Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

UMP Jambi Naik Menjadi Rp1,7 Juta

Upah Minimum Provinsi (UMP) Jambi pada ditetapkan sebesar Rp1.

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore Mundur

Presiden Burkina Faso Blaise Compaore mengumumkan Jumat bahwa dia mengundurkan diri untuk memberi jalan bagi penyelenggaraan pemilihan menyusul pergolakan terhadap kekuasaannya yang telah berlangsung 27 tahun.

Disperindagkop Bantul Menjamin Stok BBM Bersubsidi Aman

Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin stok bahan bakar minyak bersubsidi jenis premium untuk wilayah ini masih aman dan mencukupi kebutuhan konsumen.

Solo Ikutsertakan Enam Lokasi 'Soekarno Heritage Awards'

Pemerintah Kota Solo mengikutsertakan enam lokasi yang pernah menjadi tempat favorit mantan Presiden Soekarno (Bung Karno) dalam kontes 'Soekarno Heritage Awards' pada November 2014.

Buruh : Penetapan KHL Jakarta Bentuk Arogansi Pemerintah

Anggota Dewan Pengupahan DKI Jakarta dari unsur buruh, Dedi Hartono, mengatakan penetapan kebutuhan hidup layak (KHL) di wilayah tersebut senilai Rp2,448 juta merupakan bentuk arogansi pemerintah.