Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Pekanbaru Siap Jadi Lokasi Kantor Komwil I APEKSI

Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mengaku siap jika dipercaya menjadi lokasi perkantoran Komisariat Wilayah Satu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang membawahi lima Provinsi.

Syahrul : Saya Kutuk Golkar Tidak Ikut Pilkada

Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo akan mengutuk para elit yang bertikai apabila Golkar tidak diikutkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 9 Desember 2015.

Gerindra Berharap Prabowo Tetap Maju Jadi Capres

Partai Gerakan Indonesia Raya berharap agar Prabowo Subianto tetap maju menjadi calon presiden pada pemilihan umum 2019 untuk menebus kegagalan pada Pemilu 2014.

Rapimda Gerindra Sulsel Bahas Pengusulan Balon Bupati

Rapat Pimpinan Daerah Partai Gerindra Sulawesi Selatan banyak membahas mengenai posisi Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dalam pengusulan bakal calon kepala daerah akhir tahun ini.

Harga Komoditas Vanili Di Sulut Bertahan

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Darwin Muksin mengatakan, harga komoditas vanili di sentra perdagangan Kota Manado, Provinsi Sulut, hingga pekan ketiga April terus bertahan di level Rp250.