Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Karet di Lampung Selatan Turun

karet, harga karet

Posted on 28 Nov 2012. Hits : 503

Harga getah karet di tingkat petani di Kabupaten Lampung Selatan turun dalam sepekan terakhir karena mutu komoditas perkebunan tersebut sedang kurang baik.

"Kadar air mulai tinggi saat memasuki musim hujan ini yang membuat harga karet basah turun tipis dari Rp7.000 per kilogram menjadi Rp6.500 per kilogram," kata Eko Putro, salah satu petani di Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu.

Namun, pendapatan petani karet cenderung meningkat memasuki musim penghujan ini karena tetesan getah leboh banyak dibandingkan sebelumnya saat minim curah hujan.

"Sepekan ini lah getah mulai banyak dan pendapatan petani meningkat hingga 25 persen," kata dia.

Dalam tiga hari, biasanya mendapatkan getah karet basah sebanyak 30 kilogram, namun semenjak ada hujan naik menjadi sekitar 40 kilogram karena getah lebih deras.

"Namun kata dia pendapatan petani akan lebih tinggi jika didukung dengan kenaikan harga karet di petani," ujar dia.

Petani setempat lainnya, Suradi mengatakan, petani karet saat memang selalu mengalami kesulitan baik saat musim kemarau maupun musim hujan.

"Jika musim kemarau getah sedikit sedangkan musim hujan terkendala menyadap dan harga karet rendah akibat tingginya kadar air," ujar dia.

Ia berharap, harga karet basah bisa lebih tinggi minimal Rp10.000 per kilogram dan karet kering Rp15.000 per kilogram agar kehidupan petani lebih sejahtera, karena saat ini karet basah hanya pada kisaran Rp6.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp9.500 per kilogram.

"Petani merasakan puncak harga karet tiga tahun lalu karena getah karet basah mencapai Rp14.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp25.000 per kilogram," ujar dia.

Berdasarkan data luas perkebunan karet milik penduduk di Kabupaten Lampung Selatan mencapai 3.235 hektare dengan produktivitas 689,2 per hektare. (ant/as)

KNPI-BSMI Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) melaksanakan pengobatan gratis untuk pengungsi Rohingya, Myanmar dan Banglades yang di pusatkan di kamp penampungan Kuala Langsa, Kota Langsa.

Harman Pilih Demokrat Untuk Maju Pilkada Inhu

Harman Harmaini mendaftarkan diri ke Partai Demokrat sebagai salah satu bakal calon Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau guna mengikuti pemilihan kepala daerah pada Desember 2015 mendatang.

Jambi Usulkan Ranperda Perlindungan Sapi Produktif

Pemerintah Provinsi Jambi mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke DPRD Provinsi Jambi tentang Pengendalian Ternak Sapi dan Kerbau Betina Produktif guna melindungi sapi dan kerbau usia produktif agar tidak lagi dipotong.

Merangin Jambi Bekerjasama Dengan Kejari Bangko

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, Provinsi Jambi, melakukan kerja sama bidang perdata dan tata usaha negara dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangko guna mewujudkan azas umum pemerintahan yang baik.

Disperindag : Bengkalis Bebas Dari Beras Sintetis

Pejabat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menyebutkan daerah itu bebas dari peredaran beras sintetis atau beras berbahan baku plastik.