Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Daging Ayam Picu Inflasi Kota Malang

kota malang, harga ayam, inflasi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 419

Harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir menjadi pemicu terbesar terjadinya inflasi pada Januari di Kota Malang, Jawa Timur, yang mencapai 0,97 persen.

Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatima Setyorini di Malang, Rabu, mengatakan harga daging ayam ras beberapa pekan terakhir terus naik, meski hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru sudah berlalu.

Harga daging ayam ras di pasar tradisional saat ini rata-rata mencapai Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya pada kisaran Rp24 rib hingga Rp25 ribu.

"Kelompok bahan makanan terutama bahan makanan yang harganya ditentukan oleh pasar (volatile price) mendominasi kenaikan harga pada awal tahun ini," katanya.

Selain harga daging ayam ras, katanya, telur ayam, cabai rawit, bawang merah, tomat, bawang putih, selada, dan kelapa juga memberikan andil cukup besar terhadap inflasi di daerah itu.

Menurut dia, secara year on year (yoy), Januari 2012 terhadap Januari 2013, kenaikan harga berbagai komoditas di Malang mencapai 5,30 persen.

Ia mengemukakan, jika tarif angkutan udara pada Desember 2012 menyumbang angka inflasi cukup tinggi, pada Januari justru terjadi deflasi sebesar -0,1036 persen.

Kondisi itu, katanya, karena kegiatan wisata dan liburan Natal maupun Tahun Baru sudah berakhir, sehingga harga tiket juga turun.

Dari tujuh kota di Jatim yang menjadi acuan indeks harga konsumen (IHK), kenaikan harga tertinggi terjadi di Jember yang mencapai 1,17 persen dan terendah di Surabaya, yakni 0,89 persen.

Meski inflasi di Kota Malang pada Januari cukup tinggi, ternyata masih di bawah inflasi Jatim yang mencapai 0,97 persen dan nasional sebesar 1,03 persen. Inflasi Kota Malang pada Desember 2012 mencapai 0,70 persen. (ant/as)

DPRD Palangka Raya : Perhatikan Sarana Olahraga

Anggota DPRD Palangka Raya, Kalimantan Tengah berharap pemerintah kota maupun provinsi bisa lebih memerhatikan serta meningkatkan sarana dan prasarana olahraga yang ada di daerah itu.

Labuhanbatu Siap Sambut Kesepakatan Masyarakat Ekonomi Asean

Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara, telah mempersiapkan diri menyambut berlakunya kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (Association of South East Asia Nations) tahun 2015.

BPKP Sarankan Kutai Kartanegara Perbaiki Penyusunan APBD

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Kalimantan Timur menyarankan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan perbaikan dalam penyusunan serta pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Calon Menteri Nasdem Ikuti Perkembangan Pengumuman Kabinet

Calon menteri dari Partai Nasional Demokrat seperti Siti Nurbaya, Ferry Mursyidan Baldan dan Enggartiasto Lukita terus mengikuti perkembangan pengumuman kabinet bentukan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla yang rencananya diumumkan Jumat malam.

Tokyo Ska Paradise Menghentak Di Soundsfair

Kelompok musik beraliran ska dan jazz Tokyo Ska Paradise Orchestra (TSPO) atau Skapara menghentak penonton yang memenuhi ruang Cenderawasih 1 dan 2 Jakarta Convention Center dalam gelaran musik Soundsfair 2014, Jumat malam.