Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

PM Turki Bentuk Pemerintah Sementara Bagi Pemilu Dini

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu pada Jumat (28/8) membentuk pemerintah sementara pembagian kekuasaan untuk memerintah sampai pemilihan umum sela yang dijadwalkan digelar pada 1 November.

BPLHD Bandung Imbau Hotel Bijak Kelola Air

Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Kota Bandung mengimbau pengusaha hotel dan bisnis penginapan sejenis untuk mengelola air dengan bijak mengingat kemarau panjang telah menyebabkan kekeringan di sejumlah daerah.

Pemerintah Florida Umumkan Keadaan Darurat Sebelum Topan Mendarat

Gubernur Florida Rick Scott pada Jumat (28/8) mengumumkan keadaan darurat, sebelum topan tropis diperkirakan menerjang daerah tersebut mulai Ahad sampai pekan depan dan menimbulkan 'ancaman besar terhadap seluruh negara bagian itu'.

Harga Minyak Cetak Kenaikan Besar Untuk Hari Kedua

Harga minyak mentah dunia mencetak kenaikan besar untuk hari kedua berturut-turut pada Jumat (Sabtu pagi WIB), menutup seminggu yang liar karena para pedagang tampak memandang penurunan tajam baru-baru ini sebagai berlebihan.

Pemimpin Prancis-Austria Berikrar Akan Perangi Penyelundup Migran

Presiden Prancis Francois Hollande dan Kanselir Austria Werner Faymann, Jumat (28/8), membahas melalui telepon krisis migran yang memburuk setelah polisi Austria menemukan 71 migran yang tewas di dekat perbatasan Hongaria pada Kamis.