Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Melonjak

kebutuhan pokok, purwokerto, harga kebutuhan pokok

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 542

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak.

Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga beras IR-64 mencapai Rp8.500 per kilogram, padahal dua pekan sebelumnya hanya Rp7.800-Rp8.000/kg.

Harga beras asalan (campuran) yang sebelumnya Rp7.200/kg, saat ini mencapai Rp8.000/kg.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari Rp8.000/kg menjadi Rp16.000/kg dan bawang putih dari Rp14.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Sementara harga daging sapi tetap sebesar Rp90.000/kg dan telur ayam berada pada kisaran Rp18.000-Rp19.000/kg.

Salah seorang pedagang sembako, Sarpini (45) mengatakan, kenaikan harga beras ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga beras di tingkat penggilingan naik.

"Kalaupun ada petani yang panen, hanya untuk kebutuhan sendiri sehingga pasokan gabah ke penggilingan berkurang. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik," katanya.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras ketan, yakni dari Rp8.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Pedagang lainnya, Sudiman (47) mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak awal Januari.

"Kulakannya saja sudah tinggi, sehingga jualnya juga tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang dan sejumlah sayuran ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terutama di daerah penghasil sayuran.

Secara terpisah, pedagang beras di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Karso mengatakan, kenaikan harga beras ditingkat penggilingan disebabkan naiknya harga gabah.

"Saat ini harga gabah kering giling (GKG) di penggilingan sudah mencapai Rp4.900/kg, padahal sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) hanya Rp4.300/kg," katanya. (ant/as)

PMKS Masih Marak di Jakarta Pusat

Meskipun sudah sering ditindak, kehadiran para penyandang masalah kesejahteraan sosial atau PMKS masih marak di ibukota.

‎Ahok: Rp1,35 T Dialokasikan untuk PSO

Public Service Obligation sebesar Rp1,35 triliun akan dianggarkan demi membuat pelayanan transportasi publik Jakarta lebih dapat diandalkan.

Parkir Ilegal, Ratusan Mobil Diderek Paksa

Walaupun para pejabat dari Sub Dinas Komunikasi Jakarta Utara telah secara intensif menyampaikan larangan parkir ilegal di wilayah mereka, sebagian warga tampak tidak mengindahkannya.

Pertamina Fokuskan CSR Madura Pada Pengembangan UMKM

PT Pertamina Hulu Energi (PHE) West Madura Offshore (WMO) tahun ini akan memfokuskan pembagian "tanggung jawab sosial perusahaan atau "corporate social responsibility" (CSR) di Madura, Jawa Timur pada pengembangan dan pembinaan UMKM.

Pelindo Bangun Pelabuhan Petikemas Modern di Kendari

PT Pelabuhan Indonesia IV akan membangun pelabuhan peti kemas modern di Kawasan Bungkutoko, Kecamatan Abeli, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan nilai investasi sekitar Rp630 miliar.