Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Purwokerto Melonjak

kebutuhan pokok, purwokerto, harga kebutuhan pokok

Posted on 22 Jan 2013. Hits : 542

Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melonjak.

Di Pasar Wage, Purwokerto, Selasa, harga beras IR-64 mencapai Rp8.500 per kilogram, padahal dua pekan sebelumnya hanya Rp7.800-Rp8.000/kg.

Harga beras asalan (campuran) yang sebelumnya Rp7.200/kg, saat ini mencapai Rp8.000/kg.

Selain beras, kenaikan harga juga terjadi pada bawang merah dari Rp8.000/kg menjadi Rp16.000/kg dan bawang putih dari Rp14.000/kg menjadi Rp28.000/kg.

Sementara harga daging sapi tetap sebesar Rp90.000/kg dan telur ayam berada pada kisaran Rp18.000-Rp19.000/kg.

Salah seorang pedagang sembako, Sarpini (45) mengatakan, kenaikan harga beras ini disebabkan berkurangnya pasokan dari petani sehingga harga beras di tingkat penggilingan naik.

"Kalaupun ada petani yang panen, hanya untuk kebutuhan sendiri sehingga pasokan gabah ke penggilingan berkurang. Akibatnya, harga beras di penggilingan naik," katanya.

Bahkan, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada beras ketan, yakni dari Rp8.000/kg menjadi Rp12.000/kg.

Pedagang lainnya, Sudiman (47) mengatakan, kenaikan harga bawang merah dan bawang putih sudah terjadi sejak awal Januari.

"Kulakannya saja sudah tinggi, sehingga jualnya juga tinggi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga bawang dan sejumlah sayuran ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi terutama di daerah penghasil sayuran.

Secara terpisah, pedagang beras di Desa Mandirancan, Kecamatan Kebasen, Banyumas, Karso mengatakan, kenaikan harga beras ditingkat penggilingan disebabkan naiknya harga gabah.

"Saat ini harga gabah kering giling (GKG) di penggilingan sudah mencapai Rp4.900/kg, padahal sesuai HPP (harga pembelian pemerintah) hanya Rp4.300/kg," katanya. (ant/as)

Mahasiswa Didorong Maksimalkan Kreativitas

Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Islam Indonesia Yogyakarta didorong memaksimalkan kreativitas karena untuk menghasilkan ide-ide baru yang kemudian diwujudkan dalam karya merupakan hal penting bagi arsitek.

Jateng Fair 2014 Gagal Capai Target

Target transaksi Jateng Fair 2014 tidak tercapai karena jumlah pengunjungnya yang juga tidak sesuai dengan target awal, ujar Direktur Utama PT PRPP Jateng Titah Listyorini.

Pejabat Diminta Melek Internet

Seluruh pejabat di Kota Tangerang diminta melek internet dan menggunakannya dalam pelayanan publik.

Karnaval Dan Pameran Kota Hijau Di Metro

Pameran dan Karnaval Kota Hijau Metro 2014 yang diselenggarakan oleh Forum Komunitas Hijau Kota Metro dan Sekolah Sobat Bumi digelar Minggu.

Tiongkok Gelar Pameran Foto Sejarah Jakarta

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok menggelar pameran foto tentang 35 tahun kilas balik sejarah perkembangan kehidupan masyarakat Tiongkok di auditorium Museum Nasional, Jakarta, pada 22-25 September 2014.