Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Hasil Tangkapan Nelayan Lampung Berkurang

harga ikan, bandarlampung, hasil tangkapan, cenderung berkurang

Posted on 20 May 2013. Hits : 184

Harga ikan di sejumlah pasar di Bandarlampung pekan ini masih tinggi, sementara hasil tangkapan nelayan setempat cenderung berkurang terkait faktor musim pancaroba yang melanda wilayah perairan Lampung.

Berdasarkan pantauan di pasar ikan di perkampungan nelayan di Desa Sukaraja Telukbetung, Bandarlampung, Senin, hanya sebagian kecil pedagang yang masih berjualan ikan karena pasokannya dari nelayan payang setempat terbatas.

Biasanya di pasar yang berlokasi di pinggiran pantai itu berjualan puluhan pedagang ikan, dan pengunjungnya pun bisa mencapai ratusan orang setiap harinya.

Harga ikan di Desa Sukaraja itu berkisar Rp15.000- Rp35.000/kg, padahal biasanya antara Rp10.000- Rp25.000/kg.

Warga Bandarlampung menyukai belanja ikan di pasar itu karena ikan yang dijual umumnya adalah ikan segar yang baru ditangkap. Dengan kata lain, ikan yang baru ditangkap di laut dengan jaring, langsung dijual di pasar ikan Desa Sukaraja itu.

Namun, sejumlah nelayan payang menyebutkan hasil tangkapan mereka cenderung terus menurun sejak batu bara ditimbun di pinggiran pantai di kawasan itu.

'Sejak ada penimbunan batu bara, hasil tangkapan kami turun terus,' kata salah satu nelayan setempat.

Sementara itu, sejumlah pedagang ikan di Pasar Lelang Bandarlampung juga menyebutkan harga ikan tetap bertahan tinggi karena pasokannya dari nelayan berkurang.

'Stok ikan berkurang, harganya tetap tinggi,' kata Rosida, salah satu pedagang ikan setempat.

Ia menyebutkan harga ikan berkisar Rp30.000- Rp100.000/kg, seperti selar Rp40.000/kg, kembung sate Rp40.000/kg, kakap merah Rp45.000/kg, tenggiri ukuran kecil Rp45.000/kg, simba Rp40.000/kg, udang berkisar Rp55.000 - Rp85.000/kg, bawal hitam Rp40.000/k, bawal putih Rp100.000/kg, kerapu Rp70.000/kg, rajungan Rp45.000/kg dan ikan teri basah Rp30.000/kg.

Menurut dia, harga ikan masih sulit turun di musim pancaroba, namun kenaikan harganya diyakini tidak akan setinggi harga daging sapi.(ant/rd)

70 Persen Sungai Tercemar Limbah Rumah Tangga

Sekitar 60-70 persen sungai di Indonesia tercemar limbah domestik atau rumah tangga sedangkan limbah yang mampu diolah baru 6,1 persen.

Militer AS Diminta Tumpas Ebola

Sierra Leone, Rabu (26/11) meminta Amerika Serikat untuk mengirim bantuan militer guna memerangi Ebola karena situasinya masih tertinggal dari Guinea dan Liberia yang merupakan negara tetangga di Afrika Barat dalam memerangi virus itu.

Apindo Ingatkan Pengusaha Sawit Soal Kenaikan Upah

Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) mengingatkan kepada pengusaha sawit agar berhati-hati terhadap kecenderungan tuntutan upah pekerja yang di luar kewajaran.

Pencurian Kendaraan di Jakpus Hampir Capai 600 Kasus

Kepolisian Resort Metro Jakarta Pusat mencatat hingga Oktober 2014 telah ada 592 kasus pencurian kendaraan bermotor dari roda dua hingga roda empat di wilayah Jakarta Pusat.

Harga Cengkih Manado Naik Tipis

Harga cengkih, salah satu komoditas unggulan petani Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), naik menjadi Rp139 ribu per kilogram(kg) pada pekan ketiga November 2014.