Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Telur Bebek di Waykanan Melonjak

harga telur, waykanan, telur bebek

Posted on 25 Jan 2013. Hits : 611

Harga telur itik/bebek di sejumlah pasar Kabupaten Waykanan, Lampung, melonjak dari Rp2.000 menjadi Rp2.500/butir seiring sedikitnya pasokan atas komoditas peternakan itu.

"Harganya sejumlah itu tidak bisa kurang lagi, saya susah mendapatkannya dan barang ini ambilnya dari jauh," ujar Wagini, pedagang telur di pasar Pemda Waykanan, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Jumat.

Sejumlah warga daerah itu mengaku akhir-akhir ini kesusahan mencari telur bebek untuk mereka konsumsi sejak merebaknya kasus flu burung yang melanda sebagian wilayah Lampung.

Adapun beberapa pedagang pengumpul di beberapa wilayah itu juga mengaku kesulitan mendapatkan pasokan atas komoditas itu.

"Telur bebek memang sedang susah didapatkan, makanya harganya sedang mahal," ujar Sunar, pedagang pengumpul telur bebek.

Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Peternakan dan Perikanan Kardi Wasito menyarankan masyarakat setempat untuk tidak membeli telur bebek dari luar daerah itu.

Hal itu, demikian Kardi melanjutkan, karena banyak daerah di kabupaten/kota di Lampung terkena flu burung.

"Untuk menjaga hal tidak diinginkan saja," kata dia pula.

Kabupaten Waykanan yang per September 2012 tercatat memiliki itik betina produktif sebanyak 5.254 ekor dari 17.512 ekor bebek betina yang ada menurut Kardi juga, masih terbebas dari flu burung.

"Hal itu dikarenakan karena peternak tidak mengambil bebek dari Jawa yang pada awalnya terkena flu burung," kata dia.

Telur bebek menurut dia, aman dikonsumsi jika telah direbus dengan matang, kisaran 10 menit lebih setelah air mendidih untuk terhindar dari flu burung.

Perihal pencegahan flu burung di daerah itu, ia mengatakan pihaknya telah meminta peternak rajin membersihkan kandang ternaknya, salah satunya dengan menggunakan deterjen. (ant/as)

PAN Siap Jadi Partai Oposisi

Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional menyatakan partainya siap untuk menjadi partai oposisi lima tahun ke depan jika Mahkamah Konstitusi (MK) memenangkan pasangan capres-cawapres, Jokowi-Jusuf Kalla.

KPU Siap Patuhi Puttusan MK

Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Barat menegaskan akan menerima dan siap mematuhi apapun hasil keputusan Mahkamah Konstitusi dalam sidang sengketa Pemilu Presiden yang di jadwalkan akan diputuskan hari ini (21/8).

Pengerjaan Jalan Terhambat

Penyelesaian pengerjaan pembukaan ruas jalan dari Kuala Kurun menuju Sei Hanyu hingga Tumbang Lahung Provinsi Kalimantan Tengah terancam akan mengalami keterlambatan akibat rasionalitas perubahan APBN tahun 2014.

Mukomuko Targetkan Pembahasan RAPBD 2015 Rampung Desember

DPRD Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, periode 2014-2019 menargetkan pembahasan Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah 2015 di daerah itu rampung pada Desember 2014.

352 Spesies Ikan Karang Ditemukan Perairan Sumbawa

Sebanyak 352 spesies yang berasal dari 123 genera dan 43 famili ikan karang ditemukan di perairan Pulau Sumbawa, demikian survei yang dilakukan oleh Wildlife Conservation Society.