Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Melonjak

kebutuhan pokok, purwokerto, harga kebutuhan pokok

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 532

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak.

Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga beras IR-64 mencapai Rp8.500 per kilogram, padahal dua pekan sebelumnya hanya Rp7.800-Rp8.000/kg.

Harga beras asalan (campuran) yang sebelumnya Rp7.200/kg, saat ini mencapai Rp8.000/kg.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari Rp8.000/kg menjadi Rp16.000/kg dan bawang putih dari Rp14.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Sementara harga daging sapi tetap sebesar Rp90.000/kg dan telur ayam berada pada kisaran Rp18.000-Rp19.000/kg.

Salah seorang pedagang sembako, Sarpini (45) mengatakan, kenaikan harga beras ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga beras di tingkat penggilingan naik.

"Kalaupun ada petani yang panen, hanya untuk kebutuhan sendiri sehingga pasokan gabah ke penggilingan berkurang. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik," katanya.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras ketan, yakni dari Rp8.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Pedagang lainnya, Sudiman (47) mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak awal Januari.

"Kulakannya saja sudah tinggi, sehingga jualnya juga tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang dan sejumlah sayuran ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terutama di daerah penghasil sayuran.

Secara terpisah, pedagang beras di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Karso mengatakan, kenaikan harga beras ditingkat penggilingan disebabkan naiknya harga gabah.

"Saat ini harga gabah kering giling (GKG) di penggilingan sudah mencapai Rp4.900/kg, padahal sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) hanya Rp4.300/kg," katanya. (ant/as)

ASDP Merak Larang Truk Masuk Dermaga

PT ASDP Merak pada H-4 atau Kamis (24/7) melarang truk ekpedisi masuk ke dermaga pelabuhan untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

PNS Barut Terima Gajji ke-13

Para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, telah menerima pembayaran gaji ke-13 melalui rekening masing-masing.

Tim Gabungan Sidak Sekolah Asing Denpasar

Tim gabungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Imigrasi, Kepolisian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Denpasar serta instansi terkait melakukan inspeksi mendadak ke lembaga sekolah-sekolah asing di daerah ini.

Demokrasi Indonesia Diakui Dunia

Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengatakan masyarakat internasional mengapresiasi dan mengakui kedewasaan demokrasi Indonesia yang dinilai telah berhasil melaksanakan pemilihan presiden 2014.

Stok Bawang di Babel Aman

Stok bawang di Provinsi Bangka Belitung sebanyak 47 ton atau cukup untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah karena pasokan dari daerah sentra produksi lancar.