Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Karet di Lampung Selatan Turun

karet, harga karet

Posted on 28 Nov 2012. Hits : 503

Harga getah karet di tingkat petani di Kabupaten Lampung Selatan turun dalam sepekan terakhir karena mutu komoditas perkebunan tersebut sedang kurang baik.

"Kadar air mulai tinggi saat memasuki musim hujan ini yang membuat harga karet basah turun tipis dari Rp7.000 per kilogram menjadi Rp6.500 per kilogram," kata Eko Putro, salah satu petani di Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu.

Namun, pendapatan petani karet cenderung meningkat memasuki musim penghujan ini karena tetesan getah leboh banyak dibandingkan sebelumnya saat minim curah hujan.

"Sepekan ini lah getah mulai banyak dan pendapatan petani meningkat hingga 25 persen," kata dia.

Dalam tiga hari, biasanya mendapatkan getah karet basah sebanyak 30 kilogram, namun semenjak ada hujan naik menjadi sekitar 40 kilogram karena getah lebih deras.

"Namun kata dia pendapatan petani akan lebih tinggi jika didukung dengan kenaikan harga karet di petani," ujar dia.

Petani setempat lainnya, Suradi mengatakan, petani karet saat memang selalu mengalami kesulitan baik saat musim kemarau maupun musim hujan.

"Jika musim kemarau getah sedikit sedangkan musim hujan terkendala menyadap dan harga karet rendah akibat tingginya kadar air," ujar dia.

Ia berharap, harga karet basah bisa lebih tinggi minimal Rp10.000 per kilogram dan karet kering Rp15.000 per kilogram agar kehidupan petani lebih sejahtera, karena saat ini karet basah hanya pada kisaran Rp6.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp9.500 per kilogram.

"Petani merasakan puncak harga karet tiga tahun lalu karena getah karet basah mencapai Rp14.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp25.000 per kilogram," ujar dia.

Berdasarkan data luas perkebunan karet milik penduduk di Kabupaten Lampung Selatan mencapai 3.235 hektare dengan produktivitas 689,2 per hektare. (ant/as)

Kemenkeu Siapkan Sdm Untuk Persiapan PPP Center

Kementerian Keuangan menyiapkan sumber daya manusia bagi pembentukan Public Private Partnership (Kerjasama Pemerintah Swasta) Center pada 2015 yang didirikan untuk mempermudah dan mempercepat pembangunan sarana infrastruktur.

Dishub Diminta Menindak Truk Bermuatan Melebihi Tonase

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta Dinas Perhubungan menindak truk bermuatan pasir yang kemungkinan melebihi tonase yang melintas di sejumlah ruas jalan di wilayah setempat.

BPBD : 200 Desa Di NTB Alami Kekeringan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nusa Tenggara Barat menyatakan jumlah desa yang terkena dampak kekeringan di wilayah itu terus bertambah menjadi 200 desa.

Kutai Timur Tambah Rp12 M Selesaikan Pelabuhan

Pemkab Kutai Timur akan menambah anggaran sebesar Rp12 miliar untuk menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Sangatta melalui APBD 2015.

Kemenakertrans Berikan Bantuan Bagi SD Permukiman Transmigrasi

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi memberikan paket bantuan pendidikan untuk 29 sekolah dasar yang berada di wilayah permukiman transmigrasi di Nusa Tenggara Barat.