Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kementan Fokus Capai Skor PPH di Atas 90

kementerian pertanian, pola pangan harapan, pangan, pertanian

Posted on 08 Nov 2012. Hits : 352

Kementerian Pertanian fokus tingkatkan skor Pola Pangan Harapan diatas 90 dengan mengintensifkan program Rumah Pangan Lestari untuk mencapai diversifikasi pangan nasional, kata Plt Kepala Badan Penyuluh dan Pembangan SDM Pertanian, Haryono.

"Mengkonsumsi bahan pangan yang bervariasi itu lebih baik daripada variasinya kurang, karena itu ada ukuran yang namanya PPH sebagai ukuran diversifikasi pangan," katanya di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, program Rumah Pangan Lestari (RPL) itu sangat efektif dijalankan di daerah perkotaan dan pedesaan. Menurut dia, program itu mampu meningkatkan skor PPH di daerah, misalnya dari 78 menjadi 86 di beberapa daerah.

Menurut dia, program ini akan terus digalakan menjadi program nasional sehingga masyarakat bisa menaman tanaman lokal dengan variasi yang beragam dan bisa mengkonsumsinya. Haryono mengatakan, program ini juga bisa menurunkan pengeluaran masyarakat karena tidak perlu membeli bahan pangan, selain meningkatkan skor PPH.

"Target skor PPH nasional kan diatas 90 dan saat ini belum mencapai angka itu. Kami upayakan terus program itu sehingga itu menjadi gerakan nasional," ujarnya.

Menurut Haryono, Kementan juga mengupayakan agar konsumsi beras bisa dikurangi dan masyarakat bisa menggunakan sumber karbohidrat lain seperti umbi-umbian, sagu dan pisang. Dia mengatakan hal itu juga termasuk pangan yang sifatnya melengkapi atau komplemen seperti sayur-sayuran dan sumber protein dari unggas.

Namun dia menyadari jika kondisi sosial dan budaya masyarakat saat ini cenderung naik mengkonsumsi beras. Kondisi itu menurut dia tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi ada di seluruh dunia.

"Diversifikasi bukan hanya horizontal terhadap beras, tetapi juga sayur-sayuran, buah-buahan termasuk protein hewani dari unggas," katanya.

Pemerintah menargetkan diversifikasi konsumsi pangan berupa penurunan konsumsi beras minimal sebsar 1,5 persen per kapita per tahun.

Selain itu, skor PPH penganekaragaman pangan berbasis sumber daya lokal ditargetkan menjadi 93,3 pada tahun 2014. Pada 2011 skor PPH Indonesia di angka 77,3. (ant/as)

Komunitas Sadar Baca Pamekasan Santuni Anak Yatim

Komunitas Sadar Baca Pamekasan, Jawa Timur, memberikan santunan kepada anak yatim, sebagai bentuk kepedulian kelompok itu, serta upaya mengajak anak-anak usia dini agar gemar membaca.

Koalisi Merah Putih Konsolidasi Pembentukan Pansus Pilpres

Akbar Tandjung selaku anggota penasehat pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, mengatakan partai Koalisi Merah Putih terus melakukan konsolidasi atas pembentukan Pansus Pilpres, untuk menindaklanjuti dugaan terjadinya kecurangan pada Pilpres 2014.

Dishubkominfo : Puncak Mudik Di Gunung Kidul Sabtu

Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memprediksi puncak arus mudik di daerah setempat berlangsung pada Sabtu, 26 Juli.

Polantas Bekasi Kota : Disiplin Pemudik Bermotor Rendah

Satuan Lalu Lintas Polresta Bekasi Kota, Jawa Barat, menilai tingkat kedisiplinan pengendara sepeda motor pada arus mudik Lebaran 2014 di wilayah setempat masih relatif rendah.

BNN DIY Cek Urin Supir Bus Akap

Badan Narkotika Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta memeriksa kesehatan dan melakukan tes urin 48 sopir bus antarkota antarprovinsi di Terminal Wates, Kabupaten Kulon Progo.