Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Telur Bebek di Waykanan Melonjak

harga telur, waykanan, telur bebek

Posted on 25 Jan 2013. Hits : 611

Harga telur itik/bebek di sejumlah pasar Kabupaten Waykanan, Lampung, melonjak dari Rp2.000 menjadi Rp2.500/butir seiring sedikitnya pasokan atas komoditas peternakan itu.

"Harganya sejumlah itu tidak bisa kurang lagi, saya susah mendapatkannya dan barang ini ambilnya dari jauh," ujar Wagini, pedagang telur di pasar Pemda Waykanan, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Sejumlah warga daerah itu mengaku akhir-akhir ini kesusahan mencari telur bebek untuk mereka konsumsi sejak merebaknya kasus flu burung yang melanda sebagian wilayah Lampung.

Adapun beberapa pedagang pengumpul di beberapa wilayah itu juga mengaku kesulitan mendapatkan pasokan atas komoditas itu.

"Telur bebek memang sedang susah didapatkan, makanya harganya sedang mahal," ujar Sunar, pedagang pengumpul telur bebek.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kardi Wasito menyarankan masyarakat setempat untuk tidak membeli telur bebek dari luar daerah itu.

Hal itu, demikian Kardi melanjutkan, karena banyak daerah di kabupaten/kota di Lampung terkena flu burung.

"Untuk menjaga hal tidak diinginkan saja," kata dia pula.

Kabupaten Waykanan yang per September 2012 tercatat memiliki itik betina produktif sebanyak 5.254 ekor dari 17.512 ekor bebek betina yang ada menurut Kardi juga, masih terbebas dari flu burung.

"Hal itu dikarenakan karena peternak tidak mengambil bebek dari Jawa yang pada awalnya terkena flu burung," kata dia.

Telur bebek menurut dia, aman dikonsumsi jika telah direbus dengan matang, kisaran 10 menit lebih setelah air mendidih untuk terhindar dari flu burung.

Perihal pencegahan flu burung di daerah itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta peternak rajin membersihkan kandang ternaknya, salah satunya dengan menggunakan deterjen. (ant/as)

Beijing Denda 1.600 Perusak Lingkungan

Pemerintah Kota Beijing sejak Maret 2014 mengeluarkan 1.

Pidato Pangeran William Di Tiongkok Dapat Sambutan Meriah

Pangeran William dari Inggris mendapat banjir pujian dari pengguna internet di Tiongkok, Kamis setelah ia mengunjungi pusat perlindungan gajah liar di negeri itu dan mengecam penyelundupan satwa liar yang disebutnya sebagai "kejahatan yang keji".

AGP Jual Beras Murah Di Jabodetabek

Lembaga nirlaba Artha Graha Peduli (AGP) menggelar operasi penjualan murah di sekitar 100 titik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang bertujuan meringankan beban masyarakat menyusul kenaikan harga beras yang terus melambung.

Pakar: Tiga Fase Membesarkan Anak Islami Di Barat

Pengamat pendidikan anak dari Aberdeen Dr Syeikh Ahmed El Maghrebi mengatakan ada tiga fase perkembangan anak yang perlu diperhatikan bagi orang tua yang ingin membesarkan anak di negara Barat seperti Inggris.

Kubu Aburizal Daftarkan Gugatan Baru Ke Pengadilan

Partai Golkar pimpinan Aburizal Bakrie mendaftarkan gugatan baru ke Pengadilan Negeri Jakarta Barat terkait polemik internal partai beringin, setelah sebelumnya mencabut pengajuan kasasi di Mahkamah Agung.