Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Turun, Distributor Bawang Mengeluh

harga bawang, bawang merah, distributor bawang

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 308

Harga bawang merah yang mulai bergerak turun di beberapa daerah termasuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat para distributor yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan masak itu dari Makasar, Surabaya dan Kupang mulai mengeluh.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Maluku, B.Ohorella, di Ambon Kamis mengatakan, sejumlah distributor yang kami temui terlihat mulai mengeluh akibat perkembangan harga bawang yang mulai bergerak turun.

"Mereka katakan, bagaimana kami mau turunkan harga bawang merah hingga mencapai Rp40.000 per kilogram sesuai perkembangan harga saat ini, sedangkan stok yang tersedia di beli dengan harga mahal," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya mereka sekarang ini menawarkan harga bawang merah masih diatas normal yakni Rp45.000 per kilogram untuk bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Sedangkan harga bawang putih masih tetap tinggi yakni Rp60.000 per kilogram dan sudah bertahan sejak pekan lalu.

Ohorella mengatakan, selain turunnya harga bawang merah akibat pasokan dari luar daerah yang masuk Ambon sejak Kamis (20/3), juga ada pasokan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah yang memasok sebanyak dua ton dengan harga di tingkat petani Rp25.000 per Kg, kemudian para pedagang pengecer menjual lagi di pasar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

"Syukurlah kalau bawang produksi lokal sudah mulai masuk ke pasar Ambon sehingga bisa mengimbangi sekaligus sewaktu - waktu bisa mengisi kekosongan apabila pasokan dari luar daerah terlambat," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pasokan dari petani lokal ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk membantu pengadaan lahan pertanian terutama untuk menanam bawang, sebab sudah terbukti di daerah Maluku juga cocok untuk tanaman tersebut.

Hasil pantauan yang dilakukan ANTARA di pasar Mardika dan Nusaniwe, Kamis, harga bawang merah berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg dan bawang putih masih tetap bertahan Rp60.000 per Kg. (ant/as)

Semua Mobil Pemadam Kebakaran Majene Rusak

Masyarakat di wilayah Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, merasa cemas mendengar kabar bahwa semua unit mobil pemadam kebakaran di daerah setempat telah rusak.

Sepinggan Bandara Pertama Dengan Mal Butik

Perseroan Terbatas Angkasa Pura (AP) I menyatakan Bandara Sepinggan yang baru saja diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (15/9), merupakan bandara yang pertama kali dilengkapi dengan mal butik.

Pertempuran Tewaskan 6 Warga Sipil

Enam warga sipil tewas dalam pertempuran di kubu pemberontak Donetsk, Ukraina timur, Minggu, hari paling berdarah sejak gencatan senjata ditandatangani 10 hari yang lalu.

Bantaeng Rebut Medali Emas Sepak Bola Porda

Tim Sepakbola Kabupaten Bantaeng berhasil keluar sebagai juara, sekaligus merebut medali emas usai mengalahkan tim Makassar dengan skor 2-1 pada babak final Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV di Stadion Mini Lamalaka Bantaeng, Senin.

Verratti Perpanjang Kontrak Dengan PSG

Gelandang Italia Marco Verratti telah menandatangani perpanjangan kontrak berdurasi satu tahun dengan Paris Saint Germain, yang mempertahankannya di klub itu sampai 2019, demikian diumumkan juara Liga Prancis itu pada Senin.