Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Daging Ayam Picu Inflasi Kota Malang

kota malang, harga ayam, inflasi

Posted on 06 Feb 2013. Hits : 358

Harga daging ayam ras yang mengalami kenaikan cukup signifikan dalam beberapa pekan terakhir menjadi pemicu terbesar terjadinya inflasi pada Januari di Kota Malang, Jawa Timur, yang mencapai 0,97 persen.

Kepala Seksi Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Erny Fatima Setyorini di Malang, Rabu, mengatakan harga daging ayam ras beberapa pekan terakhir terus naik, meski hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru sudah berlalu.

Harga daging ayam ras di pasar tradisional saat ini rata-rata mencapai Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogram. Padahal, sebelumnya hanya pada kisaran Rp24 rib hingga Rp25 ribu.

"Kelompok bahan makanan terutama bahan makanan yang harganya ditentukan oleh pasar (volatile price) mendominasi kenaikan harga pada awal tahun ini," katanya.

Selain harga daging ayam ras, katanya, telur ayam, cabai rawit, bawang merah, tomat, bawang putih, selada, dan kelapa juga memberikan andil cukup besar terhadap inflasi di daerah itu.

Menurut dia, secara year on year (yoy), Januari 2012 terhadap Januari 2013, kenaikan harga berbagai komoditas di Malang mencapai 5,30 persen.

Ia mengemukakan, jika tarif angkutan udara pada Desember 2012 menyumbang angka inflasi cukup tinggi, pada Januari justru terjadi deflasi sebesar -0,1036 persen.

Kondisi itu, katanya, karena kegiatan wisata dan liburan Natal maupun Tahun Baru sudah berakhir, sehingga harga tiket juga turun.

Dari tujuh kota di Jatim yang menjadi acuan indeks harga konsumen (IHK), kenaikan harga tertinggi terjadi di Jember yang mencapai 1,17 persen dan terendah di Surabaya, yakni 0,89 persen.

Meski inflasi di Kota Malang pada Januari cukup tinggi, ternyata masih di bawah inflasi Jatim yang mencapai 0,97 persen dan nasional sebesar 1,03 persen. Inflasi Kota Malang pada Desember 2012 mencapai 0,70 persen. (ant/as)

Jalasenastri Korcab Pasmar-1 Gelar Lomba Tenis Berkebaya

Korcab Pasmar-1 Gabungan Jalasenastri Korps Marinir menggelar berbagai perlombaan untuk memperingati Hari Kartini 2014, di antaranya lomba tenis berkebaya dan lomba memasak nasi goreng berkebaya.

Umat Kristiani Khusuk Merayakan Tri Hari Paskah

Umat Kristiani di Nusa Tenggara Timur khusuk merayakan tri hari suci Paskah sejak malam Rabu atau Kamis Putih dan dilanjutkan dengan Jumat Agung, lalu Sabtu Alleya.

PGRI Lubuklinggau Minta Polisi Usut Kematian Guru

Persatuan Guru Republik Indonesia Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan minta jajaran Polres setempat mengusut tuntas kasus kematian guru SDN 47 di kota itu pekan lalu.

PLN Musirawas Perbaiki Jaringan Ke BTS Ulu

PT PLN Kabupaten Musiarwas, Sumatera selatan, sudah memperbaiki seluruh jaringan listrik ke beberapa desa di Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu setelah terputus akibat bencana alam beberapa waktu lalu.

Pakaian Jadi Bali Raup 6,36 Juta Dolar

Bali meraup devisa sebesar 6,36 juta dolar AS dari ekspor pakaian jadi bukan rajutan selama Februari 2014, menurun 4,83 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat 6,67 juta dolar AS.