Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Melonjak

kebutuhan pokok, purwokerto, harga kebutuhan pokok

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 542

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak.

Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga beras IR-64 mencapai Rp8.500 per kilogram, padahal dua pekan sebelumnya hanya Rp7.800-Rp8.000/kg.

Harga beras asalan (campuran) yang sebelumnya Rp7.200/kg, saat ini mencapai Rp8.000/kg.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari Rp8.000/kg menjadi Rp16.000/kg dan bawang putih dari Rp14.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Sementara harga daging sapi tetap sebesar Rp90.000/kg dan telur ayam berada pada kisaran Rp18.000-Rp19.000/kg.

Salah seorang pedagang sembako, Sarpini (45) mengatakan, kenaikan harga beras ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga beras di tingkat penggilingan naik.

"Kalaupun ada petani yang panen, hanya untuk kebutuhan sendiri sehingga pasokan gabah ke penggilingan berkurang. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik," katanya.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras ketan, yakni dari Rp8.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Pedagang lainnya, Sudiman (47) mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak awal Januari.

"Kulakannya saja sudah tinggi, sehingga jualnya juga tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang dan sejumlah sayuran ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terutama di daerah penghasil sayuran.

Secara terpisah, pedagang beras di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Karso mengatakan, kenaikan harga beras ditingkat penggilingan disebabkan naiknya harga gabah.

"Saat ini harga gabah kering giling (GKG) di penggilingan sudah mencapai Rp4.900/kg, padahal sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) hanya Rp4.300/kg," katanya. (ant/as)

Pemkab Bogor Perbaiki Infrastruktur Tingkatkan Investasi

Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat,terus melakukan perbaikan dan penambahan infrastruktur guna meningkatkan investasi di daerah itu.

Sembilan Kecamatan Di Lebak Rawan Longsor

Sembilan kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten masuk kategori daerah rawan longsor karena lokasinya berada di perbukitan, pegunungan serta daerah aliran sungai.

Pemkot Surakarta Anggarkan Rp2,5 Miliar Taman Cerdas

Pemkot Surakarta melalui APBD tahun 2015 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 miliar untuk mengembangkan Taman Cerdas Kelurahan Jebres, sebagai pembangunan lanjutan fasilitas pendidikan yang telah menelan anggaran sekitar Rp2,6 miliar.

Legislator Nilai Sekolah Terpadu Minim Pengajar Profesional

Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur Herman menilai sekolah terpadu yang berada di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara), khususnya Kabupaten Tana Tidung, masih minim tenaga pengajar profesional.

BPIB Kaltim Terima Abdi Bhakti Tani

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Pembibitan dan Inseminasi Buatan (BPIB) Api-Api Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, menerima penghargaan dari Menteri Pertanian RI berupa Abdi Bhakti Tani kategori pelayanan publik.