Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Jeruk di Medan Melonjak

harga jeruk, medan, buah impor

Posted on 26 Mar 2013. Hits : 457

Harga jeruk manis Berastagi di Medan melonjak hingga hampir 100 persen menyusul masa panen raya yang sudah berlalu di tengah kebutuhan yang meningkat pascadiperketatnya impor buah.

"Harga jeruk memang terus naik atau sudah paling murah untuk ukuran kecil Rp15.000,00 per kg dari sebelumnya hanya Rp8.000,00 per kg. Penyebabnya karena pasokan sangat sedikit dari Kabupaten Karo," kata pedagang buah di Pasar Inpres, Titi Kuning, M br Ginting, di Medan, Selasa.

Harga buah jeruk itu sudah naik sejak Februari dengan dalih pemasok produksi tinggal sedikit setelah masa panen raya habis pada Januari 2013.

Tidak hanya jeruk yang mahal, tetapi hampir semua jenis buah-buahan lokal harganya naik karena permintaan banyak setelah harga buah impor juga naik tajam akibat adanya pengetatan impor.

Petani jeruk di Berastagi, Sadrah, mengakui bahwa masa panen raya jeruk berlalu Januari lalu dan dewasa ini produksi hanya seidkit.

"Setiap tahun hanya dua kali masa panen besar yakni Desember- Januari dan Juli-Agustus.Sekarang, kalaupun ada buahnya tidak banyak," katanya.

Dengan tidak adanya buah, harga jual tentunya naik.

Di tingkat petani dewasa ini, kata dia harga jeruk Rp8.000,00-Rp10.000.00 per kg.

Pelaksana Tugas (Plt) Balai Benih Induk Kutagadung Berastagi, Jonni Akim Purba, menyebutkan, selain masa panen sudah habis, produksi jeruk di Karo yang berkurang akibat produktivitas tanaman semakin rendah.

Produktivitas yang rendah itu karena selain tanaman sudah tua, juga karena gangguan hama lalat buah yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir.

Dari sekitar 2.000-an hektare kebun jeruk di Berastagi, 25 persen di antaranya sudah tidak lagi produktif dan harus segera diremajakan. (ant/as)

Eva : Tawaran Menteri Untuk Gerindra Biasa Saja

Juru bicara PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari menilai tawaran menteri dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Partai Gerindra merupakan hal yang biasa saja jika dilakukan, karena Jokowi bukan tipikal orang yang pendendam terhadap lawan politiknya.

Permintaan Permata Kalimaya Di Lebak Cukup Tinggi

Permintaan permata kalimaya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, cukup tinggi sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pembangunan Fisik Underpass Tambun Bergulir

Pembangunan fisik proyek Underpass Tambun di Jalan Sultan Hassanudin Tambun, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, muai bergulir.

150 Bangunan Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 150 bangunan di tiga kelurahan di Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Jawa Barat rusak setelah diterjang angin puting beliung, Sabtu.

Diknas Mukomuko Minta Kepsek Laporkan Guru 'Membolos'

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko Nur Hasni meminta kepada kepala sekolah melaporkan guru yang tidak pernah mengajarkan siswa alias 'membolos'.