperasi Akhir 2015

Pabrik biodiesel berkapasitas 10 ton per hari di Desa Telagasari, Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai dioperasikan akhir 2015.

Ayu Laksemi Gelar Pertunjukkan Kolaborasi

Artis fenomenal Ayu Laksemi akan menggelar pertunjukkan mengkolaborasikan berbagai elemen kesenian dalam satu panggung di kawasan NuArt Sculpture Park, SetradutaKencana, Bandung, yang melibatkan sejumlah seniman dari Bali.