Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Rio Haryanto Start Ke-19 Di Belgia

Pebalap nasional Rio Haryanto menempati start pada posisi ke-19 pada race pertama atau 'feature race' seri kedelapan lomba balap mobil GP2 Series di Rio Haryanto, Sabtu waktu setempat.

RAPP Investasi Teknologi Pengatur Air Gambut Otomatis

Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memperbarui manajemen ketinggian air di lahan gambut dengan sistem pintu air otomatis.

Gubernur Kalteng Janji Bantu Wartawan

Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang berjanji akan mendukung dan siap membantu upaya peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan di daerahnya.

Pemkab Badung Larang Pungutan Sosialisasi Kurikulum 2013

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melarang adanya praktik pungutan liar kepada siswa atau orang tua siswa untuk sosialisasi kurikulum 2013.

Gerakan Jumat Bersih Cegah Penyebaran DBD

Gerakan Jumat Bersih yang dicanangkan Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya dapat mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue di daerah itu.