Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Produsen Tempe Tahu di Jakarta Dipantau

Untuk memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi masyarakat, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melakukan pemantauan langsung ke perajin tempe dan tahu di Kelurahan Duren Tiga, Pancoran, Selasa (30/6).

Saluran Pademangan Tersumbat Sampah

Kebiasaan warga membuang sampah sembarangan mengakibatkan saluran air di wilayah RT 13/01, Kelurahan Pademangan Timur, Pademangan, Jakarta Utara, tersumbat.

Pengemudi Bus AKAP Akan Jalani Tes Kesehatan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama instansi terkait siap menggelar Angkutan Lebaran Nasional Terpadu Tahun 2015.

Pemkot Bitung Sosialisasikan Restatement Neraca TA 2014

Pemerintah Kota Bitung menyosialisasikan Pedoman Penyajian Kembali (Restatement) Neraca Pemerintah setempat untuk Tahun Anggaran 2014, berlangsung di gedung BPU, Senin (29/6).

Dishub Bekasi Mulai Pasang Rambu Jalur Mudik

Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mulai memasang sejumlah rambu portabel di sepanjang lintas arus mudik yang menghubungkan Jakarta dan Pantura guna meminimalisir angka kecelakaan.