Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Daging Ayam Picu Inflasi Kota Malang

kota malang, harga ayam, inflasi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 419

Harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir menjadi pemicu terbesar terjadinya inflasi pada Januari di Kota Malang, Jawa Timur, yang mencapai 0,97 persen.

Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatima Setyorini di Malang, Rabu, mengatakan harga daging ayam ras beberapa pekan terakhir terus naik, meski hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru sudah berlalu.

Harga daging ayam ras di pasar tradisional saat ini rata-rata mencapai Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya pada kisaran Rp24 rib hingga Rp25 ribu.

"Kelompok bahan makanan terutama bahan makanan yang harganya ditentukan oleh pasar (volatile price) mendominasi kenaikan harga pada awal tahun ini," katanya.

Selain harga daging ayam ras, katanya, telur ayam, cabai rawit, bawang merah, tomat, bawang putih, selada, dan kelapa juga memberikan andil cukup besar terhadap inflasi di daerah itu.

Menurut dia, secara year on year (yoy), Januari 2012 terhadap Januari 2013, kenaikan harga berbagai komoditas di Malang mencapai 5,30 persen.

Ia mengemukakan, jika tarif angkutan udara pada Desember 2012 menyumbang angka inflasi cukup tinggi, pada Januari justru terjadi deflasi sebesar -0,1036 persen.

Kondisi itu, katanya, karena kegiatan wisata dan liburan Natal maupun Tahun Baru sudah berakhir, sehingga harga tiket juga turun.

Dari tujuh kota di Jatim yang menjadi acuan indeks harga konsumen (IHK), kenaikan harga tertinggi terjadi di Jember yang mencapai 1,17 persen dan terendah di Surabaya, yakni 0,89 persen.

Meski inflasi di Kota Malang pada Januari cukup tinggi, ternyata masih di bawah inflasi Jatim yang mencapai 0,97 persen dan nasional sebesar 1,03 persen. Inflasi Kota Malang pada Desember 2012 mencapai 0,70 persen. (ant/as)

Arema Hentikan Berburu Pemain Asing

Manajemen Arema Cronus Indonesia Malang, Jawa Timur, menghentikan perburuannya untuk mendapatkan pemain asing karena kuota tiga pemain sudah terisi dan dipastikan bergabung dengan Singo Edan pada musim kompetisi 2015.

Pemain Korea Kunci Kemenangan Swansea

Gol yang dicetak pemain Korea Ki Sung-yueng pada babak pertama mengakhiri dua kekalahan beruntun Swansea, ketika mereka menang 1-0 atas Hull pada laga liga utama Inggris, Sabtu.

DPRD Kalsel Sosialisasikan Peraturan Pertanahan

Komisi I (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD Provinsi Kalimantan Selatan menyosialisasikan peraturan yang berkaitan dengan pertanahan.

Roma Ditahan Imbang AC Milan

AC Milan memberikan hasil imbang di kandang sendiri untuk pertama kalinya bagi AS Roma di musim ini, untuk membuat pasukan Rudi Garcia tertinggal tiga angka dari pemuncak klasemen Juventus pada Sabtu (Minggu WIB).

Pertanian Lampung Timur Didominasi Tanaman Pangan

Budidaya komoditas pertanian di Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung masih didominasi subsektor tanaman pangan, karena didukung kondisi lahan di daerah ini.