Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hasil Tangkapan Nelayan Lampung Berkurang

harga ikan, bandarlampung, hasil tangkapan, cenderung berkurang

Posted on 20 May 2013. Hits : 184

Harga ikan di sejumlah pasar di Bandarlampung pekan ini masih tinggi, sementara hasil tangkapan nelayan setempat cenderung berkurang terkait faktor musim pancaroba yang melanda wilayah perairan Lampung.

Berdasarkan pantauan di pasar ikan di perkampungan nelayan di Desa Sukaraja Telukbetung, Bandarlampung, Senin, hanya sebagian kecil pedagang yang masih berjualan ikan karena pasokannya dari nelayan payang setempat terbatas.

Biasanya di pasar yang berlokasi di pinggiran pantai itu berjualan puluhan pedagang ikan, dan pengunjungnya pun bisa mencapai ratusan orang setiap harinya.

Harga ikan di Desa Sukaraja itu berkisar Rp15.000- Rp35.000/kg, padahal biasanya antara Rp10.000- Rp25.000/kg.

Warga Bandarlampung menyukai belanja ikan di pasar itu karena ikan yang dijual umumnya adalah ikan segar yang baru ditangkap. Dengan kata lain, ikan yang baru ditangkap di laut dengan jaring, langsung dijual di pasar ikan Desa Sukaraja itu.

Namun, sejumlah nelayan payang menyebutkan hasil tangkapan mereka cenderung terus menurun sejak batu bara ditimbun di pinggiran pantai di kawasan itu.

'Sejak ada penimbunan batu bara, hasil tangkapan kami turun terus,' kata salah satu nelayan setempat.

Sementara itu, sejumlah pedagang ikan di Pasar Lelang Bandarlampung juga menyebutkan harga ikan tetap bertahan tinggi karena pasokannya dari nelayan berkurang.

'Stok ikan berkurang, harganya tetap tinggi,' kata Rosida, salah satu pedagang ikan setempat.

Ia menyebutkan harga ikan berkisar Rp30.000- Rp100.000/kg, seperti selar Rp40.000/kg, kembung sate Rp40.000/kg, kakap merah Rp45.000/kg, tenggiri ukuran kecil Rp45.000/kg, simba Rp40.000/kg, udang berkisar Rp55.000 - Rp85.000/kg, bawal hitam Rp40.000/k, bawal putih Rp100.000/kg, kerapu Rp70.000/kg, rajungan Rp45.000/kg dan ikan teri basah Rp30.000/kg.

Menurut dia, harga ikan masih sulit turun di musim pancaroba, namun kenaikan harganya diyakini tidak akan setinggi harga daging sapi.(ant/rd)

Legislator : Warga Kukar-Kubar Keluhkan Infrastruktur

Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Ali Hamdi mengatakan, masyarakat Kutai Barat (Kubar) dan Kutai Kartanegara (Kukar) mengeluhkan kurang baiknya infrastruktur jalan dan jembatan.

Bengkalis Bangun Politeknik Perminyakan Penuhi Permintaan Chevron

Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, merencanakan pembangunan politeknik perminyakan, di Duri Kecamatan Mandau dalam upaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional di bidang perminyakan yang dibutuhkan PT Chevron Pasific Indonesia (CPI).

Himpsi Gelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Seksual Anak

Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Bali menggelar sosialisasi pencegahan kekerasan seksual terhadap anak usia dini kepada guru pendidikan anak usia dini (PAUD).

Wali Kota Imbau PNS Gunakan Angkot Dan Sepeda

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengeluarkan imbauan kepada seluruh pegawai negeri sipil (PNS) untuk menggunakan angkutan kota (Angkot) dan sepeda.

Gasquet Akan Hadapi Federer Di Piala Davis

Richard Gasquet dipanggil untuk mengisi posisi Jo-Wilfried Tsonga, untuk menghadapi Roger Federer pada pertandingan kategori tunggal di final Piala Davis antara Prancis melawan Swiss, kata panitia penyelenggara pada Minggu.