Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Indukan Lele Sangkuriang BBI Pariaman Siap Dipanen

pemkot pariaman, balai benih ikan, bbi, calon induk lele sangkuriang, siap panen

Posted on 13 Sep 2013. Hits : 283

Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat melalui UPT Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan dan Perikanan menyatakan sekitar 12 ribu ekor calon induk lele sangkuriang yang dibudidayakan di BBI itu siap dipanen.

'Panen perdananya kita jadwalkan pada Senin (16/9), selanjutnya, pada Selasa (17/9) dan Rabu (18/9) akan dilakukan penyortiran danpemasarannya baru dilakukan mulai Kamis (19/9),' kata Kepala UPT BBI DKP kota itu Fajri, di Pariaman, Jumat.

Dia menjelaskan, dari sekitar 12 ribu ekor calon induk siap panen itu, sekitar 2 ton lebih di antaranya telah habis dipesan oleh sejumlah dinas dan Unit-unit Pembenihan Rakyat (UPR) dari beberapa kabupaten kota di Sumatera Barat dan Riau.

Meliputi, DKP Kabupaten Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Dharmasraya, Agam, Kota Padang, Payakumbuh, dan sejumlah UPR di Sumbar, serta beberapa UPR di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kota Pekanbaru, Riau, katanya.

Menurut Fajri, rencananya prosesi panen dan pemasaran perdana dalam tahun ini tersebut akan dilakukan dan dibuka secara resmi oleh Wali Kota setempat Mukhlis Rahman, Kamis.

'Namun, bagi masyarakat yang ingin melihat juga boleh, silakan datang ke kolam benih kami di Jalan Sentot Alibasa, Jati, Kecamatan Pariaman Tengah,' tuturnya.

'Mudah-mudahan bisa menginspirasi masyarakat sekitar. Jadi, makin banyak warga kita yang mencoba berternak ikan jenis ini,' tambahnya.

Dia mengatakan, usaha budidaya ikan jenis itu terbilang menguntungkan karena masa panen ikan terbilang cepat, yakni sekitar 2 bulan.

Selain itu, lanjut dia, ikan jenis itu bisa dikatakan memiliki daya tahan cukup baik terhadap ancaman penyakit ataupun perubahan suhu.

Sementara, adapun BBI DKP kota itu sendiri, jelas Fajri, dibangun di atas lahan seluas 0,92 hektare dengan fasilitas kolam perawatan induk berkapasitas 500 ekor ikan, bak pemijahan dan perawatan telur berkapasitas 500 ribu ekor larva, serta 42 buah bak pendederan berbagai ukuran.

Juga, bak sterilisasi peralatan, bak bansal panen, bak karantina, footbath, bak kultur pakan alami, dan pengolahan air limbah buangan, katanya.(ant/rd)

Gunung Kidul Persiapkan Pilkada 2015

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar rapat koordinasi evaluasi Pemilu Legislatif 9 April dan Pemilu Presiden 9 Juli 2014, serta persiapan Pemilihan Umum Kepala Daerah 2015.

Kodam XVI Pattimura Gelar Aksi Donor Darah

Kodam XVI Pattimura menggelar aksi donor darah memperingati HUT TNI ke-69 tahun 2014 sebagai salah satu kegiatan rutin dan bentuk pelayanan kepada masyarakat.

4 Pilar Utama Tingkatkan SDM Aceh

Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan empat pilar utama untuk meningkatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan karakteristik dan kekhasan dimiliki provinsi ini.

Kendaraan Dinas Dilarang Gunakan BBM Bersubsidi

Pemerintah Kabupaten Kolaka mulai menerapkan pelarangan kendaraan dinas menggunakan bahan bakar minyak bersubsidi di semua wilayah itu mulai diberlakukan sejak 1 September 2014.

Menperin: Industri Dorong Perekonomian Indonesia

Menteri Perindustrian (Menperin) menyatakan industri menjadi pendorong ekonomi Indonesia yang sangat strategis, bahkan dalam lima tahun terakhir, telah berkontribusi sekitar 21 persen terhadap PDB dengan tingkat pertumbuhan 6 persen per tahun.