Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hasil Tangkapan Nelayan Lampung Berkurang

harga ikan, bandarlampung, hasil tangkapan, cenderung berkurang

Posted on 20 May 2013. Hits : 142

Harga ikan di sejumlah pasar di Bandarlampung pekan ini masih tinggi, sementara hasil tangkapan nelayan setempat cenderung berkurang terkait faktor musim pancaroba yang melanda wilayah perairan Lampung.

Berdasarkan pantauan di pasar ikan di perkampungan nelayan di Desa Sukaraja Telukbetung, Bandarlampung, Senin, hanya sebagian kecil pedagang yang masih berjualan ikan karena pasokannya dari nelayan payang setempat terbatas.

Biasanya di pasar yang berlokasi di pinggiran pantai itu berjualan puluhan pedagang ikan, dan pengunjungnya pun bisa mencapai ratusan orang setiap harinya.

Harga ikan di Desa Sukaraja itu berkisar Rp15.000- Rp35.000/kg, padahal biasanya antara Rp10.000- Rp25.000/kg.

Warga Bandarlampung menyukai belanja ikan di pasar itu karena ikan yang dijual umumnya adalah ikan segar yang baru ditangkap. Dengan kata lain, ikan yang baru ditangkap di laut dengan jaring, langsung dijual di pasar ikan Desa Sukaraja itu.

Namun, sejumlah nelayan payang menyebutkan hasil tangkapan mereka cenderung terus menurun sejak batu bara ditimbun di pinggiran pantai di kawasan itu.

'Sejak ada penimbunan batu bara, hasil tangkapan kami turun terus,' kata salah satu nelayan setempat.

Sementara itu, sejumlah pedagang ikan di Pasar Lelang Bandarlampung juga menyebutkan harga ikan tetap bertahan tinggi karena pasokannya dari nelayan berkurang.

'Stok ikan berkurang, harganya tetap tinggi,' kata Rosida, salah satu pedagang ikan setempat.

Ia menyebutkan harga ikan berkisar Rp30.000- Rp100.000/kg, seperti selar Rp40.000/kg, kembung sate Rp40.000/kg, kakap merah Rp45.000/kg, tenggiri ukuran kecil Rp45.000/kg, simba Rp40.000/kg, udang berkisar Rp55.000 - Rp85.000/kg, bawal hitam Rp40.000/k, bawal putih Rp100.000/kg, kerapu Rp70.000/kg, rajungan Rp45.000/kg dan ikan teri basah Rp30.000/kg.

Menurut dia, harga ikan masih sulit turun di musim pancaroba, namun kenaikan harganya diyakini tidak akan setinggi harga daging sapi.(ant/rd)

Pengamat: Merger BTN-Mandiri Opsi Tepat

Pengamat ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar, Muhammad Syarkawi Rauf mengatakan rencana penggabungan (akuisisi) Bank Mandiri dengan Bank BTN merupakan opsi terbaik bagi proses konsolidasi perbankan nasional.

Kota Binjai Miliki 37 PAUD Inti

Kota Binjai, Sumatera Utara, sekarang ini memiliki 37 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang membina anak-anak masa usia emas untuk memiliki akhlak dan pengetahuan yang baik.

Harga Karet Melemah, Perbankan Terganggu

Harga karet melemah di perdagangan internasional sejak awal tahun mempengaruhi bisnis perbankan di Sumatera Selatan, dengan mencatat penurunan penyerapan dana pembiayaan dan dana pihak ketiga.

Sistem Pendidikan JIS Perlu Diaudit

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am Sholeh meminta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk mengaudit sistem pendidikan di Jakarta International School (JIS).

Produksi Ikan Laut di Lebak Merosot

Produksi hasil tangkapan nelayan tempat pelelangan ikan Binuangeun, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, merosot akibat cuaca buruk di Perairan Samudera Hindia.