Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Karet di Lampung Selatan Turun

karet, harga karet

Posted on 28 Nov 2012. Hits : 503

Harga getah karet di tingkat petani di Kabupaten Lampung Selatan turun dalam sepekan terakhir karena mutu komoditas perkebunan tersebut sedang kurang baik.

"Kadar air mulai tinggi saat memasuki musim hujan ini yang membuat harga karet basah turun tipis dari Rp7.000 per kilogram menjadi Rp6.500 per kilogram," kata Eko Putro, salah satu petani di Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan, saat dihubungi dari Bandarlampung, Rabu.

Namun, pendapatan petani karet cenderung meningkat memasuki musim penghujan ini karena tetesan getah leboh banyak dibandingkan sebelumnya saat minim curah hujan.

"Sepekan ini lah getah mulai banyak dan pendapatan petani meningkat hingga 25 persen," kata dia.

Dalam tiga hari, biasanya mendapatkan getah karet basah sebanyak 30 kilogram, namun semenjak ada hujan naik menjadi sekitar 40 kilogram karena getah lebih deras.

"Namun kata dia pendapatan petani akan lebih tinggi jika didukung dengan kenaikan harga karet di petani," ujar dia.

Petani setempat lainnya, Suradi mengatakan, petani karet saat memang selalu mengalami kesulitan baik saat musim kemarau maupun musim hujan.

"Jika musim kemarau getah sedikit sedangkan musim hujan terkendala menyadap dan harga karet rendah akibat tingginya kadar air," ujar dia.

Ia berharap, harga karet basah bisa lebih tinggi minimal Rp10.000 per kilogram dan karet kering Rp15.000 per kilogram agar kehidupan petani lebih sejahtera, karena saat ini karet basah hanya pada kisaran Rp6.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp9.500 per kilogram.

"Petani merasakan puncak harga karet tiga tahun lalu karena getah karet basah mencapai Rp14.000 per kilogram sedangkan karet kering Rp25.000 per kilogram," ujar dia.

Berdasarkan data luas perkebunan karet milik penduduk di Kabupaten Lampung Selatan mencapai 3.235 hektare dengan produktivitas 689,2 per hektare. (ant/as)

BLH Hentikan Pembangunan Jalan Melintas Hutan Lindung

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menghentikan pembangunan jalan yang melintasi hutan lindung Sungai Manggar sepanjang 6,8 kilometer setelah dua bulan dilaksanakan pembangunan.

DKJ Buka Pekan Komponis Dengan Peluncuran Antologi

Dewan Kesenian Jakarta membuka Pekan Komponis Indonesia 2014 dengan peluncuran 'Antologi Musik Klasik Indonesia Seri 1 Vokal dan Piano Seriosa' di Taman Ismail Marzuki (TIM), Selasa.

JPP : Mayoritas Pemilih Tak Tagih Janji Kampanye

Sekitar 85 persen pemilih tidak pernah menagih janji kampanye calon anggota legislatif, setelah mereka terpilih, kata peneliti Jurusan Politik dan Pemerintahan Universitas Gadjah Mada Nur Azizah.

Pemkot Bekasi Libatkan Pengelola Tol Benahi Saluran

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, akan melibatkan PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol untuk melakukan normalisasi sejumlah saluran air yang bersinggungan dengan lintasan tol.

BP Batam-ANRI Perpanjang Kerja Sama Pengelolaan Arsip

Badan Pengusahaan Batam bersepakat untuk meneruskan kerja sama dalam pengelolaan arsip dari lembaga tersebut yang selama ini sudah terjalin.