Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Jalintim Di Mesuji Rusak Ganggu Pengguna Jalan

Kerusakan jalan lintas timur Sumatera yang berada di Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung yang berbatasan dengan Sumatera Selatan dikeluhkan pengguna jalan karena mengganggu kelancaran dan keselamatan mereka.

Pemimpin Syiah Irak, Moqtada As-sadr, Serukan Pembaruan Pemerintah

Pemimpin Syiah Irak, Moqtada As-Sadr, pada Sabtu (13/2) menyerukan pembaruan pemerintah, dan menegaskan perlunya bagi pemerintah teknokrat serta tuntutan lain di dalam usulnya.

Jokowi Akan Bahas Keamanan Dengan Pemimpin As-Asean

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membahas masalah keamanan kawasan dengan pemimpin Amerika Serikat dan ASEAN dalam KTT ASEAN di California, Aerika Serikat, 15 hingga 16 Februari 2016.

Bupati : Perlu Sodetan Tangani Banjir Di Pemuteran

Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mengatakan perlu sodetan untuk mengalirkan airke laut menanggulangi masalah banjir di objek wisata Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Kementan Alokasikan Rp38 Juta Bantu Petani Bawang

Kementerian Pertanian mengalokasikan dana Rp38 juta per hektare untuk membantu petani bawang merah dan cabai agar mampu meningkatkan produktivitas komoditas strategis tersebut sehingga stok nasional tercukupi.