Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Presiden Hadi Bertemu Menlu Somalia Bahas Kerja Sama Bilateral

Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi Rabu bertemu dengan Menteri Luar Negeri Somalia Abdirahman Duale Beyle, yang saat ini mengunjungi Yaman.

Kota Pagaralam Sumsel Daerah Penghasil Strawbery

Lereng Gunung Dempo di Wilayah Kota Pagaralam Sumatera Selatan merupakan daerah selain memproduksi teh, juga terdapat perkebunan strawbery.

Pemkab Bangka Sediakan 10 Unit Mobil

Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan 10 unit mobil jenis pick-up guna kendaraan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Babel Akan Moratorium Pengiriman Timah

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memoratorium pengiriman timah ke luar negeri dalam mengantisipasi turunnya harga timah.

Kanada Lanjutkan Bantuan Burkina Faso Setelah Pemerintah Sipil Dipulihkan

Kanada mencabut penghentian bantuan kepada Burkina Faso, Kamis, dan mengatakan pihaknya puas bahwa pemerintahan sipil telah dipulihkan setelah pihak militer merebut kekuasaan bulan lalu.