Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Telur Bebek di Waykanan Melonjak

harga telur, waykanan, telur bebek

Posted on 25 Jan 2013. Hits : 611

Harga telur itik/bebek di sejumlah pasar Kabupaten Waykanan, Lampung, melonjak dari Rp2.000 menjadi Rp2.500/butir seiring sedikitnya pasokan atas komoditas peternakan itu.

"Harganya sejumlah itu tidak bisa kurang lagi, saya susah mendapatkannya dan barang ini ambilnya dari jauh," ujar Wagini, pedagang telur di pasar Pemda Waykanan, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Sejumlah warga daerah itu mengaku akhir-akhir ini kesusahan mencari telur bebek untuk mereka konsumsi sejak merebaknya kasus flu burung yang melanda sebagian wilayah Lampung.

Adapun beberapa pedagang pengumpul di beberapa wilayah itu juga mengaku kesulitan mendapatkan pasokan atas komoditas itu.

"Telur bebek memang sedang susah didapatkan, makanya harganya sedang mahal," ujar Sunar, pedagang pengumpul telur bebek.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kardi Wasito menyarankan masyarakat setempat untuk tidak membeli telur bebek dari luar daerah itu.

Hal itu, demikian Kardi melanjutkan, karena banyak daerah di kabupaten/kota di Lampung terkena flu burung.

"Untuk menjaga hal tidak diinginkan saja," kata dia pula.

Kabupaten Waykanan yang per September 2012 tercatat memiliki itik betina produktif sebanyak 5.254 ekor dari 17.512 ekor bebek betina yang ada menurut Kardi juga, masih terbebas dari flu burung.

"Hal itu dikarenakan karena peternak tidak mengambil bebek dari Jawa yang pada awalnya terkena flu burung," kata dia.

Telur bebek menurut dia, aman dikonsumsi jika telah direbus dengan matang, kisaran 10 menit lebih setelah air mendidih untuk terhindar dari flu burung.

Perihal pencegahan flu burung di daerah itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta peternak rajin membersihkan kandang ternaknya, salah satunya dengan menggunakan deterjen. (ant/as)

Gubernur : Beri Perlakuan Khusus Pasien Terduga MERS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus minta dua jemaah haji asal Jambi yang merupakan suami-isteri yang diduga terinfeksi virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome) dan kini dirawat RSU Raden Mattaher Jambi diberi perlakuan khusus.

Menpora Dorong Optimalisasi Diklat Ragunan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendorong optimalisasi Diklat Ragunan Jakarta yang merupakan sekolah khusus olahragawan muda Indonesia sebelum terjun dilevel nasional maupun internasional.

Presiden Inginkan Upaya Nyata Penanganan Sinabung

Presiden Joko Widodo menginginkan adanya upaya nyata percepatan pelaksanaan rehabilitasi dan rekonstruksi terkait bencana erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara.

Legislator : Fungsi Kontrol Harus Dimaksimalkan

Anggota DPRD Kalimantan Timur Dahri Yasin, mengatakan fungsi pengawasan yang merupakan kewenangan yang diberikan oleh undang-undang untuk mengawasi kinerja pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan harus dimaksimalkan.

PPP Riau Versi Romi : Muktamar SDA Mubazir

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan versi Romahurmuziy menyatakan muktamar yang diselenggarakan oleh kubu Surya Dharma Ali, Jumat di Jakarta adalah sesuatu yang mubazir dan cenderung mengedepankan ego pribadi saja.