Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Melonjak

kebutuhan pokok, purwokerto, harga kebutuhan pokok

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 542

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak.

Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga beras IR-64 mencapai Rp8.500 per kilogram, padahal dua pekan sebelumnya hanya Rp7.800-Rp8.000/kg.

Harga beras asalan (campuran) yang sebelumnya Rp7.200/kg, saat ini mencapai Rp8.000/kg.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari Rp8.000/kg menjadi Rp16.000/kg dan bawang putih dari Rp14.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Sementara harga daging sapi tetap sebesar Rp90.000/kg dan telur ayam berada pada kisaran Rp18.000-Rp19.000/kg.

Salah seorang pedagang sembako, Sarpini (45) mengatakan, kenaikan harga beras ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga beras di tingkat penggilingan naik.

"Kalaupun ada petani yang panen, hanya untuk kebutuhan sendiri sehingga pasokan gabah ke penggilingan berkurang. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik," katanya.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras ketan, yakni dari Rp8.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Pedagang lainnya, Sudiman (47) mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak awal Januari.

"Kulakannya saja sudah tinggi, sehingga jualnya juga tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang dan sejumlah sayuran ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terutama di daerah penghasil sayuran.

Secara terpisah, pedagang beras di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Karso mengatakan, kenaikan harga beras ditingkat penggilingan disebabkan naiknya harga gabah.

"Saat ini harga gabah kering giling (GKG) di penggilingan sudah mencapai Rp4.900/kg, padahal sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) hanya Rp4.300/kg," katanya. (ant/as)

Wali Kota : Pasar Murah Antisipasi Lonjakan Harga

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyatakan strategi mengantisipasi lonjakan harga menjelang lebaran dan laju inflasi dilakukan dengan menggelarpasar murah.

Kubu Raya Laksanakan Kembali Program Padat Karya

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, akan kembali melaksanakan program padat karya sebagai upaya mempercepat pembangunan di setiap desa yang ada di kabupaten itu.

Kekerasan Seksual Terhadap Anak Di Papua Meningkat

Kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan di Provinsi Papua meningkat tajam sejak setahun terakhir, kata Kepala Sub Bidang (Kasubid) Penanganan Kekerasan terhadap Anak dan Masalah Sosial Anak Provinsi Papua, Levina Kalansina Sawaki.

Luas Panen Berkurang Produksi Kacang Hijau Turun

Penurunan produksi kacang hijau di Provinsi Papua disebabkan berkurangnya luas panen sebesar 28 hektar atau sekitar 9,06 persen.

Dispenda Jemput Bola Dongkrak Pad Rp2,9 Triliun

Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Riau menggunakan sistim menjemput bola atas potensi pajak sejumlah perusahaan besar di daerah itu, guna dongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) sesuai target Rp2,9 triliun.