Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Tomat Turun Tajam, Petani Merugi

harga tomat, tomat

Posted on 27 Nov 2012. Hits : 619

Petani tomat di sejumlah sentra sayuran di Cianjur, Jawa Barat, merugi karena sejak satu pekan terakhir harga tomat di pasaran menurun tajam sehingga harga jual tidak seimbang dengan biaya operasional.

Saat ini, di sejumlah pasar tradisional, harga tomat perkilo, berkisar antara Rp400 sampai Rp600. Sebelumnya, harga jual tomat di tingkat petani mencapai Rp3.000 per kilogram.

"Musim panen yang serempak, membuat tomat melimpah di pasaran. Sehingga otomatis harga menurun tajam. Saat ini, hal yang sama terjadi pada sayuran kol, yang turun Rp2000 perkilo dari Rp4000 perkilo," kata Ujang (45) salah seorang petani di Kecamatan Cugenang, Selasa.

Dia menuturkan, saat ini hanya harga wortel yang masih stabil di pasaran. Di tingkat petani wortel dijual Rp5.000 per kilogram, sedangkan di pasar tradisional, harganya mencapai Rp8.000 hingga Rp10 ribu per kilogram.

Namun pihaknya memperkirakan masuknya musim hujan, akan berdampak pada turunnya harga berbagai jenis sayur mayur lainnya, satu bulan ke depan.

"Harga sayuran selama ini, tidak pernah stabil, terlebih memasuki musim hujan, harganya biasanya akan terus menurun," keluhnya.

Sementara itu, Miming (38) salah seorang pemasok sayur mayur di Kecamatan Pacet, membenarkan, penurunan harga sejumlah komoditas sayuran tersebut, terutama tomat.

Penurunan harga tersebut, ungkap dia, nyaris rata terjadi di setiap daerah penghasil sayuran mayur di dalam maupun di luar wilayah Cianjur. Dia mengaku, turunnya harga sayur mayur tersebut, membuat pihaknya memutar otak untuk menutupi biaya operasional.

"Kami biasa memasok sayur mayur ke pasar induk di Bandung dan Jabodetabek. Untuk tomat biasanya satu kali pengiriman sekitar 6 ton, namun karena harganya murah, saat ini, terpaksa kami kirim sebanyak 7 ton, untuk menutupi ongkos," ucapnya.

Sementara itu, tambah dia, saat ini tomat yang hendak dijual ke pasaran, tidak melalui penyortiran berdasarkan jenis tomat super atau biasa, karena harganya tidak jauh berbeda. (ant/as)

Penerimaan PAD Banjarbaru Melalui Pajak Meningkat

Penerimaan pendapatan asli daerah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, melalui sektor pajak selama 2014 mengalami peningkatan cukup tajam hingga melampaui target.

Freiburg Dampingi Dortmund di Dasar Klasemen

Borussia Dortmund masih berbagi posisi di dasar klasemen Liga Jerman pada Minggu, setelah Hanover 96 mencetak dua gol larut untuk bermain imbang 2-2 di markas Freiburg ketika kompetisi teratas Jerman memasuki libur musim dingin.

Gapki : Agribisnis Kelapa Sawit Peluangnya Masih Terbuka

Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Kalimantan Timur Azmal Ridwan mengatakan prospek agribisnis perkebunan kelapa sawit di daerah ini masih Terbuka.

Pasukan Kurdi Rebut Kota Kecil Sinjar

Pasukan keamanan Kurdi pada Ahad (21/12) merebut sebagian besar Kota Kecil Sinjar di Provinsi Nineveh, Irak Utara, kata jejaring resmi suku Kurdi dan satu sumber keamanan.

Guru Dilarang Lakukan Pungli

Dinas Pendidikan Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, melarang oknum guru melakukan pungutan liar terhadap siswa dalam bentuk apa pun karena seluruh fasilitas sekolah sudah ada anggaran dari pemerintah.