Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Turun, Distributor Bawang Mengeluh

harga bawang, bawang merah, distributor bawang

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 272

Harga bawang merah yang mulai bergerak turun di beberapa daerah termasuk Kota Ambon, Provinsi Maluku, membuat para distributor yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan masak itu dari Makasar, Surabaya dan Kupang mulai mengeluh.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag ) Maluku, B.Ohorella, di Ambon Kamis mengatakan, sejumlah distributor yang kami temui terlihat mulai mengeluh akibat perkembangan harga bawang yang mulai bergerak turun.

"Mereka katakan, bagaimana kami mau turunkan harga bawang merah hingga mencapai Rp40.000 per kilogram sesuai perkembangan harga saat ini, sedangkan stok yang tersedia di beli dengan harga mahal," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya mereka sekarang ini menawarkan harga bawang merah masih diatas normal yakni Rp45.000 per kilogram untuk bisa menutupi modal yang sudah dikeluarkan.

Sedangkan harga bawang putih masih tetap tinggi yakni Rp60.000 per kilogram dan sudah bertahan sejak pekan lalu.

Ohorella mengatakan, selain turunnya harga bawang merah akibat pasokan dari luar daerah yang masuk Ambon sejak Kamis (20/3), juga ada pasokan dari Pulau Seram Kabupaten Maluku Tengah yang memasok sebanyak dua ton dengan harga di tingkat petani Rp25.000 per Kg, kemudian para pedagang pengecer menjual lagi di pasar Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg.

"Syukurlah kalau bawang produksi lokal sudah mulai masuk ke pasar Ambon sehingga bisa mengimbangi sekaligus sewaktu - waktu bisa mengisi kekosongan apabila pasokan dari luar daerah terlambat," ujarnya.

Dia berharap dengan adanya pasokan dari petani lokal ada perhatian khusus dari pemerintah setempat untuk membantu pengadaan lahan pertanian terutama untuk menanam bawang, sebab sudah terbukti di daerah Maluku juga cocok untuk tanaman tersebut.

Hasil pantauan yang dilakukan ANTARA di pasar Mardika dan Nusaniwe, Kamis, harga bawang merah berkisar antara Rp45.000 hingga Rp50.000 per Kg dan bawang putih masih tetap bertahan Rp60.000 per Kg. (ant/as)

Indonesia Gagal Bawa Gelar Dari Malaysia

Indonesia gagal membawa pulang gelar pada 'BWF World Junior Championships 2014' setelah dua wakil Indonesia di final yang berlangsung di Alor Setar, Malaysia, gagal mengalahkan lawan-lawannya.

Isu Utang Rp14 Triliun Upaya Jatuhkan Prabowo

Direktur Utama PT Kertas Nusantara Pola Winson membantah tuduhan yang menyebutkan perusahaan dipimpinnya memiliki utang sebesar Rp14 triliun, bahkan dia menilai isu itu bertujuan menjatuhkan nama Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Pelabuhan Merak Dipadati Penumpang Liburan Paskah

Pelabuhan Merak dipadati penumpang yang hendak menuju Pulau Sumatera sehubungan liburan hari Paskah atau memperingati wafatnya Isa Almasih.

Disdikpora Karawang Mulai Siapkan Konsep PPDP Online

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai menyiapkan konsep yang akan diberlakukan terkait dengan Penerimaan Peserta Didik Baru 2014 secara online.

Ribuan Warga Penajam Belum Terima E-KTP

Ribuan warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga kini belum menerima kartu tanda penduduk elektronik, dan banyak terjadi kesalahan penulisan identitas, sehingga perlu diperbaiki.