Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kemenperin Prioritaskan Progam Hilirisasi Industri

kementerian perindustrian, hilirisasi industri, kemenperin

Posted on 12 Feb 2013. Hits : 341

Kementerian Perindustrian pada 2013 akan memprioritaskan program hilirisasi untuk mendorong percepatan pertumbuhan industri sebagai katalis utama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Tiga program prioritas utama pada 2013 yaitu hilirisasi industri berbasis agro, migas dan bahan tambang mineral; peningkatan daya saing industri berbasis SDM, pasar domestik dan ekspor; dan pengembangan industri kecil dan menengah (IKM)," kata Wakil Menteri Perindustrian Alex SW Retraubun saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perindustrian 2013 di Jakarta, Selasa.

Selain itu, Kemenperin juga telah melaksanakan berbagai program pengembangan industri yang menjadi prioritas nasional seperti revitalisasi industri pupuk, gula, pengembangan klaster industri hilir kelapa sawit serta fasilitas pengembangan zona industri di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Menurut Alex, program-program prioritas nasional dan internal kementerian itu masih akan terus dilanjutkan pada 2013 ini.

Sementara itu, program pengembangan mobil murah ramah lingkungan (low cost and green car/LGLC), program dukungan konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian bagi kementerian, serta penyusunan RUU Perindustrian merupakan sejumlah agenda yang menjadi fokus kegiatan kementerian tahun ini.

Kendati demikian, tantangan 2013 dan ketidakpastian ekonomi global merupakan pekerjaan besar untuk melaksanakan pembangunan industri nasional.

Terlebih, sasaran utama pembangunan industri nasional itu cukup berat dengan target pertumbuhan industri pengolahan non migas sebesar 7,14 persen, penyerapan tenaga kerja sebanyak 400.000 orang, peningkatan ekspor hingga mencapai 125 miliar dolar AS, serta investasi PMA sebesar 12 miliar dolar AS dan PMDN sebesar Rp42 trilun.

"Untuk mencapai sasaran pembangunan industri tersebut diperlukan upaya yang maksimal dan tidak sekedar 'business as usual'," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Alex, sejak 2012 Kemenperin telah melakukan percepatan pertumbuhan industri melalui "Akselerasi Industrialisasi 2012-2014".

Sasaran utama program tersebut adalah adanya peningkatan nilai tambah industri dalam negeri melalui hilirisasi industri berbasis sumber daya alam, penguasaan pasar serta perluasan penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan. (ant/as)

Kenaikan Produksi Tak Sebanding Dengan Kesejahteraan Nelayan

Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) meminta kenaikan produksi perikanan tidak dijadikan patokan utama dalam mengukur keberhasilan program karena tidak seiring dengan peningkatan kesejahteraan nelayan.

Kubu Agung Pasif Soal Perundingan Golkar

Pengurus DPP Partai Golkar dari kubu Agung Laksono mengaku memilih bersikap pasif dalam berunding dengan kubu Aburizal Bakrie dan menunggu tawaran untuk berdialog.

Berakhirnya Protes Anti-Pemerintah Telah Diumumkan

Pemimpin senior oposisi Pakistan Imran Khan, Rabu (17/12), mengumumkan berakhirnya protes anti-pemerintah selama empat bulan, setelah serangan teror yang menewaskan 141 orang, termasuk 132 anak kecil.

Rohmadi, Tukang Ojek yang Selalu Bersyukur

Rohmadi merupakan salah seorang tukang ojek yang biasa menggais rezeki di kawasan Tangerang, Banten.

Banten Andalkan 4 Daerah Untuk Swasembada Pangan

Pemerintah Provinsi Banten mengandalkan empat daerah, yakni Kabupaten Serang, Pandeglang, Lebak dan Kabupaten Tangerang, untuk memperkuat swasembada pangan, khususnya padi pada tahun 2015.